@L13-Huda , @L14-Khalil, @L15-Fateh, @proyek-L04, @Startup-L05
Oleh Muhammad Huda, Khalil Gibran S, Fateh Halmar
Abstrak
Dunia bisnis berkembang sangat pesat mengikuti kemajuan teknologi dan
informasi. Dahulu mungkin saat penjual dan pembeli melakukan transaksi jual dan
beli, keduanya harus bertemu secara langsung. Tetapi semua itu berubah semenjak
teknologi dan informasi menyerang. Proses jual dan beli bisa di lakukan melalui
sebuah smartphone saja. Kita hanya perlu mengklik untuk membeli yang kita
inginkan pada zaman now ini. Di artikel ini akan di bahas apa saja era bisnis
zaman old, bisnis di zaman now, transisi bisnis
zaman old ke bisnis zaman now, dan bagaimana bisa Ecommerce bertumbuh
pesat.
Kata Kunci
Bisnis Zaman Old, Bisnis Zaman Now, Bisnis Konvensional, Ecommerce
Pendahuluan
Pengertian Bisnis menurut Owen adalah suatu perusahaan yang berhubungan
dengan distribusi dan produksi barang-barang yang nantinya dijual ke pasaran
ataupun memberikan harga yang sesuai pada setiap jasanya. Ketika kita membangun
sebuah bisnis kita juga wajib mengikuti perkembangan teknologi dan informasi
jika tidak maka bisnis yang sudah kita bangun akan kalah bersaing dengan bisnis
yang lain. Yang tadinya bisninya sedang berada di posisi zaman old yaitu bisnis
konvensional maka kudu banget nih pindah ke bisnis zaman now yaitu bisnis
melalui ecommerce. Kenapa kudu banget kita pidah atau transisi gaya bisnis kita
? padahalkan masih banyak orang yang pergi ke pasar atau mall. Jadi kita engga
perlu takut gituh bersaing dengan bisnis zaman now !!! mau tau apa mau tau
banget nih jawabanya ? di baca sampai abis yak artikelnya hehehe
Permasalahan
- Apa itu bisnis zaman old ?
- Apa itu bisnis zaman now ?
- Bagaimana transisi bisnis dari zaman old ke zaman now
- Mengapa ecommerce berkembang sangat pesat ?
Pembahasan
Bisnis Zaman Old
Bisnis zaman old atau bisnis konvensional yang lebih sering dikenal
dengan bisnis offline adalah kegiatan atau transaksi jual-beli yang dilakukan
secara langsung, bertatap muka antara penjual dengan pembeli. Bisnis ini mengharuskan
kita mempunyai lapak untuk berjualan serta tenaga kerja.
Kelebihan
- Tidak memiliki persaingan tingkat global
- Kepercayaan public
Kekurangan
- Jangkauan pasar begitu terbatas
- Modal yang cukup besar
- Memerlukan temoat untuk berjualan
Bisnis Zaman Now
Bisnis zaman now atau Perdagangan elektronik, yang biasa disebut
E-Commerce, adalah perdagangan produk atau layanan yang menggunakan jaringan
komputer, seperti Internet. Electronic commerce mengacu pada teknologi seperti
mobile commerce, transfer dana elektronik, manajemen rantai pasokan, pemasaran
Internet, pemrosesan transaksi online, pertukaran data elektronik (electronic
data interchange / EDI), sistem manajemen persediaan, dan sistem pengumpulan
data otomatis. Jadi tidak perlu lagi bertemu antara penjuan dan pembeli
Kelebihan
- Jangkuan pasar yang begitu luas
- Tidak perlu tempat karena bisa dilakukan dimana saja
- Tidak bergantung pada cuaca
- Tidak ada batas waktu untuk bejualan
Kekurangan
- Kurang di percaya publik
- Tingkat keamanan yang kurang baik
- Harus selalu siap di kritik jika kinerja buruk sedikit saja
Jenis Bisnis Ecommerce
- Access provider (Penyedia akses) contohnya : Telkomsel, Xl, Bolt dan lain sebagainya
- Search engine (Mesin pencari) contohnya : Google, Mozilla, UC Browser dan lain sebagainya
- Online shop (Toko online) contohnya : Tokopedia, Lazada, Bukalapak, dan lain sebainya
- Content provider (Penyedia konten) contohnya : Youtube, Facebook, dan lain sebagainya.
Transisi Bisnis dari Bisnis Zaman Old ke Zaman Now
Ada 2 faktor yang mempengaruhi dan mewajibkan para pengusaha atau pebisnis
harus pindah dari zaman old ke zaman now diantarnya :
- Pertumbuan pengguna internet di Indonesia cukup massif
- Jumlah transaksi e-commerce meningkat signifikan dari tahun ke tahun
Dari kedua hal itu yang menyebabkan para pebisnis berpikir untuk pindah.
Selain mendapatkan kemudahan dalam melakukannya, pemasaran menggunakan internet
juga menghemat dalam pengualan biaya. Khususnya dalam bidang pemasarannya yang gratis
dan dapan menjangkau seluruh orang.
Perkembangan Ecommerce yang Begitu Pesat
Sektor e-commerce terus berkembang pesat di Indonesia dalam beberapa
tahun terakhir. Hal ini tidak lepas dari perkembangan teknologi informasi dan
besarnya jumlah penduduk Indonesia.
General Manager lembaga riset Kantar Worldpanel Indonesia Venu Madhav
menyatakan, Indonesia menawarkan pasar e-commerce yang sangat menjanjikan.
Sebab, setengah dari 250 juta populasi Indonesia merupakan masyarakat berumur
di bawah 30 tahun yang sudah sangat fasih dengan dunia online.
“Pada pasar online, harga yang tergolong murah dan seringnya promosi
menjadi hal yang dianggap menguntungkan bagi konsumen. Itulah alasan dari terus
bertumbuhnya pasar online di Asia, termasuk Indonesia,” kata Venu.
Kedua, keinginan konsumen untuk mendapatkan kenyamanan dan kemudahan
akses dalam berbelanja, baik di lingkup global maupun lokal. Menurut Venu,
kenyamanan dan kemudahan akses merupakan hal yang mempunyai pengaruh cukup
besar, khususnya pada kalangan konsumen dengan gaya hidup modern kesehariannya
disibukkan oleh urusan pekerjaan.
“Pada kalangan ini, pasar online menjadi alternatif dimana dapat
memudahkan konsumen untuk membantu mereka membuat keputusan belanja di mana pun
dan kapan pun,” ungkap Venu.
Semoga Artikel Ini Bermanfaat J
Referensi :
- Introduction to E-Commerce: Combining Business and Information Technology 1st edition © 2016 Martin Kütz & bookboon.com
- http://agolf.xyz/ini-alasan-e-commerce-berkembang-pesat-di-indonesia/
- Adiguna C. Perdana dalam web https://www.halomoney.co.id/blog/pengaruh-bisnis-online-terhadap-bisnis-offline-di-indonesia
- http://peluangusahaterkini.com/kelebihan-dan-kekurangan-bisnis-offline-dibandingkan-online/
- http://direkturbisnis.blogspot.co.id/2015/12/kelebihan-kekurangan-bisnis-online-dan.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar