EFEKTIVITAS STRATEGI
MARKETING PADA USAHA ONLINE SHOP MELALUI MEDIA SOSIAL
Abstrak
Persaingan bisnis online semakin hari semakin ketat dengan strategi marketing yang dilakukan dengan berbagai cara. Marketing sangat perlu dilakukan agar bisnis kita dikenal oleh masyarakat dan mereka tertarik untuk membeli jasa atau produk yang kita jual. Melakukan marketing dapat menaikkan pendapatan pada bisnis sehingga bisnis akan terus berkembang. Terdapat banyak cara yang dapat dilakukan untuk melakukan marketing, baik melalui media sosial, e-commerce maupun platform digital lainnya.
Kata Kunci: Strategi Marketing, Digital Marketing, Sosial Media
Pendahuluan
Perubahan kebiasaan belanja masyarakat secara online mengubah pola dan perilaku masyarakat, masyarakat dapat dengan mudah mendapatkan barang yang diinginkan meskipun dengan jarak yang sangat jauh. Dengan handphone dan jaringan internet maka masyarakat dapat melakukan transaksi barang yang ingin didapatkan. Tetapi sebagai penjual juga memiliki tantangan tersendiri, banyaknya pesaing maka harus menyiapkan strategi pemasaran agar barang yang dijual tetap dapat bersaing dengan yang lain, tidak hanya pesaing lokal tetapi juga internasional. Menurut Suindrawati, tingkat persaingan dalam Business World, mewajibkan para pelaku ekonomi dapat melakukan pemasaran dengan efektif dan efisien. Aktivitas pemasaran tersebut memerlukan rancangan pemasaran yang fundamental sesuai dengan kepentingan pelaku ekonomi dan keperluan pelanggan (Suindrawati, 2015). Salah satu pemasaran yang efektif yaitu melalui media sosial, seperti kita ketahui saat ini hampir masyarakat di seluruh dunia aktif di media sosial, seperti Instagram, TikTok, Facebook, Twiter, dll. Sehingga strategi ini dianggap efektif untuk melakukan promosi.
Pembahasan
1.
Pemasaran
(Marketing)
Menurut
Kotler mendefinisikan bahwa pemasaran sebagai sebuah sistem sosial yang terjadi
dalam
seseorang atau kelompok guna mendapatkan apa yang dibutuhkan serta diinginkan dengan cara menawarkan, membuat, menjajakan, dan
secara melakukan barter
produk yang bernilai dengan pihak lain. Marketing merupakan ilmu dan seni menjelajah, menghasilkan dan
mengantarkan nilai-nilai dalam rangka memuaskan kebutuhan pasar sasaran (target
market) demi mendapatkan laba atau keuntungan (Zebua, 2016:5). Cakupan yang luas dan intensif pada
konsumen dapat dijangkau dengan bantuan media internet.
Permintaan
produk dapat mengalami kenaikan dengan mengimplementasikan bauran pemasaran
yang mencakup 4P, antara lain (Kotler dan Amstrong, 2008):
a.
Produk
(Product)
b.
Harga
(Price)
c.
Tempat
(Place)
d.
Promosi
(Promotion)
Sedangkan bauran promosi menurut Kotler dan Amstrong
yaitu paduan spesifik antara iklan, promosi penjualan, hubungan masyarakat,
penjualan personal, dan sarana pemasaran langsung untuk mengkomunikasikan nilai
pelanggan secara persuasif dan membangun hubungan pelanggan (Kotler dan
Amstrong, 2008). Lima sarana pemasaran utama yaitu Periklanan (Advertising), Promosi
Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relations), Penjualan
Personal (Personal Selling), dan Pemasaran Langsung (Direct Marketing).
Strategi pemasaran melalui iklan online di media sosial
menjadi tren baru dalam dunia bisnis, masyarakat dalam sehari lebih banyak menghabiskan
waktu dengan gadget atau internet. Manfaat yang didapatkan dari pemasaran
online antara lain:
1.
Masyarakat
atau calon konsumen mengakses internet 24 jam, dimanapun dan kapanpun dapat
mengakses jaringan internet
2.
Dapat
menentukan segmentasi pasar yang disesuaikan dengan usia, pekerjaan, jenis kelamin,
dll.
3.
Jangkauan
sangat luas di seluruh dunia
4.
Modal
yang dikeluarkan kecil
Kesimpulan
Strategi pemasaran digital dengan media sosial dianggap
efektif karena dapat menjangkau konsumen secara luas dimanapun dan kapanpun
mereka berada. Kemajuan teknologi membuat para pebisnis untuk dapat mengikuti
perkembangan yang ada agar tetap dapat bersaing dengan para kompetitor. Dengan
pemasaran digital melalui media sosial memiliki biaya yang rendah dibandingkan
iklan melalui televisi atau media lain yang dianggap kurang efektif.
Daftar
Pustaka
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lave. (2008). Marketing
Manajement (Benyamin Molan, Terjemahan), Jakarta: Indeks
Suindrawati.
(2015). Strategi Pemasaran Islami dalam meningkatkan Penjualan (Studi Kasus di
Toko Jesy Busana Muslim Bapangan Mendenrejo Blora).
Zebua,
M. (2016). Pemasaran Pariwisata: Menuju Festifal Sail Daerah. Yogyakarta:
Deepublish
Tidak ada komentar:
Posting Komentar