Pentingnya
Penerapan Digital Marketing terhadap Pemasaran Perusahaan
PUTRI
VIRGINIA VALENSI (@V26 – Virginia)
Abstrak
Digital marketing adalah kegiatan promosi dan
pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan
berbagai sarana misalnya jejaring sosial. Media sosial dan aplikasi perusahaan
adalah dua mekanisme pemasaran layanan seluler yang mengandalkan promosi push
atau pull agar efektif. Sastra, bagaimanapun, belum mengungkap bagaimana
promosi dapat saling melengkapi ketika diterapkan dengan sengaja. Perusahaan
kini dituntut untuk lebih memiliki inovasi dalam pemasaran perushaan untuk
penjualan barang salah satunya dengan menggunakan digital marketing.
Kata Kunci :
Digital Marketing, Media Sosial, Pemasaran
Perusahaan
Abstract
Digital marketing is
a promotional activity and market search through digital media online by
utilizing various means, such as social networks. Social media and enterprise
apps are two mobile service marketing mechanisms that rely on push or pull
promotions to be effective. Literature, however, has not revealed how promotion
can complement each other when applied intentionally. Companies are now
required to have more innovation in company marketing for the sale of goods,
one of which is using digital marketing.
Keywords: Digital Marketing, Social Media, Corporate Marketing
Pendahuluan
Strategi bisnis yang paling relevan dan mampu menjawab
tantangan kompetisi pasar yang semakin meningkat adalah strategi bisnis yang
mampu mengakomodir kriteria pasar melalui pemanfaatan berbagai jenis sarana dan
prasarana yang juga semakin maju dan berkembang. Salah satu strategi tersebut
adalah strategi dalam aspek pemasaran menggunakan alat digital atau dikenal
dengan digital marketing, yaitu metode pemasaran yang dilakukan menggunakan
bantuan instrumen digital, utamanya internet beserta beragam aplikasi yang
terdapat di dalamnya dan peralatan yang mendukung penggunaan media tersebut, yang
memungkinkan terciptanya sebuah jaringan atau keterhubungan dengan banyak
pihak, dalam hal ini antara produsen/penjual dengan pelanggan, tanpa dibatasi
oleh jarak, waktu, dan tempat.
Media sosial juga memungkinkan para pelaku pasar untuk
berkomunikasi dengan sesama produsen, pelanggan, dan atau calon pelanggan.
Media sosial memberi identitas kepada brand atau merek yang dipasarkan serta
membantu dalam menyebarkan pesan dengan cara yang santai dan komunikatif segala
kalangan masyarakat pun bisa dengan mudah menggunakan aplikasi ini. Adapun perbedaan
dengan penjual dari mulut ke mulut yang tidak menggunakan aplikasi untuk
mencari pembeli hanya bermodal tawaran saja. Persaingan bisnis melalui media
sosial semakin meningkat. Hal itu dapat terlihat dengan meningkatnya jumlah
sosial pengguna media. Perkembangan ini dapat dilihat dari munculnya pengguna
media sosial dalam waktu yang relatif singkat waktu
Permasalahan
Apakah penerapan digital marketing pada suatu
perusahaan dapat meningkatkan brand perusahaan ?
Pembahasan
Dari permasalahan diatas , kita harus terlebih dahulu
memahami penerapan digital marketing pada suatu perusahaan.
A.
Pengertian
Digital Marketing
Menurut Urban (2004:2) Digital Marketing menggunakan
internet dan teknologi informasi
untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Definisi ini berkonsentrasi pada seluruh marketing tradisional.
Menurut
Kleindl dan Burrow (2005) Digital Marketing adalah suatu proses perencanaan dan
pelaksanaan dari konsep, ide, harga, promosi dan distribusi.
Secara
sederhana dapat diartikan sebagai pembangunan dan pemeliharaan hubungan yang
saling menguntungkan antara konsumen dan produsen.
B.
Teori dari Digital Marketing
a. Content Marketing (Pemasaran Konten)
Content Marketing adalah sebuah cara menjangkau hubungan
dan mempertahankan pelanggan
lewat konten-konten yang berbasis kepentingan pelanggan.
b. Search Engine
Marketing (Teknik Pemasaran Produk)
Search Engine Marketing adalah sebuah cara mencari
informasi produk melalui search
engine atau mesin pencari dengan mengetikkan kata atau produk yang akan dibeli.
c. Social Media Strategy (Strategi Sosial
Media)
Social Media Strategy adalah sebuah cara memasarkan produk
melalui media social, seperti blog, facebook, twitter,
dan lain-lain.
d. Konsep Pull (Menarik)
Merupakan konsep yang menjelaskan bahwa konsumenlah
yang aktif dalam pencarian informasi
ataupun lainnya mengenai produk yang ingin dibelinya tersebut.
e. Konsep Push (Dorong)
Merupakan konsep komunikasi yang dilakukan oleh pemasar kepada calon customer
atau customer bisa melalui email,
SMS atau RSS.
C.
Kelebihan Digital Marketing
1.
Kecepatan
Penyebaran
Strategi pemasaran
dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat, bahkan
dalam hitungan detik.Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan
tepat.
2.
Kemudahan
Evaluasi
Dengan menggunakan media online, hasil dari kegiatan
pemasaran dapat langsung diketahui.
3.
Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan
berikutnya yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat
menyebarkan brand atau produk ke seluruh dunia hanya dengan
beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan internet.
4.
Murah dan Efektif
Dibandingkan
dengan pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh
lebih murah dan efektif.
5.
Membangun Nama Brand
Digital
marketing membantu Anda membangun nama brand dengan
baik.
D.
Strategi Digital Marketing
1. Search Engine Optimization (SEO)
SEO adalah upaya untuk mengoptimasi
sebuah situs agar mendapatkan peringkat teratas dari hasil pencarian.
2. Content Marketing
Merencanakan, membuat serta
membagikan konten tentang perusahaan. Hal tersebut untuk menarik pembaca
mengetahui bisnis dan memotivasi mereka untuk menjadi pembeli.
3. Otomatisasi Pemasaran
Otomatisasi Pemasaran merupakan
teknik otomatisasi tugas-tugas secara berulang. Tugas-tugas seperti alur
pekerjaan, susunan unggahan konten serta laporan kampanye. Otomatisasi ini
dapat dilakukan di kanal digital seperti email dan media sosial.
4. Pay-Per-Klik (PPC)
PPC adalah cara untuk mengarahkan
traffic ke situs Anda dengan bayaran setiap kliknya. Contohnya Google AdWords,
Anda bayar lalu mendapatkan slot teratas setiap pencarian di Google dan
dikenakan biaya setiap kliknya.
5. Native Advertising
Bentuk konten berbayar yang
ditampilkan dalam bentuk yang memiliki kemiripan dengan konten media dan
penempatannya. Konten yang terlihat dan berfungsi seperti bagian dari media
yang terkait. Contohnya Promoted Post di Instagram dan Facebook.
6. Affiliate Marketing
Affiliate Marketing adalah ketika
Anda bermitra dengan layanan atau situs orang lain untuk membuat komisi dengan
merujuk pembaca atau pengunjung ke bisnis Anda. Contohnya Hosting video ads
dengan Youtube.
7. Sosial Media Marketing
Anda mempromosikan brand dan konten
di media sosial seperti Facebook, Whatsapp, Twitter, Facebook Messenger. Media
sosial merupakan sarana untuk membesar-besarkan brand.
Selain itu di era ekosistem digital seperti sekarang,
media sosial berpengaruh pasif terhadap kehidupan masyarakat di dunia. Strategi
marketing yang menggunakan media sosial dianggap cara ampuh untuk menjangkau
berbagai calon customer dengan rentang usia yang beragam. Pemilihan platform social media pun menjadi hal penting. Hal ini karena
berhubungan dengan kesesuaian target market yang telah dibuat. Untuk pengembangan
bisnis memerlukan analisis data yang kuat dari social media tersebut. Analisis data yang dilakukan, seperti
analisis jangkauan engagement dan reach, target market, dan sebagainya. Alangkah baiknya dalam
menjalankan social media untuk mampu mengintegrasikan big data management.
E.
Pentingnya social media
· Meningkatkan
Brand Awareness
Brand awareness adalah konsumen atau
calon pelanggan dari bisnis yang langsung mengenali dan mengingat merek
walaupun hanya dengan melihat logo, gambar, warna, atau contoh produknya saja.
· Meningkatkan
User Engagement
Semakin banyak calon pelanggan atau
customer yang mulai mengetahui dan perhatian terhadap merek atau produk bisnis
yang dijalankan, impact-nya adalah banyak pelanggan yang bisa didapatkan.
· Mengetahui
Strategi Promosi Kompetitor
Saat ini media sosial sudah tidak
asing lagi di kalangan masyarakat, sehingga banyak pebisnis yang beralih
menggunakan media sosial untuk memasarkan produk atau jasa mereka.
· Mengetahui
Respons Pelanggan Terhadap Produk
Penggunaan social media marketing
pada bisnis guna mengetahui respons pelanggan terhadap produk yang sedang
dijual. Respons ini dapat berupa feedback, komentar, ataupun survei.
Kesimpulan
Dari Pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa Digital
marketing adalah strategi atau upaya untuk memasarkan atau mempromosikan produk
melalui segala jenis media digital, baik melalui internet atau jaringan lainnya
yang saling terhubung. Media soasial merupakan strategi atau cara penerapan
digital marketing. Penerapan digital marketing dalam perusahaan dengan
memanfaatkan media sosial tentu saja dapat meningkatkan Brand Awareness
perusahaan, karena Hal ini
keutamaan membangun brand awareness di social media adalah mengunggah konten secara konsisten
yang dapat menarik para target audiens atau konsumen.
Daftar Pustaka
Himma, Faiqotul. 2022. Social Media Marketing: Pengertian
Hingga Contohnya. Dalam link : https://majoo.id/solusi/detail/social-media-marketing
Adi, Desryo. 2021. Mengoptimalkan
Penggunaan Media Sosial untuk Mengembangkan Bisnis di Era Digital. Dalam Link :
https://kumparan.com/desryo-adi/mengoptimalkan-penggunaan-media-sosial-untuk-mengembangkan-bisnis-di-era-digital-1x3mvU32sZ9/full
Hidayat, A. A. (2022). U002100013 : Kewirausahaan III
: Marketing Development, Advertisement, Digitalization and Modernization (Utilizing
relevant software and tool in line with productivity) (Leadership and
Management) [Word File]. Universitas Mercu Buana.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar