(@V13-Zahra)
Abstrak
Strategi Bisnis adalah rencana yang menyeluruh terpadu dibidang
pemasaran dan target pemasaran dalam mencapai tujuan perusahaan melalui bauran
pemasaran yang meliputi strategi produk (product), harga (price), Tempat
(Place), dan Promosi (promotion). perkembangan bisnis yang begitu cepat membuat
persaingan didunia bisnis begitu pesat. Sehingga mendorong pelaku bisnis untuk
pintar dalam menarik konsumen dalam meningkatkan penjualannya. Dan salah satu
caranya adalah dengan menerapkan strategi pemasaran melalui media sosial Pada
dasarnya setiap perusahaan memiliki strategi bisnis yang dapat membantu
perusahaan mencapai tujuan dan hasil yang diinginkan. Strategi bisnis adalah
serangkaian tindakan yang ditujukan untuk mencapai tujuan dan dengan pola pikir
yang inovatif dan kreatif untuk menyikapi perkembangan yang terjadi di dalam
perusahaan maupun di luar perusahaan. yang akan berdampak pada kepentingan dan
masa depan perusahaan itu sendiri. Fungsi dari strategi bisnis ialah (1)
meningkatkan motivasi, (2) koordinasi pemasaran yang lebih efektif, (3)
merumuskan tujuan perusahaan, (4) dan pengawasan kegiatan pemasaran. Loyalitas
pelanggan adalah hasil dari perusahaan yang menciptakan nilai bagi
pelanggannya, sehingga mereka dapat terus berdagang dan bahkan meningkatkan
pembelian melalui organisasi. Untuk membangun loyalitas pelanggan, pengusaha
perlu memiliki strategi bisnis yang tepat dalam memasarkan produknya. Salah
satu jenis strategi bisnis yang dapat mendukung pemasaran produk
untuk membangun loyalitas pelanggan adalah dengan menggunakan strategi bauran
pemasaran yang meliputi produk, harga, distribusi, dan promosi. Strategi bauran
bisnis merupakan salah satu metode bisnis untuk menyebarkan informasi secara
luas, mempromosikan produk dan jasa, merangsang konsumen untuk memberi bahkan
menciptakan preferensi pribadi untuk citra produk. Oleh karena itu, komposisi
pemasaran dianggap sebagai salah satu aspek strategis pemasaran produk yang
paling potensial.
Kata kunci = Strategi Bisnis, Manfaat dalam Strategi Bisnis.
PENDAHULUAN
Strategi bisnis adalah merupakan satu hal yang sering dianggap
remeh oleh kebanyakan pebisnis. Banyak yang berpikir bahwa strategi itu
hanyalah sekedar teori. Pemikiran itu tentu salah karena justru strategilah
yang menentukan sebuah bisnis bisa menang atau tidak di dalam industrinya
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen
atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.Secara historis kata bisnis dari
bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk” dalam
konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.Dalam artian, sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.
Perkembangan dunia usaha pada saat ini menunjukkan adanya gejala
persaingan yang semakin meningkat ke arah penguasaan pasar secara luas.
Perusahaan besar maupun kecil, saling bersaing dan berpacu untuk merebut tempat
pemasaran dengan berbagai macam cara dan usaha supaya perusahaan dapat menjual
produk sebanyak-banyaknya pada konsumen yang membutuhkan. Untuk itu perusahaan
harus mendapat pasar yang luas dengan metode strategi pemasaran yang telah di
kuasai dengan baik.
PEMBAHASAN
Apa itu Strategii Bisnis ?
Strategi bisnis adalah upaya suatu bisnis dalam mendukung aktivitas
untuk mencapai target dan tujuan serta mendapatkan keuntungan. Dengan adanya hal ini, diharapkan suatu
bisnis dapat menentukan arah usaha dengan mengidentifikasi dari segi pasar,
pesaing, pelanggan, dan sebagainya. Nah strateginya ada beragam jenisnya nih
Pintzie. Mulai dari strategi pertumbuhan
hingga strategi konten pun juga ada. Tapi untuk jenis-jenisnya ini akan minzie
ulas di artikel selanjutnya ya, sekarang kita fokus pada pentingnya strategi. Melalui
strategi, suatu bisnis mampu memenangkan persaingan yang kian hari semakin
ketat. Selain itu, dengan strategi ini
pula para karyawan yang ada dapat bekerja berdasarkan standar yang jelas dan
menentukan. Sebelum masuk apa saja manfaat lain dari strategi, coba simak salah
satu cerita dari start up Indonesia yang menerapkan strategi dan tnya sudah
mereka rasakan hingga saat ini.
Definisi strategi adalah cara untuk mencapai tujuan jangka panjang.
Strategi merupakan rencana yang disatukan, luas dan berintegrasi yang menghubungkan keunggulan strategis perusahaan
dengan tantangan lingkungan, yang dirancang untuk memastikan bahwa tujuan utama
dari perusahaan dapat dicapai melalui pelaksanaan yang tepat oleh organisasi.
Pengertian strategi secara umum dan khusus sebagai berikut:
1. Pengertian umum strategi adalah proses penentuan rencana para
pemimpin puncak yang berfokus pada tujuan jangka panjang organisasi,
disertai penyusunan suatu cara atau
upaya bagaimana agar tujuan tersebut dapat dicapai.
2. Pengertian khusus strategi merupakan tindakan yang bersifat
senantiasa meningkat dan terus-menerus, serta dilakukan berdasarkan sudut
pandang tentang apa yang diharapkan oleh para pelanggan di masa depan. Dengan
demikian, strategi hampir selalu dimulai dari apa yang dapat terjadi dan
bukan dimulai dari apa yang terjadi. Terjadinya kecepatan inovasi
pasar yang baru dan perubahan pola konsumen memerlukan kompetensi diri (core
competencies).
Pengertian Bisnis
Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada
konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba.Secara historis kata
bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti “sibuk”
dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat.Dalam artian, sibuk mengerjakan
aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan.Secara etimologi, bisnis
berarti keadaan dimana seseorang atau sekelompok orang sibuk melakukan
pekerjaan yang menghasilkan keuntungan.
Manfaat menggunakan Strategi Bisnis
Sebuah strategi umumnya disusun dan dibuat untuk jangka panjang.
Lantas apa saja sih manfaatnya untuk bisnis kita?
1. Dengan adanya strategi,
membuat bisnismu memiliki fondasi yang kuat karena perencanaan dibuat secara
matang agar bisa meraih target yang diinginkan.
2. Strategi membuat bisnismu
lebih mengenali kelemahan agar bisa diperbaiki dan kelebihan agar bisa terus
dikembangkan dan dioptimalkan.
3. Dengan strategi juga,
kamu bisa menciptakan pasar. Baik membuat produk baru sehingga target pasarnya
juga baru seperti apa yang telah dilakukan Gojek sebelumnya.
4. Kamu juga bisa menyalip
brand ternama hanya dengan menerapkan strategi penetapan harga yang tepat.
Penetapan harga ini bisa kamu lakukan dengan riset perilaku konsumen soal harga
untuk memenangkan persaingan bisnis.
Perumusan Strategi
Perumusan strategi melibatkan tiga tahap dasar yaitu :
1. Mentapkan sasaran
srategis
Sasaran strategis merupakan sasaran jangka panjang yang langsung
berasal dari pernyataan misi perusahaan.
2. Analisis SWOT
Setelah tujuan strategis ditetapkan, organisasi biasanya menempuh
proses yang disebut analisis SWOT. Proses ini mencakup penilaian kekuatan
(strength), dan kelemahan (weakness) organisasi serta peluang (opportunity) dan
ancaman (threat) lingkungan.
3. Mencocokkan Organisasi dan Lingkungannya
a. Menganalisis Organisasi dan Lingkungannya
Analisis lingkungan mencakup pengamatan dan penilaian lingkungan
terhadap segala ancaman dan peluang. Perubaan selera konsumen dan perlawanan
usaha pencaplokkan oleh perusahaan pesaing merupakan ancaman, seperti itu juga
peraturan pemerintah yang baru. Ancaman yang lebih penting adalah produk dan
kompetitor baru. Sementara itu peluang mencakup bidang-bidang yang berpotensi
untuk diperluas, dikembangkan, atau dimanfaatkan perusahaan dengan kekuatan
yang ada.
KESIMPULAN
Strategi bisnis adalah suatu cara yang digunakan perusahaan untuk
menghadapi persaingan dalam dunia bisnis. dalam strategi bisnis terdapat tiga
langkah untuk menentukan tujuan yaitu, analisis, integrasi, dan implementasi.
Dalam persaingan bisnis dibutuhkan strategi yang sangat matang, sehingga tidak
akan kalah bersaing dari pembisnis lain. Dan juga dibutuhkan seorang yang
berpengalaman dalam menjalankan strategi bisnis. Oleh karena itu strategi
bisnis akan menentukan keberhasilan dan hidup matinya perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.ocbcnisp.com/id/article/2021/12/30/strategi-bisnis-adalah
https://blog.deprintz.com/manfaat-menggunakan-strategi-bisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar