PENTINGNYA MANAJEMEN
STRATEGI KEUANGAN PADA USAHA ONLINE SHOP
Abstrak
Dewasa
ini usaha online shop semakin berkembang, banyak peluang usaha yang bisa
dijalankan tanpa perlu memikirkan tempat untuk membuka usaha dan modal yang
besar. Siapa saja yang mempunyai ide dan tekad dapat memulai usaha online
dengan memanfaatkan smartphone atau media lain yang dapat tersambung
dengan internet. Usaha online dapat dilakukan melalui marketplace atau
melalui platform whatsapp yang dapat menjangkau customer di
seluruh penjuru dunia. Dalam menjalankan usaha online maka diperlukan strategi
keuangan yang efektif agar bisnis tetap berjalan dengan lancar, karena seperti
kita ketahui ketika menggunakan marketplace maka uang akan masuk ke
penjual setelah barang diterima oleh customer. Sehingga pengelolaan uang
harus diperhatikan agar semua bagian dapat berjalan dengan lancar dan bisnis
dapat terus berkembang.
Kata
Kunci: Manajemen Keuangan, Strategi Keuangan Bisnis, Keuangan Efektif
Pendahuluan
Bisnis
berbasis internet atau sering dikenal dengan online shop dapat dilakukan
oleh siapa saja dan dimana saja. Bisnis online dapat dilakukan asalkan
memiliki media yang tersambung dengan internet, seperti handphone, netbook,
personal computer, atau media lain yang dapat mengakses e-commerce
serta sosial media. Sehingga kita dapat berhubungan langsung dengan pembeli dan
melakukan transaksi melalui media internet (Sharma, 2013). Manajemen keuangan
yaitu kegiatan mengatur keuangan dalam sebuah organisasi, menyangkut kegiatan
perencanaan, analisis serta pengendalian keuangan (Husnan, 2010). Bisnis online
harus memperhatikan keuangan agar bisnis dapat terus berjalan dan bertahan
lama. Meskipun menjalankan bisnis online terasa mudah tetapi jika tidak
benar dalam pengelolaan keuangan dapat memberikan dampak yang fatal. Ditambah
ketika transaksi online maka uang akan masuk ke saldo setelah orderan
sampai pada customer. Selain itu penjual harus membayar biaya-biaya
tambahan yang diberikan kepada pihak e-commerce, seperti biaya admin,
biaya pajak, biaya layanan, dll. Oleh karena itu sebagai pemilik bisnis online
perlu melakukan strategi manajemen keuangan dengan tepat, agar kondisi keuangan
tetap stabil dan bisnis berjalan dengan lancar.
Pembahasan
1. Manajemen
Keuangan
Menurut Guthmann dan Dougall manajemen keuangan yaitu
suatu kegiatan yang erat kaitannya dengan perencanaan, pengembangan,
pengendalian dan pengadministrasian dalam setiap dana yang digunakan untuk
bisnis. Fungsi manajemen keuangan terdiri dari tiga keputusan yang saling
terkait, antara lain Investasi (Investment), Keputusan Pendanaan (Funding),
dan Keputusan Modal Kerja (Working Capital Decision) (Ross, Westerfield,
& Jordan, 2000). Sedangkan yang harus dilakukan dalam manajemen keuangan
antara lain yaitu mendapatkan dana, menggunakan dana dan mengelola aset.
2. Bisnis
Online
Menurut Shareef, E-Commerce atau Electronic
Commerce dipandang sebagai informasi bisnis, melakukan transaksi bisnis,
serta menjalin hubungan bisnis melalui internet (Shareef, 2008). Sedangkan
bisnis online secara sederhana dapat diartikan sebuah aktivitas bisnis baik
jasa maupun produk yang ditawarkan melalui internet, negosiasi hingga
terjadinya transaksi. Bisnis ini dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
tidak bergantung dengan jarak, antara penjual dan pembeli tidak perlu bertemu
secara langsung. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar, karena tidak
perlu menyewa tempat untuk melakukan bisnis. Tetapi perlu diketahui bahwa
sistem keuangan bisnisnyapun akan berbeda dengan bisnis offline.
3. Tujuan
Manajemen Keuangan
a. Mendapatkan
Keuntungan Maksimal
Semua bisnis termasuk bisnis online tentu saja
menginginkan keuntungan, sehingga dengan pengelolaan keuangan yang baik maka
dapat memaksimalkan keuntungan yang didapatkan.
b. Melakukan
Pengawasan
Kemana saja uang dalam bisnis digunakan, sehingga
dapat dilakukan evaluasi mengenai keuangan dalam bisnis.
c. Menjaga
Arus Kas Perusahaan
Melakukan kontrol antara pemasukan dan pengeluaran
agar tetap seimbang.
d. Mengurangi
Resiko
Agar bisnis tidak mengalami kerugian
e. Pengembalian
Dana Pemegang Saham
Kesimpulan
Manajemen keuangan harus diterapkan
dalam semua kegiatan bisnis, termasuk bisnis online. Manajemen keuangan yang baik dapat mengurangi
resiko kerugian yang dialami dalam sebuah bisnis, dengan manajemen keuangan
yang baik akan memaksimalkan keuntungan yang didapatkan perusahaan. Bisnis
online dapat membuat laporan keuangan Laba Rugi, Arus Kas, Perubahan Modal,
Neraca, dan Catatan Laporan Keuangan Perusahaan agar bisnis dapat berjalan
dengan lancar dan terus berjalan.
Daftar
Pustaka
Husnan, Suad. 2001. Dasar-Dasar Teori
Portofolio dan Analisis Sekuritas. AMP YKPN. Yogyakarta.
Jones, G. R., George, J.
M., & Hill, C. W. (2000). Contemporary Management. Boston, MA: Irwin/McGraw-Hill.
Shareef
at al. 2008. Role Of Different Electronic-Commerce (EC) Quality Factors On
Purchase Decision : A Developing Country Perspective. Journal Of Electronic
Commerce Research Vol. 9 No.2, 2008.
Sharma,
Nidhi Vishnmoi and Varsha Khattri. 2013. Study Of Online Shopping Behavior
And Its Impact On Online Deal Websites. Asian Journal Of Management Reseach
Vol.3 Issue 2, 2013.
Suprapto
& Lestari Soeryowati. Business Strategy: Finance Management. Biro
Bahan Ajar E-learning dan MKCU. https://pbael.mercubuana.ac.id/.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar