STRATEGI
PEMASARAN
Oleh murdiono
deli 41315120018 (@S03-MURDIONO)
PENDAHULUAN
Strategi adalah ilmu dan seni menggunakan kemampuan bersama sumber
daya dan lingkungan secara efektif yang terbaik. Terdapat empat unsur penting
dalam pengertian strategi,yaitu: kemampuan, sumber daya, lingkungan, dan
tujuan. Empat unsur tersebut, sedemikian rupa disatukan secara rasional dan
indah sehingga muncul beberapa alternatif pilihan yang kemudian dievaluasi dan
diambil yang terbaik. Rumusan strategi tidak selalu memberikan informasi apa
yang akan dilakukan, mengapa dilakukan demikian, siapa yang bertanggung jawab
dan mengoperasionalkan, berapa besar biaya dan lama waktu pelaksanaan, hasil
apa yang akan diperoleh.
1. PENGERTIAN PEMASARAN
Pemasaran adalah suatu sistem total dari
kegiatan bisnis yang dirancang untuk merencanakan, menentukan harga, promosi
dan mendistribusikan barang- barang yang dapat memuaskan keinginan dan mencapai
pasar sasaran serta tujuan perusahaan. Ada
beberapa definisi mengenai pemasaran dari beberapa ahli diantaranya adalah :
- Philip Kotler (Marketing) pemasaran
adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginan melalui proses pertukaran.
- Menurut Philip
Kotler dan Amstrong pemasaran adalah sebagai suatu proses
sosial dan managerial yang membuat individu dan kelompok memperoleh apa
yang mereka butuhkan dan inginkan lewat penciptaan dan pertukaran timbal
balik produk dan nilai dengan orang lain.
- Menurut W Stanton pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli maupun pembeli potensial.
2. PENGERTIAN STRATEGI PEMASARAN
Strategi pemasaran
adalah suatu pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran, bauran pemasaran,
alokasi pemasaran dalam hubungan dengan keadaan lingkungan yang diharapkan dan
kondisi persaingan.Dan pengertian strategi pemasaran yang lainnya ialah suatu
pola fundamental, dimana adanya suatu perencanaan pemasaran, pengarahan sumber
daya serta interaksi dengan pasar, pesaing, konsumen dan lain sebagainya.
Selain itu dalam suatu strategi pemasaran ada baiknya untuk mempertimbangkan
tujuan dari pemasaran, pasar yang diincarnya dan bagaimana mengelola sumber
daya dengan efektif dan efisien. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor
utama yang menyebabkan terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
2.2 Tujuan
strategi pemasaran
Adapun strategi
pemasaran memiliki tujuan diantaranya:
- Peningkatan
kualitas koordinasi dalam tim pemasaran.
- Mengukur
hasil pemasaran berdasarkan standard prestasi yang berlaku.
- Memberikan
dasar yang logis dalam setiap pengambilan keputusan.
- Mampu
meningkatkan kemampuan dalam beradaptasi jika da perubahan-perubahan dalam
pemasaran.
Dan
pengertian strategi pemasaran yang lainnya ialah suatu pola fundamental, dimana
adanya suatu perencanaan pemasaran, pengarahan sumber daya serta interaksi
dengan pasar, pesaing, konsumen dan lain sebagainya. Selain itu dalam suatu
strategi pemasaran ada baiknya untuk mempertimbangkan tujuan dari pemasaran,
pasar yang diincarnya dan bagaimana mengelola sumber daya dengan efektif dan
efisien. Dalam strategi pemasaran, ada tiga faktor utama yang menyebabkan
terjadinya perubahan strategi dalam pemasaran yaitu :
Daur
hidup produk
Strategi harus
disesuaikan dengan tahap-tahap daur hidup, yaitu tahap perkenalan, tahap
pertumbuhan, tahap kedewasaan dan tahap kemunduran.
Posisi
persaingan perusahaan di pasar
Strategi pemasaran harus
disesuaikan dengan posisi perusahaan dalam persaingan, apakah memimpin,
menantang, mengikuti atau hanya mengambil sebagian kecil dari pasar.
Situasi
ekonomi
Strategi pemasaran harus
disesuaikan dengan situasi ekonomi dan pandangan kedepan, apakah ekonomi berada
dalam situasi makmur atau inflasi tinggi.
3. Fungsi Strategi Pemasaran
Dengan demikian adapun
fungsi umum strategi pemasaran adalah
- Dapat meningkatkan motivasi
pengembangan serta manajemen perusahaan. Manajemen perusahaan akan
termotivasi untuk selalu memperbaiki pola pandang dan ukur masa depan dan
mampu melihat pasar dimasa yang akan datang.
- Untuk menghasilkan pemasaran
agar lebih efektif. Biasanya dalam perusahaan memiliki tim tim khusus yang
kinerja menjadi lebih efektif karena adanya target yang akan dicapai
sehingga pekerjaan akan lebih tepat sasaran.
- Berfungsi untuk merumuskan
tujuan perusahaan. Dengan adanya ketentuan target yang jelas atau strategi
yang jelas maka tujuan perusahaan akan lebih menemukan arah yang lebih
baik
- Dan dapat berfungsi sebagai
pengawas dan pengendali kegiatan perusahaan. Strategi dapat dijadikan
suatu sistem untuk mengukur tingkat kualitas pekerjaan dalam tiap-tiap
anggota di perusahaan tersebut.
strategi pemasaran
juga memiliki fungsi dan peranan dalam perusahaan antara lain
- Untuk meningkatkan kualitas
koordinasi antara individu ke dalam tim pemasaran.
- Dapat berperan sebagai alat
ukur hasil pemasaran produk dalam standart tertentu.
- Juga dapat berfungsi sebagai
dasar keputusan kebijakan dalam pemasaran produk.
- Sebagai alat deteksi untuk
tingkat beradaptasi terhadap suatu perubahan kondisi dalam setiap
pemasaran
Kesimpulan
Adapun kesimpulan yang dapat dijelaskan dan disampaikan
dalam makalah ini adalah sebagai berikut bahwa strategi pemasaran adalah
sebuah teknik yang melahirkan sebuah perilaku atau kebijakan berdasarkan
pertimbangan situasi secara makro dan mikro sebuah perusahaan. Segala perilaku
di luar perusahaan juga menjadi pertimbangan strategi pemasaran.
Dengan adanya strategi pemasaran maka perusahaan akan
siap bersaing dan memasarkan produk di pasaran dengan hasil yang maksimal.
Dengan adanya strategi maka target pasar penjualan produk akan mudah dicapai.
Referensi
https://riverspace.org/-strategi-pemasaran/
https://accurate.id/marketing-manajemen/10-strategi-pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar