Pengaruh
Ekosistem Digital Bagi Usaha Kecil dan Ekonomi Kreatif
Putri
Virginia Valensi (@V26 - Virgina)
Abstrak
Dalam era digital pada saat ini, setiap komunitas
selalu memiliki peluang untuk menjadi ekosistem wirausaha yang lebih
berkembang. Bahkan prosesnya dalam era ini banyak yang mengalaminya hal
demikian. Inti dari sebuah proses ekosistem wirausaha adalah orang-orang di
dalamnya membangun budaya kerja berdasarkan sebuah kepercayaan dan bentuk kolaborasi.
Di mana bentuk interaksi ini diyakini dapat membantu mereka dalam mencapai
tujuan bersama yaitu kesuksesan yang berkesinambungan dan konsisten. Di era
digital pada saat sekarang dan dengan berkembangnya kewirausahaan, telah muncul
suatu bentuk kewirausahaan digital (digital entrepreneur) berhubungan erat dari
ekosistem melingkar kewirausahaan digital.
Kata Kunci :
Ekosistem, Kewirausahaan, Digital
Abstract
In today's digital era,
every community always has the opportunity to become a more developed
entrepreneurial ecosystem. In fact, in this era, many people have experienced
this. The essence of an entrepreneurial ecosystem process is that the people in
it build a work culture based on trust and a form of collaboration. Where this
form of interaction is believed to be able to assist them in achieving a common
goal of continuous and consistent success. In the current digital era and with
the development of entrepreneurship, a form of digital entrepreneurship
(digital entrepreneur) has emerged which is closely related to the circular
ecosystem of digital entrepreneurship.
Keywords: Ecosystem, Entrepreneurship, Digital
Pendahuluan
Ekosistem dapat didefinisikan sebagai "suatu
komunitas hidup yang berhubungan dengan berbagai komponen tak hidup di
lingkungan dan berinteraksi sebagai suatu sistem". Dari pengertian di
atas, dapat didefinisikan bahwa "ekosistem kewirausahaan" adalah
bentuk penyatuan berbagai komponen, baik itu SDM (sumber daya manusia),
fasilitas, regulasi dan berbagai hal lainnya, untuk membentuk budaya dan fungsi
perusahaan dalam sebuah sistem ekonomi yang lebih maju dan berkembang ke arah
yang lebih baik. Ekosistem kewirausahaan, atau ekosistem bisnis, adalah
kumpulan perusahaan dengan hubungan yang saling bergantung sama lain untuk
melengkapi dalam bekerja sama untuk membentuk kemitraan strategis untuk
memberikan manfaat bagi konsumen.(Haratua and Wijaya, 2020)
Ekosistem kewirausahaan sangat perlu dikembangkan
menjadi bentuk hubungan yang saling berkaitan dan saling mendukung para pelaku
di dalamnya untuk dapat mendorong dan memengaruhi usaha mikro dan kecil secara
positif. Mitra strategis dalam hal ini saling melengkapi dan saling
ketergantungan dalam berbagai cara, baik dengan secara langsung menyediakan
produk masing-masing, dengan menggabungkan produk atau layanan untuk memberikan
nilai tambah yang lebih besar, atau dengan mencari saluran yang lebih unggul
untuk melayani tujuan atau target yang lebih luas untuk melayani pasar yang
lebih unggul dan luas.
Permasalahan
Dapat kita ketahui bahwa di era digital yang terus
berkembang ini sangat mendorong UMKM untuk maju atau UMKM akan gagal dalam
berwirausaha. Banyak UMKM yang bertahan dan gagal selama masa pandemic yang
mengharuskan pelaku UMKM untuk lebih mematuhi peraturan selama masa pandemic.
Banyak juga pengusaha yang kurang kesadaran untuk lebih beradaptasi dengan era
kecanggihan teknologi di pasar yang berkembang dan maju di seluruh Indonesia
bahkan secara global.
Pembahasan
Dari permasalahan diatas maka kita harus mengembangkan
ekosistem wirausaha yang didukung secara digital atau daring merupakan salah
satu strategi pemulihan ekonomi setelah melewati masa pandemi Untuk tetap
bertahan, perlu upaya menyadarkan pengusaha dan UKM untuk lebih beradaptasi
dengan era kecanggihan teknologi di pasar yang berkembang dan maju di seluruh
Indonesia bahkan secara global.
Nisa Destiana (2021) Ekosistem digital atau ekosistem
daring merupakan asal mula teknologi informasi yang saling berkaitan erat dan
dapat sebagai fungsi dalam menciptakan satu kesatuan. Dengan demikian, sistem
ini dapat melibatkan banyak pihak seperti: Penyuplai, pelanggan, mitra dagang,
penyedia data pihak ketiga dan lain-lain. Integrasi praktik bisnis ke bisnis.
aplikasi bisnis, dan sumber data ke dalam sebuah ekosistem yang memungkinkan
organisasi untuk mengendalikan teknologi. Selain itu, perusahaan dapat
mengotomatisasi setiap proses dan berkembang secara berkesinambungan. banyak
perusahaan baru-baru ini memasukkan strategi mereka dalam transformasi digital.
Di mana pun organisasi berada dalam sebuah proses penjelajahan transformasi,
penting untuk memastikan ekosistem digital yang meningkatkan kinerja dan
mendukung berinteraksi dengan para pihak eksternal.
Manfaat Terciptanya Ekosistem Digital
1. Adopsi
teknologi lebih cepat Menerapkan teknologi sering kali terasa rumit, terutama
untuk usaha kecil.
2. Menciptakan
sumber profit baru
3. Perusahaan
mungkin belum pernah memperoleh pendapatan apa pun dari sebuah proses penjualan
barang secara daring.
4. Menekan
biaya
Pengaruh Ekosistem Digital Bagi Usaha
Kecil dan Ekonomi Kreatif
Peningkatan populasi konsumen digital merupakan
peluang pertumbuhan utama bagi industri kreatif Indonesia. Untuk menjangkau konsumen
tersebut, pelaku industri kreatif harus bisa memanfaatkan media digital. Ketika
memasuki ekosistem digital, kreativitas merupakan salah satu aset yang dimiliki
oleh para pelaku kreatif.
Pelaku kreatif juga harus selalu memperbaharui idenya
untuk menarik perhatian konsumen atau khalayak dalam pemasaran produk digital .
Selain itu, keberadaan digitalisasi dalam ekosistem industri kreatif membawa
banyak manfaat bagi pelaku kreatif dan kreatif. Selain pemasaran digital, UMKM
juga dapat mengakses sumber daya pendanaan secara digital (fintech), yang dapat
menjadi salah satu solusi atas permasalahan UMKM dalam mengakses keuangan
formal seperti perbankan. Fintech memiliki kemudahan persyaratan dan kecepatan
proses penyaluran pinjaman sehingga dapat melayani pasar yang tidak dapat
dilayani lembaga keuangan formal, yakni sektor UMKM.
Keutungan yang didapat dari ekosistem
digital, sebagai berikut :
1. Studi
menunjukkan bahwa transformasi ke dunia digital membuat unit bisnis lebih
efisien dan stabil.
2. Transformasi
digital menyederhanakan proses bisnis dengan lebih efektif.
Kesimpulan
Pengembangan ekosistem digital bagi UMKM merupakan
salah satu upaya untuk meredam tekanan krisis yang terjadi akibat pandemi
Covid-19. UMKM yang mampu beradaptasi dengan memanfaatkan platform digital
dapat menghindari tekanan krisis, bahkan menjadi momentum untuk pengembangan
usaha. Dengan memanfaatkan ekosistem digital, UMKM mendapatkan solusi atas
permasalahannya selama ini dihadapi baik untuk pemasaran produk dan sector keuangan
Daftar Pustaka
Kompas . “Ekonomi Digital dan Hijau”. 7 Desember 2021,
hal. 6
Menkominfo . “Kembangkan Teknologi Telekomunikasi
Perlu Kolaborasi Ekosistem”, 6 Desember 2021
Buku Yayasan Kita Menulis. “Teknologi Digital
Kewirausahaan dan UMKM”.2021. BAB 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar