Oleh : Ellyza Tri Septianingrum (@V23-Ellyza)
PENDAHULUAN
Memiliki usaha yang dikenal oleh masyarakat luas
dan memiliki banyak pelanggan tentunya menjadi sebuah impian bagi para pelaku
usaha. Salah satu cara untuk dapat mewujudkan impian tersebut ialah dengan
mempromosikan bisnis yang dimiliki. Promosi ini penting agar produk kita dapat
dikenal oleh masyarakat sehingga dapat menarik pelanggan baru.
Promosi adalah bentuk aktivitas dalam rangka
memperkenalkan suatu produk barang dan jasa, yang mana diharapkan dari
aktivitas tersebut timbul pemahaman baik produsen atau konsumen atas barang dan
jasa yang dipromosikan. Menurut Saladin (2002:123), “Promosi adalah
suatu komunikasi informasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah
sikap dan tinakah laku pembeli, yang sebelumnya tidak mengenal menjadi mengenal
sehingga menjadi pembeli dan mengingat produk tersebut”.
Dalam mengembangkan bisnis pribadi, saya juga menerapkan
promosi untk bisa menarik pelanggan baru dan memperluas jangkauan konsumen. Strategi
promosi yang saya gunakan ialah dengan memanfaatkan media social, yaitu
Instagram. Dari hasil penerapan strategi promosi tersebut, saya berhasil mendapatkan
banyak konsumen untuk bisnis saya.
Dari uraian di atas maka terdapat beberapa
permasalahan yang akan di bahas pada artikel kali ini, yaitu :
PERMASALAHAN
1. Apakah
manfaat dari promosi penjualan ?
2. Apa
saja metode yang dapat dilakukan dalam promosi penjualan ?
3. Penerapan
promosi penjualan dalam bisnis pribadi ( Livina Wedding Organizer)
PEMBAHASAN
1.
Manfaat
Promosi Penjualan
Ø Membangun
branding usaha
Setiap pemilik usaha
tentunya menginginkan usaha nya dapat dikenal oleh masyarakat luas. Untuk bisa
mendapatkan hal tersebut diperlukan sebuah promosi untuk memperkenalkan usaha
yang dimiliki. Promosi penjualan juga dapat meningkatkan visibilitas merek
dagang sehingga bisa lebih tinggi. Dengan melakukan promosi penjualan, maka
masyarakat akan lebih mengenal usaha ataupun produk yang kita miliki
Ø Memperluas
jangkauan konsumen
Manfaat lain dari
promosi penjualan ialah memperluas jangkauan baru. Adanya promosi dalam sebuah
bisnis tidak hanya dapat membuat pelangga lama kembali pada produk atau jasa
yang kita tawarkan, melainkan juga dapat menarik pelanggan baru. Dengan demikian,
kita dapat memperluas jangkauan konsumen kita dengan cara mempromosikan bisnis
atau usaha yang dimiliki
Ø Meningkatkan
penjualan
Jika
dilakukan dengan optimal, manfaat promosi penjualan tentunya juga dapat meningkatkan penjualan. Beberapa
contoh promosi penjualan yang sering diterapkan ialah dengan memberikan diskon
hingga memberikan gratis produk untuk pembelian dengan harga tertentu. Hal
tersebut tentunya dapat menarik minat calon konsumen untuk dapat membeli produk
atau jasa kita.
2.
Metode
Promosi Penjualan
Ø Membuat
website atau toko online
Tidak dapat dipungkiri
bahwa kemajuan teknologi saat ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, termasuk
juga bagi pelaku usaha. Dengan membuat website atau toko online, maka pelaku
usaha sudah memberikan solusi kemudahan bertransaksi bagi para konsumen. Hal tersebut
tentunya menjadi nilai tambah tersendiri bagi suatu usaha
Ø Memanfaatkan
social media
Kemajuan teknologi juga
mendorong perkembangan social media. Saat ini social media seolah tidak bisa
lepas dari kehidupan masyarakat. Hal ini tentunya bisa dimanfaatkan bagi pelaku
usaha guna mempromosikan produk maupun jasanya. Menjamurnya penggunaan social media
dapat membuat produk atau usaha dikenal lebih banyak orang tanpa harus
mengeluarkan tenaga dan biaya yang besar
Ø Melakukan
endorsement
Metode promosi yang ini
tidak jauh berbeda dengan memanfaatkan social media. Namun dalam metode ini
kita tidak langsung memasarkan produk kita pada akun pribadi, melainkan memanfaatkan
selebritas atau orang yang memiliki popularitas untuk memasarkan produk kita. Strategi
ini dinilai efektif dalam meningkatkan penjualan dikarenakan selebriti atau
orang yang memiliki popularitas tinggi cenderung memiliki banyak pengikut dalam
social medianya
Ø Direct
marketing
Direct marketing atau
pemasaran langsung dapat dilakukan dengan cara memberikan reward, bonus,
diskon, cashback, dan sebagainya guna menarik pembeli. Waktu pemberian diskon
ini juga dapat dilakukan kapan saja, namun biasanya diskon diberikan pada saat
hari – hari perayaan.
3.
Penerapan
Promosi Penjualan dalam Bisnis Pribadi (Livina Wedding Organizer)
Dalam bisnis pribadi, saya juga menerapkan promosi
penjualan guna mengembangkan usaha dan menarik pelanggan. Saya menerapkan
strategi digital marketing sebagai salah satu sarana promosi penjualan. Dengan memanfaatkan
media social, saya beriklan pada social media pribadi dan juga iklan berbayar
pada aplikasi seperti Instagram. Berikut ialah contoh dari penerapan promosi
penjualan dalam bisnis saya
Gambar di atas menunjukkan proses promosi penjualan yang saya lakukan dalam bisnis pribadi saya yang bernama Livina Wedding Organizer. Bisnis saya bergerak di bidang perencanaan sebuah acara khususnya acara pernikahan. Saya memilih metode promosi melalui media sosial dikarenakan media sosial saat ini banyak digunakan oleh masyarakat, sehingga menurut saya efektif untuk dapat memperkenalkan bisnis saya kepada masyarakat.
Dari hasil
promosi penjualan yang saya lakukan di media sosial, saya berhasil mendapatkan
banyak calon pelanggan melalui media sosial. Saya juga memanfaatkan media
sosial sebagai sarana konsultasi online sehingga memudahkan calon konsumen dalam
bertanya tanpa harus datang langsung ke lokasi.
KESIMPULAN
Adanya aktivitas promosi dalam
sebuah bisnis merupakan ujung tombak berjalannya usaha. Pelaksanaan aktivitas
promosi yang baik akan berdampak pada kemajuan sebuah usaha, seperti
mendapatkan pelanggan baru, jangkauan konsumen yang lebih luas, brand usaha
yang semakin terkenal, dan masih banyak lagi. Promosi penjualan memiliki
berbagai macam metode, yangmana penerapannya tergantung kepada kebijakan masing
– masing usaha. Namun pada saat ini promosi melalui platform digital sedang
diminati oleh masyarakat luas dikarenakan kemudahan akses informasi dan
efisiensi terhadap waktu serta biaya.
DAFTAR
PUSTAKA
Budiastuti,
Wulansari. 2022. Modul 9 : Marketing Development, Advertisement, Digitalization
and Modernization (Utilizing relevant software and tool in line with
productivity
Muhadi,
Maesarah. 2016. Bab III Tinjauan Teori. Dalam : https://repository.uin-suska.ac.id/6661/4/BAB%20III%20tinjauan%20teori.pdf
Anonim.
2021. 7 Teknik Promosi untuk Meningkatkan Jumlah Konsumen. Dalam : https://www.sodexo.co.id/teknik-promosi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar