PENDAHULUAN
Tidak dapat dipungkiri, jika perkembangan teknologi
berdampak pada perubahan perilaku konsumen. Di Indonesia pengguna internet dari
tahun ke tahun semakin meningkat. Menurut survei APJII (Asosiasi Penyelenggara
Jasa Internet Indonesia), pada 2018 terdapat 171,17 juta jiwa yang menggunakan
internet angkanya, naik 10.12% dari tahun sebelumnya. Dari angka tersebut, 96%
pengguna internet Indonesia pernah menggunakan internet untuk mencari
produk/layanan untuk dibeli secara online (Sumber : We Are Sosial, 2019, Katadata.co.id). Saat ini sudah banyak perusahaan
yang menggunakan promosi mereka melalui pemasaran digital yang dapat
meningkatkan omset bisnis perusahaan.
Seperti hal nya teknologi yang terus berkembang, Digital marketing juga ikut
berkembang.
Digital
atau iklan online telah mengalami pertumbuhan yang fenomenal sejak didirikan
pada tahun 1994 (Robinson et al., 2007) Internet telah menjadi media periklanan
yang paling cepat berkembang dalam dekade ini (Ha, 2008) Sejalan dengan
berkembangnya internet, muncul pemahaman baru mengenai paradigma pemasaran berupa
konsep pemasaran modern berorientasi pasar/konsumen atau revolusi pemasaran
berupa electronic marketplace (Arnott dan Bridgewater, 2002).
PEMBAHASAN
Menurut
(Paquette, 2013) di dunia yang didorong oleh teknologi saat ini, situs jaringan
sosial telah menjadi jalan di mana pengecer dapat memperluas pemasaran mereka
ke konsumen yang lebih luas. Salah satu tantangan utama yang harus dihadapi
oleh pemasar adalah untuk mengetahui bagaimana membujuk seseorang dan bagaimana
membuat cara agar menarik danmempertahankan calon pelanggan. Masalah ini dapat
dengan mudah diselesaikan dengan membuat atau memungkinkan pelanggan untuk
berinteraksi atau berbicara tentang mereka melalui penggunaan media digital.
Cara Meningkatkan Penjualan Tertarget Dan Mudah
Menggunakan Teknologi Digital Marketing:
1. Membuat Website Dengan Optimasi SEO
Website adalah komponen mutlak dalam digital marketing, berguna membangun merk
dan menambah penjualan.
2. Tambahkan Minimal 1 Produk Di Website, Bila Tidak Ada Minimal 1 Artikel
Informasi Setiap Hari
Mengingat ketentuan di Google Search Engine, jadi banyak artikel dan selalu di
update, maka jadi enteng dalam menambah mutu web site dan dampaknya terhadap
sisi traffic yang jadi meningkat.
3. Melakukan Promosi Yang Tepat Sasaran Di Dunia Maya
Ada banyak sekali tool atau daerah promosi yang sangat kondang diantaranya
adalah Google Ads (milik Google), Youtube Ads (milik Google), Instagram Ads dan
Facebook Ads. Di dalam tools tersebut punyai settingan khusus, di mana mampu
anda atur obyek mana saja yang bakal membaca iklan.
4. Menfollow Up Konsumen Yang Pernah Order Ataupun Chat Di Whatsapp Anda
Anda mampu menambah penjualan terhadap sisi tersebut, meskipun presentasenya
kecil tetapi menutut kemungkinan terjadinya closing.
5. Jangan Endors Untuk Menekan Biaya, Lakukan Yang Lebih Bermanfaat Seperti
Mencari Partner Untuk Menempatkan Artikel Di Website Lain
Menggunakan endors sangat mahal, tidak hanya itu kelemahan endors belum tentu
menghasilkan calon kastemer yang tertarget.
KESIMPULAN
Di era pandemi covid-19, pelaku usaha harus beradaptasi dengan teknologi agar
mampu bertahan dan meningkatkan pendapatan. Digital marketing merupakan
perubahan tren yang sangat cepat, baik dari sisi teknologi maupun perilaku
konsumen. Pelaku usaha dinamis dan responsif dalam melakukan pengelolaan
aktivitas digital marketing.
DAFTAR PUSTAKA
Arnott, D. C., & Bridgewater,
S. (2002). Internet, interaction and implications for marketing. Marketing
Intelligence & Planning.
Robinson, H., Wysocka, A., &
Hand, C. (2007). Internet advertising effectiveness: the effect of design on
click -through rates for banner ads. International Journal of Advertising,
26(4), 527 –541.
Paquette, H. (2013). Social media
as a marketing tool: A literature review.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar