oleh: Ahmad Apip (@S21-AHMAD)
I.PENDAHULUAN
Bisnis merupakan suatu hal yang tidak dapat terlepas dari
masyarakat,dalam kata lain masyarakat merupakan bagian dalam bisnis dan
sebaliknya. Karena bisnis tidak dapat terlepas dari masyarakat maka bisnis
seharusnya patuh padanorma-norma yang ada di masyarakat. Tata hubungan bisnis
dengan masyarakatyang tidak dapat dipisahkan tersebut telah menciptakan
etika-etika tertentu dalam kegiatan bisnis, baik etika bisnis antar sesama
pelaku bisnis ataupun etika bisnis terhadap masyarakat, baik dalam hubungan
langsung maupun tidak langsung.
II. PEMBAHASAN
2.1 PENGERTIAN ETIKA BISNIS
Etika Bisnis merupakan ajaran dalam membedakan antara benar dan salah
dalam memberikan bekal kepada setiap pimpinan perusahaan ketika
mempertimbangkan pengambilan keputusan strategis terkait dengan masalah moral
yang kompleks. Dari beberapa definisi mengenai etika, dapat kita tarik
kesimpulan bahwa etika adalah hal yang penuh dengan pandangan atau nilai yang
di anut oleh masyarakat, di mana dasar nilai itu dibangun dari kebiasaan yang
mereka lakukan.
2.2
TUJUAN ETIKA BISNIS
Etika bisnis
bertujuan untuk memberikan dorongan bagi kesadaran moral dan memberikan batasan
bagi para pengusaha atau pebisnis untuk dapat menjalankan bisnis secara jujur
dan adil serta menjauhi bisnis penipuan yang merugikan banyak orang atau
pihak yang memiliki keterikatan. Selain itu, etika bisnis mempunyai tujuan agar
bisnis dapat dijalankan dan dicetuskan seadil-adilnya dan sesuai dengan
peraturan perundang-undangan yang telah disepakati.
Etika bisnis memiliki empat prinsip utama
yang hendaknya selalu dijalankan oleh perusahaan. Berikut penjelasannya:
Prinsip saling menguntungkan Artinya setiap kegiatan bisnis yang dilakukan,
harus menguntungkan atau memberi manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan prinsip ini ialah dengan
menetapkan tujuan bisnis seadil dan sebaik mungkin. Prinsip kejujuran Kejujuran
sangat penting dalam berbagai aspek, termasuk bisnis. Prinsip kejujuran menjadi
etika utama yang harus selalu diterapkan, tidak hanya ke mitra bisnis saja,
namun juga ke pelanggan dan di internal perusahaan. Prinsip otonomi Pelaku
bisnis harus bisa dan mampu mengambil keputusan yang tepat. Keputusan ini tidak
boleh bertentangan dengan etika bisnis atau peraturan yang berlaku. Kata
lainnya pebisnis harus mengambil keputusan sesuai dengan etika bisnis dan
peraturan hukumnya. Prinsip keadilan Artinya seluruh pihak yang terlibat dalam
bisnis, harus mendapat hak dan perlakukan yang sama. Keadilan juga dilakukan
dengan menjunjung tinggi martabat manusia. Tidak hanya mendapat hak yang sama,
seluruh pihak tersebut juga melakukan kewajibannya sesuai dengan yang telap
ditetapkan.
2.3 PRINSIP ETIKA BISNIS
1. Prinsip saling menguntungkan Artinya setiap kegiatan bisnis yang dilakukan,
harus menguntungkan atau memberi manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat.
Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan prinsip ini ialah dengan
menetapkan tujuan bisnis seadil dan sebaik mungkin.
2. Prinsip kejujuran Kejujuran sangat penting dalam berbagai
aspek, termasuk bisnis. Prinsip kejujuran menjadi etika utama yang harus selalu
diterapkan, tidak hanya ke mitra bisnis saja, namun juga ke pelanggan dan di
internal perusahaan. Prinsip otonomi Pelaku bisnis harus bisa dan mampu
mengambil keputusan yang tepat. Keputusan ini tidak boleh bertentangan dengan
etika bisnis atau peraturan yang berlaku. Kata lainnya pebisnis harus mengambil
keputusan sesuai dengan etika bisnis dan peraturan hukumnya.
3. Prinsip keadilan Artinya seluruh pihak yang terlibat dalam
bisnis, harus mendapat hak dan perlakukan yang sama. Keadilan juga dilakukan
dengan menjunjung tinggi martabat manusia. Tidak hanya mendapat hak yang sama,
seluruh pihak tersebut juga melakukan kewajibannya sesuai dengan yang telap
ditetapkan.
4. Prinsip
Integritas Moral
Penerapan
integritas moral ini harus dilakukan kepada seluruh lapisan yang ada di
perusahaan. Integritas yang tinggi membuat kepercayaan masyarakat bertambah
begitu juga sebaliknya kalau ada satu atau beberapa orang dari perusahaan Anda
yang melakukan hal yang bertentangan dengan moral maka semua bagian dalam
perusahaan akan terkena imbas buruknya.
3.
Prinsip Kesetiaan
Yang dimaksud dengan prinsip kesetiaan adalah bahwa seluruh
elemen dalam perusahaan baik bawahan hingga atasan tidak seharusnya
mencampuradukan urusan bisnis dengan urusan pribadi. Dengan begitu maka semua
orang di dalam manajemen bisa melakukan pekerjaan secara serius dan fokus
supaya visi dan misi perusahaan bisa tercapai.
Contoh
etika bisnis Etika bisnis digunakan dan diterapkan dalam setiap kegiatan
bisnis:
1. Menyebut nama
mitra dengan sopan dan baik Saat bertemu
dengan mitra kerja, sebutlah namanya dengan sopan dan baik. Selain itu,
berperilakulah dengan baik dan bersikap sopanlah. Misalnya berjabat tangan
sambil menyebut nama mitra kerja.
2. Hadir tepat
waktu Saat ada janji temu dengan mitra kerja,
datanglah tepat waktu. Jangan sampai membuat mitra kerja menunggu, karena bisa
membuat citra diri atau perusahaan menjadi buruk. Apabila terlambat, jangan
lupa minta maaf dan sebutkan alasannya. Namun, tetap usahakan datang tepat
waktu atau lebih awal dibanding janji temunya.
3. Mengucapkan
terima kasih Agar bisa membangun citra diri dan
perusahaan yang baik, jangan lupa ucapkan terima kasih kepada mitra kerja saat
pertemuan. Misalnya ucapan terima kasih karena sudah menerima undangan dan
sanggup menghadiri pertemuan.
4. Selalu bersikap sopan Perilaku sopan juga menjadi salah satu etika bisnis
yang wajib
dilakukan, khususnya ketika bertemu
mitra kerja. Misalnya berdiri saat berkenalan atau menyambut tamu mitra kerja. Berperilaku
sopan juga termasuk pemilihan kata dan gerak gerik tubuh.
III. KESIMPULAN
Etika bisnis menjadi sangat
penting bagi kelangsungan hidup suatu perusahaan/usaha, maksudnya adalah
keberlangsungan hidupsuatu perusahaan/usaha bergantung pada bagaimana cara
penerapan etika bisnis oleh pelaku bisnis.
Dengan
terapkannya etika dalam bisnis, maka secara tidak langsung dapat menumbuhkan
kepercayaan dari rekan kerja, masyarakat, dan pelanggan, di manakepercayaan
merupakan sebuah modal yang sangat penting agar kelangsungan hidup
perusahaan/usaha tetap terjamin. Maka dari itu, perusahaan/usaha harus
memiliki tanggung jawab untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan
standar etika.
Dengan
terciptanya kesadaran akan pentingnya etika bisnis, maka akan ada banyak pihak
yang mendapat keuntungan, diantaranya adalah pelaku bisnis itusendiri,
pelanggan, serta masyarakat serta pemerintah. Dengan menerapkan etika bisnis,
dapat membantu tatanan ekonomi menjadi lebih baik dan dapatmengingkatkan
tanggung jawab sosial perusahaan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar