Bisnis Plan Usaha
Fashion
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1 Latar belakang
Melihat
peluang usaha yang tinggi di Jakarta dan semakin berkembangnya serta semakin tingginya kebutuhan masyarakat
terhadap pelayanan yang berhubungan dengan kebutuhan fashion, maka kami berinisiatif
untuk membuka suatu usaha Fasion yang dimana produknya berdasarkan
update-update fashion masa kini dan kami juga akan menyediakan layanan
pemesanan untuk para konsumen ( order ) sehingga konsumen bisa menikmati hasil
pesanannya sesuai keinginan.
Pakaian
adalah kebutuhan primer manusia. Selain untuk melindungi dari terik matahari,
bagi anak muda pakaian merupakan suatu cara mereka mengekspresikan dirinya.
Karenanya akan banyak anak munda yang rela menghabiskan uangnya demi membeli
pakaian/mode yang sesuai dengan keinginannya. Pakaian yang tepat dapat membuat
pemakainya lebih percaya diri. Apalagi apabila dilakukan dengan memadu padankan
baju, celana, jake, sepatu, jam dsb yang dikenakan menjadi berbagai model dan
diserasikan dengan busana yang dikenakan.
Jakarta
merupakan tempat yang sangat bagus untuk pemasaran dan pengembangan bisnis
fasion. Hal itu dikarenakan masyarakat yang mempunyai pola pikir yang sudah
maju dan modern dalam dunia fashion. Dengan bertambahnya kebutuhan masyarakat
kami mencari terobosan agar masyarakat dapat tertarik dengan produk buatan kami
dan mencari tahu apa yang diinginkan masyarakat di zaman modern ini dan melalui
kreasi dan keuletan kami dalam berkarya di luar bidang akademik yaitu Desain,
maka fashion pada masa kini bisa semakin berkembang dengan sangat cepat.
1.2
Tujuan
1. Memberikan
pengenalan akan dunia fashion lewat usaha clothing.
2. Mengurangi
dampak pengangguran.
3. Mendapatkan
laba
4. Menyediakan
kebutuhan fashion bagi masyarakat.
5. Memberikan
produk yang update mengenai fashion masa kini.
6. Menjalin
persahabatan antara pelanggan.
1.3
Manfaat
1. Meningkatkan
penghasilan dalam usaha
2. Untuk
memberikan informasi mengenai produk terupdate
3. Memunculkan
wirausaha yang terampil dan kreatif dalam memberikan suatu gagasan / mutu /
ide-ide usaha yang baik.
BAB II
Target Pasar
2.1
Konsumen
Target
pasar yang bisa anda ketahui adalah untuk kalangan, anak sekolah,remaja dan
dikalangan mahasiswa. Biasanya para produsen pakaian lebih senang menerima
pesanan dalam jumlah banyak untuk satu pakaiannya. Karena Fasion kami harganya
pun sangat terjangkau untuk kalangan anak sekolah, remaja dan mahasiswa.
BAB III
Memulai Bisnis
3.1
Skill dan Pengetahuan
Sebelum
kami menjalankan usaha yang kami rencanakan ini, maka kami harus mempunyai
modal usaha.Untuk merencanakan pemasaran,perusahaan kami akan mempromosikan dan
mendistribusikan produk kami melalui pasar tradisional maupun pasar modern yang
mudah terjangkau oleh para pembeli/konsumen. Dalam menjalankan usaha ini
pastinya harus membutuhkan skill dalam hal memilih bahan baku untuk pakaian
dengan baik dan benar. Pakaian adalah kebutuhan primer manusia, mengetahui
tren-tren terbaru fashion apa saja yang sekarang ini lagi booming dikalangan
para remaja. dan kami juga akan menyediakan layanan pemesanan untuk para
konsumen ( order ) sehingga konsumen bisa menikmati hasil pesanannya sesuai
keinginan. Dan khususnya dalam hal fashion dengan lokasi yang strategis, maka
kami yakin usaha ini akan maju. Karena kebutuhan dan permintaan akan fashion di
kalangan masyarakat terutama Jakarta dan sekitarnya pada saat ini sangat besar.
3.2
Kerjasama atau Jaringan
Samapai
saat ini kami masih usaha sendiri, belum mencoba untuk bekerja sama atau
bergabung dengan yang lainnya. Dan saya memasarkan usaha fashion saya ini
dengan membuat iklan di sosial media, dan dari mulut ke mulut saja.
3.3
Tenaga Kerja
Mengenai
tenaga kerja, saya dan tante saya masih memulai usaha ini dengan sendiri.
karena usaha ini masih kecil-kecilan, mungkin kalau usaha ini sudah makin
berkembang dan makin meluas sampai sosial media baru kami membutuhkan tega
kerja untuk membantu-bantu usaha fashion kami ini.
3.4
Kualitas
Kualitas
Arta Collection ini sudah tidak diragukan lagi, karena kami menjual pakaian
yang sangat berkualitas dan produknya pun sangat terjamin. Pakaian-pakaian yang
kami jual ini pastinya fashion yang lagi booming pada saat ini di kalangan
remaja ataupun anak kuliahan. Dan harganyapun sangat terjangkau untuk para
pembeli.
Adapun
kualitas produk atau mutu produk yang kami hasilkan memiliki beberapa
keunggulan:
·
Berkualitas tinggi dan dapat memuaskan
konsumen,
·
Bermacam-macam bentuk dan ukurannya dengan
style yang uptodate
·
Hasil sablon sangat rapi dan tidak mudah
luntur walau beberapa kali cuci.
·
sesuai dengan selera masyarakat
3.5
Trending Topic
Arta
Collection ini sendiri belum pernah booming di sosial media ataupun di dunia
maya, karena kami memulai usaha bisnis fashion ini baru kecil-kecilan dan belum
sampai kepada sosial media. Oleh karena itu Arta Collection ini belum pernah
menjadi trending topik di sosial media atau belum pernah booming di media
sosial pada saat ini.
BAB IV
Keuntungan Bisnis
Keuntungan dari bisnis
Fashion ini adalah saya bisa membeli barang-barang yang saya butuhkan dengan hasil uang saya sendiri dan saya juga
bisa menambah untuk uang jajan saya pastinya berkat usaha Fashion ini bersama
tante saya.
BAB V
Kendala Bisnis
Kendala yang di dapat
dalam usaha fashion ini yaitu, mungkin karena pada saat ini persaingan antara
pengusaha lainnya semakin ketat. Jadi kita perlu membangun strategi yang baru
dan unik untuk menarik perhatian para konsumen kita.
BAB VI
Strategi Pemasaran
Kami memasarkan Arta Collection
melalui promosi yaitu dengan:
·
Membuat Iklan melalui jejaring social
·
Melalui mulut ke mulut
·
Mengandalkan informasi dari pelanggan ke
orang lain
·
Meningkatkan kualitas pelayanan
·
Kami akan mempromosikan produk kami
melalui jejaring social, promosi face to face.
Strategi penjualan kami
adalah dengan cara :
·
Kualitas produk atau layanan jasa yang
diberikan
·
Pelayanan yang baik pada saat proses
penjualan
·
Promosi dan promosi
BAB
VII
Kunci
Sukses
Kunci
sukses yang selalu diterapkan yaitu, yang pertama tidak pantang menyerah.
Apapun yang terjadi pada usaha kami ini, kami tetap selalu semangat menjalankan
usaha bisnis fashion ini. dan selalu berfikiran positif untuk kedepannya,
menjadi yang terbaik untuk para konsumennya. Dengan mengembangkan fashion-fashion
yang lagi booming sekarang ini dan dengan harga yang terjangkau. Selalu belajar
dari pengalaman, selalu berdoa dan selalu berusaha.
BAB
VIII
Analisa
Ekonomi
8.1 Asumsi
Pakaian
yang dijual adalah pakaian yang di beli dari pasar grosir.
No
|
Jenis Produk yg dijual
|
Harga
|
1
|
Kemeja
|
RP.95.000,- s/d
RP.200.000
|
2
|
Kaos
|
RP. 75.000,- s/d RP.150.000
|
3
|
Dress
|
RP. 100.000,- s/d RP.
250.000
|
4
|
Baju Atasan
|
RP. 85.000,- s/d RP.
150.000
|
5
|
Jacket
|
RP. 150.000,- s/d RP.
300.000
|
Modal
Awal :
Plastik
bening : Rp 33.000 ( 100 pcs)
Paper
bag : Rp. 200.00 ( @ 2.000 x
100 pcs)
Printer
struk kasir : RP. 599.000
Struk
kasir paper roll : Rp. 130.000 (@ 13.000 x 10 pcs)
Aneka
Pakaian : Rp. 2.000.000
Display
tempat usaha : Rp 1.000.000
Sewa
Tempat : Rp. 6.000.000/th

Total : Rp. 13.962.000
Biaya
Penyusutan
Peralatan
display dan komputer mengalami penyusutan sebagai berikut :
Display
tempat usaha :
1/60
bulan x Rp. 1.000.000 : Rp. 16.600
Komputer
:

Total :
Rp. 99.900
Biaya
Operasional
Biaya
sewa / bulan :
Rp.
6.000.000 : 12 : Rp 500.000
Stok
produk pakaian :
Rp 1.000.000

Total :
Rp. 1.650.000
Omset
per Bulan
Penjualan
pakaian per bulan dengan harga rata-rata
Pakaian
:
@
Rp. 100.000 x 50 :
Rp. 5.000.000
Total : Rp. 5.000.000
Laba
bersih per bulan :
Rp.
5.000.000 – Rp. 1.650.000 : Rp 3.350.000
BAB
IX
PENUTUP
Kesimpulan
Pakaian
adalah kebutuhan primer manusia. Selain untuk melindungi dari terik matahari,
bagi anak muda pakaian merupakan suatu cara mereka mengekspresikan dirinya. Dan
di Arta Collection ini menjual berbagai Fashion untuk kalangan anak
sekolah,remaja sampai anak kuliahan. mengetahui tren-tren terbaru fashion apa
saja yang sekarang ini lagi booming dikalangan para remaja. dan kami juga akan
menyediakan layanan pemesanan untuk para konsumen ( order ) sehingga konsumen
bisa menikmati hasil pesanannya sesuai keinginan. Dan khususnya dalam hal
fashion dengan lokasi yang strategis, maka kami yakin usaha ini akan maju.
Tolong jelasin dong untuk biaya penyusutan nya gimna maksudnya
BalasHapus