Kekuatan Branding Dalam Kewirausahaan Ditengah Persaiangan Global
Oleh : Zakky Akhmad Zakariya (@U07-ZAKKY)
Abstrak
Artikel ini berjutuan sebagai pembelajaran dalam menjalankan sebuah bisnis membutuhkan cara yang kreatif, fleksibel, sekaligus menantang untuk menjadi bos dan menentukan masa depan bagi diri sendiri. Untuk itu dibutuhkan keberanian, tekad, dan keinginan untuk menjadi seorang pengusaha.
Kata Kunci : Kewirausahaan, Digital Entrepreneurship, Inovasi dan Kreativitas.
Pendahuluan
Kamu mungkin tidak asing lagi dengan brand yang dikenal melalui kanal online dan
melakukan penjualan langsung. Bahkan, merek-merek ini membangun reputasi murni hanya
melalui platform digital. Sebagian besar bisnis tersebut juga tanggap mengadaptasikan
teknologi baru untuk melibatkan pembeli. Bagi banyak pemilik bisnis, kisah ini mungkin
terdengar familier. Tidak lain serupa mengulang pengalaman sekitar 20 tahun lalu ketika
gelombang internet pertama kali muncul. Kini seluruh aspek kehidupan bertransformasi ke
platform digital dengan kecepatan luar biasa. Di sektor bisnis, bisa dikatakan digitalisasi telah
menulis ulang aturan persaingan. Perubahan-perubahan yang terjadi pada era digital berisiko
membuat perusahaan yang tidak sanggup beradaptasi tertinggal. Karena itu, para business
owner perlu memikirkan strategi bisnis khusus untuk menjawab hal tersebut, terlebih bila
usahamu termasuk bisnis kecil.
Pembahasan
A. Strategi Branding untuk Menciptakan Brand Top of Mind
Ketika membeli suatu produk misalnya mie instan, apa merek yang pertama kali
terlintas di benak Anda? Ingatan akan nama brand saat Anda membutuhkannya menandakan
hubungan yang sangat erat antara perusahaan dengan Anda selaku konsumen. Itulah efek dari
brand top of mind.
Bila digambarkan secara sederhana, brand top of mind mencerminkan popularitas
tertinggi. Brand terbaik yang berhasil mengalahkan brand lainnya terutama dari segi
pemasaran dan penjualan. Menariknya, untuk sampai ke level tertinggi seperti ini, butuh
kerja keras dan usaha yang besar dari perusahaan.
B. 5 Strategi Branding untuk Mencapai Brand Top of Mind
Kerja keras memperkenalkan brand ke pasaran dikenal sebagai strategi branding. Tujuannya
agar konsumen menyadari potensi dan kualitas dari produk yang ditawarkan. Sehingga
mendorong kegiatan konsumsi dalam skala kecil, menengah hingga skala besar-besaran.
Lebih lanjut mengenai strategi branding untuk menghasilkan kekuatan dan popularitas brand,
simak selengkapnya di bawah ini:
1. Mengkaji Kebutuhan Konsumen
Sebelum memasarkan produk ke pasaran, perusahaan harus melakukan pengkajian dan
pengujian terlebih dahulu. Jangan sampai produk yang dipasarkannya memiliki lebih banyak
kekurangan dibandingkan brand lainnya.
Terkecuali jika pasar yang dibidik merupakan konsumen kelas menengah ke bawah yang
lebih banyak melihat harga dan fungsional produk daripada kualitasnya. Misalnya, Anda
membangun perusahaan smartphone dan meluncurkan ponsel terbaru dengan rentang harga
jual Rp 2 juta- Rp 3 juta.
Selain menyematkan kamera profesional, layar lebar dan memori yang luas. Apa lagi yang
harus disematkan? Cobalah kaji kebutuhan smartphone di rentang harga tersebut. Sehingga
Anda bisa menelurkan produk yang diterima dan disukai oleh konsumen bukan kebalikannya.
2. Membangun Brand Experience untuk Tingkatkan Loyalitas Pelanggan
Ketika brand berhasil memenuhi kebutuhan konsumen, tingkatan loyalitas pelanggan
umumnya akan meningkat. Faktanya, semakin banyak pelanggan yang setia dan membeli
produk Anda semakin besar pula kekuatan dan popularitas brand di mata konsumen.
Mereka tidak akan berpikir dua kali untuk menggunakan bahkan menawarkan produk Anda
ke teman, kerabat bahkan partner kerja. Beberapa konsumen bahkan bertindak emosional
dengan menjelaskan kelebihan produk bersangkutan meskipun tidak diminta.
3. Melakukan Inovasi Tanpa Henti
Cara lain yang bisa diusahakan perusahaan agar brand-nya selalu teringat di kepala pelanggan
adalah inovasi tanpa henti. Rangkul teknologi modern bukannya menghindarinya.
Semakin up to date perusahaan Anda semakin baik untuk mendapatkan atensi dari
konsumen. Seperti Samsung yang melakukan inovasi unik dengan menciptakan smartphone
lipat. Semakin banyak inovasi pertama yang Anda sematkan pada sebuah produk, semakin
mudah brand terngiang di otak pelanggan.
4. Menggunakan Iklan Promosi yang Kreatif
Menjadi brand top of mind merupakan idaman banyak perusahaan. Sebagai peringkat
tertinggi tandanya produk yang Anda jual dan pasarkan diterima sangat baik oleh konsumen.
Meskipun harga dinaikkan, pelanggan menerimanya dengan baik dan menganggapnya
sebagai hal yang wajar.
Cara terbaik untuk menciptakan dan mempertahankan popularitas brand cukup tampilkan
iklan promosi yang kreatif. Jika memungkinkan buatlah slogan yang unik dan bisa diingat
dengan mudah oleh konsumen.
5. Buat Kampanye Unik untuk Produk Baru
Sebagai perusahaan yang seringkali berinovasi, jumlah produk yang brand Anda luncurkan
tentu bukan hanya satu atau dua. Usahakan untuk melakukan kampanye unik ketika
meluncurkan produk baru.
Undang wartawan dan pilih brand ambassador yang memiliki citra positif. Dengan kampanye
unik, tidak hanya menciptakan brand top of mind. Penjualan produk baru pun bisa
didongkrak hingga memenuhi kuota yang telah direncanakan sebelumnya.
C. Tetapkan target pasar yang spesifik
Salah satu kekeliruan yang kerap dilakukan pemiliki bisnis kecil adalah ingin
menjangkau semua kalangan. Padahal, menetapkan target pasar yang sangat spesifik
merupakan strategi bisnis terbaik. Beberapa di antara kamu mungkin bertanya, bagaimana hal
ini bisa meningkatkan daya saing? Bayangkan kamu menyasar pasar tertentu yang paling bisa
diuntungkan oleh produk atau jasa yang kamu tawarkan. Konsumen yang ada dalam kategori
tersebut akan tertarik. Dengan begitu, kamu justru bisa menarik lebih banyak konsumen yang
spesifik pada kategori tertentu. Dampaknya, bisnis milikmu akan dipandang sebagai ahli atau
specialist terkait produk atau jasa tersebut. Sebagai contoh, apakah kamu pernah diajak
berkunjung ke sate klatak di daerah Imogiri saat berkunjung ke Yogyakarta? Atau kamu
diajak menyaksikan pentas angklung di Saung Angklung Ujo ketika berlibur di kota
Bandung? Mengapa harus ke sana? Karena brand yang bersangkutan dianggap ahli di
bidangnya oleh mayoritas konsumen. Jika sudah demikian, kamu bisa menentukan harga
lebih tinggi. Lebih jauh lagi, kamu mungkin dapat memunculkan tren. Dengan kata lain,
menjadi expert merupakan salah satu cara terbaik untuk memenangkan persaingan. Sebelum
berada di titik tersebut, kamu perlu mulai dari menetapkan target pasar yang spesifik.
Simpulan
Bisnis digital adalah suatu jenis usaha yang memanfaatkan kecanggihan teknologi
ketika menciptakan sebuah produk ataupun memasarkannya. Digital marketing menjadi salah
satu strategi yang paling banyak diterapkan oleh berbagai perusahaan dalam
melakukan promosi di era Revolusi Industri 4.0. Ditambah lagi dengan fitur penunjang yang
mumpuni akan membuat digital marketing semakin efektif. Branding juga didukung dengan
kreativitas tanpa batas melalui internet yang semakin pesat.
DAFTAR PUSTAKA
Modul 4 Kewirausahaan 1
Strategi, B. (2022). Strategi Branding untuk Menciptakan Brand Top of Mind. dreambox.id. Retrieved
from https://www.dreambox.id/blog/branding-strategi/strategi-branding-menciptakan-
brand-top-of-mind/
Destiana, N. (2021). Intip Strategi Bisnis Ini untuk Bersaing di Era Digital. Jakarta: Majoo.id. Retrieved
from https://majoo.id/blog/detail/intip-strategi-bisnis-ini-untuk-bersaing-di-era-digital#
Tidak ada komentar:
Posting Komentar