Abstrak
Artikel
ini membahas tentang faktor apa saja yang mempengaruhi kesuksesan suatu bisnis.
Faktor – faktor tersebut, yaitu kreativitas, ide, peluang, kecocokan, dan
teknologi.
Kata
kunci: bisnis, inovasi, teknologi
Abstract
This
article discusses what factors affect the success of a business. These factors,
namely creativity, ideas, opportunities, compatibility, and technology.
Keywords:
business, innovation, technology
PENDAHULUAN
Dalam
dunia wirausaha, pasti ada saja jenis bisnis yang memiliki kesamaan. Namun,
beberapa hal yang dapat membuat bisnis – bisnis tersebut bertahan adalah
inovasi, keunikan, kreativitas, dan lainnya yang ada di bisnis tersebut.
Sebagai pebisnis, penting sekali diperlukan adanya inovasi atau perubahan atau
pembaharuan dalam jangka waktu tertentu agar bisnis bisa berkembang dan lebih
maju. Mengapa? Karena seiring berjalannya waktu, zaman terus berubah dan saat
ini, percepatan perubahan trend itu sangat cepat, yang di mana hal itu
mempengaruhi demand atau kebutuhan orang – orang. Maka dari itu, tidak hanya kreativitas
dan ide yang dibutuhkan untuk berbisnis atau mungkin berinovasi, namun juga
peluang dan kecocokan mulai dari momen hingga kebutuhan calon konsumen, dan
semua itu dikolaborasikan dengan teknologi untuk menjadi satu kesatuan yang
kuat.
PEMBAHASAN
Dalam
dunia wirausaha, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi suatu usaha atau
bisnis, yaitu kreativitas, ide, peluang, kecocokan, dan teknologi. Berikut ini
adalah penjelasannya.
1) Kreativitas
Menurut
Wikipedia, kreativitas atau yang bisa disebut daya cipta adalah proses mental
yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan baru, atau hubungan baru
antara gagasan dan anggitan yang sudah ada. Menurut Widayatun, kreativitas
adalah kemampuan memecahkan masalah yang memberikan individu mampu menciptakan
ide-ide asli atau adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang.
Menurut Chaplin (1989), pengertian kreativitas adalah kemampuan menghasilkan
bentuk baru menggunakan metode-metode baru.
Definisi dari kreativitas sangatlah
beragam. Namun, menurut saya, dapat disimpulkan bahwa kreativitas adalah
kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru, baik yang benar-benar merupakan
hal baru atau sesuatu ide baru yang diperoleh dengan cara menghubungkan
beberapa hal yang sudah ada dan menjadikannya suatu hal baru. Lalu, untuk
membuat suatu bisnis dan membuatnya berkembang adalah dengan kreativitas,
sehingga bisa selalu menciptakan sesuatu yang baru, sesuai dengan kebutuhan
pasar.
2) Ide
Menurut Kamus
Besar Bahasa Indonesia, ide diartikan sebagai rancangan yang tersusun di dalam
pikiran; atau perasaan yang benar-benar menyelimuti pikiran. Menurut plato, ide
merupakan sesuatu yang bersifat kekal atau yang absolut, ide terlepas dari
objek-objek inderawi sehingga ide menjadi landasan bagi pengetahuan yang
sejati, namun ide juga tidak pernah lepas dari objek-objek inderawi dalam
mencapai ilmu pengetahuan sejati.
Sebenarnya, ide dan kreativitas
adalah satu kesatuan. Karena di dalam sebuah kreativitas ada ide, dan dalam ide
ada sebuah kreativitas. Lahirnya
ide dalam diri seorang wirausaha merupakan langkah awal dari suatu inovasi bisa
dilakukan oleh seorang wirausaha bila orang tersebut mampu melahirkan ide atau
gagasan bisnis dalam pikirannya.
3) Peluang
Peluang
berarti kesempatan dan usaha berarti upaya untuk mencapai tujuan yang
diinginkan dengan berbagai daya yang dimiliki. Sifat wirausahawan adalah selalu
mencari dan melihat peluang yang tersembunyi dengan gagasan baru dan bekerja
keras untuk merubah peluang menjadi kenyataan. Kreativitas dalam memunculkan ide
memiliki peranan penting dalam inovasi produk sebuah usaha.
4) Kecocokan
Faktor
ini diperlukan bagi para wirausaha maupun pangsa pasar. Faktor kecocokan ini
penting diselaraskan dengan potensi diri serta karakter wirausaha agar bisnis
yang direncanakan bisa berjalan dengan baik, tanpa adanya beban, dan bisa terus
berkembang. Kecocokan juga harus diselaraskan dengan kebutuhan/demand konsumen.
Hal ini dikarenakan apabila tidak sesuai dengan kebutuhan konsumen, maka siapa
yang akan rela membeli atau membayar produk atau jasa yang ditawarkan nantinya.
5) Teknologi/Teknopreneurship
Menurut
Tata Sutabri (2010), technopreneurship merupakan proses dan pembentukan
usaha baru yang melibatkan teknologi sebagai basisnya, dengan harapan bahwa
penciptaan strategi dan inovasi yang tepat kelak bisa menempatkan teknologi
sebagai salah satu faktor untuk pengembangan ekonomi nasional.
Wirausahawan sepantasnya memanfaatkan era industri 4.0 sebaik
mungkin. Jangan sampai pelaku bisnis dan wirausaha di nusantara terlambat
mengantisipasi dan beradaptasi dengan gelombang revolusi industri 4.0.
Perubahan ini dapat menjadi tantangan sekaligus peluang baru bagi pelaku
wirausaha.
KESIMPULAN
Untuk
bisa menciptakan suatu bisnis, bahkan hingga membuat bisnis tersebut berkembang,
wirausaha memerlukan kreativitas, ide, peluang, kecocokan, dan semua itu
dikolaborasikan dengan teknologi. Seiring berjalannya waktu, semakin ke depan,
perubahan budaya dan gaya hidup mengalami percepatan yang begitu dahsyat,
sehingga sebaiknya setiap bisnis yang baru akan dimulai atau yang sudah ada
perlu melakukan update atau inovasi.
REFERENSI
Agnes Sri Harti. 2018. Konsep Dasar dan Prinsip-Prinsip
Kewirausahaan.
https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5893951/pengertian-peluang-usaha-tujuan-dan-ciri-cirinya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar