LUTVIYANTI TAMARA @J14-Lutviyanti
ARVIA NUR VIANHANI @J28-Arvia
@Startup-J09
@Proyek-J-04
ABSTRAK
Artikel ini bertujuan mengetahui kreativitas dan inovatif
sebagai wirausaha. Penulis memberikan saran agar para pembaca lebih memahami
lebih jelas dan semoga dapat terinspirasi.
LATAR BELAKANG
Semakin kesini, jaman sudah semakin maju. Otomatis untuk kebutuhan
pasar berubah. Kita sebagai wirausahawan harus pintar memanfaatkan keadaan.
Dengan cara memiliki inovasi dan kreatifitas yang berbeda dari yang lain.
Dalam masa kini, memiliki ide yang unik dapat dimanfaatkan
untuk marketing agar sesuatu yang kita ditawarkan dapat menarik banyak orang. Namun,
bagaimana cara untuk mendapatkan ide tersebut?
PEMBAHASAN
Kreativitas adalah proses yang bermanfaat sebagai petunjuk
untuk menemukan suatu hal yang baru.
Suryana (2003) mengatakan bahwa kreativitas adalah
“Kreativitas sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dan menghadapi peluang.”
Suryana (2003) mengatakan bahwa kreativitas adalah
“Kreativitas sebagai kemampuan untuk mengembangkan ide-ide baru untuk menemukan cara-cara baru dalam memecahkan persoalan dan menghadapi peluang.”
Kreativitas itu penting, karena kreativitas itu tak terbatas
dan dapat dijadikan sebagai simbolis atau karakter. Sedangkan inovatif adalah usaha seseorang dengan mendayagunakan kemampuan dan
keahlian untuk menghasilkan karya baru. Berpikir inovatif dapat menghasilkan solusi.
Pola pikir dari orang kreatif adalah berpikir out of the box, serta
memiliki pikiran yang terbuka dan bebas untuk mendekati sesuatu
dengan cara baru. Sedangkan, inovasi adalah mengimplementasikan
kreativitas terhadap sesuatu menjadi satu kombinasi baru yang dapat
menghasilkan.
Pengembangan usaha membutuhkan kemampuan
inovasi dan kreativitas untuk menghadapi tantangan dalam usaha,
khususnya untuk menemukan produk dan layanan yang unggul. Banyak produk
dan layanan yang dihasilkan oleh pebisnis sukses merupakan hasil inovasi
dan kreativitas yang dikembangkan dalam usaha. Oleh karena itu,
untuk menjadi wirausaha yang unggul diperlukan kemampuan melakukan
inovasi dan kreativitas.
Cara mendapatkan sumber kreativitas tersebut adalah:
- Mencari inpirasi dari suatu hal yang sedang diminati oleh konsumen jaman sekarang juga berpengaruh.
- Mengumpulkan ide.
- Berfikir kritis.
KISAH INSPIRATIF
Katanya punya bisnis dengan target pasar mahasiswa itu tidak
bikin untung karena kantongnya pas-pasan. Olive Avianca Savitri berhasil
membuktikan bahwa ungkapan itu salah dengan bisnisnya yang bernama Sliv
Bedroom, rangkaian produk dekorasi interior bagi kamar kos-kosan mahasiswa atau
bagi orang-orang yang berjiwa muda dengan harga terjangkau.
Kos-kosan adalah rumah kedua mahasiswa perantauan atau yang yang
kampusnya jauh dari rumah. Olive yang asli Jakarta, saat itu kuliah di Jurusan
Arsitektur Institut Teknologi Bandung, ingin kamar kosnya nyaman seperti di
rumah dan sesuai selera pribadinya. Akan tetapi, tidak banyak pernak-pernik interior
yang sesuai selera anak mudanya, namun Olive menemukan satu peluang
emas berbisnis.
Suatu waktu di tahun 2007, wanita kelahiran 1982 ini merealisasikan
idenya. la survei bahan baku, mencari bahan-bahan yang unik untuk dijadikan
karpet, seprai, bed cover, dan lainnya. Olive juga survey penjahit dengan cara
menjahitkan satu item di beberapa penjahit. Penjahit yang hasilnya bagus
diajaknya kerja sama. Modal awal olive berasal dari pinjaman orang tuanya
sebesar Rp.15 juta.
Produk yang ditawarkan Sliv Bedroom memang unik dan khas
anak muda sekali. Karpetnya tidak selalu berbentuk persegi panjang, ada bentuk
hati, oval, bulat, meliuk, dan sebagainya. Ada juga seprai, bed cover, sarung
bantal, gorden, kantong sepatu, sarung CD, lampu, dan cermin, semua
warna-warni. Semua barang itu bobotnya sangat ringan, jadi memudahkan mahasiswa
saat ingin pindah-pindah kos. Harganya pun sangat terjangkau, misalnya karpet
kecil ukuran 1x1,5m Cuma Rp.45.000
KESIMPULAN
Kreatif dan inovatif sangat diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari, karena keduanya saling menentukan kualitas hidup kita. Terutama
wirausaha, karena akan berpengaruh pada hasil usahanya (feedback). Dan
berpengaruh pula untuk perkembangan ke depannya, agar semakin baik dengan cara
menambahkan suatu hal yang baru.
“Creativity is thinking up new things. Innovation is doing new things.” – Theodore Levitt.
DAFTAR PUSTAKA
Wahyudi, Eko (2013). Pengertian Kreatif dan Inovatif (download
18/03/18)
https://www.kompasiana.com/ekogenshter/pengertian-kreatif-dan-inovatif_552feef86ea834b36b8b45ac
https://www.kompasiana.com/ekogenshter/pengertian-kreatif-dan-inovatif_552feef86ea834b36b8b45ac
Porwani, Sri (2016). KREATIVITAS DAN INOVASI WIRAUSAHA
TERHADAP KUALITAS PRODUK BIG ART PROJECT PALEMBANG (download 17/03/2018) http://www.academia.edu/27935366/KREATIVITAS_DAN_INOVASI_WIRAUSAHA_TERHADAP_KUALITAS_PRODUK_BIG_ART_PROJECT_PALEMBANG
BIOGRAFI OLIVE AVIANCA
http://www.biografi.biz/2017/08/olive-avianca-savitri-dekorator-kamar.html
http://www.biografi.biz/2017/08/olive-avianca-savitri-dekorator-kamar.html
http://wishnumahendra12.blogspot.co.id/2014/08/10-pengusaha-muda-kreatif-indonesia-i.html?m=1
http://pmct.co.id/pentingnya-inovasi-dan-kreativitas-dalam-berwirausaha/
Bermanfaat!
BalasHapus