Oleh
: Ellyza Tri Septianingrum (@V23-Ellyza)
ABSTRAK
Sering kita jumpai sebuah bisnis
atau usaha yang memiliki banyak karyawan bahkan hingga ribuan. Pernahkah kita
berpikir bagaimana perusahaan tersebut dapat menghimpuan ribuan orang untuk
bekerja dalam sebuah perusahaan ?. Orang – orang yang bekerja dalam sebuah
perusahaan dapat mendapatkan sebuah posisi melalui berbagai cara, salah satunya
ialah melalui proses rekrutmen. Proses rekrutmen ini ialah salah satu proses
seleksi yang diadakan oleh perusahaan untuk bisa mendapatkan calon tenaga kerja
baru. Dalam penerapannya proses rekrutmen ini dilaksanakan dalam berbagai cara,
namun setiap perusahaan tentunya akan memilih cara yang paling efektif untuk
dilakukan.
Keyword
: Bisnis, Karyawan, Rekrutmen, Perusahaan
PENDAHULUAN
Dalam menjalankan sebuah bisnis
tentunya diperlukan sumber daya manusia. Sumber
daya manusia merupakan salah satu
elemen paling penting agar sebuah bisnis atau perusahaan dapat berjalan dengan
baik. Tanpa adanya elemen tersebut atau kualitasnya yang kurang baik,
perusahaan akan sulit untuk berjalan dan beroperasi dengan semestinya meski
sumber daya yang lain telah terpenuhi. Seperti yang kita ketahui, dalam
menghasilkan sebuah produk atau jasa, terdapat beberapa faktor produksi yang
mendukung yang biasa dikenal dengan 5M, yaitu : Man (manusia), Material (bahan
baku), Machine (mesin), Method (metode), Money (uang)
Sumber daya
manusia dalam sebuah bisnis tentunya tidak serta merta tersedia. Diperlukan
sebuah proses untuk dapat mempekerjakan karaywan yang sesuai dengan ekspektasi
dan kriteria perusahaan. Salah satu caranya ialah melalui proses rekrutmen. Rekrutmen
merupakan salah satu fungsi MSDM pada aspek pengadaan tenaga kerja yang khusus
mendapatkan calon-calon karyawan untuk kemudian diseleksi mana yang paling baik
dan paling sesuai dengan persyaratan yang diperlukan. Terdapat beberapa ahli
yang juga turut mendefinisikan arti dari rekrutmen, diantaranya ialah menurut
Nurmansyah, 2011:71 yang mendefinisikan rekrutmen sebagai kegiatan untuk
mendapatkan tenaga kerja baru untuk mengisi lowongan-lowongan jabatan yang ada
pada unit-unit dalam perusahaan.
Pelaksanaan proses rekrutmen memiliki
berbagai macam metode yang digunakan seperti melalui iklan (job advertisement),
rekomendasi dari internal perusahaan (employee referral), perusahaan penyedia
tenaga kerja (employee and recruitment agencies), lembaga pendidikan
(educational institution), serta lembaga pemerintahan (government job center).
Metode – metode tersebut didasarkan pada kebutuhan perusahaan masing – masing
serta kualifikasi yang dibutuhkan.
PERMASALAHAN
Dari
uraian di atas, maka terdapat beberapa permasalahan yang akan dibahas dalam
artikel ini, yaitu :
1. Apa
saja strategis rekrutmen yang efektif ?
2. Bagaimana
efektivitas metode rekrutmen melalui media social ?
3. Apa
saja tantangan dalam proses rekrutmen ?
PEMBAHASAN
1. Strategi
Rekrutmen yang Efektif
Dalam melakukan
rekrutmen, tentunya setiap perusahaan menginginkan mendapat kandidat yang
sesuai dengan kualifikasi mereka. Tentunya untuk bisa mendapatkan kandidat yang
sesuai, diperlukan jangkauan yang luas dalam penyebaran informasi lowongan
pekerjaan. Hal tersebut memerlukan strategi rekrutmen yang efektif untuk dapat
menjangkau lebih banyak calon pelamar tanpa harus mengeluarkan tenaga serta
biaya yang lebih tinggi. Berikut ialah beberapa strategi rekrutmen yang
efektif.
Ø Membangun
Employer Branding
Employer
branding ialah usaha suatu
perusahaan untuk membuat para karyawan nyaman dan merasa perusahaan tersebut
adalah tempat yang baik untuk bekerja. Cara ini dinilai efektif untuk dapat
menarik perhatian para calon karyawan sehingga bersedia melamar pada sebuah
perusahaan
Ø Memanfaatkan
Kekuatan Media Sosial
Penggunaan social media
yang sudah menjangkau berbagai kalangan dapat dijadikan sebagai media rekrutmen
yang efektif. Selain kecepatan penyebaran informasi, media social juga dapat
menjangkau lebih banyak kalangan sehingga informasi yang disampaikan melalui
media social dapat dengan mudah diterima oleh calon karyawan
Ø Meningkatkan
Kualitas Interview Kerja
Salah satu cara dalam
menerapkan strategi rekrutmen yang efektif ialah dengan cara mengevaluasi
kualitas interview. Tidak sedikit calon karyawan yang merubah pikirannya untuk
tidak jadi mendaftar setelah interview dikarenakan pengalaman interview yang
kurang baik. Pastikan proses tersebut membuat kandidat puas karena mereka
mendapatkan informasi yang tepat mengenai peran dan skill yang dicari serta
kesempatan untuk bertanya pada perekrut. Sehingga meskipun pada akhirnya calon
kandidat tidak mendapatkan peran tersebut. Citra positif perusahaan sebagai
pemberi kerja tetap dapat dipercaya
Ø Mempertimbangkan
Virtual Rekrutmen
Menerapkan strategi
virtual hiring akan membantu menjangkau lebih banyak kandidat dengan lebih
cepat. Baik perusahaan maupun kandidat sendiri juga akan merasa dimudahkan
dalam prosesnya.
2. Efektivitas
Metode Rekrutmen Melalui Media Sosial
Trend dunia saat ini adalah rekrutmen melalui
internet yang digunakan oleh sebagian besar para pencari kerja untuk mencari
informasi lowongan kerja. Para pencari kerja dapat mencari informasi lowongan
kerja secara efisien tanpa terhambat jarak, waktu dan biaya. Selain itu,
pencari informasi lowongan kerja juga lebih mudah mengakses dan segera
mengirimkan lamaran via e-mail jika memang posisi tersebut dirasa sesuai dengan
keahlian mereka.
Menurut
hasil survey XpertHR pada 138 perusahaan
menyatakan bahwa para pengusaha (51%) mengakui
rekrutmen via social media mengurangi biaya iklan lowongan kerja dan membantu memudahkan pekerjaan HR untuk menemukan banyak calon karyawan yang sesuai dengan kebutuhan
perusahaan (PortalHR.com). Dari hasil survey tersebut dapat diperoleh gambaran bahwa
social media dapat menjadi media rekturmen yang efektif selama hal itu
dimanfaatkan dengan intensif oleh
perusahaan, karena tidak dapat dipungkiri bahwa informasi saat ini berkembang
pesat melalui internet yang dengan mudah diakses oleh siapapun khususnya para pencari informasi lowongan kerja
3. Tantangan
dalam Proses Rekrutmen
Ø Kurangnya
Kandidat yang Berkualitas
Tantangan saat proses
rekrutmen adalah kurangnya kandidat yang berkualitas. Bahkan kadang tidak ada
sama sekali. Bahkan perusahaan besar dan ternama pun dapat mengalami hambatan
ini. Pelamar kerjanya mungkin banyak, tapi yang berkualitas belum tentu ada.
Ø Jangkauan
Kandidat Terlalu Sempit
Tantangan berikutnya
dalam proses rekrutmen adalah jangkauan kandidat yang terlalu sempit. Hal ini
disebabkan oleh kurangnya promosi atau penyebaran informasi mengenai lowongan
pekerjaan yang tersedia. Jangkauan yang terlalu sempit akan berimbas pada
sedikitnya calon kandidat yang melamar pada perusahaan
Ø Menarik
Kandidat Tidak Tepat
Menarik kandidat yang
tidak tepat biasanya baru disadari setelah karyawan sudah direkrut. Karena
selama proses tes dan wawancara, waktu yang dihabiskan bersama pelamar kerja
hanya sebentar. Jadi tidak ada cukup waktu untuk rekrutment benar-benar
mengetahui sifat kandidat yang sebenarnya, meskipun sudah melewati serangkaian
tes.
Ø Terbatasnya
Staf Rekrutmen
Ketika sebuah
perusahaan melakukan rekrutmen besar – besaran, tentunya membutuhkan staf
rekrutmen yang tidak sedikit pula. Seringkali ini menjadi tantangan dalam
proses rekrutmen. Kurangnya staf rekrutmen akan berdampak pada proses seleksi
yang kurang akurat sehingga menyebabkan karyawan terpilih tidak sesuai atau
kurang sesuai dengan kualifikasi perusahaan.
KESIMPULAN
Dalam sebuah bisnis diperlukan
adanya sumber daya manusia guna menjalankan roda usaha. Sumber daya manusia
dapat diperoleh melalui berbagai cara, salah satunya ialah dengan melakukan
proses rekrutmen. Rekrutmen merupakan salah satu fungsi MSDM pada aspek
pengadaan tenaga kerja yang khusus mendapatkan calon-calon karyawan untuk
kemudian diseleksi mana yang paling baik dan paling sesuai dengan persyaratan
yang diperlukan. Tentunya dalam pelaksaan proses rekrutmen ini tidak mudah.
Tidak jarang para perusahaan menemui hambatan dalam proses rekrutmen yang
berujung pada pemilihan kandidat karyawan yang tidak tepat.
REFERENSI
Handayani,
Maria Tri. 2022. 8 Strategi Rekrutmen yang Efektif untuk Mendapatkan Talent.
Dalam : https://www.ekrut.com/media/strategi-rekrutmen
Juwita, Kristin.
Analisis Efektifitas Metode Rekrutmen Melalui Social Media. Dalam : https://pdfcoffee.com/analisis-efektivitas-metode-rekrutmen-melalui-social-media-pdf-free.html
Prahsia. Angelin Lu.
2020. Tantangan dan Hambatan Terbesar Perusahaan dalam Proses Rekrutmen
Karyawan. Dalam : https://match-recruitment.co.id/resources/recruitment-101/tantangan-terbesar-perusahaan-dalam-melakukan-rekrutmen-karyawan/
.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar