Abstrak
Pemasaran adalah suatu
proses dan manajerial yang membuat individu atau kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan mempertukarkan
produk yang bernilai kepada pihak lain atau segala kegiatan yang menyangkut
penyampaian produk atau jasa mulai dari produsen sampai konsumen. Pemasaran
merupakan suatu kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh para perusahaan
baik itu perusahaan barang atau pun perusahaan jasa dalam rangka mengembangkan
usahanya, untuk memperoleh laba, serta untuk mempertahankan kelangsungan hidup
usahanya tersebut.
Untuk
mewujudkan hal tersebut, diperlukannya manajemen yang baik dalam pemasaran pada
suatu perusahaan. Manajemen pemasaran adalah suatu usaha untuk merencanakan,
mengimplementasikan (yang terdiri dari kegiatan mengorganisaikan, mengarahkan,
mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan kegiatan pemasaran dalam
suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi secara efesien dan efektif.
Kata
Kunci : Manajemen, Pemasaran, dan
Bisnis
Pendahuluan
pemasaran merupakan hal
yang perlu dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan kegiatan pemasaran
lainnya, dimana perusahaan melakukan perencanaan serta memikirkan konsep-konsep
apa yang harus dilakukan bagi perusahaannya tersebut, sehingga tercipta
kepuasan pelanggan yang diinginkan oleh perusahaan. Menurut Swastha (1979:17)
“Konsep pemasaran adalah sebuah falsafah bisnis yang menyatakan bahwa pemuasan
kebutuhan konsumen merupakan syarat ekonomi dan sosial bagi kelangsungan hidup
perusahaan”. Jadi pemasaran merupakan orientasi perusahaan yang menekankan
bahwa tugas pokok perusahaan adalah menentukan kebutuhan dan keinginan pasar
dan selanjutnya memenuhi kebutuhan dan keinginan tersebut sehingga dicapai
tingkat kepuasan pelanggan yang melebihi dari kepuasan yang diberikan oleh para
saingan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan pada suatu
perusahaan.
Pada
dasarnya pemasaran menekankan orientasi pada kebutuhan dan keinginan konsumen
yang didukung oleh kegiatan pemasaran yang terpadu yang ditujukan untuk
menciptakan kepuasan langganan sebagai kunci untuk keberhasilan mencapai tujuan
perusahaan. Dengan demikian ada empat unsur pokok yang terdapat dalam konsep pemasaran,
yaitu: orientasi pada konsumen (kebutuhan dan keinginan konsumen), kegiatan
pemasaran yang terpadu, kepuasan konsumen atau pelanggan, dan tujuan perusahaan
jangka panjang.
Rumusan
Masalah
1. Apa
itu manajemen pemasaran ?
2. Fungsi
manajemen pemasaran ?
3. Peran
pemasaran dalam menjalankan bisnis ?
Pembahasan
Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu proses perencanaan dan
pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi, serta penyaluran barang, jasa
dan gagasan untuk menciptakan pertukaran yang memuaskan tujuan-tujuan individu
dan organisasi.
Manajemen pemasaran terjadi apabila
sekurang-kurangnya satu pihak dari pertukaran potensial memikirkan cara untuk
mendapatkan tanggapan dari pihak lain sesuai dengan yang dikehendaki.
Pemasaran
umumnya dilihat sebagai tugas menciptakan mempromosikan, serta menyerahkan
barang dan jasa ke konsumen dan perusahaan lain. Pemasaran yang efektif dapat
dilakukan melalui banyak bentuk. Bisa berbentuk entrepreneurial, terformulasi,
atau intrepreneurial; dan pemasaran memasarkan banyak jenis entitas: barang,
jasa, pengalaman, acara khusus (event), orang, tempat, kepemilikan, organisasi,
informasi, gagasan (philip kotler).
Pengertian pemasaran
menurut Kotler (1997:8) adalah Suatu proses sosial dan manajerial yang
didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan
inginkan dengan menciptakan, menawarkandan mempertukarkan produk dengan pihak
lain.
Konsep
Manajemen Pemasaran
Setiap perusahaan memiliki ide
atau konsep yang berbeda mengenai manajemen pemasaran. Satu perusahaan mungkin
akan lebih menyukai konsep pemasaran dengan cara memproduksi barang dalam skala
besar, dengan asumsi ongkos produksi bisa ditekan, harga barang akan murah, dan
barang akan cepat laku. Tetapi perusahaan lain, mungkin memiliki konsep
pemasaran yang berbeda melalui peningkatan kualitas barang yang dihasilkan.
Setidaknya ada 5 konsep manajamen pemasaran dengan segala kekurangan dan
kelebihan yang harus Anda ketahui.
Konsep Produksi
Perusahaan yang
mengadopsi konsep ini, berfikir bahwa barang maupun jasa yang dihasilkan
haruslah murah, sehingga bisa dibuat kapan saja dan di mana saja agar tidak
terjadi masalah dalam penjualan. Secara tidak langsung, perusahaan ini mencoba
manajemen pemasaran melalui upaya penurunan biaya produksi dan penguatan
sistem distribusi. Dalam rangka menurunkan biaya produksi ke level minimum,
perusahaan akan mengandalkan sistem produksi barang dalam skala besar. Konsep
ini akan berjalan dengan baik jika permintaan melebihi stok. Namun, pelanggan
tidak selalu membeli barang atau jasa yang murah dan mudah didapat. Ada
saatnya mereka membutuhkan barang berkualitas dengan harga yang pantas.
Konsep Produk
Perusahaan yang
menggunakan konsep ini memercayai bahwa kualitas barang maupun jasa yang
dihasilkan perusahaan haruslah bagus, sehingga mudah menarik konsumen. Konsep
manajemen pemasaran ini, mungkin bisa diterima oleh sebagian konsumen, namun
kita tidak boleh lupa, kualitas yang bagus pasti memengaruhi harga, sedangkan
bagi sebagian konsumen, harga yang murah masih menjadi tujuan utama untuk
membeli barang.
Konsep
Penjualan
Perusahaan yang
menggunakan konsep ini berpikir bahwa pelanggan tidak boleh dibiarkan
sendirian. Perusahaan harus mengarahkan konsumen dengan sebuah teknik penjualan
yang harus dipikirkan, karena barang tidak dibeli tetapi barang harus dijual.
Dalam konsep manajemen pemasaran ini, perusahaan harus memikirkan usaha
penjualan untuk memengaruhi konsumen membeli produknya. Mereka percaya bahwa
dengan sistem penjualan yang baik, mereka bisa menjual produk apa saja yang
mereka tawarkan. Hal ini terkadang ada benarnya meskipun tidak bisa diandalkan
secara terus menerus. Anda mungkin bisa meraih hati pelanggan satu kali disaat
pertama promosi, tapi dengan banyaknya kompetitor , bisa jadi pelanggan akan
berpindah produk di kemudian hari.
Konsep
Pemasaran
Perbedaan antara
penjualan dan pemasaran adalah, penjualan lebih menekankan pada produk yang
dijual, sedangkan pemasaran lebih tertuju kepada keinginan dan kebutuhan
konsumen. Perusahaan yang menggunakan konsep pemasaran menganggap bahwa
kepuasan konsumen adalah segalanya, sehingga barang atau jasa yang dihasilkan
harus sesuai kebutuhan mereka. Dengan kata lain, perusahaan seperti ini tidak
membuat apa yang mereka bisa, tapi membuat apa yang konsumen inginkan. Konsep
manajemen pemasaran ini mungkin terkesan modern dan bisa bertahan dalam waktu
cukup lama, namun konsep ini hanya bisa dinikmati kalangan tertentu yang
memiliki tingkat kesejahteraan lebih.
Konsep
Pemasaran Umum
Konsep ini
menekankan tidak hanya pada kepuasan konsumen tapi juga memerhatikan manfaat
bagi orang lain. Sebagai contoh, jika suatu perusahaan menghasilkan mobil yang
rendah bahan bakar tapi menyebabkan polusi. Hal ini hanya membuat konsumennya
puas, tapi masyarakat tidak menerima manfaatnya. Perusahaan dengan konsep
manajemen pemasaran umum, tidak akan mau menjualnya. Perusahaan dengan konsep
ini percaya, bahwa sebuah kesuksesan bisnis akan dipengaruhi oleh kepuasan
pelanggan dan memiliki dampak baik yang bisa diterima masyarakat umum, sehingga
konsep ini memungkinkan untuk digunakan dan disukai banyak konsumen.
Fungsi
Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu
usaha untuk merencanakan, mengimplementasikan (yang terdiri dari kegiatan
mengorganisaikan, mengarahkan,mengkoordinir) serta mengawasi atau mengendalikan
kegiatan pemasaran dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan organisasi
secara efesien dan efektif. Di dalam fungsi manajemen pemasaran ada kegiatan
menganalisis yaitu analisis yang dilakukan untuk mengetahui pasar dan
lingkungan pemasarannya,sehingga dapat diperoleh seberapa besar peluang untuk
merebut pasar dan seberapa besar ancaman yang harus dihadapi.
Penjelasan fungsi pemasaran yang
merupakan kegiatan terpadu dan saling mendukung, antara lain :
a. Perencanaan pemasaran
Penentuan segala sesuatu sebelum
dilakukan kegiatan-kegiatan pemasaran meliputi: tujuan,strategi, kebijaksanaan
serta taktik yang dijalankan.
Tujuan:
-Meniadakan ketidakpastian masa datang bila ada perubahan
-perubahan karena situasi
dan kondisi perusahaan maupun
diluar perusahaan maupun diluar
perusahaan tidak menentu.
-Karena tujuan
organisasi sudah difokuskan
maka dengan perencanaan akan menghindari adanya
penyimpangan tujuan.
-Rencana walaupun
mahal tetapi ekonomis
karena segala kegiatan
telah terfokuskan dengan segala biaya-biayanya.
Rencana pemasaran terinci diperlukan
untuk setiap bisnis, produk atau merk.
b. Implementasi pemasaran
Adalah proses yang mengubah strategi
dan rencana pemasaran menjadi tindakan pemasaran untuk mencapai sasaran.
Implementasi mencakup aktivitas sehari-hari, dari bulan ke bulan yang secara
efektif melaksanakan rencana pemasaran. Kegiatan ini dibutuhkan program
tindakan yang menarik semua orang atau semua aktivitas serta struktur
organisasi formal yang dapat memainkan peranan penting dalam
mengimplementasikan strategi pemasaran.
c. Pengendalian/Evaluasi kegiatan
pemasaran, yaitu:
Usaha memberikan petunjuk pada para
pelaksana agar mereka selalu bertindak sesuai dengan rencana, meliputi :
-Penentuan Standard
-Supervisi kegiatan atau pemeriksaan
-Perbandingan hasil dengan Standard
-Kegiatan mengkoreksi Standard
Peran
Manajemen Pemasaran Dalam Menjalankan Bisnis
Di dalam sektor bisnis, pemasaran
mulai di sadari oleh berbagai perusahaan pada waktu yang berbeda. Ada beberapa
sebagian contoh yang termasuk dalam kategori pelopor di Asia seperti misalnya unilever,
philips, dan sony. Di berbagai negara memiliki perbedaan dalam
mempraktikan pada pangsa pasarnya. Secara umum, pemasaran cepat menyebar di
perusahaan - perusahaan penghasil produk konsumen dalam bentuk kemasan (consumer
packaged-goods), dan perusahaan penghasil produk untuk konsumen
tahan lama (consumer durable-goods), dan perusahaan barang industri.
Perusahaan jasa atau pelayanan konsumen (consumer service firm),
khususnya untuk perusahaan penerbangan dan bank mereka telah menuju pada
pemasaran modern.
Contoh Kasus
Strategi Pemasaran Produk AppleApple merupakan salah satu perusahaan teknologi komunikasi yang paling sukses di dunia. Hal ini tentunya tidak perlu diragukan lagi karena kita dapat melihat betapa inovatifnya Apple dengan berbagai macam produk baru yang tersedia di pasaran. Satu hal yang cukup mencegangkan dari kerberhasilan perusahaan Apple adalah bahwa perusahaan ini tidak menggelontorkan dana sedikitpun untuk departemen Marketingnya untuk membuat iklan.
Disaat semua lini bisnis berperang dengan membuat iklan sebanyak-banyaknya untuk mengenalkan produk yang dibuatnya. Apple tidak demikian, bahkan mereka tidak meng-anggarkan budget khusus iklan untuk departemen marketingnya. Mereka tidak pernah mengiklankan produk handphone mereka dimanapun. Yang berarti tanpa SEO, PPC, media sosial, TV, Radio atau iklan apapun.
Apabila Anda pernah melihat iklan Apple tentang iPhone mereka, maka Anda salah. Karena sebenarnya yang Anda lihat Adalah iklan tentang iPhone yang dibuat oleh perusahaan lain yang bekerja untuk Mereka. Strategi Apple terhitung sangat pintar, mereka memanfaatkan perusahaan lain, seperti perusahaan operator handphone untuk dibuatkan iklan tanpa mengeluarkan biaya sedikitpun, bahkan perusahaan tersebut harus membayar kepada Apple.
Apabila Anda berpikir kalau perusahaan operator tersebut bodoh karena membayar Apple untuk membuatkan iklan tentang produk iPhone mereka, Anda salah. Karena smartphone merek Apple adalah smartphone dengan penjualan terbaik setiap tahunnya. Jadi apabila sebuah perusahaan operator ingin menjadi besar dan terkenal, mereka harus bekerjasama dengan Apple untuk bundling operator phone-nya.
Dua kata “Inovasi dan Eksklusif” yang menjadikan Apple khususnya iPhone unggul menandingi kompetitor mereka. Oleh karena itu merek Apple selalu menjadi sorotan dan juga menjadi magnet untuk menarik perhatian orang banyak. Sehingga kini banyak sekali perusahaan-perusahaan besar yang tertarik untuk mengajak kerjasama.
Kesimpulan
Pemasaran memegang peranan sangat penting bagi
kelangsungan bisnis. Strategi pemasaran yang handal dapat membuat sukses suatu
produk yang menjadi hasil usaha. Pemasaran
merupakan upaya untuk mempromosikan, menginformasikan dan menawarkan kepada
konsumen mengenai sebuah produk usaha atau layanan jasa yang dikelola oleh
sebuah perusahaan sebagai upaya untuk meningkatkan angka penjualan produk atau
layanan jasa tersebut. Tanpa adanya sebuah proses pemasaran, maka pasar tidak
akan tahu terhadap produk atau layanan bisnis yang kita buat. Ada beberapa
konsep manajemen pemasaran yang dapat kita terapkan dalam bisnis kita sesuai
dengan kebutuhan.
Daftar
Pustaka
Riska Aprilliani, Gresensia. 2015. TUGAS :
Makalah Manjemen Pemasaran. https://gresensiariskaapriliani.wordpress.com/2015/05/10/tugas-makalah-manajemen-pemasaran/.
21.50 Juni 05, 2018.
Dewantoro, Indra. 2012. DASAR PEMASARAN : PERAN PEMASARAN DALAM PERUSAHAAN DAN
MASYARAKAT. http://indraputrabintan.blogspot.com/2012/09/dasar-pemasaran-peran-pemasaran-dalam.html.
21.50 Juni 05, 2018.
Shinta, Agustina. 2011. MANAJEMEN PEMASARAN. Malang : Universitas Brawijaya Press.
Rahmani, Ani. 2017. 5 Konsep Penting dalam Manajemen Pemasaran. https://www.jurnal.id/id/blog/2017/5-konsep-penting-dalam-manajemen-pemasaran.
21.54 Juni 05, 2018.
Fahlevi, Simon Iqbal. 2016. Terungkapnya Strategi Marketing Iphone. https://www.jurnal.id/id/blog/strategi-marketing-pada-smartphone-iphone-terungkap.
22.18 Juni 05, 2018
Tidak ada komentar:
Posting Komentar