Disusun Oleh: Muhamad Farhan Naufal
Guntur Wahyu Prasetiyo
ABSTRAK
Bisnis ritel tidak
hanya menjual produk atau barang tetapi juga pelayanan kepada pelanggannya.
Oleh karena itu kepuasan pelanggan menjadi kunci sukses sebuah strategi
pemasaran. Kepuasan pelanggan diharapkan menghasilkan company loyality dan
pembelian berulang (repeat purchase atau product repurchase).
Supermarket Millenium telah melaksanakan strategi bauran pemasaran tetapi masalah yang dihadapi adalah belum tercapinya target yang diinginkan oleh perusahaan. Permasalahan timbul karena strategi bauran pemasaran yang dilaksanakan belum dapat memenuhi harapan sehingga pelanggan belum merasa puas.
Supermarket Millenium telah melaksanakan strategi bauran pemasaran tetapi masalah yang dihadapi adalah belum tercapinya target yang diinginkan oleh perusahaan. Permasalahan timbul karena strategi bauran pemasaran yang dilaksanakan belum dapat memenuhi harapan sehingga pelanggan belum merasa puas.
KATA
KUNCI : manajemen, pemasaran, konsumen,
produsen
PENDAHULUAN
Globalisasi telah
mendorong beberapa perusahaan untuk memasarkan di luar negara asal
mereka. Pemasaran internasional merupakan bagian dari strategi
pemasaran perusahaan-perusahaan tersebut. Manajer pemasaran sering
bertanggung jawab untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan
pelanggan. Hal itu berlaku tidak pada semua kasus karena peran seorang manajer
pemasaran dapat bervariasi sangat signifikan berdasarkan ukuran bisnis, budaya
organisasi, dan konteks industri. Sebagai contoh, dalam sebuah perusahaan produk
konsumen besar, manajer pemasaran dapat bertindak sebagai manajer umum dari
keseluruhan produk yang menjadi tugasnya. Untuk menciptakan strategi
manajemen pemasaran yang efektif dan efisien, perusahaan harus memiliki
pemahaman mendetail dan objektif mengenai bisnis mereka sendiri
dan pasar tempat mereka beroperasi. Dalam
menganalisis permasalahan-permasalahan ini, bidang manajemen pemasaran sering
tumpang-tindih bidang perencanaan strategis.(wikipedia)
RUMUSAN
MASALAH
1. Apa
itu manajemen pemasaran?
2. Apa
fungsi dari managemen pemasaran?
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN MANAJEMEN PEMASARAN
Manajemen pemasaran adalah suatu
proses perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta
penyaluran barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan
tujuan-tujuan individu dan organisasi. Manajemen pemasaran terjadi apabila
sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk
mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan yang dikehendaki.
B.
PERAN
PEMASARAN DALAM ORGANISASI
Di dalam suatu organisasi manajer
harus menyusun suatu struktur organisasi formal yang orang-orang serta
sumber-sumber fisiknya dipersiapkan dengan baik untuk melaksanakan rencana dan
mencapai tujuan keseluruhan.
Berikut ini peranan pemasaran dalam organisasi :
- Peran Pemasaran dalam Sektor Bisnis
Di dalam sektor bisnis, pemasaran
mulai di sadari oleh berbagai perusahaan pada waktu yang berbeda. Ada beberapa
sebagian contoh yang termasuk dalam kategori pelopor di Asia seperti misalnya unilever,
philips, dan sony. Di berbagai negara memiliki perbedaan dalam
mempraktikan pada pangsa pasarnya. Secara umum, pemasaran cepat menyebar di
perusahaan - perusahaan penghasil produk konsumen dalam bentuk kemasan (consumer
packaged-goods), dan perusahaan penghasil produk untuk konsumen
tahan lama (consumer durable-goods), dan perusahaan barang industri.
Perusahaan jasa atau pelayanan konsumen (consumer service firm),
khususnya untuk perusahaan penerbangan dan bank mereka telah menuju pada
pemasaran modern.
- Peran Pemasaran dalam Sektor Non-Profit
Pemasaran semakin menarik minat
organisasi non profit seperti perguruan tinggi, rumah sakit, gereja, dan
kelompok kesenian, khususnya di Negara-negara maju. Berbagai instansi
pemerintah dan lembaga non - profit swasta juga meluncurkan kampanye pemasaran
sosial untuk mengurangi merokok, minum alkohol, penggunaan obat bius, dan
hubungan seks yang tidak aman.
- Peran Pemasaran dalam Sektor Internasional
Perusahaan multi nasional banyak
menanamkan modalnya untuk meningkatkan kemampuan pemasaran globalnya. Beberapa
perusahaan multi nasional Eropa dan Jepang seperti Nestle, Benetton,
Unilever, Sony, dan lain sebagainya dalam banyak hal telah memahami
pemasaran secara lebih baik dan mengalahkan para pesaingnya dari Amerika
Serikat. Perusahaan multi nasional telah memperkenalkan dan menyebarluaskan
praktik pemasaran modern ke seluruh dunia. Hal ini memaksa
perusahaan-perusahaan domestik yang lebih kecil di berbagai Negara untuk
memperkuat pemasaran mereka supaya dapat bersaing secara efektif dengan
perusahaan multi nasional.
C.
KONSEP PEMASARAN
Dalam
kegiatan pemasaran terdapat beberapa konsep pemsaran dimana masing-masing
konsep memiliki tujuan yang berbeda. Konsep ini timbul dari suatu periode ke
periode lainnya akibat dari perkembangan pengetahuan baik produsen maupun
konsumen. Penggunaan konsep ini tergantung pada perusahaan yang juga dikaitkan
dengan jenis usaha dan tujuan peusahaan yang bersangkutan. Ada lima konsep
dalam pemasaran di mana setiap konsep dapat dijadikan landasan pemasaran oleh
masing-masing perusahaan.
DAFTAR PUSTAKA
Indra, Rizal. 2012. DASAR PEMASARAN. http://indraputrabintan.blogspot.com/2012/09/dasar-pemasaran-peran-pemasaran-dalam.html#.W0tTAmN9jIU
(Dikutip 15-Juli-2018).
Aprilianti, Debby. 2011. Peran Pemasaran Dalam Organisasi
Masyarakat. http://debbyaprilianti-gmail.blogspot.com/2011/10/peran-pemasaran-dalam-organisasi-dan.html
. (Dikutip 15-Juli-2018).
Islami, Luthfiyani. 2017. Konsep Dasar Manajemen Pemasaran.
\ http://www.ayoksinau.com/konsep-dasar-manajemen-pemasaran-pengertian-manajemen-pemasaran-pemasaran-dalam-organisasi-dan-masyarakat-dan-konsep-inti-pemasaran-lengkap/
(Dikutip 15-Juli-2018).
Windasirumapea. 2012. ManajemenDan Organisasi Bisnis. https://windasirumapea.wordpress.com/2012/12/03/manajemen-dan-organisasi-bisnis/
(Dikutip 15-Juli-2018).
Milyardik. 2014. MANAJEMEN PEMASARAN. https://milyardidikdik.wordpress.com/2014/11/14/manajemen-pemasaran/
. (Dikutip 15-Juli-2018).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar