PT
Matahari Putra Prima Tbk. adalah perusahaan ritel Indonesia yang merupakan anak
perusahaan dari perusahaan Grup Lippo. Perusahaan yang berdiri sejak tanggal 11
Maret 1986 ini
mengoperasikan jaringan toko yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti: alat tulis, buku, pakaian, aksesoris, tas, sepatu, kosmetik dan peralatan listrik serta terdapat pusat hiburan keluarga yaitu Time Zone. Perusahaan ini berkantor pusat di Tangerang, Banten.
pada tahun 2008, Matahari Putra Prima sudah mempunyai 79 departmen store, 38 hypermarket, 31 supermarket, 46 outlet farmasi, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di Indonesia.
mengoperasikan jaringan toko yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti: alat tulis, buku, pakaian, aksesoris, tas, sepatu, kosmetik dan peralatan listrik serta terdapat pusat hiburan keluarga yaitu Time Zone. Perusahaan ini berkantor pusat di Tangerang, Banten.
pada tahun 2008, Matahari Putra Prima sudah mempunyai 79 departmen store, 38 hypermarket, 31 supermarket, 46 outlet farmasi, dan lebih dari 88 hiburan keluarga di lebih dari 50 kota di Indonesia.
Toko
pertama PT Matahari Putra Prima Tbk. terletak di Pasar Baru, Jakarta yang
berdiri sejak 1958. Pada tahun 1972, toko ini kemudian berkembang menjadi
perintis departement store pertama di Indonesia. 8 tahun
kemudian, toko dibuka di luar Jakarta yaitu di Bogor dengan Sinar Matahari
Bogor.
Berikut perjalanan sejarah berkembangnya PT. Matahari Putra Prima Tbk.
1958 : Toko pertama
in Pasar Baru,Jakarta
1972 : Pioneer of
Department Store concept in Indonesia
1980 : Membuka Toko
Pertama outside Jakarta - Sinar Matahari Bogor
1988 : Core
Business Expansion to Supermarket Operasi.
1st
Rights Issue - Rp 75B
1992 : IPO at
Jakarta Stock Exchange and Surabaya Stock Exchange
1996 : Issuance of
5-year US$100 Million Bond & 2nd Rights Issue - Rp 226B
1997 : Multipolar
became majority shareholder 3rd Rights Issue Rp 902B
2000 : Launching Of
Matahari Club Card (MCC)
2001 : Settlement
of 5-year US$ 100 Million Bond
2002 :
New Management Team
Core Business
Restructuring: Matahari Department Store,
Matahari Supermarket
& TimeZone
Independent and
transparent Business Units
Issuance of 5-year
Obligasi I - Rp 450 Billion
2003 :
Consolidation Year
Closure of
Non-profitable stores
Re-focus to internal
infrastructure, resources & company’s Foundation
2004 :
Launch of Hypermart
Top 500 As-Pac Retail
Award: #1- Indonesia
Issuance of 5-year
Obligasi II : Rp 300 B & Syariah I Rp 150 B
2005 : Successfull
aggressive expansion : 10 Department store,4 Kids2Kids,13 Hypermart,4 Cut
Price,1 Matahari Supermarket,First Matahari Dept.Store in China,Top 500 As-Pac
Retail Award:#1- Indonesia
VISI
Menjadi Peritel Pilihan Utama Indonesia.
Menyediakan beragam produk fashion yang tepat serta layanan terbaik untuk
meningkatkan kualitas hidup konsumen. Memberikan pengalaman berbelanja yang berkualitas
sesuai dengan cita rasa khas masyarakat Indonesia.
MISI
Pertumbuhan konsumen Matahari tidak hanya
berdampak pada meluasnya lokasi gerai Matahari, tetapi juga meningkatnya ragam
pilihan busana fashion, perlengkapan rumah tangga dan produk kecantikan yang
ditawarkan, yang selalu menarik minat pelanggan dan memenuhi kebutuhan mereka
dengan tepat.
UNIT USAHA
Hypermart -
Hypermarket
Foodmart -
Supermarket
Boston Health and
Beauty - Apotik dan Kecantikan
Timezone -
Zona Games
Superoti - Bakery
PEMASARAN
Matahari mempromosikan produknya
melalui media online dan offline,termasuk televisi,
radio, mediacetak dan website Matahari. Matahari beriklan sepanjang tahun
melalui directmail, surat kabar, majalah, banner
dan surat edaran. Selain website, Matahari juga hadir melalui akun Facebook dan Twitter, yang kini menjadi bagian yang penting dalam kegiatan
promosi dan pemasaran. Serta saat mendekati perayaan besar seperti Lebaran, Natal dan Imlek, Matahari meningkatkan kegiatan pemasarannya
melalui surat kabar dan katalog, flyer dan banner. Dan juga mengadakan promo dengan
harga-harga yang menarik costumer atau pengunjung.
BRAND-BRAND
SUMBER:
@B07-ANDINI
BalasHapuspenjelasannya yang dibuat oleh artikel cukup membantu , hampir keterangnya sudah lengkap .
saran saya mainmapny perlu dipersingkat lagi untuk memudahkan pembaca.
@B22-ALVIQIA
BalasHapusArtikel ini sudah cukup bagus, tapi akan lebih baik lagi jika tidak mengcopy paste dari sumber.
@b09-lailatul menurut pendapat saya kurangnya penjelasan mengenai keuntungan atau kerugian yang didapat oleh PT.Matahari Putra. tetapi secara keseluruhan sudah lebih baik
BalasHapus@B04-PRIMA saran saya tambahkan tentang lokasi cabang dari PT Matahari Putra Prima
BalasHapus@B21-ISNAENI
BalasHapusArtikel sangat informatif dan jelas namun mindmap nya terlalu panjang
saran : mindmap perlu dipersingkat agar mudah dipahami dan artikel lebih menarik lagi
@B21-ISNAENI
BalasHapusArtikel sangat informatif dan jelas namun mindmap nya terlalu panjang
saran : mindmap perlu dipersingkat agar mudah dipahami dan artikel lebih menarik lagi
@B05-YAP
BalasHapuspenjelasan dan mind map sudah bagus. tapi lebih baik di singkat mengenai penjelasannya.