Menanggapi pertumbuhan yang cepat
Pertumbuhan yang
cepat adalah bagian dari banyak siklus bisnis yang sukses. Ini dapat
terjadi sebagai akibat dari strategi pertumbuhan yang dijalankan dengan baik
atau sebagai respons terhadap peluang yang tidak terduga.
Pertumbuhan yang
cepat sering kali mengikuti periode kesuksesan awal, ketika sebuah organisasi
hanya melihat sedikit keuntungan tetapi beroperasi dengan sehat.
Jika bisnis Anda
mengalami periode pertumbuhan yang cepat, Anda mungkin mendapati bahwa staf,
tingkat produksi, atau klien meningkat pesat dalam waktu singkat.
Panduan ini
memberikan informasi untuk membantu bisnis Anda merespons pertumbuhan yang
cepat secara efektif. Ini berisi strategi untuk menghadapi pertumbuhan,
dan memberikan saran praktis untuk menangani masalah umum seperti kekurangan
arus kas, perubahan staf dan tempat yang terlalu besar
.
Menanggapi kekurangan arus kas
Seiring pertumbuhan bisnis Anda, Anda perlu
mencari uang untuk membayar lebih banyak staf, fasilitas yang lebih besar, dan
peningkatan biaya produksi. Jika bisnis Anda tumbuh pesat dan
pertumbuhannya sebagian besar tidak direncanakan, Anda akan mengambil risiko
overtrading dengan tidak memiliki modal kerja yang cukup (uang tunai untuk
pengeluaran sehari-hari) untuk memenuhi pesanan Anda yang terus bertambah.
Tidak memiliki modal kerja yang cukup di saat
kritis antara berinvestasi dalam pertumbuhan dan merealisasikan keuntungan
adalah masalah umum bagi bisnis yang mengalami ekspansi pesat. Itu dapat
dengan mudah merusak bisnis. Namun, ada sejumlah strategi untuk mengatasi
kekurangan kas jangka pendek.
Mengatasi kekurangan uang tunai
Ada beberapa cara langsung untuk mendanai
kekurangan kas yang tidak terduga, termasuk:
·
menagih hutang
yang belum dibayar
·
kenaikan harga
·
meminjam uang
– misalnya, dengan membiayai kembali atau mengatur cerukan
· menegosiasikan persyaratan pembayaran yang lebih baik
dengan pemasok – misalnya, menunda pembayaran sebagai ganti pesanan reguler
atau lebih besar
· menegosiasikan
persyaratan pembayaran yang lebih baik dengan pelanggan – misalnya, dengan
menawarkan diskon untuk pembayaran segera, mendorong pembayaran otomatis, atau
meminta setoran terlebih dahulu
· mengidentifikasi aset bisnis non-inti yang dapat dijual secara tunai
· menggunakan layanan anjak piutang atau diskon faktur – sebuah perusahaan meminjamkan uang kepada Anda, menagih hutang Anda, dan mengelola pembukuan Anda untuk Anda.
Mengurangi biaya
Cara yang sama efektifnya untuk meningkatkan
likuiditas Anda adalah dengan mengurangi atau menghindari biaya yang tidak
perlu untuk bisnis Anda dengan:
tidak mengambil uang yang tidak perlu dari
bisnis sementara arus kasnya terbatas
memilih untuk menyewa atau menyewa-beli
tempat atau mesin baru daripada membeli langsung dan menimbulkan lebih banyak
hutang
Menunda kenaikan gaji
mengurangi biaya overhead – misalnya,
mengganti perjalanan bisnis dan pertemuan tatap muka dengan panggilan
konferensi.
Memantau dan memperkirakan arus kas
Namun, untuk meningkatkan arus kas Anda dalam
jangka panjang, bisnis Anda perlu mengelola arus kasnya dengan
lebih baik , terutama jika Anda merencanakan ekspansi lebih lanjut.
Dengan memantau dan memperkirakan arus kas
masuk dan keluar, Anda dapat memprediksi kekurangan arus kas dengan lebih baik
dan mengatur pembiayaan utang lebih
awal jika diperlukan. Dengan modal kerja yang memadai, Anda akan memiliki
lebih banyak waktu untuk mengelola aspek lain dari bisnis Anda yang berkembang
pesat.
Juga pertimbangkan...
Cari tahu lebih lanjut tentang program Mentoring for Growth (M4G) , yang dapat membantu bisnis Anda
menghadapi pertumbuhan yang pesat.
·
Pelajari lebih
lanjut tentang harga produk dan layanan
·
Baca bagaimana
Anda dapat mengelola debitur dengan
lebih baik
·
Cari tahu
lebih lanjut tentang bekerja dengan pemasok .
Menanggapi kekurangan staf dan keterampilan
Kemampuan bisnis Anda untuk berhasil selama
ekspansi yang cepat akan bergantung pada keterampilan dan keahlian staf Anda
serta kemampuan Anda untuk berkomunikasi secara efektif dengan mereka melalui
periode perubahan dan ketidakpastian ini.
Mempekerjakan staf baru
Anda mungkin perlu mempekerjakan lebih banyak
staf selama ekspansi bisnis Anda sehingga staf yang ada tidak harus memikul
beban kerja yang berlebihan atau melakukan tugas di luar keahlian
mereka. Penting untuk meluangkan waktu yang cukup untuk kegiatan
rekrutmen, karena mempekerjakan orang yang tepat dengan
keterampilan yang sesuai akan memberikan hasil yang baik dalam jangka
panjang. Untuk mempekerjakan orang yang tepat, pastikan Anda:
·
melakukan penilaian keterampilan staf yang tepat
·
menghabiskan
cukup waktu untuk mewawancarai kandidat pekerjaan
·
latih rekrutan baru Anda dan berikan induksi staf ketika
mereka telah ditunjuk.
Merawat staf yang ada
Staf yang ada juga membutuhkan perhatian dan
perhatian Anda selama fase pertumbuhan pesat bisnis Anda. Staf mungkin
membawa beban kerja yang besar, merasa tidak yakin tentang peran masa depan
mereka dalam bisnis atau menghadapi perubahan besar di tempat kerja dengan
buruk.
Untuk menghindari penurunan moral, pastikan
Anda memberi tahu staf Anda dan terlibat selama periode pergolakan
ini. Komunikasi yang teratur dan terbuka adalah salah satu prinsip
utama manajemen perubahan —pendekatan
sistematis untuk perubahan dalam sebuah organisasi. Berkomunikasi dengan
staf Anda tentang tujuan, harapan, dan kemajuan bisnis Anda serta masalah
operasional seperti perubahan peran dan prosedur.
Mengubah peran pemilik bisnis
Ketika sebuah bisnis berkembang pesat, peran
pemilik bisnis juga akan berkembang pesat. Karena peningkatan volume dan
kompleksitas pekerjaan yang tiba-tiba, mudah untuk mengalami kelelahan, atau
paling tidak, tingkat stres yang tinggi selama waktu yang menuntut
ini. Untuk menghindari kelelahan dalam jangka pendek, Anda perlu mengatur
waktu Anda secara efisien dan mendelegasikan tugas-tugas yang kurang penting
kepada orang lain. Dalam jangka panjang, Anda perlu:
1. mengembangkan keterampilan manajemen waktu
yang baik
2. mengembangkan manajemen bisnis
dan keterampilan kepemimpinan
3. percayakan delegasi untuk melakukan pekerjaan
mereka sehingga Anda bebas untuk berkonsentrasi pada aspek yang lebih penting
dari bisnis Anda.
Juga pertimbangkan...
Pelajari lebih lanjut tentang menemukan orang yang tepat untuk
bisnis Anda.
·
Baca
cara berkomunikasi secara efektif untuk
bisnis
·
Cari tahu
bagaimana mengembangkan kode etik staf
·
Cari tahu
lebih lanjut tentang mengembangkan staf Anda .
Melanjutkan dengan layanan pelanggan yang
baik
Ketika bisnis mengalami pertumbuhan yang
cepat dan tidak terkendali, salah satu hal pertama yang gagal adalah layanan
pelanggan.
Sangat mudah bagi pemilik bisnis dan staf
untuk merasa kewalahan dengan beban kerja yang meningkat dan proses yang
berubah — sedemikian rupa sehingga mereka dapat dengan mudah mengabaikan
pelanggan yang berkontribusi pada pertumbuhan bisnis.
Penting untuk mempertahankan tingkat staf
yang memadai untuk memastikan pelanggan Anda menerima perhatian dan layanan
yang mereka minta.
Anda mungkin perlu mengambil staf baru untuk
menjaga pelanggan Anda atau memfokuskan kembali perhatian staf Anda pada
pentingnya layanan pelanggan yang baik dan apa yang terlibat.
Juga pertimbangkan...
·
Pelajari lebih
lanjut tentang meningkatkan layanan pelanggan
·
Cari tahu
bagaimana mengelola keluhan pelanggan
·
Cari tahu
lebih lanjut tentang program Mentoring for Growth (M4G) , yang dapat membantu bisnis Anda
menghadapi pertumbuhan yang pesat.
· Baca tentang bagaimana memberikan layanan purna jual yang sangat baik .
REFERENSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar