(@V13-Zahra)
ABSTRAK
Saat ini tren mobile working menjadi semakin terkenal sejak
internet dapat diakses dengan mudah. Smartphone tidak hanya digunakan untuk keperluan
komunikasi semata, tetapi juga untuk tujuan kerja. Selain itu, pengembangan
aplikasi mobile karyawan juga menjadi semakin terkenal dikalangan korporasi.
Dengan pengembangan aplikasi, maka manager hingga CEO dapat memantau semua
kondisi perusahaan kapan dan dimana saja secara efisien. Itulah mengapa setiap
perusahaan harus memastikan perusahaanya mendukung. Saat ini persaingan bisnis
secara online kian semakin ketat. Banyak pebisnis yang mulai memasarkan produk
dan jasanya melalui media sosial hingga website.
Kata kunci: mobile working, bisnis, smartphone.
PENDAHULUAN
Di tengah persaingan dan era digitalisasi bisnis, aplikasi
mobile dimanfaatkan untuk berbagai tujuan, mulai dari pengembangan produk,
layanan pelanggan, pemasaran berbasis mobile bahkan pengumpulan data pelanggan.
Aplikasi mobile merupakan sebuah aset yang sangat penting bagi sebuah
perusahaan. Khususnya di tengah era persaingan digitalisasi bisnis, sebuah
perusahaan perlu melakukan pengembangan aplikasi mobile untuk memberikan kemudahan
dalam melayani pelanggannya dan meraih market share di kategorinya. Pertumbuhan
mobile apps seiring sejalan dengan perkembangan teknologi digital yang telah
mendorong pertumbuhan penggunaan smartphone di Indonesia. Mengutip data
Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo), hingga Maret 2021 jumlah
pengguna ponsel pintar di Tanah Air telah mencapai 167 juta orang, atau 89%
dari total penduduk Indonesia. Melihat manfaatnya yang sangat banyak, tidak
mengherankan jika perusahaan atau brand, mulai dari perusahaan rintisan hingga
perusahaan besar, semakin serius membangun dan mengembangkan aplikasi mobile
sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Karena perusahaan yang tidak memiliki
aplikasi mobile, akan berpotensi ketinggalan dengan perusahaan lain.
PEMBAHASAN
Apa itu pengertian aplikasi mobile?
Aplikasi mobile adalah jenis perangkat lunak aplikasi yang
dirancang untuk bekerja di perangkat seluler, seperti smartphone atau komputer
tablet. Meskipun aplikasi seluler biasanya merupakan software sederhana dengan
fungsi yang terbatas, tetapi dapat memberikan layanan dan pengalaman
berkualitas kepada pengguna.
Tipe-tipe aplikasi mobile
Ada 6 tipe aplikasi mobile berdasarkan fungsinya, yakni:
1. Aplikasi
gaya hidup
Merupakan salah satu aplikasi
mobile terpopuler dalam beberapa tahun terakhir, aplikasi gaya hidup adalah
aplikasi yang mempercepat atau mendukung aspek individu dalam gaya hidupnya.
Jenis aplikasi seluler yang terkait dengan gaya hidup seperti:
Kebugaran (fitness). Contoh: Home
Workout, Nike Training Club
Kencan (dating). Contoh: Tinder,
Bumble
Makanan (food). Contoh: Zomato
Musik. Contoh: Spotify, Joox
Travel. Contoh: Tripadvisor,
Traveloka
2. Media
sosial
Aplikasi media sosial adalah
jenis aplikasi mobile populer selain gaya hidup. Salah satu media sosial terpopuler yakni
Facebook melaporkan lebih dari 1 miliar pengguna aktif harian. Selain itu
Aplikasi media sosial (sepatutnya harus) bersifat menyenangkan, cepat, dan
terus mengintegrasikan fitur yang berkembang dengan aplikasi pendukung lainnya.
Contoh media sosial adalah:
Facebook
Instagram
Twitter
Snapchat
Masyarakat saat ini berbagi lebih
banyak tentang kehidupan sehari-hari mereka dibanding pada masa sebelumnya.
Karena itu, bahkan aplikasi yang tidak termasuk dalam kategori media sosial mungkin
ingin menyertakan fungsi berbagi sosial. Contohnya seperti Spotify yang baru
saja mengeluarkan fitur Wrapped 2021 di mana pengguna dapat share pencapaian
hasil mendengarkan musik selama setahun ke belakang pada media sosialnya.
3. Aplikasi
utility
Utilitas merupakan aplikasi
mobile yang setiap harinya sering kita gunakan dan bahkan Anda tidak sadar
bahwa itu adalah suatu aplikasi. Mengapa demikian? karena biasanya aplikasi
seluler utilitas sudah terinstall pada device Anda dan memiliki fungsi tunggal.
Contoh aplikasi utilitas adalah:
Kalkulator
Pengingat (Reminders)
Senter (Flashlight)
Cuaca (Weather)
4. Aplikasi
game dan hiburan
Kedua aplikasi mobile ini
memiliki keterkaitan satu dengan lainnya. Sebagai salah satu kategori terbesar
dalam aplikas mobile, game dan hiburan menjadi aplikasi yang paling sering
digunakan. Kesuksesan aplikasi game atau hiburan dapat dilihat dari seberapa
sering aplikasi tersebut dimainkan dan membuat penggunanya adiktif.
Contoh aplikasi game adalah:
Mobile Legends
PUBG
Angry Birds
Temple Run
5. Productivity
Meskipun terdengar membosankan,
tetapi aplikasi produktivitas tetap masuk dalam kategori terpopular dari
aplikasi seluler. Tipe aplikasi mobile ini dapat membantu penggunanya untuk
menyelesaikan tugas lebih cepat, efisien, bahkan membuat pekerjaan semakin
mudah.
Contoh aplikasi produktivitas
adalah:
Google Docs
Google Sheets
Evernote
Goodnote
6. Aplikasi
berita atau informasi
Bersifat lugas, aplikasi mobile
ini menyediakan segala berita terkini dan informasi yang dibutuhkan oleh
penggunanya. Selain itu, aplikasi berita terbilang sederhana dan memiliki
tampilan yang mudah untuk dinavigasi untuk mencari segala berita yang
diperlukan.
Contoh aplikasi berita atau
informasi adalah:
Flipboard
BBC News
Buzzfeed
Reddit
Pentingnya aplikasi mobile bagi bisnis masa kini
1. Meningkatkan
brand awareness
Memiliki aplikasi mobile berarti
Anda telah membuka pintu awal bagi konsumen untuk mengenal merek dan produk
Anda. Biasanya, selain melalui website, calon konsumen akan lebih mudah
mengenal identitas sebuah brand melalui keberadaan aplikasi seluler.
Aplikasi mobile memiliki
keunggulan dibanding website, yakni kemudahan akses melalui ponsel selular dan
tampilannya yang menyesuaikan device. Hal ini membuat calon pelanggan akan
lebih senang mencari tahu tentang brand Anda. Ingatlah kata pepatah bahwa tak
kenal maka tak sayang. Boleh jadi, dengan pengenalan melalui aplikasi seluler
yang sederhana, calon konsumen akan menjadi pelanggan loyal Anda.
2. Langsung
menjangkau target market
Aplikasi mobile bukanlah sekedar
pelengkap bagi sebuah bisnis. Konsumen dapat menemukan berbagai informasi,
mulai dari jenis produk dan harga, berita terkini, pemesanan, sampai informasi
event atau promosi.
Karena itu, dengan memiliki
aplikasi seluler, bisnis Anda akan jauh lebih mudah untuk menjangkau target
market. Sebab segala informasi tak perlu lagi melalui perantara seperti media
televisi, cetak atau online.
Hanya dengan melakukan kampanye
app install diiringi oleh optimasi aplikasi mobile melalui konten yang solutif
dan relevan sesuai personalisasi pelanggan, Anda bisa menjangkau target market
lebih mudah. Misalnya mengirimkan pesan blast berisi promosi ke kontak WhatsApp
pelanggan melalui aplikasi seluler Anda.
3. Menciptakan
customer experience yang positif
Customer experience atau
pengalaman pelanggan menjadi hal penting untuk diberikan bagi sebuah brand.
Sebab. dengan ini maka antara brand dan pelanggan akan merasa memiliki
kedekatan yang bisa meningkatkan loyalitas pelanggan. Tapi bagaimana sebuah
aplikasi mobile bisa melakukan itu?
Salah satunya dengan keberadaan
fitur chating atau pesan. Fitur tersebut dapat membuat konsumen dan merek
terhubung secara langsung. Konsumen pun bisa lebih aktif dalam menjalin
komunikasi dengan brand. Misalnya saja untuk menyampaikan saran dan kritik,
testimoni atau segala bentuk pertanyaan. Dengan begitu, konsumen pun bisa
merasakan langsung bagaimana merek Anda melayani setiap konsumennya hanya dari
aplikasi seluler
4. Nilai
lebih di mata konsumen
Sebuah brand biasanya akan
memberi keuntungan lebih kepada pelanggan yang memiliki aplikasi mobile
dibanding yang tidak. Contoh sederhananya, sebuah brand akan menyebar voucher
diskon atau promosi ke pelanggannya melalui tombol notifikasi khusus pembelian
jika melalui aplikasi seluler.
Ada lagi berbagai program yang
dibuat oleh sebuah brand agar aplikasi seluler nya memiliki nilai lebih di mata
konsumen. Bisa dengan program poin berhadiah, potongan harga, informasi yang
dibutuhkan, atau bahkan hadiah langsung. Tentu dengan berbagai program
tersebut, brand Anda akan lebih dipandang bernilai di mata pelanggan.
5. Dianggap
lebih “wah” dibanding kompetitor
Bisnis masa kini perlu memiliki
aplikasi seluler karena bisa menciptakan stigma di benak pelanggan. Percaya
atau tidak, konsumen akan menganggap sebuah brand yang memiliki aplikasi mobile
pasti lebih maju dan wah dibandingkan yang tidak punya. Lantaran memang saat
ini hanya merek atau bisnis skala besar yang sudah “siap” saja yang memiliki
aplikasi seluler. Sementara bagi merek baru atau bisnis startup, hanya
segelintir yang memahami pentingnya aplikasi seluler.
KESIMPULAN
Dalam persaingan bisnis secara online kian semakin ketat.
Banyak pebisnis atau perusahaan yang mulai memasarkan produk dan jasanya melaui
sosial hingga wibsite. Aplikasi mobile ini sangat bermanfaat bagi pembisnis
zaman sekarang. Aplikasi mobile merupakan sebuah aset yang sangat penting bagi
sebuah perusahaan. Khususnya di tengah era persaingan digitalisasi bisnis,
sebuah perusahaan perlu melakukan pengembangan aplikasi mobile untuk memberikan
kemudahan dalam melayani pelanggannya dan meraih market share di kategorinya.
Aplikasi mobile juga memiliki 6 tipe yang berbeda. Sangatlah penting aplikasi
mobile untuk para pembisnis zaman sekarang atau masa kini.
DAFTAR PUSTAKA
https://blog.qontak.com/pengertian-aplikasi-mobile/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar