Oleh : Pasca Fitri Pratama (@T19-Pasca)
-
Riset Dan Pengembangan Produk
Setiap produk
yang telah dibuat dan digunakan memiliki umur, atau waktu atau life cycle
sebelum produk tersebut tertinggal dan tidak digunakan. Dalam hal ini, kita
sebagai seorang wirausaha harus dapat mencari ide untuk dapat membuat produk
kita tetap dapat digunakan dan memberikan manfaat bagi penggunanya serta dapat
memberikan keuntungan.
Riset dan
Pengembangan Produk merupakan salah satu cara untuk dapat membuat produk kita
untuk tetap eksis dan mendapatkan pasarnya. Dengan melakukan riset, serta
melanjutkan ke tahap pengembangan produk, kita dapat mengetahui apa-apa saja
yang diperlukan untuk produk kita tetap bertahan ataupun menciptakan sesuatu
produk yang lebih baik dan lebih dapat memiliki life cycle yang baru. Sehingga
produk akan tetap berguna dan dapat memberikan keuntungan selain juga memberikan
manfaat bagi penggunanya.
Riset merupakan
kegiatan pengamatan atau percobaan yang membutuhkan ketelitian dengan
menggunakan sebuah metode untuk memperoleh hasil atau tujuan tertentu. Dalam
riset meliputi pengumpulan data, pengolahan data, analisis dan penyajian data
untuk memecahkan suatu masalah dengan harapan dapat menemukan solusi dari
masalah tersebut yaitu sebuah tujuan atau hasil tertentu. Salah satu fungsi
riset dalam usaha adalah untuk mencari pangsa pasar atau produk yang sudah
tersedia, riset ini bertujuan untuk menentukan strategi pemasaran, kepuasan
konsumen hingga untuk kepentingan pengembangan produk.
Tujuan dari riset
dalam sebuah usaha adalah :
-
Mengetahui
pasar produk
-
MEngetahui
kelebihan dan kekurangan dari produk yang ditawarkan
-
Mendapatkan
informasi dari konsumen
- Menentukan strategi pemasaran produk.
Sedangkan
pengembangan produk adalah strategi yang dilakukan oleh sebuah badan usaha
untuk mengembangkan ide produk, memperbanyak atau memperbesar segmen dari
produk yang sudah ada. Sehingga pengembangan produk adalah modifikasi dari produk
yang sudah ada, untuk dapat memulai life cycle produk yang baru untuk
mempertahankan daya saing produk serta memberikan pilihan dan kepuasan baru
bagi konsumen.
Tujuan dari
pengembangan produk adalah :
-
Memenuhi
keinginan konsumen
-
Melebarkan
segmen dari produk yang dibuat
-
Memenangkan
persaingan pasar
-
Meningkatkan
keuntungan.
-
Tahapan pengembangan Produk
Berikut adalah tahapan yang
dapat dilakukan dalam mengembangkan produk :
1.
Penciptaan
Ide.
Ide
atas produk yang ingin dikembangkan merupakan tahap dasar yang harus ada dalam
pengembangan produk. Amati dengan baik produk yang akan dikembangan untuk
menentukan apakah ada hal yang dapat dikembangkan dari produk tersebut.
2.
Penyaringan
Ide
Ide-Ide
yang muncul pada tahapan sebelumnya, haruslah dikerucutkan dan disaring untuk
dapat mendapatkan ide yang benar-benar layak untuk diproses. Jangan hanya
mencetuskan ide namun tidak dapat mendapatkan hasil yang positif bagi
perusahaan.
3.
Riset
dan pengembangan konsep produk
PAda
tahapan ini, ide yang sudah final menjalani riset, untuk mengumpulkan lebih
banyak data yang dapat diolah dan dilakukan penyesuaian pada produk.
4.
Pengembangan
strategi pemasaran
Tahapan
ini dimaksudkan agar strategi pemasaran yang dilakukan untuk produk yang
dikembangkan sudah tepat dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan untuk produk
tersebut dapat diterima oleh konsumen.
5.
Analisis
produk/pasar
Pada
tahapan ini, kita mengevaluasi dan menganalisis terkait daya tarik produk yang
dipasarkan dan proyeksi penjualan atau keuntungan dari produk tersebut.
6.
Pengembangan
Produk
Setelah
tahapan tahapan strategi sudah dilakukan, selanjutnya adalah penciptaan produk
semisal prototype yang dapat dievaluasi langsung oleh konsumen.
7.
Pengujian
pasar
Ketika
prototype sudah mendapatkan evaluasi dan dinyatakan final, maka sebelum
diproduksi secara masal dan dipasarkan secara luas, maka tahapan yang perlu
dilakukan adalah membuat pengujian pasar dengan penjualan produk skala kecil
untuk melihat tanggapan pasar terkait produk tersebut.
8.
Promosi
dan Komerisalisasi produk.
Pada tahapan ini , produk yang sudah menjalani rangkaian
tahapan diatas dapat dipasarkan, dipromosikan
atau bahkan batal diluncurkan tergantung respon pasar.
-
Pentingnya Pengembangan
Produk bagi pengembangan perusahaan.
Berkembangnya
sebuah usaha, tidak terlepas dari berkembangnya produk yang dihasilkan. Hal ini
karena pengembangan produk dapat menghasilkan pasar yang lebih luas, keuntungan
yang lebih banyak dan value dari perusahaan semakin meningkat. Keberhasilan
perusahaan dalam mengembangkan produknya sangat mempengaruhi kondisi perusahaan
dimasa yang akan datang.
Karena setiap produk yang diciptakan memiliki waktu hidup dan bisa saja digantikan oleh produk yang lebih baik, sehingga konsumen beralih pilihan. Kemampuan perusahaan dalam menyajikan produk-produk yang inovatif untuk menjawab semakin beragamnya kebutuhan masyarakat sangat bergantung seberapa besar keingingan perusahaan untuk mengembangkan produknya. Karena dengan pengembangan produk tersebut, persaingan pasar, kepercayaan konsumen dapat diambil alih dan dapat meningkatkan keuntungan. Oleh sebab itu, pengembangan produk sangat penting bagi perusahaan untuk mengembangkan usahanya.
Referensi :
https://www.qiscus.com/id/blog/product-development/
https://www.productplan.com/learn/what-is-product-development/
https://myskill.id/blog/bidang-profesi/tahapan-pengembangan-produk-baru/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar