Oleh : Gilang Ramadhan
(@T07-Gilang)
Pengertian Kreativitas
Kreativitas merupakan pengalaman
mengekspresikan dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu
antara hubungan diri sendiri, alam, dan orang lain. Pada umumnya definisi
kreativitas dirumuskan dalam istilah pribadi (Person) , proses, produk/ hasil/
product, dan dorongan/ press, seperti yang diungkapkan oleh Rhodes yang
menyebut hal ini sebagai "Four P's of Creativity: Person, Process, Press,
Product". Keempat P ini saling berkaitan: Pribadi yang kreatif yang
melibatkan diri dalam proses kreatif dan dengan dukungan dan dorongan (press)
dan lingkungan, akan menghasilkan produk kreatif. Adapun Semiawan (1997)
mengemukakan bahwa kreativitas merupakan kemampuan untuk memberikan gagasan
baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Hakikatnya, kreativitas menghasilkan sudut pandang
baru oleh seseorang terhadap suatu masalah. Pola pikir dari seorang dengan
kepribadian kreatif adalah terbuka dan luas, atau sering kali disebut ‘out of the box’. Perlu kita ketahui, pola pikir yang
demikian itu tidaklah datang secara instan, melainkan melalui suatu proses yang
berkesinambungan. Graham Wallas, dalam bukunya “The Art of Thought” menyatakan bahwa proses kreatif meliputi 4
tahap:
1. Tahap Persiapan, mempersiapkan diri untuk memecahkan
masalah dengan mengumpulkan data/informasi, mempelajari pola berpikir dari
orang lain, dan bertanya pada orang lain.
2. Tahap Inkubasi, pada tahap ini pengumpulan informasi
dihentikan, individu melepaskan diri untuk sementara dari masalah tersebut. Ia
tidak memikirkan masalah tersebut secara sadar, tetapi “mengeramkannya” dalam
alam pra sadar.
3. Tahap Iluminasi, tahap ini merupakan tahap
timbulnya “insight” atau “Aha Erlebnis”, yaitu saat munculnya inspirasi
atau gagasan baru.
4. Tahap Verifikasi, tahap ini merupakan tahap pengujian ide atau kreasi baru tersebut terhadap realitas. Di sini diperlukan pemikiran kritis dan konvergen. Proses divergensi (pemikiran kreatif) harus diikuti proses konvergensi (pemikiran kritis).
Pengertian Inovasi
Entrepreneurship adalah usaha untuk
menciptakan nilai melalui pengakuan atas peluang bisnis, pengelolaan risiko
yang sesuai dengan peluang dan melalui kemampuan komunikatif dan manajemen
untuk memobilisasi sumber daya manusia, keuangan, dan material yang diperlukan
untuk membawa sebuah proyek membuahkan hasil (Nugraha, 2019:8). Menurut Agus
S.P & Jusup N. (2017:6), entrepreneurship lebih mengarah kepada sebuah
tindakan yang memiliki sifat keberanian, kreatif, inovatif, tahan dengan
tantangan hidup, serta sanggup dalam menangkap dan mewujudkan sebuah peluang.
Sedangkan entrepreneurial sendiri adalah suatu proses yang dilakukan oleh
seorang entrepreneur dalam menciptakan nilai dari suatu produk (value added).
Inovasi adalah proses menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang baru. Konsep kebaruan ini berbeda bagi kebanyakan orang karena sifat nya relative (apa yang dianggap baru oleh seseorang atau pada suatu konteks dapat menjadi sesuatu yang meruapakan lama bagi orang lain dalam konteks lain).
Peran Kreativitas dan Inovasi dalam Berbisnis
Kreativitas dan inovasi memegang peranan yang sangat penting dalam berbisnis. Berbagai kesuksesan pebisnis di dunia diawali dengan kreativitasnya dalam menemukan inovasi pengembangan produk, baik barang maupun jasa. Persaingan yang ketat dalam berbisnis dan menjalankan usaha mendorong para pebisnis untuk memiliki kreativitas tinggi. Daya kreativitas tersebut harus dilandasi dengan cara berpikir yang maju, gagasan-gagasan baru, dan berbeda dibandingkan produk-produk yang telah ada sebelumnya. Dengan memaksimalkan kreativitas dan cara pandang untuk melahirkan suatu inovasi ini, bisnis yang dikelola akan mampu tampil outstanding dibandingkan dengan bisnis serupa yang telah ada. Hal inilah yang disebut dengan ‘kebaruan’ seperti yang telah disebutkan sebelumnya.
Terdapat 5 manfaat kreativitas dan
inovasi dalam dunia bisnis, yaitu:
1.
Memiliki Unique Selling Point (USP)
Sebuah bisnis yang dijalankan dengan kreatif dan inovatif maka akan membantu
Anda dalam menemukan Unique Selling Point (USP) atau keunggulan yang dimiliki
dari produk atau jasa yang ditawarkan. USP dapat menjadi alasan mengapa
konsumen harus membeli produk atau jasa dari bisnis yang Anda jalankan.
Untuk
dapat menemukan USP ini, Anda perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu agar
bisa mencari tahu apa yang diinginkan oleh masyarakat saat ini. Dari data yang
valid dari hasil riset pasar, nantinya Anda bisa menggunakan data tersebut
untuk mengembangkan sebuah inovasi dan ide baru ke dalam bentuk bisnis yang
dapat memenuhi permintaan pasar.
2.
Mampu Bersaing dengan Bisnis Kompetito r
Persaingan bisnis sangatlah ketat dan hal ini tidak hanya berlaku bagi
perusahaan-perusahaan besar saja. Perusahaan-perusahaan kecil seperti kegiatan
wirausaha juga memiliki tingkat persaingan yang cukup tinggi.
Oleh
karena itu, setiap pebisnis dituntut untuk dapat berpikir kreatif dalam
menemukan ide baru agar mampu bertahan di tengah persaingan yang ketat. Selain
itu, inovasi juga diperlukan agar Anda mampu mencari solusi baru yang mungkin
saja belum pernah ditawarkan oleh kompetitor manapun.
3.
Meningkatkan Penjualan
Di saat seorang pebisnis memiliki kreativitas dan inovasi dalam menjalankan
usaha yang dimilikinya, maka hasil akhir yang diharapkan adalah terjadinya
peningkatan penjualan. Bagaimana bisa terjadi peningkatan penjualan?
Sebagai
contoh, ada pebisnis yang membuka sebuah warung dan hanya dapat diakses oleh
warga sekitar. Namun setelah bekerja sama dengan berbagai mitra yang
menyediakan layanan antar jarak jauh, pelanggan yang tinggal di wilayah yang
berbeda juga dapat membeli dari warung tersebut sehingga penjualan dapat
semakin meningkat.
4.
Menciptakan Terobosan Baru
Inovasi memiliki manfaat yang sangat penting dalam bisnis
yaitu untuk dapat menciptakan terobosan baru sesuai dengan apa yang
menjadi permintaan masyarakat. Anda dapat mencari hal baru yang mungkin belum
ditawarkan oleh pebisnis manapun dan tentunya dapat bermanfaat bagi seluruh
orang atau setidaknya sebagian besar masyarakat.
5.
Menarik Minat Konsumen
Manfaat terakhir yang dapat Anda rasakan dengan adanya kreativitas dan inovasi
dalam kegiatan wirausaha adalah daya minat konsumen akan menjadi lebih tinggi.
Konsumen pasti akan menuntut adanya suatu hal yang unik atau baru dari suatu
bisnis agar mereka tertarik untuk selalu membeli produk atau jasa dari Anda.
Salah
satu cara kreatif yang dapat Anda lakukan untuk menarik minat konsumen adalah
dengan melakukan kegiatan promosi seperti memberikan hadiah tertentu. Meskipun
kegiatan promosi merupakan cara yang sering dilakukan oleh pebisnis, namun Anda
dapat berkreasi dengan jenis hadiah yang diberikan kepada konsumen.
Kesimpulan
Kreativitas merupakan pengalaman mengekspresikan
dan mengaktualisasikan identitas individu dalam bentuk terpadu antara hubungan
diri sendiri, alam, dan orang lain. kreativitas merupakan kemampuan untuk
memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
Inovasi adalah proses
menemukan atau mengimplementasikan sesuatu yang baru ke dalam situasi yang
baru. Konsep kebaruan ini berbeda bagi
kebanyakan orang karena sifat nya relative (apa yang dianggap baru oleh
seseorang atau pada suatu konteks dapat menjadi sesuatu yang meruapakan lama bagi orang lain dalam
konteks lain).
Kreativitas
dan inovasi memegang peranan yang sangat penting dalam berbisnis. Berbagai
kesuksesan pebisnis di dunia diawali dengan kreativitasnya dalam menemukan
inovasi pengembangan produk, baik barang maupun jasa. Persaingan yang ketat
dalam berbisnis dan menjalankan usaha mendorong para pebisnis untuk memiliki
kreativitas tinggi
5
manfaat kreativitas dan inovasi dalam dunia bisnis,
1. Memiliki Unique Selling Point (USP)
2. Mampu Bersaing dengan Bisnis Kompetitor
3. Meningkatkan Penjualan
4. Menciptakan Terobosan Baru
5. Menarik Minat Konsumen
Referensi
https://www.akun.biz/tips-bisnis/pentingnya-kreativitas-dan-inovasi-dalam-berbisnis/
https://www.sodexo.co.id/kreativitas-dan-inovasi-dalam-kewirausahaan/
Modul 5 Kewirausahaan 2
“Teori dan Konsep kebaruan yang relevan; Literasi dan Update; Kreatifitas dan
Inovasi; Menggali Potensi tersembunyi dan Proteksi gagasan”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar