Abstrak
Kegiatan pemasaran adalah berbeda dengan penjualan,
transaksi ataupun perdagangan. Definisi pemasaran dikemukakan oleh Philip
Kotler dalam bukunya Marketing Management Analysis, Planning, and Control,
mengartikan pemasaran adalah Suatu
proses sosial, dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka
butuhkan, dan mereka inginkan dengan menciptakan dan mempertahankan produk dan
nilai dengan individu dan kelompok lainnya.
Kata
Kunci : Pemasaran, Manajemen, Perencanaan,
Bisnis
Pendahuluan
Manajemen
pemasaran, menurut Philip Kotler adalah : Penganalisaan, perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan
pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi.
Untuk membuat suatu rencana, fungsi penganalisaan
sangat penting agar rencana yang dibuat dapat lebih matang dan tepat. Penerapan
merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana. Fungsi pengawasan adalah
untuk mengendalikan segala macam aktivitas agar tidak terjadi penyimpangan.
Falsafah konsep pemasaran
bertujuan memberikan kepuasan terhadap keinginan dan kebutuhan
pembeli/konsumen. Konsep
pemasaran perlu dilaksanakan, karena dapat meningkatkan penjualan
dengan :
· Membuat barang yang
mudah penggunaannya
· Mudah pembeliaannya
· Mudah pemeliharaannya
Konsep pemasaran disusun
dengan memasukkan tiga elemen pokok, yaitu :
· Orientasi konsumen / pasar / pembeli
· Volume penjualan yang menguntungkan
· Koordinasi dan integrasi seluruh kegiatan pemasaran dalam
perusahaan.
Rumusan masalah
1. Apa saja konsep perencanaan ?
2. Apa saja yang menjadi
pertimbangan dalam
merumuskan rencana pemasaran?
3.
Apa yang dimaksud strategi pemasaran?
4.
Apa yang dimaksud dengan pengenalan pasar?
5.
Apa saja konsep pemasaran oleh Philip Kotler dan Gary Armstrong?
Pembahasan
1. Apa saja konsep perencanaan ?
Perencanaan
sangat diperlukan untuk mengikuti perkembangan dimasa mendatang. Tanpa
perencanaan, sebuah organisasi kemungkinan akan mengambil cara-cara yang
ekstrim untuk menghindari kerugian atau untuk mempertahankan kelangsungan
hidupnya.
Perencanaan dapat mencakup suatu
periode waktu yang panjang atau periode waktu yang pendek. Perencanaan jangka
panjang (untuk 3, 5, 10 atau bahkan 25 tahun) dan Perencanaan jangka pendek, periode waktunya relatif
pendek, yaitu satu tahun atau kurang . Terdapat tiga macam
konsep perencanaan, yaitu :
·
Perencanaan perusahaan secara
keseluruhan
·
Perencanaan pemasaran
·
Rencana Pemasaran Tahunan
2. Apa saja yang menjadi pertimbangan dalam merumuskan
rencana pemasaran?
·
Target Penjualan
Target penjualan ini ditetapkan berdasarkan analisa
berbagai macam kemungkinan strategi pemasaran yang menguntungkan.
·
Anggaran Pemasaran
Biasanya anggaran yang menyeluruh ini ditetapkan
berdasarkan suatu persentase (%) dari target penjualan. Jika
perusahaan ingin meningkatkan market share nya, maka persentase tersebut juga
harus ditingkatkan.
· Alokasi Marketing Mix
Perusahaan
harus menetapkan bagaimana mengalokasikan anggaran pemasaran untuk suatu produk
ke berbagai alat pemasaran seperti periklanan, promosi penjualan, dan personal
selling.
·
Penetapan harga
Penetapan
harga merupakan satu elemen yang menghasilkan laba di dalam rencana pemasaran.
Perusahaan harus menetapkan harga dan daftar harga sebelum diberikan potongan. Selain itu juga harus mempertimbangkan faktor permintaan,
biaya dan persaingan dalam menetapkan harga yang direncanakan.
·
Alokasi anggaran pemasaran pada produk
Secara
umum perusahaan tidak hanya menghasilkan satu macam produk saja, tetapi
beberapa macam. Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan
dalam menentukan produk mana yang harus ditambah atau dikurangi anggarannya
adalah :
·
Jumlah product line
·
Banyaknya product mix
·
Jenis produk yang mempunyai permintaan
cukup banyak baik pada saat sekarang maupun saat yang akan datang
·
Jenis produk yang permintaannya sedikit
3.
Apa yang dimaksud dengan strategi pemasaran?
Strategi pemasaran adalah
logika pemasaran, dan berdasarkan itu, unit bisnis diharapkan untuk mencapai
sasaran-sasaran pemasarannya. Strategi pemasaran terdiri dari (1) pengambilan keputusan tentang biaya pemasaran
dari perusahaan, (2) bauran pemasaran, dan (3) alokasi pemasaran.
Strategi
pemasaran adalah alat fundamental yang direncanakan untuk mencapai perusahaan
dengan mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar
yang dimasuki dan program pemasaran yang digunakan untuk melayani pasar sasaran
tersebut.
Secara umum dalam pemasaran, strategi
pemasaran yang dapat dilakukan dan di pilih adalah :
1. Menembus pasar
Strategi untuk menembus pasar dengan
sasaran konsumen yang belum tercapai atau memasuki sasaran pasar baru.
2. Mengembangkan pasar
Strategi memasuki sasaran pasar baru
dengan konsumen baru yang disebabkan sasaran pasar lama sudah tidak kondusif
atau jenuh.
3. Mengembangkan produk
Strategi mengembangkan produk dan jasa
dengan menggunakan cara proses produksi yang lama
4. Diversifikasi produk
Strategi mengembangkan varian produk
baru yang masih berkaitan dengan produk lama
5. Menerapkan biaya murah
Strategi penjualan dengan harga lebih
murah berdasarkan pada biaya produksi yang rendah.
6. Memfokuskan pada pasar
Strategi memfokuskan pada segmen pasar
tertentu dengan memberikan konsep layanan khusus, yang membedakan dengan
pesaing.
7. Diferensiasi produk
Strategi yang berkonsentrasi pada
penciptaan barang dan jasa baru yang sangat berbeda dengan pasar an pesaing yang
ada
4. Apa yang dimaksud dengan pengenalan
pasar?
Pasar adalah tempat
pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk saling melakukan
pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar
dari perdagangan Setidaknya
dibutuhkan tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga terdapat persaingan pada
setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan,
skala geografis, lokasi jenis dan
berbagai komunitas manusia, serta jenis
barang dan jasa yang diperdagangkan.
Pengenalan pasar adalah usaha
untuk mengetahui potensi pembeli atau konsumen dengan mengetahui
kebutuhannya. Pengelompokkan pasar secara umum sangat bervariasi mulai dari
ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas
manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan.
Teknik
yang dapat digunakan untuk melakukan pengenalan pasar yaitu :
1. Mengelompokan pasar
Yang menjadi hal terpenting dalam memasarkan barang dan jasa
adalah mengetahui siapa pembeli dan apa yang dibutuhkan mereka. Pengelompokan pembeli dapat dilakukan
berdasarkan lokasi tempat tinggal, jenis kelompok, demografi, psikologis
2. Masa peredaran barang dan jasa
Setiap barang yang ada di pasar memiliki siklus hidup yang di
mulai dari tahap perkenalan, pertumbuhan, kematangan dan tahap penurunan,
dengan mengetahui peredaran barang dan jasa maka dapat diketahui masa edar atau
siklus hidup, informasi layak atau tidak layak untuk masuk ke dalam usaha baru
atau dapat mengatur masa edar barang pada setiap siklus.
3. Analisis SWOT
Analisis SWOT di gunakan untuk mengetahui posisi usaha sendiri
dan posisi pesaing di pasar.
5.
Apa saja konsep pemasaran oleh Philip Kotler dan Gary Armstrong?
1. Product –
produk
Produk adalah kombinasi barang dan jasa
yang ditawarkan perusahaan kepada pasar sasaran. Contoh Variasi produk, kualitas, desain, fitur, nama merek, kemasan, ukuran,
layanan, garansi, dan retur.
2. Price – harga
Harga adalah sejumlah uang yang harus di
bayarkan oleh konsumen untuk memperoleh produk yang disebabkan oleh munculnya
transaksi. Contoh Harga katalog, diskon, potongan
khusus, periode pembayaran, dan persyaratan kredit.
3. Place
– tempat
Tempat meliputi kegiatan perusahaan yang
membuat produk tersedia bagi konsumen di pasar sasaran. Contoh Promosi penjualan, periklanan, personal
selling, public relations, dan direct marketing.
4. Promotion
– promosi
Promosi adalah aktivitas yang
menyampaikan manfaat produk dan membujuk konsumen untuk membeli. Contoh Saluran distribusi, cakupan
distribusi, kelengkapan produk, lokasi,
persediaan, fasilitas penyimpanan, pengedaran dan transportasi.
Contoh Kasus
Bauran Pemasaran Marketing Mix Of Produk mie instan
1. Price
Indomie selain dapat dibeli perbungkus, dapat juga
dibeli dengan paket 5 bungkus atau paket 1 kardus berisi 30 atau 40 indomie.
Harga Indomie juga sangat murah dan terjangkau bagi semua kalangan masyarakat,
di Indonesia, perbungkus indomie dihargai tidak mencapai RP.1500.
2. Product
Mie asli Indonesia yang diproduksi oleh indofood ini
merupakan salah satu dari sedikit produk Indonesia yang mampu menembus pasar
Internasional. Di Indonesia sebutan “indomie” sudah umum digunakan sebagai
istilah yang merujuk pada mie instan. Produk mie instan ini sangat
digemari oleh masyarakat karena harganya ekonomis dan citarasa yang telah
disesuaikan dengan selera masyarakat Indonesia. Intinya mie ini sangat
Indonesia. Mulai dari aroma, rasa asin, manis, gurih, semuanya sangat pas
dilidah orang Indonesia. Kecapnya yang kental dan manis itu tidak ada
tandingannya.
3. Place
Group
Distribusi Indofood memiliki jaringan distribusi terluas di Indonesia, menembus
sampai hampir ke setiap sudut kepualuan. Jumlah titik stok (gudang) semakin
diperbanyak secara agresif sejak tahun 2005, sehingga mampu menyediakan
penetrasi yang lebih luas melalui rantai suplai dan penghantaran. Gudang stok
ditempatkan pada area-area yang memiliki outlet retail yang banyak, termasuk
pasar tradisional, sehingga setiap gudang dapat melayani masing-masing area
geografis dalam waktu yang sesingkat mungkin. Setiap daerah mempunyai pusat
perbelanjaan yang didalamnya terdapat produk indomie, atau diperumahan biasanya
di warung-warung banyak juga dijual.
4. Promotion
Promosi
yang dilakukan oleh pihak indofood untuk memperkenalkan indomie kepada
masyarakat adalah melalui iklan di media cetak maupun
elektronik. Iklan dimedia cetak maupun media televisi tidak pernah
berkurang. Oleh karena itu indomie (mie instan) sudah melekat pada diri
masyarakat luas. Selain itu indofood sering menjadi sponsor diberbagai macam
kegiatan. Semua produk dipamerkan dan dipajang di acara kegiatan tersebut. Hal
tersebut mau tidak mau dilakukan oleh pihak indofood karena memang merupakan
permintaan yang luar biasa.
Kesimpulan
Kesimpulan yang dapat kita ambil dari artikel ini adalah dengan manjemen pemasaran yang baik
serta memahami konsep-konsep dan langkah-langkah untuk melakukan pemasaran atas
bisnis yang kita jalani, hasil yang akan kita raih akan memuaskan seperti usaha
kita dalam memanage pemasaran product kita. Untuk mencapai hasil yang sempurna,
kita harus mengenal pasar lewat cara-cara yang sudah dijabarkan pada artikel
ini dan juga mengklasifikasikan 4P
terhadap produk yang akan dipasarkan.
Daftar Pustaka
Swastha
Basu , Irawan , (1983). Manajemen
Pemasaran Modern, Edisi Kedua, Liberty , Yogyakarta.
Philip Kotler, (2006). Manajemen Pemasaran : Analisis, Perencanaan, Implementasi, dan Kontrol.
Edisi Revisi. Edisi bahasa Indonesia. Prentice Hall.
Philip Kotler, Gary Armstrong. (2000). Dasar-dasar Pemasaran. Jilid 2.Edisi Bahasa Indonesia. Prentice Hall.
Roland, Fanny. "Contoh Bauran Pemasaran Marketing Mix Of Product Mie Instan". 2 November 2013. Diambil dari http://trifannyroland.blogspot.com/2013/11/contoh-bauran-pemasaran-marketing-mix.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar