Pemasaran digital objek yang tak
asing bagi para penekun dunia bisnis.
Abstrak
Perkembangan teknologi
informasi yang berkembang sangat pesat saat ini berpengaruh bagi masyarakat
dalam mendukung berbagai kegiatan bisnis baik besar maupun kecil agar dapat
dikenal secara global. Dampak yang paling nyata adalah selain dikenal juga
dapat meningkatkan volume penjualan dan profit. Digital Marketing adalah salah
satu media pemasaran yang sangat besar memberikan pengaruh. Dengan menggunakan
digital marketing dalam hal ini adalah sosial media yang sangat mempunyai
pengaruh besar terhadap pengguna di masyarakat. Mengingat teknologi saat ini
mudah berkembang sangat pesat. Termasuk pengguna di sosial media. Mengingat
pandemi yang sedang berlangsung hingga sekarang, kegiatan bisnis online mulai
meningkat adanya untuk pemulihan ekonomi yang sebelumnya mengalami penurunan
secara drastis. Digital marketing perlahan-lahan mulai meningkat pesat karena
banyaknya kegiatan berbisnis online yang tengah dilakukan pengguna di sosial
media.
Pendahuluan
Perkembangan teknologi informasi sangat berkembang pesat. Berbagai kegiatan bisnis kecil sampai besar memanfaatkan perkembangan ini untuk menjalankan usahanya. Banyaknya competitor menjadi pertimbangan bagi para pengusaha untuk masuk dalam persaingan yang sangat ketat. Strategi pemasaran dan media yang tepat digunakan untuk bisa meraih pasar yang dituju sehingga volume penjualan selalu meningkat dan profit. Digital Marketing adalah salah satu media pemasaran yang saat ini sedang banyak diminati oleh masyarakat untuk medukung berbagai kegiatan yang dilakukan. Mereka sedikit demi sedikit mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/tradisional beralih ke pemasaran moderen yaitu digital marketing. Dengan digital marketing komunikasi dan transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa mengglobal atau mendunia. Dengan jumlah pengguna social media berbasis chat ini yang banyak dan semakin hari semakin bertambah membuka peluang bagi UKM untuk mengembangkan pasarnya dalam genggaman smartphone.
Pembahasan
Pengertian
Pemasaran Digatal
Pemasaran digital / digital marketing merupakan
suatu usaha yang digunakan untuk mempromosikan produk menggunakan media digital
untuk memperluas jangkauan konsumen. Selain itu, media digital juga
bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan para konsumen. Manfaat dari
dilakukannya teknik digital marketing sangatlah besar sekali, yakni untuk
memperkenalkan produk/jasa perusahaan Anda ke ranah publik, untuk
menawarkan hingga memasarkan produk/jasa yang dijual, sehingga para
konsumen pun menjadi merasa tertarik akan setiap hal yang Anda tawarkan.
Fungsi
Pemasaran Digital
Terdapat beberapa fungsi dasar dari
sebuah pemasaran digital, yaitu:
a. Personalisasi Konsumen
Perbedaan
pemasaran digital dengan konvensional adalah kemampuan untuk melakukan
personalisasi pada konsumen. Integrasi digital memungkinkan perusahaan untuk
mengumpulkan dan mencatat berbagai data penting terkait konsumen.
Berdasarkan ini,
perusahaan kemudian mampu membentuk layanan yang sifatnya lebih personal atau
lebih intim. Imbalannya adalah penciptaan hubungan yang lebih dekat dengan
pelanggan, sehingga memunculkan kesetiaan pada produk dan jasa.
b. Pelayanan Konsumen
Fungsi ini
merupakan salah satu yang paling dirasakan oleh konsumen. Kemampuan perusahaan
untuk menyediakan layanan selama 24 jam tanpa henti adalah hal yang membantu
meningkatkan kepercayaan dan kepemilikan konsumen terhadap sebuah produk
ataupun jasa. Tanpa adanya pemasaran digital, pelayanan konsumen yang prima
akan sulit untuk didapatkan.
c. Privasi Konsumen
Penjagaan
data-data penting yang diserahkan konsumen kepada pihak perusahaan adalah
sebuah keharusan. Perusahaan memiliki tanggung jawab penuh, untuk menjaga semua
rahasia konsumen, dan pantang untuk digunakan tanpa persetujuan tertulis.
Inilah yang
kemudian diwujudkan dalam pemasaran digital. Semua layanan yang diakses oleh
konsumen disertai dengan himbauan privasi data, dalam rangka meminta atensi
konsumen.
d. Promosi
Fungsi ini
merupakan salah satu yang paling terkenal dari pemasaran digital. Rasanya
promosi dengan menggunakan bantuan gadget dan sarana internet ini tidak
memiliki cela. Sebab dapat membantu perusahaan dalam memaksimalkan jangkauan
promosi, dengan menyasar konsumen dengan klasifikasi yang tepat.
Strategi Pemasaran Digital (Digital
Marketing) dan Contohnya
Terdapat dua strategi pada pemasaran digital berdasarkan
cara pengiriman yaitu tarik dan dorong, masing-masing strategi memiliki
kelebihan dan kekurangan.
Tarik
Pemasaran digital ini melibatkan konsumen untuk mencari,
melihat, dan mengambil informasi secara langsung melalui situs atau mesin
pencari. Konsumen berperan aktif dalam mencari informasi yang dibutuhkan,
biasanya terletak pada situs atau website, blog, audio streaming, dll.
Kelebihan:
·
Tidak memerlukan teknologi canggih untuk mengirimkan konten,
hanya diperlukan untuk menyimpan atau menampilkannya.
·
Tidak ada batasan dari segi konten atau ukuran berkas karena
semua ditentukan oleh konsumen.
·
Kebebasan media yaitu perusahaan bebas menggunakan metode apa
pun untuk menarik konsumen.
Kekurangan:
·
Tidak
ada personalisasi untuk menjaga pengunjung datang kembali.
·
Bersifat
pasif karena mengandalkan mesin
pencari.
·
Terbatasnya
kemampuan untuk mengukur hasil pada konsumen.
Ulur
Pemasaran digital ini memberikan informasi kepada
konsumen dengan melihat atau menerima iklan digital
secara aktif. Informasi dapat datang dalam bentuk e-mail, panggilan
ponsel, SMS (pesan
teks dikirim melalui ponsel), MMS (pesan multimedia), RSS (format feed
web yang mendistribusikan berita dan informasi), dan lain-lain.[12]
Kelebihan:
·
Memilih
sasaran konsumen secara khusus.
·
Pesan
yang dikirim dapat disesuaikan dengan kriteria konsumen.
·
Melakukan
pelacakan rinci tentang pilihan konsumen.
Kekurangan:
·
Memerlukan mekanisme dalam
pengiriman pesan.[1][12]
·
Pesan
dapat dicegah oleh konsumen.
·
Timbulnya
isu privasi akibat konsumen tidak tertarik dengan e-mail atau
SMS yang bersifat promosi dan iklan.
Kelebihan Pemasaran Digital
Berikut beberapa kelebihan dari pemasaran digital dibandingkan
dengan pemasaran konvensional.
1. Kecepatan Penyebaran
Strategi
pemasaran dengan menggunakan media digital dapat dilakukan dengan sangat cepat,
bahkan dalam hitungan detik. Selain itu, DM juga dapat diukur secara realtime dan
tepat.
2. Kemudahan Evaluasi
Dengan menggunakan
media online, hasil dari kegiatan pemasaran dapat langsung
diketahui. Informasi seperti berapa lama produk Anda ditonton, berapa banyak
orang yang melihat produk Anda, berapa persen konversi penjualan dari setiap
iklan dan sebagainya.
3. Jangkauan Lebih Luas
Kelebihan berikutnya
yaitu jangkauan geografis dari DM yang luas. Anda dapat menyebarkan brand atau
produk ke seluruh dunia hanya dengan beberapa langkah mudah dengan memanfaatkan
internet.
4. Murah dan Efektif
Dibandingkan dengan
pemasaran tradisional, tentu saja digital marketing jauh lebih
murah dan efektif. Biaya anggaran yang yang dihemat dapat sampai 40%, hal
tersebut menurut Gartner’s Digital Marketing Spend Report.
Selain itu, survey
juga menunjukkan bahwa 28% pengusaha kecil akan berpindah ke digital karena
terbukti lebih efektif.
5. Membangun Nama Brand
Digital marketing membantu Anda membangun nama brand dengan
baik. Eksistensi dunia maya dengan keberadaan brand Anda
sangat penting karena orang akan melakukan pencarian online sebelum
membeli produk Anda.
Kewajiban-kewajiban
yang Harus Dilakukan Oleh Digital Marketeer
·
Seorang pelaku digital marketing memiliki wewenang dan
bertanggung jawab penuh untuk mengangkat brand awareness dan mengumpulkan data
customer. Kedua tugas tersebut dapat dilakukan melalui media gratis maupun
berbayar, seperti iklan, email, situs web hingga sosial media.
·
Setiap digital marketer dituntut fokus dalam membuat sistem kerja
pemasaran, khususnya dalam hal digital atau online. Selain itu, digital
marketer memiliki tanggung jawab besar terhadap SEO, mulai dari mengukur
traffic organik pengunjung web tanpa berbayar hingga melakukan beberapa peran
penting lainnya.
Tipe Pemasaran
Digital :
Pemasaran internet
E-mail
Pemasaran melalui e-mail/ surel disebut e-mail komersial.
Penggunaan e-mail dalam bisnis dapat membantu pengiriman
informasi (promosi) mengenai produk atau jasa penerima pesan (receiver). CAN-SPAM
Act adalah sebuah hukum yang menetapkan aturan-aturan untuk e-mail komersial.
Persyaratan
utama CAN-SPAM Act:
·
Dilarang menggunakan informasi header palsu
atau menyesatkan
Mengindetifikasi
bisnis secara akurat.
·
Dilarang menggunakan baris subjek
yang menipu
Baris
subjek harus mencerminkan isi pesan.
·
Identifikasi pesan sebagai iklan
Iklan
harus diungkapkan dengan jelas dan mencolok.
·
Menyertakan lokasi keberadaan
pengirim kepada penerima pesan
Mengikutsertakan
alamat yang valid berupa pos fisik. Pos tersebut harus terdaftar pada Postal
Service.
·
Memantau orang lain yang
mengatasnamakan perusahaan utama
Menyewa perusahaan lain untuk menangani pemasaran e-mail harus
didasari atas tanggung jawab dengan mematuhi hukum yang berlaku.
Sender
Score
Sender Score adalah
sebuah layanan gratis, di mana algoritme [6] Sender
Score memberi rating terhadap reputasi setiap alamat IP server mail dengan
skala 0-100. Dengan mengumpulkan data dari lebih 60 juta mailbox di
ISP-ISP besar mereka merekam apakah orang sering melakukan unsubscribe atau
melaporkan spam dari pengirim email tertentu, dan kemudian
memberikan skor pengirim berdasarkan pemantauan tersebut. Sender Score akan
terus berubah tergantung pada kebiasaan mengirim email dan
respon dari para penerima.
Sender Score adalah
sebuah angka penting untuk tetap berada di posisi teratas, karena mail
server akan sering memeriksa Sender Score sebelum
memutuskan apa yang akan mereka lakukan terhadap suatu email.
Semakin rendah Sender Score, maka semakin sulit untuk suatu email masuk
ke inbox seseorang. Ada banyak hal yang bisa berdampak pada
terkirimannya sebuah email, tetapi laporannya menyatakan bahwa
83% email tidak terkirim ke inbox disebabkan
karena reputasi pengirim yang buruk.
Bahkan jika sebuah jaringan email atau ISP
tidak menelusuri suatu Sender Score untuk menentukan apakah
mereka akan mengirim email tersebut atau tidak, namun
faktor-faktor yang digunakan dalam menentukan Sender Score mirip
dengan yang digunakan oleh jaringan-jaringan email dan ISP
untuk menentukan reputasi pengirim. Oleh karena itu, skor ini merupakan alat
reputasi pengirim email yang sangat baik dan gratis untuk
memastikan dan menyadari serta memiliki kesempatan untuk memperbaiki setiap
masalah keterkiriman.[7]
Pemasaran tanpa internet
·
SMS
Salah satu pesan teks melalui ponsel. Pemasaran ini dimulai
sejak tahun 2000-an di
beberapa negara seperti Eropa, Amerika Utara, dan Asia. Pada tahun 2005, alat komunikasi
seluler (ponsel) menjadi bentuk pemasaran yang sah di seluruh dunia.[8]
·
Iklan
banner
Iklan yang muncul pada halaman web untuk mempromosikan blog
atau situs kliennya.
Jenis Digital Marketing
1. Website
Website sangat berperan dalam menunjukkan
profesionalisme perusahaan, membantu konsumen mengetahui bisnis Anda, promosi
yang hemat dan media bisnis yang mudah.
2. Search
Engine Marketing
Upaya untuk membuat website perusahaan
mudah ditemukan dalam sistem mesin pencari. Search Engine Marketing terbagi
atas Search Engine
Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).
SEO dilakukan sendiri dengan waktu yang lebih lama dan
murah sedangkan SEM berbayar tetapi lebih cepat.
3. Social
Media Marketing
Edarkan platform di media sosial
seperti Facebook dan Twitter karena dapat dilakukan dengan biaya yang minim
bahkan gratis. Ini tentu saja dapat meningkatkan brand perusahaan.
4. Online
Advertising
Media promosi melalui internet dengan berbayar. Ini dapat
mendapatkan konsumen lebih cepat dan memuaskan namun terbilang lebih mahal
dibandingkan jenis yang sebelumnya.
5. Email
Marketing
Anda dapat memberitahu informasi terbaru mengenai promosi
yang sedang berlangsung maupun produk atau jasa terbaru.
6. Video
Marketing
Dengan cara ini, Anda dapat langsung menjelaskan tentang
bisnis Anda, menjelaskan produk dan cara menggunakannya serta menampilkan
testimonial pelanggan.
Langkah
– Langkah Pemasaran Digital
Dalam
aktivitas pemasaran digital terdapat istilah AIDA (Awareness, Interest, Desire,
dan Action), khususnya dalam proses memperkenalkan produk atau jasa
ke pasar (konsumen).[15]
1.
Awareness (Kesadaran)
Dalam
ranah digital, pemasar membangun kesadaran konsumen dengan memasang iklan
terlebih dahulu di media online,
seperti Detik.com.[1]
2.
Interest (Ketertarikan)
Ketertarikan
muncul setelah membangun kesadaran pada konsumen. Sistem offline adalah
konsumen langsung mencari informasi di pasar. Sistem online adalah konsumen
mencari tahu tentang produk melalui mesin pencari (Google, Yahoo! dll) dan jejaring sosial (Facebook, Twitter dll).
3.
Desire (Keinginan)
Timbul
keyakinan pada konsumen sehingga berkeinginan untuk mencoba produk atau jasa.
Sistem online ditandai dengan mencari keterangan lengkap
tentang produk atau jasa melalui situs web.
4.
Action (Tindakan)
Tahap
terakhir sebagai penentuan apa yang dilakukan oleh pihak konsumen
terhadap produk atau jasa.
Kunci
sukses pemasaran digital :
·
Harus memperhatikan istilah pada
AIDA (Awareness, Interest, Desire, dan Action).
·
Pasar adalah tempat
komunikasi dua arah. Untuk memperoleh komunikasi tersebut merek harus
melakukan positioning terlebih dahulu, dapat melalui berbagai
media (Forum, blog, dan lain-lain) dan yang paling
efektif ialah melalui jejaring sosial
Bagaimana Cara Memulai Digital Marketing?
Setelah mengetahui
pengertian apa itu dan beberapa konsep dasar dari digital marketing,
apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Untuk memulai pemasaran menggunakan
media digital, terdapat beberapa hal yang perlu Anda siapkan.
·
Pertama, siapkan alat
yang digunakan untuk melakukan pemasarannya. Beberapa alat bantu yang dapat
digunakan dalam digital marketing seperti: website, akun media
sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog,
jejak online (review, feedback dari
pelanggan,dan lain-lain). Dalam dunia digital marketing, alat bantu
ini merupakan aset bagi Anda, jadi uruslah dengan baik.
·
Kedua, siapkan konten
yang menarik perhatian dan shareable. Konten dapat berupa foto,
video, tulisan atau yang lainnya. Anda juga harus menentukan tujuan pemasaran
dan target pasar yang disesuaikan dengan konten.
·
Ketiga, Anda dapat
memulai menggunggah dan selanjutnya evaluasi setiap unggahan di setiap social
media yang dimiliki, tentukan mana yang memberikan feedback dan
fokuslah dalam beberapa aset yang memberikan feedback yang
baik bagi bisnis Anda.
·
Langkah selanjutnya
yang dapat dilakukan adalah masuk dan bergabunglah dengan forum marketplace
public. Usahakan profil bisnis Anda bagus, karena akan berpengaruh terhadap
citra brand.
Berapa
Anggaran Pemasaran Digital :
Mahal atau
tidaknya digital marketing tergantung dengan jenis yang
digunakan oleh perusahaan Anda. Jika digital marketing seperti
SEO serta konten tentu saja tidak menghabiskan banyak anggaran.
Akan tetapi,
jika digital marketing seperti brosur online serta email tentu
saja memerlukan biaya-biaya tertentu.
Setelah mengetahui
tentang pengertian digital marketing, untuk kesuksesan dan
kelancaran bisnis Anda tentu juga harus didukung perencanaan keuangan yang
baik.
Melakukan penghitungan, pelaporan, dan analisa
keuangan merupakan kegiatan pendukung untuk melakukan strategi pemasaran.
Kesalahan Umum Pada Digital
Marketing
Banyaknya kemudahan yang
ditawarkan oleh konsep pemasaran digital memang menggiurkan.
Tetapi penting untuk Anda
perhatikan bahwa ada beberapa kesalahan seperti di bawah ini yang harus
dihindari saat menjalankan konsep pemasaran digital agar bisnis Anda dapat berjalan
sesuai dengan rencana pemasaran.
1. Strategi yang
Tidak Tepat Sasaran
Strategi dan perencanaan
merupakan sebuah langkah awal untuk menentukan arah sebuah bisnis. Apalagi di
era digital seperti saat ini, tren begitu mudah berubah dari waktu ke waktu, sehingga
kebutuhan dan keinginan konsumen semakin beragam setiap hari.
Biasanya beberapa marketer bertekad
untuk mendapatkan cakupan konsumen yang banyak, sehingga kerap serampangan
dalam memilih target pasar. Hal ini yang akan menyulitkan proses digital
marketing terlebih dalam proses analisa audiens yang menjangkau
produk Anda.
Sebelum mengenalkan produk
maupun jasa kepada masyarakat secara luas, Anda harus menentukan tujuan dan
rencana pemasaran produk tersebut.Pastikan bahwa strategi pemasaran yang Anda rancang
sudah spesifik, tepat sasaran, dan dapat dijangkau dengan mudah oleh target
pasar.
2. Memahami Calon Konsumen
Bisnis yang sedang
dijalani harus mampu menjadi solusi atas kebutuhan konsumen. Namun, masih ada
banyak pebisnis yang mengabaikan hal tersebut, sehingga mereka cenderung
menawarkan produk yang tidak sesuai dengan permintaan pasar.
Itulah sebabnya
mengapa Anda wajib untuk mengukur tingkat kebutuhan pasar sebelum menyusun
strategi pemasaran.Idealisme bisnis memang sangat penting, namun produk yang
dijual juga harus memerhatikan audiens, apa kebutuhannya, apa yang
menjadi kesukaan dan tren calon konsumen.
Memahami calon
konsumen tidak perlu mengubah produk Anda, namun dengan menyesuaikan kemasan,
konten promosi, dan juga pemilihan Key Opinion Leader.Anda dapat
mencari tren produk yang sedang berkembang di masyarakat dengan menggunakan
Google Trends. Cukup masukkan nama produk pada kolom pencarian, Google Trends
akan menunjukkan grafik permintaan produk yang dimaksud.
3. Mengabaikan Pengukuran Kinerja Digital
Marketing
Fungsi digital
marketing tidak hanya fokus pada fitur promosi yang lebih mudah namun
juga terukur. Padahal salah satu inti seorang pebisnis menggunakan digital
marketing adalah untuk melihat kinerja pemasaran melalui analisis
angka. Berapakah audiens yang sadar dengan brand kita,
mengunjungi website, atau meng-klik iklan kita di
mesin pencarian.
4. Mengabaikan Story-telling dan
Copywriting
Digital marketing kerat kaitannya dengan konten. Hal yang paling
penting dalam pembuatan konten adalah tulisan. baik konten desain ataupun
video, peran copywriting sangat diperlukan untuk menyampaikan
pesan yang akan diberikan kepada calon konsumen.
Tulisan yang dibuat juga harus mampu
memberikan kesan dan mengedukasi audiens sehingga produk yang
diberikan dapat disadari dengan mudah.
5. Halaman Website yang Tidak
Rapi dan Tidak Lengkap
Website resmi
perusahaan merupakan elemen pertama yang pada umumnya dituju oleh para konsumen
ketika mencari informasi produk melalui mesin pencarian. Di era digital ini,
dapat dikatakan bahwa website merupakan “wajah” bisnis Anda.
Itulah sebabnya mengapa Anda perlu memastikan tampilan website mampu
mengakomodasi kebutuhan para pengunjung, bukan malah akan membuat mereka
bingung karena navigasi website yang rumit.
Website bisnis yang baik harus mampu
menghadirkan informasi, call-to-action, dan landing page yang
jelas serta tidak merusak fokus pengunjung untuk menemukan apa yang mereka
cari. Pastikan pula pesan yang Anda tampilkan di muka website singkat,
jelas, namun sangat informatif. Website yang tidak lengkap seperti
tidak memiliki blog, tidak dilengkapi dengan informasi kontak atau About
Us, juga dapat merusak reputasi bisnis Anda.
Selain About Us, nomor telepon dan
alamat email perusahaan juga wajib ditampilkan dalam website untuk
memudahkan konsumen menyalurkan pertanyaan, saran, dan kritiknya.
Website juga harus sudah beradaptasi dengan perilaku
pengguna dengan menggunakan fitur go-mobile. Perilaku pengguna yang
semakin dinamis menuntut sebuah website dapat diakses di
manapun dan kapanpun.
6. Iklan dan Landing Page yang
Tidak Sesuai
Kesalahan marketing yang
satu ini jelas saja akan menurunkan kepercayaan konsumen. Misalnya Anda sedang
mencari laptop murah di Google, lalu klik iklan yang tersedia, tetapi ternyata
Anda malah diarahkan ke halaman website yang menampilkan tablet dengan
harga fantastis. Untuk mencegah hal tersebut terjadi pada bisnis Anda, periksa
dan analisa kembali elemen yang akan Anda tampilkan di landing page.
Konten landing page harus sesuai dengan iklan yang Anda pasang
di Google, Facebook, YouTube, Instagram, dan lainnya.
7. Proses Check-out yang
Rumit
Jika website Anda
mengharuskan konsumen untuk melalui tahapan check-out yang
rumit, maka hampir dapat dipastikan bahwa konsumen justru akan
meninggalkan website tanpa menyelesaikan pembeliannya.Ketika
konsumen sudah sampai pada tahap check-out, langkah menuju proses
pembayaran harus singkat dan sederhana.
8. Tidak Menghitung Return of
Investment (ROI)
ROI atau yang lebih
dikenal dengan istilah laba atas investasi merupakan rasio uang yang diperoleh
atau hilang dalam sebuah investasi. Jika Anda tidak menghitung ROI,
maka Anda tidak akan mengetahui efektivitas strategi
pemasaran yang telah diterapkan.
Menghitung ROI bisa
menjadi hal yang cukup rumit. Pertama, Anda perlu menentukan komponen mana saja
yang perlu dihitung, seperti traffic, leads, conversion
rate, atau jumlah klik.
ROI harus dihitung dengan mengurangi jumlah
total penjualan dengan biaya investasi, kemudian bagi dengan keseluruhan biaya
investasi dan dikalikan dengan 100%.
Manfaat
digital marketing
Berikut merupakan beberapa poin penting mengenai manfaat
digital marketing untuk mendukung perkembangan bisnis anda.
1. Membangun
personal dan product branding
Tanpa disadari, dalam membangun sebuah bisnis maka sangat
diperlukan faktor kepercayaan dari pelanggan. Semakin pelanggan atau konsumen
percaya terhadap produk anda, maka kredibilitas bisnis anda juga akan
meningkat.
Membangun personal dan product branding sangat diperlukan
pada praktek pemasaran digital saat ini. Personal branding dapat terbentuk
dengan membentuk pribadi atau perilaku yang baik dan profesional dalam dunia
pekerjaan.
Kemudian, apabila product branding dapat terbentuk jika
brand atau merek perusahaan memiliki kredibilitas yang baik, serta mendapat
pengakuan di masyarakat. Salah satu cara yang tepat untuk meningkatkan kedua
hal tersebut adalah dengan menggunakan pemasaran digital melalui berbagai media
yang ada.
2. Menjangkau
target pasar yang lebih luas
Ketika setiap bisnis telah terkoneksi dengan jaringan
internet, maka secara otomatis bisnis tersebut akan terhubung dengan relasi
pengguna internet di seluruh dunia. Jadi, dengan menerapkan online marketing,
akan sangat membantu bisnis dalam mempromosikan dan memperkenalkan produk dan
jasa secara efektif dan efisien.
3. Lebih murah dan
efektif
Manfaat digital marketing yang terakhir yaitu tidak
memerlukan sumber daya yang besar atau dapat dikatakan minim dari sisi modal.
Setiap orang dapat menjalankan bisnis dengan memanfaatkan internet tanpa
menggunakan biaya yang besar.
Namun, anda juga perlu untuk menerapkan beberapa metode
khusus agar strategi bisnis anda memang tepat sasaran dan sesuai dengan target
user anda. Lakukanlah riset kompetitor bisnis anda, serta persaingan produk
yang ditawarkan kompetitor dengan produk anda. Sehingga, dapat meminimalisir
atau menurunkan tingkat kegagalan bisnis atau usaha.
Kesimpulan
:
Pemasaran digital / digital
marketing merupakan suatu usaha yang digunakan untuk mempromosikan produk
menggunakan media digital untuk memperluas jangkauan konsumen.
Pemasaran digital ini melibatkan konsumen untuk mencari, melihat, dan mengambil
informasi secara langsung melalui situs atau mesin pencari. Pemasaran digital
ini memberikan informasi kepada konsumen dengan melihat atau menerima iklan
digital secara aktif.
Setiap digital marketer dituntut fokus
dalam membuat sistem kerja pemasaran, khususnya dalam hal digital atau online. Beberapa
alat bantu yang dapat digunakan dalam digital marketing seperti: website, akun
media sosial, identitas brand dan produk, unggahan blog, jejak online .
Sebelum mengenalkan produk maupun jasa kepada masyarakat secara luas, Anda
harus menentukan tujuan dan rencana pemasaran produk tersebut.Pastikan bahwa
strategi pemasaran yang Anda rancang sudah spesifik, tepat sasaran, dan dapat
dijangkau dengan mudah oleh target pasar.
Jika website Anda mengharuskan konsumen untuk melalui tahapan check-out yang
rumit, maka hampir dapat dipastikan bahwa konsumen justru akan meninggalkan
website tanpa menyelesaikan pembeliannya.Ketika konsumen sudah sampai pada
tahap check-out, langkah menuju proses pembayaran harus singkat dan sederhana.
Refrensi :
https://www.jurnal.id/id/blog/mengenal-digital-marketing-konsep-dan-penerapannya/
https://markey.id/blog/marketing/pemasaran-digital
https://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran_digital
https://www.dreambox.id/blog/pemasaran-digital-adalah-pengertian-dan-fungsi-dari-pemasaran-digital/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar