@L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @Proyek-L10, @Startup-L05
Oleh Huda, Gibran, dan Fateh
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan untuk mendeskripsikan
konsep manajemen pemasaran agar mahasiswa/i dapat memahami bagaiamana merancang
strategi dengan baik dalam memasarkan produk.
KATA
KUNCI
Manajemen Pemasaran, Perencannaan,
penganalisaan
PENDAHULUAN
Dalam berbisnis, manajemen adalah suatu hal penting yang
harus diperhatikan. Selain manajemen keuangan, manajemen pemasaran juga
memiliki peranan yang penting untuk keberhasilan usaha atau kegiatan Anda.
Sebab pemasaran yang baik bisa memberikan hasil yang bagus pula pada omset
pendapatan Anda. Manajemen seringkali diartikan sebagai suatu proses
perencanaan, penggerakan, pengorganisasian dan pengawasan untuk bisa mencapai
tujuan atau target yang sudah ditentukan. Sedangkan pemasaran adalah kegiatan
yang dapat membantu para pelaku usaha untuk menciptakan nilai ekonomi. Nilai
ini dapat menentukan harga jasa atau produk yang ditawarkan.
PERMASALAHAN
1.
Apa
pengertian manajemen pemasaran ?
2.
Apa
fungsi manajemen pemasaran ?
3.
Apa saja
konsep manajemen pemasaran ?
PEMBAHASAN
PENGERTIAN
MANAJEMEN PEMASARAN
menurut para ahli datang dari Handoko
dan Dharmmesta (1982) yang menjelaskan bahwa manajemen dalam
pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang harus dilakukan oleh pihak
perusahaan agar bisa mempertahankan kelangsungan perusahaannya. Dengan adanya
manajemen ini, perusahaan juga dapat berkembang serta mendapatkan keuntungan
yang diinginkan.
Sedangkan menurut Kotler (1980),
manajemen pemasaran merupakan perencanaan, penganalisaan, pengawasan dan
pelaksanaan program-program yang pada dasarnya bertujuan untuk memunculkan
pertukaran dengan pasar atau sasaran yang dituju agar tujuan perusahaan bisa
tercapai.
FUNGSI MANAJEMEN
PEMASARAN
- · Melakukan riset terhadap konsumen
- · Melakukan distribusi produk atau barang
- · Memberikan layanan atau service kepada pelanggan
- · Meningkatkan dan mengembangkan produk
- · Menetapkan harga
- · Membuat kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif dan efisien.
- · Mengevaluasi strategi promosi dan distribusi
- · Menjalin komunikasi dengan konsumen
- · Memenuhi kebutuhan konsumen dan pasar
KONSEP MANAJEMEN
PEMASARAN
1.
Konsep Produksi
Dalam konsep berwawasan produksi berpendapat bahwa konsumeri
menyukai produk yang tersedia di mana-mana dan dengan harga murah. Produsen
yang berwawasan produksi mi perhatiannya senantiasa tertuju pada usaha mencapai
efesiensi produksi yang tinggi serta daerah penyaluran yang luas bagi barang
hasil produksinya. Konsep produksi ini merupakan konsep yang klasik dan tertua
dalam sejarah perkembangan pemasaran.
2. Konsep
Produk
Produsen yang berwawasan produk
berpendapat hahwa konsumen hanya akan memilih produk yang berkualitas, atau
mempunvai kelehihan-kelebihan lain yang sifatnya inovatif menurut anggapan
produsen. Oleh karenanya produsen disini akan memusatkan perhatiannya untuk membuat
produk yang lebih baik dan yang adadanselalu berusaha terus untuk mengembangkan
dan menyempurnakannya dan kurang memperhatikan masukan darn pelanggan.
3. Konsep
Penjualan
Dalam konsep ini produsen berpendapat
bahwa agar konsumen membeli produk yang dihasilkan oleh organisasi maka harus
ada upaya aktif dan produsen untuk melakukan usaha penjualan dan promosi
penjualan yang agresif. Pada umumnya organisasi atau perusahaan menerapkan
konsep produk ini jika mereka mengalami kelebihan kapasitas produksinya.
4. Konsep
Pemasaran
Konsep yang sangat berbeda dengan tiga
konsep yang telah diuraikan adalah konsep pemasaran. Konsep ini berpendapat
bahwa menentukan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran serta memberikan
kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien merupakan kunci utama
dalam mencapai sasaran dan tujuan organisasi. Jadi di sini kebutuhan pasarlah
yang paling diutamakan bukan kebutuhan atau kepentingan penjual.
5. Konsep
Pemasaran Sosial
Jadi dalam konsep ini hubungan yang saling
menguntungkan harus terjadi antara ketiga belah pihak (bukan dua pihak) yaitu
pelanggan, produsen/penjual, dan masyarakat luas. Berkaitan dengan konsep
tersebut maka dewasa ini para produsen berlomba-lomba menciptakan produk yang
tidak merugikan bagi kepentingan umum, misalnya lemari pendingin dan AC yang
tidak merusak lapisan ozon, kendaraan yang hemat energi dan bebas polusi,
kemasan produk barang yang bisa didaur ulang, dan lain-lain.
KESIMPULAN
Pada intinya manajemen pemasaran adalah
suatu proses yang dilakukan untuk menganalisa, merencanakan,
mengimplementasikan, melaksanakan, mengendalikan sekaligus mengawasi kegiatan
pemasaran suatu perusahaan agar tujuan atau target perusahaan bisa tercapai
secara lebih efektif dan efisien. Manajemen pemasaran memiliki peranan yang
sangat penting dalam keberhasilan suatu perusahaan.
DAFTAR
PUSTAKA
- Anonim,2017. Pengertian manajemen pemasaran. Dalam http://blogpengertian.com/pengertian-manajemen-pemasaran/
- Bayu,Pramutoko.Management pemasaran. Dalam https://bayu96ekonomos.wordpress.com/modul-materikuliah/manajemen-pemasaran/
- Rahmani,Ani,2017. Konsep penting dalam manajemen pemasaran. Dalam https://www.jurnal.id/id/blog/2017/5-konsep-penting-dalam-manajemen-pemasaran
- Ciku, 2009. Definisi Pemasaran dan Manajemen Pemasaran. Ciku.tyepad.com. dalam http://ciku.typepad.com/blog/2009/12/definisi-pemasaran-dan-manajemen-pemasaran.html
- Heriyana, 2018. Manajemen Pemasaran. Mindmeister.com. dalam https://www.mindmeister.com/462915236/manajemen-pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar