Strategi Pengembangan Untuk Realisasi Usaha
Disusun oleh : Gian Akmal Adwitiya – 41620110065 -
@T18-Gian
Wirausaha adalah orang yang mampu mengelola sumber daya
yang dimiliki secara ekonomis dengan efektif dan efisien. Dalam berwirausaha,
kita haruslah mengelola dengan baik dan memikirkan rencana ke depan dengan
matang agar usaha kita dapat direalisasikan dengan baik. Pengembangan usaha
harus dilakukan agar segala yang kita tentukan bisa tercapai.
Dilansir dari Forbes, pengembangan usaha adalah penciptaan
jangka panjang bagi organisasi dari pelanggan, pasar, dan interaksi di
dalamnya. Hal ini berarti pengembangan usaha bertujuan untuk mempertahankan
usaha agar tetap produktif dan menghasilkan keuntungan dalam jangka panjang.
Menurut Subagyo (2008), secara umum pengembangan usaha dibagi menjadi
dua jenis, yaitu:
1.
Pengembangan vertikal. Pengembangan vertikal adalah perluasan
usaha dengan cara membangun inti bisnis baru yang masih memiliki hubungan
langsung dengan bisnis utamanya.
2. Pengembangan horizontal.
Pengembangan horizontal adalah pembangunan usaha baru yang bertujuan memperkuat
bisnis utama untuk mendapatkan keunggulan komparatif, yang secara line produk
tidak memiliki hubungan dengan core bisnisnya.
Menurut Hendro (2011), terdapat
beberapa strategi yang biasa digunakan dalam pengembangan usaha, yaitu sebagai
berikut:
·
Mengembangkan
pasar dari sisi produknya
Mengembangkan
pasar dari sisi produknya adalah langkah yang paling memungkinkan untuk
dilakukan pertama kali karena produk utamanya telah diperkenalkan dan sudah
tumbuh, sehingga masalah profitabilitas (kemampuan mendapatkan laba) serta
popularitas dan kualitas sudah diterima di pasar.
·
Mengembangkan pasar dari sisi sistem
penjualannya
Banyak strategi mengembangkan pasar yang
dilakukan mengembangkan sistem penjualannya seperti mengembangkan sistem distribusi penjualan kedalam (internal),
Mengembangkan sistem jaringan pemasaran dengan pihak lain, dan mengembangkan
pasar dengan menggabungkan bisnis yang lain dalam satu industri.
· Mengembangkan pasar dengan sinergisme
Melakukan
pengembangan pasar dengan cara mengadakan perjanjian kerja sama antara dua
perusahaan yang berbeda pasar dengan tujuan swap market atau tukar pasar dan
memperkuat satu sama lainnya karena keduanya mempunyai keistimewaan.
Realisasi perencanaan usaha
Menjabarkan planning
program menjadi implementatif yang dapat dikontrol dan terukur. Berikut ada
lima langkah improvisasi agar kreatifitas dan imajinasi berjalan dengan baik.
Analisa
situasi : Buka mata, telinga dan pikiran anda pada situasi pasar paling gress
saat ini sebagai tolak ukur, langkah adaptasi dan perbaikan perencanaan usaha
beberapa waktu kedepan. Mulailah dengan deskripsi singkat tentang produk jasa
yang hendak di tawarkan, keunggulan yang dimiliki dan tantangan yang akan
dihadapi, rumuskan kemungkinan ancaman dari para pesaing, beberkan kekuatan dai
luar yang mempengaruhi usaha untuk satu tahun kedepan.
Tentukan target market : jika usaha yang
dikembangkan dalam bidang konsumsi maka market harus berdasarkan demografi
seperti usia, jenis kelamin serta faktor penting lainnya. Jika usahanya dalam
bidang produk untuk perusahaan seperti restoran yang termasuk bisnis fleksibel
maka tidak harus mengikuti keinginan pasar.
Tujuan usaha : harus dibuat secara realisitis
dan terukur agar mudah dievaluasi kinerjanya. Strategi dan taktik : seorang
pengusaha catering menawarkan catering untuk acara pernikahan tujuannya adalh
meningkatkan penjualan sebesar 20%. Strategi yang dilakukan dengan memberikan
potongan harga bagi para calon pelanggan potensial, sedangkan taktik yang
dilakukan dengan cara memasang iklan di internet dan majalah.
Anggaran
: rincian singkat dan biaya-biaya yang terkait dengan masing masing strategi
dan taktik yang dijalankan.
Kesimpulan
Berdasarkan
yang telah dibahas pada artikel ini, bisa disimpulkan bahwa strategi
pengembangan usaha harus diterapkan untuk mewujudkan realisasi usaha dan
mengembangkan usaha yang kecil menjadi besar secara bertahap.
Referensi
Modul
6 Kewirausahaan 2 “Realisasi Usaha,Leadership and Management, Re-Goaling and
Setting Objective,Reaching Goal Safely,Literation”
https://www.kajianpustaka.com/2020/03/pengembangan-usaha-pengertian-jenis-strategi-dan-tahapan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar