@L26-Alvian, @L27-Bendy,
@L30-Rayhan, @Proyek-L04, @Startup-L10
Oleh Alvian Fuadi, Bendy
Emeraldi Alvaro, Rayhan Ismed
ABSTRAK
Artikel ini dibuat untuk lebih mengetahui apa itu
bisnis konvesional, waralaba, dan E-Commerce. Selain itu banyak dampak-dampak
yang ditimbulkan dalam melakukan kegiatan bisnis, baik dampak positif maupun
dampak negatif.
KATA KUNCI
Bisnis, Konvensional, E-Commerce
PENDAHULUAN
Pada era modernisasi ini, pemanfaatan teknologi dapat
dengan mudah kita jumpai. Dalam semua aspek kehidupan penggunaan teknologi
memudahkan manusia untuk melakukan pekerjaannya. Penggunaan teknologi juga
berdampak langsung terhadap perilaku ekonomi secara ekonomi, maupun sosial
budaya. Salah satu bentuk kemajuan dan perkembangan teknologi adalah meraknya
perdagangan elektronik atau e-commerce.
PERMASALAHAN
Apa Pengertian bisnis, Konvensional, waralaba, dan
e-commerce?
Apa dampak negatif dan positif yang di timbulkan oleh
bisnis e-commerce?
Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan e-commerce
sering digunakan pada saat ini?
PEMBAHASAN
Pengertian Bisnis
Bapak Peterson bersama
Plowman menjelaskan
bahwa bisnis merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan penjualan
ataupun pembelian barang dan jasa yang secara konsisten berulang (a series
of activities related to the sale or purchase of goods and services that are
consistently repeated). Selanjutnya
ditambahkan oleh Prof.L.R.Dicksee bahwa pengertian bisnis
adalah suatu bentuk aktivitas yang utamanya bertujuan untuk memperoleh
keuntungan bagi yang yang mengusahakan atau yang berkepentingan dalam
terjadinya aktivitas tersebut.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengertian bisnis
adalah kegiatan atau bentuk aktivitas penjualan jasa dan barang yang bertujuan
utnuk mencari atau memperoleh keuntungan kepada pihak yang berusaha yang
berlangsung secara terus menerus selama masih memberikan keuntungan.
Konvensional adalah suatu komunikasi berdasarkan
kesepakatan yang dilakukan oleh sejumlah orang atau lembaga ataupun dalam skala
yang lebih besar atau internasional.
Waralaba adalah bentuk kerjasama bisnis atau usaha
dengan memakai prinsip kemitraan, sebuah perusahaan yang sudah mapan baik itu
dari segi sistem manajemennya, keuangannya maupun dari marketingnya serta
adanya merek dari produk perusahaan yang sudah dikenal oleh masyarakat luas,
dengan perusahaan ataupun individu yang memakai merek dari produk maupun sistem
tersebut itulah yang disebut dengan waralaba.
E-commerce dapat
diartikan sebagai kegiatan jual beli secara elektronik dengan menggunakan
internet. E-commerce juga merupakan penghubung antara
perusahaan dan masyarakat (konsumen) untuk bertransaksi secara elektronik dalam
hal penjualan barang atau jasa.
Dampak positif dari e-commerce :
1.Mempermudah komunikasi
antara konsumen dan produsen
2.Memperluas jangkauan
calon konumsen dengan taget pasar yang tidak terbatas
3.Mempermudah pemasaran dan
promosi barang ataupun jasa.
4.Proses e-commerce lebih
mudah untuk dilakukan baik untuk menjual barang ataupun membeli.
5.Pembayaran atau payment
yang mudah yang dapat dilakukan secara online.
6.Penyebaran informasi yang
begitu mudah untuk dilakukan
Dampak negatif dari e-commerce :
1.Sering terjadinya
penipuan saat berbelanja online di internet antara konsumen dan penjual seperti
barang yang dipesan konsumen telah dibayarkan melalui e-transfer tapi barang
tersebut tak kunjung di kirim dan di terima oleh konsumsen, begitu juga
sebaliknya terkadang terlalu percayanya pihak penjual dengan mengirimkan barang
terlebih dahulu dan pembayaran dilakukan setelah pengiriman maka pembayaran
yang ditunggu-tunggu penjual kadang-kadang tidak diterima atau tidak dibayar.
2.Terjadinya scam atau
penipuan dimana seseoarang bisa saja menjual barang secara virtual yang hanya
berebentuk informasi saja yang sengaja dibuat utnuk menarik pihak pembeli, akan
tetapi saat di lakukan pembelian dan transfer uang, barang tersebut tidak ada.
3.Terjadinya kejahatan
seperti carding, kasus ini sudah banyak terjadi dimana seseorang menggunakan kartu
kredit orang lain untuk berbelanja di internet.
4.Kejahatan semakin marak
terjadi yang biasanya dilakukan oleh mereka yang memiliki keahlian tinggi dalam
ilmu komputer dan jaringan internet seperti penyebaran virus/malware yang
sengaja dilakukan untuk merusak sistim, ini terjadi akibat kurangnya
undang-undang tentang teknologi informasi.
Faktor Pendukung E-Commerce
yang saat ini sering digunakan dalam hal bisnis.
1.Cakupan yang luas
2.Proses transaksi yang cepat
3.E-Commerce dapat mendorong kreatifitas
dari pihak penjual secara cepat dan tepat dan pendistribusian informasi yang
disampaikan berlangsung secara periodik.
4.E-Commerce dapat menciptakan
efesiensi yang tinggi, murah serta informatif.
5.E-Commerce dapat meningkatkan
kepuasan pelanggan, dengan pelayanan yang cepat, mudah, aman dan akurat
KESIMPULAN
Pada saat ini bisnis mengalami kemajuan yang sangat
pesat. Karena sekarang kebanyakan manusia sudah mengenal internet, maka
muncullah ide bisnis dengan menggunakan
internet atau sering disebut E-Commerce. Sangat positif memang kemajuan bisnis
menggunakan basis internet seperti ini, tetapi masih saja menimbulkan dampak negatif
seperti penipuan.
DAFTAR PUSTAKA
-Eka,Wijaya.Pengertian E-Commerce, Manfaat serta
Keuntungan E-Commerce.Dalam http://www.patartambunan.com/pengertian-e-commerce-manfaat-serta-keuntungan-e-commerce/
-Sora N.2015.Inilah Pengertian Waralaba dan Contohnya
Terjelas.Dalam http://www.pengertianku.net/2015/08/pengertian-waralaba-dan-contohnya.html
-Prabavatica.2017.Dampak Positif dan Negatif
E-Commerce.Dalam https://prabavatica.wordpress.com/2017/06/19/dampak-positif-dan-negatif-e-commerce/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar