Oleh:
Oliver Gideon Parsaoran (@V21-OLIVER)
Abstrak
Artikel ini membahas tentang betapa
pentingnya corporate identity bagi kesuksesan perusahaan.
Abstract
This article discusses how important
corporate identity is for company success.
PENDAHULUAN
Setiap perusahaan memiliki identitas yang
berfungsi sebagai tanda pengenal atau jati diri perusahaan kepada khalayak
perusahaan. Pada awalnya identitas sebuah perusahaan lebih dikenal masyarakat
dalam bentuk logo. Namun seiring berjalannya waktu, identitas perusahaan lebih
dipahami sebagai upaya perusahaan untuk memperkenalkan diri kepada publik
sebagai bentuk eksistensi dan pertanggungjawaban perusahaan terhadap visi dan
misi perusahaan. Dengan kata lain, identitas perusahaan tidak hanya berupa logo
perusahaan saja, namun identitas perusahaan adalah sebuah kesan yang dihasilkan
perusahaan dari karyawan, konsumen dan semua pihak yang terlibat di dalamnya.
Identitas perusahaan tercermin melalui logo,
nama, dan tampilan lain yang digunakan perusahaan seperti kemasan produk,
interior bangunan, seragam karyawan, dan audio visual. Identitas perusahaan
juga dapat berupa non fisik seperti nilai-nilai dan filosopi perusahaan,
pelayanan, gaya kerja dan komunikasi. Tujuannya adalah untuk membedakannya
dengan perusahaan lain. Menurut Olins (dalam Van Riel 1995:36) identitas
perusahaan menyatukan perasaan memiliki dan membuatnya dapat terlihat.
PEMBAHASAN
A. Pentingnya Corporate Identity
Corporate identity seperti kartu identitas
seseorang atau profil sosial orang tersebut. Ini membantu orang lain untuk
mengakui dan menjaga citra perusahaan dan diharapkan perusahaan secara proaktif
membangun identitas perusahaan.
Berikut ini adalah pentingnya membangun corporate
identity:
·
Sebuah homogenitas
komunikasi perusahaan dan akan membentuk konsistensi perusahaan
·
Menetapkan USP
perusahaan sehubungan dengan nilai brand
·
Bantu membedakan
dari pesaing lainnya
·
Membantu secara
efisien untuk terlibat dengan pemangku kepentingan internal maupun eksternal
untuk membangun hubungan jangka panjang dalam hal loyalitas pelanggan
B.
Cara Membangun Corporate Identity
Membangun
corporate identity jangka panjang sangat penting untuk kesuksesan dalam bisnis
apa pun. Berikut adalah beberapa langkah untuk membangun corporate identity:
1) Asal
Pertimbangkan
alasan dimulainya bisnis. Jawab beberapa pertanyaan seperti visi dan misi
bisnis, jalan ke depan untuk bisnis dan motivasi untuk melanjutkannya. Memiliki
visi dan garis besar bisnis yang jelas akan memberikan landasan yang kokoh
untuk membangun bisnis dan akan menjadi bisnis yang selalu diimpikan.
2) Status
Saat Ini
Mengetahui
status perusahaan yang ada seperti apa persaingan dan kegiatannya, umpan balik
dari pelanggan lama dan baru, keberlanjutan bisnis di pasar. Ini akan membantu
untuk mengetahui status perusahaan saat ini dan membantu menemukan area
perbaikan. Perusahaan dapat menggunakan umpan balik positif dan negatif untuk
meningkatkan dan mempertahankan citra atau identitasnya di pasar.
3) Analisis
keluar
Perusahaan
tidak hanya harus introspeksi tetapi juga untuk memeriksa kondisi luar pasar
seperti aktivitas pesaing, selera, dan preferensi pelanggan, tren dalam
industri, faktor-faktor yang berkontribusi terhadap keberhasilan satu
perusahaan dan kegagalan perusahaan lain, dll. akan membantu perusahaan untuk
mempersiapkan diri menghadapi tantangan eksternal yang dapat mengancam citra
yang ada dan meningkatkan lebih lanjut di masa depan.
4) Masa
depan perusahaan
Perusahaan
harus selalu menjawab “Apa selanjutnya dan bagaimana melakukannya” untuk
bertahan dalam jangka panjang. Mengembangkan citra dengan pemikiran hari ini
akan sangat picik dan karenanya perusahaan harus melihat ke dalam jangka
panjang dan memikirkan dan merencanakan identitas perusahaan yang sesuai. Perencanaan
lini produk baru, perencanaan lima tahun, perubahan produk yang sudah ada, dll
adalah poin yang harus dipertimbangkan saat memutuskan masa depan perusahaan
dan pada gilirannya masa depan identitas perusahaan.
5) Membangun
corporate identity
Mempertimbangkan
semua faktor di atas seperti mengapa Anda memulai, di mana Anda berada hari
ini, ke mana Anda ingin pergi dan bagaimana Anda ingin melanjutkan, sebuah
perusahaan dapat menyusun dan merumuskan strateginya sendiri untuk
mengembangkan, memodifikasi, dan mempertahankan corporate identity. Menciptakan
strategi brand dengan positioning, kepribadian brand dengan produk,
pengembangan logo yang efektif dan menarik, menciptakan gaya brand dan
identitas merek dll adalah cara untuk membangun corporate identity. Branding
adalah kunci penting untuk membangun corporate identity. Memilih identitas visual
yang menarik adalah langkah utama untuk mantan font bergelombang Coca-cola atau
logo Apple Inc yang bersih dan rapi. Memilih warna korporat yang tepat juga
membuat perbedaan dan berjalan jauh seperti yang ditunjukkan bahwa warna merah
dalam brand makanan merangsang rasa lapar dan sebagian besar brand makanan
memiliki warna merah di logo dan merek mereka seperti di KFC, McDonald’s, dll.
Elemen seperti ini sangat membantu dan membantu mengembangkan citra brand
seperti Big M dari McDonald’s atau swoosh Nike.
C.
Manfaat dan Keuntungan Corporate Identity
1) Tampilan
resmi
Memiliki
identitas perusahaan akan membantu dalam menyusun tampilan resmi untuk
perusahaan dan akan membantu dalam membuat perusahaan terlihat lebih besar.
Ketika gambar atau logo yang konsisten terlihat di mana-mana sebagai situs
resmi, kartu kunjungan, atau media sosial, perusahaan memiliki tampilan resmi
dan dapat menuntut harga premium untuk produk dan layanannya.
2) Loyalitas
konsumen
Corporate
identity membantu membangun loyalitas konsumen jangka panjang dan membangun
tidak hanya perasaan kesejahteraan pelanggan tetapi juga membangun hubungan
emosional dengan pelanggan.
3) Kepercayaan
Tujuan
akhir dari identitas perusahaan adalah mengembangkan kepercayaan konsumen dan
pemangku kepentingan. Identitas yang konsisten akan membantu mencapainya dan
akan selalu membantu dalam mengembangkan serta mempertahankan bisnis.
4) Penarikan
Brand
Corporate
identity yang ditanamkan di benak pelanggan melalui iklan, media sosial dll
akan membantu dalam mengingat identitas brand dan membantu pelanggan dalam
mengingat brand sehingga memastikan keberhasilan brand di pasar. Contoh: swoosh
akan mengingatkan pelanggan akan Nike atau apel yang setengah dimakan akan
mengingatkan Apple iPhone dan iPad.
5) Stabilitas
Corporate
identity menunjukkan stabilitas perusahaan sebagai lawan dari brand tanpa merek
atau brand yang dikembangkan sendiri. Asosiasi dengan brand yang dibuat dengan
baik menunjukkan hubungan jangka panjang dan mengatakan bahwa perusahaan akan
tetap ada.
D.
Kekurangan Corporate Identity
1) Biaya
perancangan
Merancang
identitas perusahaan mahal bagi perusahaan serta memakan waktu. Baik tim
internal digunakan atau perusahaan mengalihdayakannya. Dalam kedua kasus,
faktor biaya meningkat secara signifikan.
2) Kompleksitas
Pengembangan
corporate identity adalah proses yang panjang, melelahkan, dan kompleks yang
tidak dapat dilakukan oleh setiap perusahaan. Penelitian ekstensif seperti
audit, riset pasar, analisis pelanggan, analisis pasar tidak hanya memakan
waktu tetapi juga kompleks dan untuk menghubungkan semua ini, bukanlah
pekerjaan satu orang.
3) Perusahaan
baru
Corporate
identity dapat dikembangkan dengan mudah oleh raksasa multinasional tetapi
tidak dapat dikembangkan oleh perusahaan rintisan dan perusahaan skala menengah
karena mereka tidak memiliki dana yang cukup untuk memenuhi persyaratan.
KESIMPULAN
Perusahaan
yang memiliki identitas perusahaan yang kuat dan meyakinkan mampu mencapai
target khalayak yang lebih luas. Identitas perusahaan yang kuat akan lebih
efektif dalam memaklumkan kepentingan pelanggan. Banyak perusahaan memandang
pelanggannya sebagai target yang sangat penting sejak mereka mengakui
eksistensi perusahaan tersebut. Untuk itu, identitas perusahaan yang dirancang
dengan baik akan membantu membangun keyakinan pelanggan dalam membangun basis
hubungan yang berkelanjutan terhadap perusahaan dimana hal tersebut sangat
penting bagi kelangsungan hidup perusahaan dimasa depan.
REFERENSI
Yansens, C. (2022, September 2). Corporate
Identity: Cara Membangun Identitas Perusahaan. Full Service Digital
Marketing. https://tanyadigital.com/corporate-identity-adalah/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar