INOVASI
DAN KREATIVITAS MERUPAKAN KUNCI PENTING DALAM PENGEMBANGAN BERWIRAUSAHA
Oleh : Doni Hermawan
(@U22-DONI)
PENDAHULUAN
Dalam perkembangan zaman
yang begitu cepat, dunia bergerak begitu sangat cepat dan dinamis, dunia menuntut
kita untuk terus bergerak memberikan perubahan perubahan kecil dan berdampak
besar bagi kita maupun di lingkungan kita sendiri. Sekarang manusia dengan
mudah dapat mengakses berbagai kebutuhan yang diinginkan tanpa harus melewati
prosedur yang panjang dan berbelitbelit. Di era milenial ini kegiatan manusia
dipenuhi oleh akses yang cepat dan saling terhubung dimulai dari akses komunikasi
yang tak terbatas yang saling terhubung dan sekarang juga manusia dengan sangat
dimudahkan oleh beberapa kemudahan yang dihadirkan oleh perkembangan zaman yang
begitu cepat ini, manusia sekarang dengan mudah dapat mengakses hampir semua
kebutuhannya, sekarang hadir pasar pasar online yang dulu kita kenal dengan
pasar tradisional atau pasar swalayan maupun pasar yang langsung bertatap muka
antara penjual dan pembeli tetapi pada era ini kita mengetahui dengan seksama bahwa
manusia dimudahkan dengan hadirnya toko online seperti Shopee, Lazada,
Tokopedia dan lain sebagainya ditambah lagi kehadiran alat transportasi modern
yang milenial dan serba terhubung dan terkoneksi seperti Go-jek, Grab dan lain
sebagainya dan juga manusia juga semakin mudah dalam mengakses makanan siap saji
seperti Go-food dan beberapa jenis yang lainnya. Pada zaman sekarang, betapa
beruntungnya manusia memiliki teknologi yang begitu cerdas yang memudahkan
seluruh aktivitas manusia itu sendiri. Hadirnya beberapa perusahaan-perusahaan
tersebut diatas merupakan hasil kerja keras inovasi dan kreativitas dari
orang-orang yang selalu menggali potensi dalam dirinya. Perusahaan-perusahaan
di atas merupakan perusahaan yang sudah lama ada di tengah-tengah masyarakat tetapi
dengan ilmu pengetahuan dan pembaharuan, perusahaan perusahaan tersebut atau
usaha-usaha tersebut diubah fungsinya dan diubah mekanismenya untuk lebih
mendekatkan diri kepada konsumen sehingga konsumen dengan nyaman dan dengan
mudah dapat mengakses kebutuhannya setiap hari.
PEMBAHASAN
Peran inovasi dalam kewirausahaan
sangatlah penting. Tanpa adanya inovasi, suatu usaha bisnis tidak akan bisa
berjalan ketika menghadapi tantangan. Inovasi sendiri dapat diartikan sebagai
salah satu upaya atau kegiatan mengembangkan atau memaksimalkan sumber daya
yang ada. Sumber daya tersebut bisa berupa modal, pemikiran bahkan hubungan
kerja sama dengan orang lain. Dengan adanya inovasi, seorang usahawan dapat
memaksimalkan usahanya. Selain inovasi, dalam berwirausaha juga diperlukan adanya
sifat kreatif. Sifat kreatif ini memiliki pengertian yang hampir sama dengan
inovasi. Namun pada sifat kreatif, pengusaha menggunakan sumber daya yang belum
ada atau menemukan cara baru. Sedangkan pada inovasi sudah ada sumber daya,
tinggal memaksimalkan atau menggunakan sumber daya tersebut secara maksimal.
Kunci utama seseorang setelah memutuskan untuk menjadi entrepreneur ialah
berpikir kreatif. Tanpa kreatifitas mimpi anda hanyalah angan-angan saja. Anda
akan menemui banyak kendala ketika memulai menjadi entrepreneur, bahkan ketika
anda belum mulai memutuskan untuk menjadi entrepreneur.
Berpikir kreatif harus memiliki dasar pola pikir kreatif. Hal ini dapat membantu memecahkan permasalahan guna menemukan solusinya. Berpikir kreatif memiliki banyak manfaatbagi kita atau dalam berwirausaha. Kegunaan pola pikir kreatif yaitu : 1.) Menemukan gagasan, ide, peluang, dan inspirasi baru. 2.) Mengubah masalah atau kesulitan dan kegagalan menjadi sebuah pemikiran yang cemerlang untuk langkah selanjutnya. 3.) Menemukan solusi yang inovatif. 4.) Menemukan suatu kejadian yang belum pernah dialami atau yang pernah ada hingga menjadi sebuah penemuan baru. 5.) Menemukan teknologi baru. 6.) Mengubah keterbatan yang ada sebelumnya menjadi sebuah kekuatan atau keunggulan. Dalam perkembangan usaha yang begitu pesat, para entrepreneur dituntut untuk terus berinovasi dan kreatif dalam memunculkan ide-ide baru dalam suatu produk yang ingin dihasilkan, permintaan konsumen yang banyak serta unik membuat entrepreneur harus mampu menjawab kebutuhan tersebut.
Jadi dalam hal tersebut
para entrepreneur harus memiliki inovasi dan kreativitas dalam dirinya sehingga
sesuatu yang dihasilkan dapat menjawab kebutuhan konsumen. Peran inovasi dan
kreativitas telah banyak meramba dunia usaha saat ini, seperti halnya usaha
transportasi, dahulu kita mengenal jasa transportasi dengan sebutan “Ojek
Pangkalan”, dengan kesusahan dan keresahan yang dialami oleh Nadiem Makarim
(Mantan CEO Go-Jek) dalam mengakses jasa ojek pangkalan, maka Nadiem mulai berpikir
sesuatu yang baru yang belum pernah ada sebelumnya, yakni menciptakan aplikasi
berbasis online untuk mengakses jasa ojek, lalu dengan kemampuan dan tekad yang
besar mantan CEO gojek tersebut berhasil menciptakan suatu hal baru dalam dunia
usaha jasa transportasi yakni “GO-JEK”. Aplikasi tersebut berfungsi untuk
menjawab permintaan konsumen yang dapat mengakses jasa ojek dengan mudah dan
cepat. Dari hal tersebut Inovasi timbul dari permasalahan mengakses ojek
pangkalan yang begitu sulit dikarenakan kita harus ke pangkalan ojek untuk
mendapatkan jasa transportasi. Dari permasalahan tersebut dibuatlah suatu
aplikasi On-line yakni Go-jek untuk kebutuhan konsumen sehingga mudah dan cepat
untuk mengakses jasa ojek tanpa tidak harus ke pangkalan ojek lagi, tinggal pesan
melalui aplikasi dan menunggu di tempat beberapa saat, hingga tukang ojek
datang dan diantar sesuai aplikasi tujuan. Kreativitas yang timbul yaitu
penggunaan alat teknologi yakni memanfaatkan Hp (smart phone) untuk mengakses
jasa transportasi online. Kreativitas lainnya yang timbul yakni membuka
lapangan pekerjaan, banyak masyarakat yang dulunya tak mempunyai pekerjaan
merasa terbantu dengan hadirnya Go-jek, karena memiliki pendapatan yang tetap
tiap bulannya dan ditambah lagi bonus yang diberikan selama bekerja. Jadi peran
inovasi dan kreativitas sangatlah penting dan menjadi kunci dalam pengembangan
berwirausaha karena mampu menjawab permasalahan yang ada, mengubah suatu
masalah menjadi pemikiran yang cemerlang, hadirnya terobosan-terobosan baru,
serta mampu mengubah keterbatasan yang ada, sesuatu yang tak mungkin menjadi
sesuatu kekuatan dan keunggulan.
Faktor-faktor Pendukung
Keberhasilan Inovasi Menurut James Brian Quinn Hendro, (2011:122) faktor-faktor
pendukung untuk tercapainya keberhasilan penerapan kemampuan inovatif adalah
sebagai berikut: a.) Harus Berorientasi Pasar Banyak inovasi yang sekedar
pemecahan masalah kreatif tetapi tidak bersifat dan mempunyai keunggulan
bersaing di pasar. Hubungan inovasi dengan pasar yang didalamnya ada 5C, yaitu
Competitor (pesaing), Competition (persaingan), Change of Competition “perubahan
persaingan”, Change Drive (penentuan arah perubahan), dan Customer Behavior
(perilaku konsumen). b.) Mampu Meningkatkan Nilai Tambahan Perusahaan Ada nilai
tambah (value added) sehingga bisa menjadi pendongkrak pertumbuhan dan
perkembangan perusahaan. c.) Punya Unsur Efisiensi Dan Efektivitas Tanpa 2E
yaitu faktor fisiensi dan faktor efektivitas dari sebuah inovasi yang ditemukan
maka inovasi tersebut tidak mempunyai arti atau dampak yang berarti bagi
kemajuan perusahaan d.) Harus Sejalan Dengan Visi Dan Misi Perusahaan Inovasi
harus sejalan dengan visi dan misi perusahaan agar tidak menyimpang dari arah
pertumbuhan usaha. e.) Harus Bisa Ditingkatkan Lagi Inovasi harus bisa di
inovasikan lagi sehingga terjadi inovasi yang berkelanjutan hingga menumbuhkan perusahaan
menjadi lebih baik dan lebih berkembang. Dari kelima faktor-faktor pendukung
keberhasilan Inovasi tersebut kunci utama dipegang oleh seorang Entrepreneur
yang harus berani mengambil suatu tindakan untuk menciptakan sesuatu yang baru
dan memanejerialkan para bawahan untuk memaksimalkan potensi yang ada pada diri
mereka sehingga pelaksanaan suatu pemecahan masalah dapat berlangsung dengan
baik.
KESIMPULAN
Di dalam persaingan dunia
usaha yang sangat ketat para entrepreneur dituntut untuk terus bergerak ke
arah yang lebih baik,
terus untuk menggali potensi dan terus untuk memunculkan ide-ide dan gagasan
yang baru dan unik.
Aktivitas usaha sangat memerlukan orang-orang yang inovatif, kreatif dan cepat
tanggap terhadap setiap
perubahan. Inovasi dan kreativitas sangat berperan penting dan telah banyak
merubah wajah
perindustrian dan usaha di tanah air maupun di manca negara. Inovasi hadir
untuk
menjawab setiap
permasalahan yang ada sehingga mampu memberikan terobosan-terobosan baru di
dalam perusahaan, dan
perindustrian, dan kreativitas hadir dengan menjawab permasalahan yang ada
dengan memberikan
pikiran-pikiran baru, terampil, berorintasi berbeda dari orang lain. Inovasi
dan
kreativitas hendak dan
harus dimiliki oleh setiap entrepreneur agar mampu bersaing dengan pesaing
yang lain, dan juga mampu
menjawab setiap permintaan konsumen yang unik dan beragam. Jika ingin
bertahan di pasar,
seorang entrepreneur harus mampu memunculkan produk yang baru disertai sentuhan
yang unik di dalam
produknya tersebut dan itu tidak terlepas dari kemampuan inovasi dan
kreativitas
yang dimiliki oleh setiap
entrepreneur dalam memunculkan ide, pemikiran, gagasan, terobosan serta
orientasi yang berbeda
dibanding orang lain. Oleh karena itu Inovasi dan Kreativitas dalam
pengembangan berwirausaha
sangatlah penting.
DAFTAR
PUSTAKA
Hadiyati,
Ernani. 2012. Kreativitas Dan Inovasi Pengaruhnya Terhadap Pemasaran Kewirausahaan
Pada
Usaha
Kecil, Vol. 1, No. 3, September, 135-151. Malang : Universitas Gajayana.
Ir.
Hendro M.M. 2011. Dasar-dasasr Kewirausahaan. Jakarta, Erlangga.
Ramdhan,
Hendry E. 2012. Bisnis Kreatif di Rumah. Jakarta : Penebar Plus* (Penebar
Swadaya Grup)
Redaksi
Indonesia Cerdas. 2009. Untung Besar Modal 2 Juta. Indonesia Cerdas (Anggota
Ikapi).
Yogyakarta
Sa’ud,
Udin Saefudin. 2008. Inovasi Pendidikan. Bandung : Alfabeta
Suryana,
2003. Kewirausahaan Pedoman Praktis Kiat Dan Proses Menuju Sukses. Salemba
empat.
Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar