Pendahuluan
Penciptaan
suatu ide bisnis merupakan salah satu faktor penting dalam memulai sebuah
bisnis. Para wirausaha muda dengan adanya berbagai macam bisnis harus mampu
bersaing dengan bisnis barunya. Ide dalam konteks kewirausahaan di sini adalah
gagasan dalam menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (Putri dalam Marvianta
dkk, 2013). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penciptaan ide bisnis merupakan
penciptaan gagasan yang menciptakan suatu bisnis yang baru dan berbeda. Menurut
Zimmerer dalam Marvianta dkk(2013) bahwa kreativitas sering kali muncul dalam
bentuk ide untuk menghasilkan barang dan jasa baru. Ide bukanlah peluang dan
tidak akan muncul bila wirausaha tidak mengadakan evaluasi dan pengamatan
secara terus-menerus. Banyak ide yang benar-benar asli, akan tetapi sebagian
besar peluang tercipta ketika wirausaha memiliki cara pandang baru terhadap ide
yang lama. Agar ide-ide potensial menjadi peluang bisnis yg riil, maka
wirausaha harus bersedia melakukan evaluasi terhadap peluang secara terus
menerus.
Permasalahan
·
Apa
itu pengertian Ide Bisnis?
·
Apa
saja sumber ide bisnis?
·
Bagaimana
membangun ide bisnis?
Pembahasan
Pengertian Ide Bisnis
Suatu
ide usaha/bisnis yang bagus adalah penting, atau bahkan merupakan persyaratan untuk
usaha/bisnis yang sukses. Namun demikian ide bisnis yang bagus biasanya tidak
langsung datang kepada pengusaha, tetapi merupakan hasil dari kerja keras dan
upaya dari pengusaha untuk membangkitkan, mengidentifikasi dan mengevaluasi
peluang. Ide usaha (bisnis) adalah respon seseorang, banyak orang, atau suatu organisasi
untuk memecahkan masalah yang teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di
suatu lingkungan (pasar, masyarakat). Mencari sebuah ide bisnis yang bagus
adalah langkah awal untuk mengubah keinginan dan kreatifitas pengusaha menjdi
peluang usaha/bisnis.
Menurut
Aries Ide bisnis adalah respon dari seseorang, banyak orang atau dari suatu
organisasi untuk memecahkan suatu masalah yang telah teridentifikasi atau untuk
memenuhi kebutuhan di sebuah lingkungan (masyarakat, pasar). Mencari ide bisnis
yang bagus merupakan langkah awal dalam mengubah keinginan dan kreativitas
pengusaha menjadi sebuah peluang usaha atau bisnis. Sedangkan Pengertian Ide
Bisnis menurut Zimmerer Ide bisnis adalah ide-ide yang berasal dari wirausaha
yang bisa menciptakan peluang untuk memenuhi kebutuhan yang riil di pasar.
Ide-ide tersebut menciptakan nilai yang potensial di pasar dan juga menjadi
peluang usaha.
Sumber-sumber Ide Bisnis
1. Hobi/Minat
Hobi adalah aktivitas favorit di
waktu luang atau pekejaan. Banyak orang, dalam melakukan hobi atau minat,
berhasil mendirikan bisnis. Sebagai contoh, jika anda menyukai bermain dengan
komputer, memasak, musik, perjalanan, olahraga, atau pertunjukkan, Anda dapat
mengembangkannya menjadi sebuah bisnis. Misalnya, jika Anda menikmati
perjalanan, pertunjukkan dan/atau memberikan pelayan, Anda bisa memasuki bidang
pariwisata.
2. Keterampilan dan Pengalaman
Pribadi
Lebih dari separuh ide bisnis yang
sukses berasal dari pengalaman bekerja di kantor/ tempat kerja. Sebagai contoh,
seorang mekanik yang mempunyai pengalaman bekerja di bengkel besar yang
akhirnya membuka bisnis reparasi mobil atau bisnis berjualan mobil bekas. Jadi,
latar belakang pengusaha memainkan peranan penting dalam keputusan untuk
memasuki bisnis selain jenis usaha bisnis yang akan mereka ciptakan. Ketrampilan
dan pengalaman Anda merupakan sumber yang paling penting, tidak hanya untuk
menghasilkan ide tetapi juga untuk mendapat keuntungan.
3. Survei
Inti dari suatu ide bisnis baru
seharusnya adalah pelanggan. Kebutuhan dan keinginan dari pelanggan, alasan
pemilihan produk atau jasa oleh pelanggan, dapat kita pastikan melalui suatu
survey. Survei dapat kita lakukan secara formal atau tidak formal melalui
percakapan dengan orang-orang dengan menggunakan kuisioner, wawancara atau
melalui observasi.Anda juga bisa memulainya dengan berbicara kepada keluarga
dan teman-teman untuk mencari tahu apa yang dibutuhkan atau yang diinginkan
yang belum tersedia. Kemudian Anda bisa melanjutkan dan berbicara dengan orang
yang merupakan bagian dari rantai distributor, seperti pabrik, pedagang,
distributor, agent grosir atau penjualbretail. Sangat berguna jika anda mempersiapkan
pertanyaan terlebih dahulu untuk dicantumkan pada kuisioner atau digunakan dalam
wawancara. Dengan kontak yang dekat dengan pelanggan, anggota jaringan memiliki
pengertian dari apa yang dibutuhkan dan apa yang tidak dapat dijual. Anda harus
banyak bertanya kepada banyak pelanggan, baik pelanggan tetap atau pelanggan
tidak tetap. Semakin banyak informasi yang Anda dapatkan akan semakin baik.
4. Brainstorming
Brainstorming adalah suatu teknik
pemecahan masalah yang kreatif selain untuk menghasilkan ide. Tujuannya adalah
untuk mendapatkan sebanyak mungkin ide. Hal ini biasanya mulai dengan suatu
pertanyaan atau pernyataan masalah. Sebagai contoh, Anda dapat bertanya “Produk
dan jasa apa sekarang dibutuhkan di rumah tetapi belum tersedia. Setiap ide
dapat menghasilkan suatu tambahan ide atau lebih, yang jumlahnya akan lumayan banyak.
Membangun Ide Bisnis
Usaha
atau bisnis di masa sekarang ini harus mampu bersaing dengan bisnis atau wirausaha
lainnya dalam pasar tertentu menurut standar persaingan dunia dalam segala aktivitas,
departeman dan pelayanan. Kriteria persaingan itu mencakup praktik dan
kehebatan dari perangkat untuk transformasi perusahaan seperti pekerjaan yang
fleksibel, standar penilaian, managemen kualitas dan lain sebagainya. Proses perubahan
dalam suatu wirausaha kelas dunia dilakukan dengan cara yang menguntungkan
karyawan dan wirausaha.
a. Menyusun Strategi
Strategi merupakan langkah, taktik
atau tindakan yang harus ada dalam sebuah wirausaha. Suatu wirausaha yang ingin
bersaing dengan kelas dunia, tentunya wirausaha itu harus memiliki sebuah
managemen yang bagus, baik, operasi yang lebih baik terutama terhadap
pelayanan, kemudian memiliki produk yang berkualitas tinggi dan baik dengan harga
yang terjangkau oleh masyarakat, komunikasi dan informasi yang jelas, cth jika Anda
ingin membangun usaha sewa mobil Jakarta sebaiknya Anda harus pintar menyusun strategi
pemasaran, promosi, penjualan dan strategi bisnis lainnya.
b. Identifikasi kapabilitas
Dari analisis mengenai lingkungan
eksternal anda, berikan kesimpulan kapabilitas utama dari wirausaha anda.
Kemudian pertimbangkan pengaruh luar saat mengembangkan strategi untuk bisnis
anda Kapabilitas utama itu mencakup: kapasitas penelitian/inovasi, perencanaan
dan control financial, kapabilitas sumber daya manusia, keahlian pemasaran dan
administrasi, pengetahuan ten tang produk dan keahlian dalam pelayanan.
c. Identifikasi pengaruh eksternal
Hal penting yang harus dilakukan
dalam mengidentifikasi pengaruh eksternal yaitu mempertimbangkan pengaruh
lingkungan luar, yang menentukan respon yang baik mengenai bisnis anda.
Kemudian pengaruh atau faktor yang berbeda, yang berupa faktor ekonomi, faktor
teknologi lingkungan, kecenderungan supplier dan demografi dan yang lebih
penting adalah menemukan area kelemahan anda.
d. Analisa posisi terhadap competitor
Untuk menganalisa posisi wirausaha
anda terhadap competitor, hal yang pertama sekali yang harus anda lakukan
adalah mencari informasi yang jelas tentang pasar, kemudian ukurlah posisi
wirausaha anda cth nyata jika Anda ingin bangun bisnis sewa mobil Jakarta
sebaiknya Anda dari awal harus memperhatikan dan menghitung jumlah kompetitor
usaha Anda di daerah tempat Anda mendirikan usaha sewa mobil tersebut. Untuk
mengukur dan menganalisa posisi competitor, anda harus mengenal tentang: Keunggulan
produk anda, Harganya, Ketersediaan, Pelayanan kepada pelanggan, kebijakan untuk
perkembangan berkesinambungan dan kondisi pasar.
e. Lokasi / Tempat Usaha
Pemilihan tempat lokasi atau tempat
usaha adalah salah satu elemen penting juga untuk pembangunan usaha Anda,
lokasi yang strategis dan aman jauh dari bahaya perampokan adalah tempat usaha
yang harus Anda miliki sehingga usaha Anda akan berjalan dengan lancar dan
baik.
Kesimpulan
Berdasarkan
pembahasan di atas maka dapat kita simpulkan bahwa Ide bisnis adalah respon
dari seseorang, banyak orang atau dari suatu organisasi untuk memecahkan suatu
masalah yang telah teridentifikasi atau untuk memenuhi kebutuhan di sebuah
lingkungan (masyarakat, pasar). Mencari ide bisnis yang bagus merupakan langkah
awal dalam mengubah keinginan dan kreativitas pengusaha menjadi sebuah peluang
usaha atau bisnis. Terdapat beberapa sumber ide bisnis seperti melalui hobi,
pengalaman pribadi, survey, dan brainstorming. Dalam membangun ide bisnis
terdapat beberapa cara yaitu menyusun strategi, identifikasi kapabilitas,
identifikasi pengaruh external, dan analisa posisi terhadap competitor.
Daftar Pustaka
Ø Pengertian Ide Bisnis (Sumber dan
Contohnya). (2021). Diakses pada 12 november 2022, dari https://www.temukanpengertian.com/2022/06/pengertian-ide-bisnis-sumber-dan-contohnya.html
Ø Ide Bisnis: Sumbernya dan Kriteria
Ide Yang Baik. (2021). Diakses pada 12 november 2022, dari https://cerdasco.com/ide-bisnis/
Ø Konsep Bisnis: Pengertian, Fungsi,
& Cara Membuat Konsep Bisnis. (2021). Diakses pada 12 november 2022, dari https://www.gramedia.com/best-seller/konsep-bisnis/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar