MENGEMBANGKA KREATIVITAS DALAM ENTREPRENEURSHIP
Oleh : Mia Lestari
(@S01-Mia)
Pendahuluan
Seorang
entrepreneur selalu dianjurkan untuk memiliki pola pikir yang diluar kebiasaan
orang pada umumnya. Entrepreneur akan lebih sering menggunakan otak kanan untuk
menghasilkan kreativitas-kreativitas baru. Seorang entrepreneur akan selalu
memacu semangat dalam memotivasi diri. Seorang entrepreneur berpikir tentang
hal-hal yang produktif, memikirkan masa depan dan kesejahteraan masyarakat, dan
menciptakan cara untuk membantu mereka yang membutuhkan. Mindset atau pola
pikir yang dimiliki oleh seorang entrepreneur yang kina kenal sebagai entrepreneurship.
Oleh
karna itu mengantisipasi era persaingan perdagangan bebas, banyak perusahaan di
indonesia baik yang berskala besar, menengah maupun yang berskala kecil mulai
menata ulang strategi persaingannya dengan melakukan kajian terhadap tujuan
strategik perusahaan yang didasarkan atas kebutuhan pasar baik di tingkat
lokal, nasional, maupun internasional, dan juga melakukan evaluasi yang intens
terhadap kualitas produk, termasuk melakukan penilaian kinerja pemasaran.
Pembahasan
Kreativitas
merupakan daya menciptakan sesuatu yang menuntut pemusatana perhatian, kemauan,
kerja keras dan ketekunan. Kreativitas merupakan kemampuan seseorang dalam
menuangkan ide atau gagasan melalui proses berpikir kreatif untuk menciptakan
sesuatu yang menuntut permusatan, perhatian, kemauan, kerja keras dan
ketekunan. Sedangkan yang dimaksud dengan wirausaha adalah pengusaha, tetapi
tidak semua pengusaha dalah wirausaha. Wirausaha adalah pioner dalam bisnis,
inovator, penanggung resiko yang mempunyai penglihatan visi ke depan dan
memiliki keunggulan dalam berprestasi di bidang usaha.
Proses inovasi di mulai dengan
analisis sumberdaya kesempatan yang menjadi obyek. Inovasi bersifat konseptual
dan perseptual, dapat dipahami dan dilihat inovator harus melihat bertanya dan
mendengarkan orang lain dalam mancari inovasi. Mereka berfikir keras dengan segenap
kamampuan otaknya, mereka melakukan perhitungan dengan cermat dan mendengarkan
penapat orang lain.
Inovasi terdiri dari 4 jenis,
diantaranya :
1.
Penentuan
Kreasi suatu produk, jasa atau
proses baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Konsep ini cenderung
disebut revolisioner.
2.
Pengembangan
Pengembangan suatu produk, jasa,
atau proses yang sudah ada. Konsep seperti ini menjadi aplikasi ide yang telah
ada berbeda.
3.
Duplikasi
Peniuan suatu produk, jasa, atau
proses yang telah ada. Meskipun demikian duplikasi bukan semata mata meniru
melainkan menambah sentuhan kreatif untuk memperbaiki konsep agar lebih mampu
memenangkan persaingan.
4.
Sintesis
Perpaduan konsep dan
faktor-faktor yang sudah ada manjadi formulasi baru. Proses ini meliputi
pengambilan sejumlah ide atau produk yang sudah ditentukan dan dibantuk
sehingga menjadi produk yang dapat diaplikasikan degan cara baru.
Cara
mengembangkan kreativitas dan inovasi diantaranya :
1.
Mengenali
hubungan
2.
Mengembangkan
perspetif fungsional
3.
Gunakan
akal
4.
Hapus
perasaan ragu-ragu
Kesimpulan
Aktivitas
bisnis memerlukan orang-orang yang inovatif, kreatif dan cepat tanggap terhadap
setiap perubahan. Para paneliti mengatakan bahwa kreativitas menyangkut
keputusan-keputusan tentang yang diinginkan dan bagaimana anda melakukannya
dengan lebih baik. Tuntutan konsumen akan mutu produk dan jasa semakin tinggi,
oleh sebab itu bagi wirausahawan sangat penting memperhatikan masalah mutu
dalam proses produksi, pelayanan dan managemant.
Referensi
https://pdfcoffee.com/makalah-kreatifitas-dan-inovasi-pdf-free.html
http://bayrudin.blogspot.com/2018/04/makalah-kreativitas-dan-inovasi-dalam.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar