STRATEGI PEMASARAN DALAM BERBISNIS
Lutfiah
Mawar Tina, Ika Hafshah Listyanti, Shella
Sarahthifa,
@J11, @J15, @J25
@Proyek-J10
Abstrak
Artikel ini
bertujuan untuk mendeskripsikan konsep
manajemen bisnis agar mahasiswa/i dapat memahami bagaiamana merancang strategi
dengan baik dalam memasarkan produk.
Kata
kunci : Penganalisaan, Perencanaan
dan Pelaksanaan Manajemen Bisnis
A.
Pendahuluan
1.
Latar
belakang
Setiap
organisasi bisnis dihadapkan pada 2 jenis” lingkungan” internal dan eksternal,
makin besar suatu perusahaan atau organisasi, semakin
kompleks pula
bentuk, jenis, dan sifat interaksi yang terjadi dalam menghadapi ke 2 jenis
lingkungan tersebut. Oleh karena itu strategi pemasaran sangat diperlukan dalam
mensiasati perkembangan organisasi tersebut.
Ujung
tombak dari kegiatan pemasaran adalah penjualan, namun bukan berarti bahwa
pemasaran (marketing) sama dengan penjualan (sales). Setiap perusahaan
mempunyai tujuan untuk mendapatkan laba bahkan berusaha meningkatkannya untuk
jangka panjang. Tujuan tersebut dapat direalisir apabila penjualan dapat
dilaksanakan seperti yang direncanakan, dengan demikian tidak berarti bahwa
barang atau jasa yang terjual selalu akan menghasilkan laba, maka faktor-faktor
diatas harus mendapat perhatian sepenuhnya bagi perusahaan.
a.
Pengertian
pemasaran
·
Kotler dan Keller
(2009:6) mengutip Asosiasi Pemasaran Amerika yang memberikan definisi berikut,
“Pemasaran adalah satu fungsi organisasi dan seperangkat proses untuk
menciptakan, mengomunikasikan, dan menyerahkan nilai kepada pelanggan dan
mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang menguntungkan organisasi dan para
pemilik sahamnya.”
·
David (2011:198),
“Pemasaran dapat dideskripsikan sebagai proses pendefinisian, pengantisipasian,
penciptaan, serta pemenuhan kebutuhan dan keinginan konsumen akan produk dan
jasa.”
b.
Pengertian
penganalisaan
Salim
(2002)4 “Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa (perbuatan,
karangan dan sebagainya) untuk mendapatkan fakta yang tepat (asal usul, sebab, penyebab
sebenarnya, dan sebagainya)”.
c.
Pengertian
Perencanaan
(Cunningham
dalam Uno, 2009: 1). Perencanaan adalah suatu cara untuk mengantisipasi dan
menyeimbangkan perubahan (Robbins dalam Uno, 2009: 1).
d.
Pengertian
Pelaksanaan
Wiestra,
mengemukakan pengertian pelaksanaan sebagai usaha-usaha yang dilakukan untuk
melaksanakan semua rencana dan kebijaksanaan yang telah dirumuskan dan
ditetapkan dengan melengkapi segala kebutuhan alatalat yang diperlukan, siapa
yang akan melaksanakan, dimana tempat pelaksanaannya dan kapan waktu
dimulainya.
A.
Dasar-Dasar Perencanaan Pemasaran
1. Pasar
Pemasaran
berasal dari marketing, sedang market yang berarti pasar. Pasar dapat diartikan
sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual
beli terhadap barang maupun jasa. Pengertian pasar secara lengkap adalah semua
pelanggan yang mempunyai kebutuhan atau keinginan tertentu, bersedia dan mampu
melibatkan diri dalam suatu pertukaran guna memuaskan kebutuhan dan
keinginannya tersebut. Syarat-syarat terjadinya pasar sebagai berikut:
a.
Adanya sekelompok individu (pasar konsumen) dan organisasi (misal: pasar industri,
pasar global).
b. Adanya pembeli yang
mempunyai kemampuan daya beli (purchasing power) dan nyata/riel.
c.
Adanya kebutuhan (needs) dan keinginan (wants).
d. Adanya perhatian
(interest) terhadap produk barang dan atau jasa. Selanjutnya kita perlu
mengetahui seluk beluk tentang pemasaran.
B.
Unsur-Unsur
Pemasaran
a. Adanya kegiatan manusia
b. Adanya barang dan atau jasa yang
diproduksi
c. Adanya obyek yang dipertukarkan
d. Adanya pembeli dan penjual.
C. Fungsi-Fungsi dan
Sistem Pemasaran
Fungsi-fungsi pemasaran
yang harus dijalankan oleh suatu perushaan, menurut Tedjasutisna dalam bukunya
Pemasaran, sebagai berikut:
a. Pembelian (buying)
b. Penjualan (selling)
c. Pengangkutan (transportation)
d. Pergudangan
e. Standardisasi dan grading
f. Komunikasi (communication)
g. Penanggung resiko (risk taking)
h. Informasi pasar (market
information)
i. Penjajakan (merchandising)
j. Keuangan (financing)
D. Perencanaan
Pemasaran
Pelaksanaan perencanaan pemasaran
ini diawali dengan menentukan langkahlangkah berupa tujuan perusahaan,
merumuskan rencana pemasaran, dan langkahlangkah rencana pemasaran.
Strategi
Pemasaran
Dalam merumuskan rencana pemasaran perusahaan
wajib memahami strategi pemasaran berikut ini:
1. Pengambilan
keputusan tentang biaya pemasaran
Manajemen
pemasaran harus dapat memutuskan berapa biaya pemasaran yang diperlukan dan
bagaimana mengalokasikan biaya pemasaran tersebut dalam bauran pemasaran
yangakandimanfaatkan
2. Bauran pemasaran
Bauran pemasaran apa saja yang
digunakan baik baik bauran pemasaran produk barang yaitu produk, harga,
distribusi, dan promosi, sedang jika menggunakan bauran pemasaran jasa ditambah
dengan tampilan fisik, proses, dan personal Rencana pemasaran berisikan rencana
tindakan (siapa yang melakukan apa dan kapan), visi, tujuan strategis, tujuan,
serta sasaran. Proses ini dapat didefinisikan sebagai perencanaan pemasaran,
yang merupakan penerapan sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran.
Sejauh mana perusahaan dapat mengembangkan rencana yang terintegrasi,
terkoordinasi, dan konsisten tergantung pada pemahaman pada proses perencanaan
itu sendiri sebagai suatu cara mempertajam fokus bagi semua tingkatan manajemen
dalam suatu organisasi.
Langkah-Langkah
Rencana Pemasaran
a.
Ikhtisar Eksekutif dan daftar Isi Langkah awal dalam membuat rencana pemasaran
yaitu membuat ikhtisar singkat tentang sasaran dan rekomendasi rencana utama
b.
Situasi pemasaransaat ini:
1) Situasi yang menggambarkanpasar sasaran,
ukuran, pertumbuhan pasar, kebutuhan persepsi, dan kecenderungan perilaku
pembelian pelanggan
2)
Situasi produk, penjualan, harga, margin kontribusi dan laba bersih
3)
Situasi persaingan, identifikasi ukuran, sasaran, pangsa pasar, kualitas
produk, strategi pemasaran dan karakteristik lainnya
4)
Situasi distribusi
5)
Situasi lingkungan makro
c. Analisis peluang dan isu Mengidentifikasi
peluang dan ancaman serta kekuatandan kelemahan sebagai isu utama yang dihadapi
line produk
d. Manager produksi menentukan dua tujuan
utama yang harus ditetapkan yaitu keuangan dan pemasaran
e.
Strategi pemasaran Menentukan strategi pemasaran untuk mencapai tujuan. Hal ini
dilaksanakan dengan memposisikan pasar sasaran, menentukan posisi line produk,
harga, outlet distribusi, tenaga penjualan, pelayanan, iklan, dan promosi
penjualan.
Menurut Kotler
dan Armstrong (2012:30-32), pemasaran bersandar pada konsep inti
1. Kebutuhan, Keinginan, dan
Permintaan (Needs, Wants, and Demands) Kebutuhan adalah segala sesuatu yang
diperlukan manusia dan harus ada sehingga dapat menggerakkan manusia sebagai dasar
(alasan) berusaha. Keinginan adalah hasrat untuk memperoleh pemuas kebutuhan
yang spesifik akan kebutuhan. Permintaan adalah keinginan akan produk tertentu
yang didukung kemampuan dan kesediaan untuk membayar dan membeli.
2. Penawaran Pasar – Produk,
Pelayanan, dan Pengalaman (Market Offerings – Products, Services, and
Experiences) Penawaran pasar merupakan beberapa kombinasi dari produk,
pelayanan, informasi, atau pengalaman yang ditawarkan kepada pasar untuk
memenuhi kebutuhan atau keinginan mereka.
3. Nilai Pelanggan dan Kepuasan (Customer
Value and Satisfaction) Nilai pelanggan dilihat sebagai kombinasi antara mutu,
jasa, dan harga (quality, service, price) yang mencerminkan manfaat dan biaya
berwujud dan tak berwujud bagi konsumen. Kepuasan merupakan penilaian seseorang
dari kinerja yang dirasakan dari produk dalam hubungan dengan harapannya.
4. Pertukaran dan Hubungan
(Exchanges and Relationships) Pertukaran adalah tindakan untuk memperoleh
sebuah objek yang diinginkan dari seseorang dengan menawarkan sesuatu sebagai
imbalan. Pemasaran terdiri dari tindakan yang diambil untuk membangun dan
memelihara hubungan melalui transaksi dengan target pembeli, pemasok, dan
penyalur yang melibatkan produk, pelayanan, ide, atau benda lainnya.
5. Pasar (Markets) Pasar merupakan
kumpulan semua pembeli sebenarnya dan potensial yang memiliki kebutuhan atau
keinginan akan produk atau jasa tertentu yang sama, yang bersedia dan mampu
melaksanakan pertukaran untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan itu.
Komponen Dalam
Strategi Pemasaran
1.
Product (produk) adalah suatu barang, jasa, atau gagasan yang dirancang dan
ditawarkan perusahaan untuk kebutuhan konsumen.
2.
Price (harga) adalah jumlah uang yang harus dibayar pelanggan untuk mendapatkan
produk.
3.
Place (tempat, termasuk juga distribusi) adalah penempatan suatu produk agar
tersedia bagi target konsumen, sejenis aktivitas yang berkaitan dengan
bagaimana menyampaikan produk dari produsen ke konsumen.
4.
Promotion (promosi) adalah aktivitas mengkomunikasikan dan menyampaikan
informasi mengenai produk kepada konsumen, dan membujuk target konsumen untuk
membeli produk.
Daftar Pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar