MELAKUKAN PERUBAHAN DENGAN CARA
KREATIFITAS DAN INOVASI
ABSTRACT
Creativity is the ability to develop
new ideas and new ways of solving problems and finding opportunities (thinking
a new thing). While innovation is the ability to apply creativity in order to
solve problems and find opportunities (doing a new thing).
For entrepreneurship, innovation and
creativity are things that need to be owned and developed in self-employment
for the development and success of a business. Both are often viewed almost
identically. Innovation and creativity are at the core of entrepreneurship.
Basically an innovation in business is the ability to apply creative solutions
to problems and opportunities to improve or to improve business performance.
While creativity can be viewed as the ability to develop new ideas and to
discover new ways of looking at problems and opportunities.
The ability produced by creativity
is the ability to make something new in its existence and is the formation of
new ideas that are original and unusual or unique. The mindset of creative
people is thinking out of the box, and having an open mind and being free to
approach things in a new way. Meanwhile, innovation is to implement creativity
to something into a new combination that can produce. The new definition here
does not necessarily mean original, but novelty or renewal, which also means
improvement, because innovation is not necessarily new goods or services, but
rather the improvement or development of existing goods or services. Business development
requires the ability of innovation and creativity to face challenges in
business, especially to find superior products and services. Many of the
products and services produced by successful businesses are the result of
innovation and creativity developed in the business. Therefore, to become a
superior entrepreneur needs the ability to innovate and creativity.
Keywords: Inovation, Creativity, and
Transformation.
ABSTRAK
Kreativitas
adalah kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru dan cara-cara baru dalam
pemecahan masalah dan menemukan peluang (thinking a new thing). Sedangkan
inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka pemecahan
masalah dan menemukan peluang (doing a new thing).
Untuk berwirausaha, inovasi dan kreativitas adalah
hal yang perlu dimiliki dan dikembangkan dalam diri wirausaha demi perkembangan
dan kesuksesan sebuah usaha. Keduanya sering kali dipandang hampir serupa.
Inovasi dan kreativitas adalah inti dari kewirausahaan. Pada dasarnya sebuah
inovasi dalam berusaha adalah kemampuan untuk menerapkan solusi kreatif
terhadap masalah dan peluang untuk meningkatkan atau untuk memperbaiki kinerja
usaha. Sedangkan kreativitas dapat dipandang sebagai kemampuan untuk
mengembangkan ide-ide baru dan untuk menemukan cara-cara baru dalam melihat
masalah dan peluang.
Kemampuan yang dihasilkan oleh kreativitas
merupakan kemampuan dalam membuat sesuatu menjadi baru dalam keberadaannya dan
merupakan pembentukan ide-ide baru yang original dan tidak biasa atau unik.
Pola pikir dari orang kreatif adalah berpikir out of the box, serta memiliki
pikiran yang terbuka dan bebas untuk mendekati sesuatu dengan cara baru.
Sedangkan, inovasi adalah mengimplementasikan kreativitas terhadap sesuatu
menjadi satu kombinasi baru yang dapat menghasilkan. Definisi baru disini tidak
selalu berarti original, melainkan kebaruan atau diperbaharui, yang berarti
juga adalah improvement, karena inovasi tidak harus selalu barang atau jasa
baru, melainkan perbaikan atau pengembangan dari barang atau jasa yang telah
ada.
Pengembangan usaha
membutuhkan kemampuan inovasi dan kreativitas untuk menghadapi tantangan dalam
usaha, khususnya untuk menemukan produk dan layanan yang unggul. Banyak produk
dan layanan yang dihasilkan oleh pebisnis sukses merupakan hasil inovasi dan
kreativitas yang dikembangkan dalam usaha. Oleh karena itu, untuk menjadi
wirausaha yang unggul diperlukan kemampuan melakukan inovasi dan kreativitas.
Kata Kunci: Inovasi, Kreativitas, dan
Perubahan
PENDAHULUAN
Seiring perkembangan dan pesatnya persaingan
dalam berwirausaha, para wirausahawan
dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan produk atau jasa
yang dimilikinya. Hal ini dilakukan dalam rangka menyelaraskan kebutuhan
konsumen yang semakin beragam dan tanpa batas. Disinilah kita harapkan
munculnya ide-ide yang jauh lebih fresh dan bermutu.
Dan perlu diingat bahwa walaupun
dalam implementasi menerapkan ide kreatif dan inovatif hampir tidak terbatas
oleh ruang dan waktu, namun hendaknya ide-ide tersebut tetap mendasarkan pada
kebutuhan pasar yang ada. Sebaik dan sebagus apapun ide kreatif jika tidak
memperhitungkan kebutuhan, maka hanya akan menjadi mimpi yang tidak pernah akan
terwujud. Hal yang dibutuhkan adalah kemampuan seorang wirausahawan yang biasa
menciptakan produk baru atau bisa menambahkan nilai guna/nilai manfaat terhadap
suatu produk dan menjaga mutu produk dengan memperhatikan kebutuhan pasar
(market oriented) sehingga laku dijual. Dengan bertambahnya nilai guna atau
manfaat pada sebuah produk, maka meningkat pula daya jual produk tersebut di
mata konsumen, karena adanya peningkatan nilai ekonomis bagi produk tersebut
bagi konsumen.
Oleh karena itu untuk mengantisipasi era
persaingan perdagangan bebas tersebut, banyak perusahaan di Indonesia baik yang
berskala besar, menengah maupun yang berskala kecil mulai menata ulang
strategi persaingannya dengan melakukan kajian terhadap tujuan strategi
perusahaan yang didasarkan atas kebutuhan pasar baik di tingkat lokal,
nasional, maupun internasional, dan juga melakukan evaluasi yang intens (terus
menerus secara mendalam) terhadap kompetensi internal perusahaan itu sendiri,
termasuk dalam hal ini melakukan penilaian kinerja pemasaran.
MASALAH
Banyak sekali individu dari kita yang
sedang menjalankan usaha tidak melakukan pikiran kreatif serta melakukan
inovasi terhadap usaha yang mereka jalani. Hal ini mengakibatkan mereka harus
siap-siap menerima kenyataan yang menyatakan bahwasannya mereka akan
tersisihkan dibidang wirausaha. Karena berfikiran kreatif serta melakukan inovasi
sangatlah diperlukan untuk dapat melakukan persaingan dengan para pengusaha
lainnya.
PEMBAHASAN
Disini saya akan memberi tahu kenapa
kreatif dan inovasi dapat melakukan perubahan? Sebelumnya saya akan memberi
tahu masing masing pengertian dari kreatif dan inovasi. Kreativitas menurut
Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) (2005:599) adalah kemampuan untuk mencipta,
perihal berkreasi, dan kekreatifan. Inovasi tidak hanya membicarakan mengenai
produk, inovasi dapat berupa ide, cara-cara ataupun obyek yang dipersepsikan
oleh seseorang sebagai sesuatu yang baru Suryani(2008:308). Lalu untuk
mengambangkan kreatifitas apa yang harus kita lakukan? Berikut adalah 5 langkah
yang dapat kita gunakan untuk mengembangkan kreatifitas kita.
1.
Penasaran
Untuk mengembangkan ide kreatifitas
kita, kita harus menimbulkan rasa penasaran terhadap suatu hal. Dimana dengan
adanya rasa penasaran, kita akan menemukan hal-hal baru yang membuat kita
lebiih kreatif serta inovatif.
2.
Menyerap
Berbagai Macam Hal Baru
Dengan menyerap hal-hal baru kita akan
lebih mudah menemukan sesuatu yang membuat kita lebih menginspirasi untuk
menjadi kita kreatif serta inovatif.
3.
Mencari
Pengalaman Baru
Dengan adanya pengalaman baru yang
kita dapatkan, membuat kita lebih inovatif lagi untuk menciptakan sebuah usaha.
4.
Selalu
Bertanya
Selalu tanamkan dalam diri, untuk
selalu bertanya. Karena dengan adanya bertanya kita menjadi tahu apa yang
sebelumnya kita tidak ketahui.
5.
Harus
Take Action (Bertindak)
Setelah mendapatkan informasi serta pengetahuan
baru, kita jangan lupa melakukan action untuk melakukan semua ilmu yang sudah
kita miliki.
CONTOH KASUS
Yukka
Harlanda
Pemuda
Indonesia ini telah sukses berbisnis alas kaki dengan merek Brodo Footwear.
Bisnis ini berawal dari kesulitan Yukka menemukan ukuran sepatu untuknya dengan
harga yang pas di kantong mahasiswa saat itu. Setelah menemukan vendor sepatu
yang cocok, Yukka memamerkan sepatunya ke teman-temannya dan siapa sangka
teman-teman Yukka tertarik dan memesan dengan sistem pre-order. Melihat
peluang bisnis, Yukka mulai memproduksi Brodo sebanyak 40 pasang sepatu dan
memasarkannya melalui kaskus, Facebook, dan BBM.
Kini
Yukka berhasil memasarkan produknya secara online dan offline dengan Brodo
Store yang tersebar di 4 kota besar seperti Jakarta, Banding, Bekasi, dan
Surabaya. Kesuksesan Brodo terlihat dari omzet yang telah dihasilkan yaitu
hingga miliaran rupiah perbulan. Tak hanya itu, Yukka juga berhasil
mensejahterakan pengrajin lokal yang membantunya dalam memproduksi Brodo.
KESIMPULAN
Melakukan perubahan dengan cara
kreatif dan inovasi adalah, dimana secara pola pikir kita haru memiliki yang
namanya kreativitas dan mampu menemukan sesuatu hal bsru yang biasa disebut
dengan inovasi. Kreatif serta inovatif harus lah dimiliki oleh setiap orang
yang memiliki jiwa Enterpreneur. Mengapa demikian? Karena apabila suatu produk
yang kita miliki hanya itu-itu saja, konsumen pada suatu saat akan merasa bosan
dengan tidak adanya inovasi yang kita lakukan.
DAFTAR PUSTAKA
digilib.unila.ac.id/15763/17/BAB%20II.pdf
(diunduh
tanggal 14 Maret 2018)
eprints.uny.ac.id/9844/2/BAB%202%20-%2008108244084.pdf (diunduh tanggal 14 Maret 2018)
https://www.dictio.id/t/bagaimana-caranya-mengembangkan-kreativitas/1418 (diunduh
tanggal 14 Maret 2018)
http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=7970
(diunduh tanggal 19 Maret 2018)
http://id.portalgaruda.org/index.php?ref=browse&mod=viewarticle&article=17376
(diunduh tanggal 19 Maret 2018)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar