PASAR LOKAL DI ERA PERSAINGAN
GLOBAL
Abstrak
Globalisasi menjadi tantangan baru bagi para pengusaha dalam menerapkan strategi pemasaran. Perusahaan lokal dituntut untuk dapat bersaingan dengan perusahaan global kelas dunia yang memiliki modal serta produk berkualitas. Fenomena ini tidak bisa dihindari karena saat ini sangat mudah dalam mengakses dan menjangkau pasar global dengan adanya kemajuan teknologi. Tetapi sebagai pelaku bisnis yang berada di pasar lokal harus menjadikan hal tersebut sebagai tantangan tersendiri, meyakini bahwa sebagai pebisnis lokal dapat tetap bersaing dengan para pelaku bisnis global.
Kata Kunci: Globalisasi, Pasar Lokal, Pasar Global
Pendahuluan
Globalisasi memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian khususnya di Indonesia. Salah satu dampak dari globalisasi yaitu banyaknya pelaku bisnis global yang masuk ke pasar Indonesia. Dampak positifnya masing-masing pebisnis dapat memperkenalkan produk dari masing-masing daerahnya kepada pasar global. Menurut Budiarto dan Tjiptono, pasar global merupakan pemasaran yang menerima adanya kesamaan pasar dunia (bersifat geosentris) yang kompleks melalui integrasi aktivitas-aktivitas pemasaran domestik, luar negeri, maupun international yang menimbulkan sinergi dengan tetap mempertahankan tujuan strategis organisasi dan keunggulan bersaing sebagai kekuatan atas usaha-usaha pemasaran global. Kemajuan teknologi dan transportasi yang semakin canggih mendukung keberadaan pasar global, jarak dan waktu tidak menjadi masalah karena dapat teratasi dengan baik.
Pembahasan
Fenomena saat ini persaingan pasar lokal dan global sudah
beralih dari perebutan pangsa pasar (market share) menuju perebutan pangsa
peluang (opportunity share). Adanya globalisasi, perusahaan dituntut
untuk dapat menerapkan strategi pemasaran global yang akan berdampak pada
keunggulan dibandingkan pasar lokal.
Strategi memasuki pasar global dengan Ekspor dan Impor. Ekspor
yaitu kegiatan ekonomi yang dilakukan dengan cara penjualan barang dari dalam
negeri lalu dikirimkan ke negara lain. Sedangkan Impor adalah pembelian barang
atau jasa dari suati negara yang dikirim ke negara lain. Keduanya tersebut
tentu saja memiliki aturan-aturan syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh
para pelaku bisnis.
Tujuan kegiatan Ekspor
a.
Membuka
perdagangan di luar negeri
b.
Menambah
harga jual yang tinggi
c.
Menambah
pendapatan devisa
Tujuan kegiatan Impor:
a.
Kebutuhan
masyarakat terpenuhi
b.
Kebutuhan
barang produksi yang tidak ada dapat diperoleh dari luar negeri
c.
Kebutuhan
barang dapat diperoleh dan dijangkau masyarakat
d. Memberi manfaat bagi negara maupun msyarakat
Viswanathan
dan Dickson (2006) mengungkapkan
bahwa strategi pemasaran global meliputi dua pendekatan yaitu strategi
pemasaran standar dan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan kondisi negara
tempat bisnis perusahaan dipasarkan. Perusahaan multinasional yang memiliki
pasar global akan lebih kompetitif apabila dapat menawarkan produk global yang
standar secara fungsional, dapat diandalkan serta memiliki biaya yang rendah
(Levit, 1983).
Biasanya pemilihan negara tujuan untuk melakukan
pemasaran yaitu cara melakukan operasi, mengenai ketentuan ekspor, kesepakatan
waralaba atau lisensi, membentuk usaha patungan serta melakukan investasi
langsung di negara lain.
Berikut merupakan beberapa strategi untuk masuk ke pasar global (Budiarto dan Tjiptono, 1997)
- Tujuan perusahaan yang mencakup aspek volume bisnis yang diharapkan, lingkup geografis serta jangka waktu
- Ukuran atau volume penjualan dan aset perusahaan
- Lini produk dan sifat produk yang dihasilkan perusahaan
- Persaingan pasar luar negeri
Kesimpulan
Dewasa ini globalisasi menjadi tantangan tersediri untuk
para pelaku bisnis. Persaingan bisnis yang semakin ketat menuntut para pelaku
bisnis untuk terus melakukan inovasi serta pelayanan yang maksimal kepada
pelanggan, bagaimana dapat memenuhi kebutuhan serta keinginan pelanggan. Banyak
peluang pebisnis lokal yang dapat bersaing di pasar global. Meskipun terdapat
syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi tetapi jika dapat berhasil maka
memberikan dampak yang baik untuk pengusaha maupun negara.
Daftar
Pustaka
Budiarto
T. dan F. Tjiptono, Pemasaran Internasional, BPFE, Yogyakarta, 1997.
Levitt,
T. (1983). The Globalization of Markets. Harvard Business Review, (May-June),
pp. 92-102.
Suprapto & P. Lestari Soeryoowati. Pasar Lokal dan
Global. Biro Bahan Ajar E-learning dan MKCU. http://pbael,mercubuana.ac.id/
Viswanathan,
N.K. and Dickson, P.R. (2006). The Fundamental of Standardizing Global
Marketing Strategies. International Marketing Review. Vol 24, No.1, pp. 46-63.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar