Oleh : Indah Setyawati (@V10- SETYAWATI)
Gambar 1. Mind Mapping Memahami Branding Identity dalam Dunia Bisnis
Abstrak
Dalam membentuk brand identity, perusahaan bisa
menjalin hubungan yang emosional dengan pelanggan. Dengan demikian, pelanggan
akan merasa lebih dekat dan menjadi loyal dengan bisnis. Keunikan yang dimiliki
oleh bisnis akan menjadi kelebihan tersendiri karena terlihat lebih dominan
dibandingkan kompetitor lainnya. Jadi, perlu memahami siapa target pasar, apa
yang mereka inginkan dan butuhkan, serta strategi apa yang digunakan oleh
kompetitor.
Kata Kunci: brand,
produk, identity
Pendahuluan
Sebagai pemilik usaha, Wirausaha tentu mengetahui bahwa semua
produk dan bisnis harus dapat dikenalkan kepada publik dengan cara yang berbeda
dan paling mudah diingat. Jika Wirausaha menawarkan produk yang jarang ada di
pasaran, maka wirausaha membutuhkan strategi khusus untuk memperkenalkan
produk baru tersebut. Salah satu strategi khusus yang harus pelaku usaha lakukan adalah menjalankan product branding. Product
branding adalah simbol atau desain yang memberikan identitas
produk yang berbeda dengan yang ada di pasar. Pelau usaha dapat dengan mudah melihat di toko atau supermarket bahwa
semua produk diberi merek unik dengan berbagai warna, desain, dan unsur menarik
lainnya.
Pembahasan
I.
Brand identity
Pengertian brand identity adalah elemen yang terlihat
dari sebuah brand, seperti warna, desain, dan logo yang membedakannya dengan
brand lainnya. Kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan brand identity bisa membantu
membentuk citra tertentu. Kegiatan-kegiatan ini mencakup pemilihan nama, desain
logo, pemilihan warna dan bentuk, penggunaan bahasa dalam iklan, hingga
pelatihan karyawan saat melayani konsumen, dan sebagainya. Brand identity
berbeda dengan brand image, meskipun terdengar mirip. Brand identity adalah
sesuatu yang membuat bisnis Anda langsung dikenali oleh audiens. Audiens akan
mengaitkan brand dengan produk atau layanan yang berikan. Identitas inilah yang
akan membangun hubungan antara pelaku usaha dengan pelanggan, membentuk
loyalitas pelanggan, dan menentukan bagaimana pelanggan memandang brand pelaku
usaha yang dimiliki.
II.
Pentingnya brand identity
Berikut ini beberapa alasan pentingnya brand identity
bagi bisnis adalah
– Kepribadian
Identitas brand menciptakan gambaran visual dari value
dan kepribadian yang dimiliki oleh sebuah brand. Identitas ini harus dirancang
sedemikian rupa agar bisa menyampaikan pesan dan mempromosikan tujuan yang
ingin disampaikan oleh perusahaan.
– Konsistensi
Adanya identitas brand memungkinkan bisnis tertentu
untuk menyampaikan pesannya secara konsisten.
– Diferensiasi
Identitas brand memungkinkan Anda mudah dibedakan
dengan kompetitor lain. Membentuk brand identity dengan kreatif juga membantu
brand Anda terlihat menonjol dan dominan.
– Kesadaran
Identitas brand meningkatkan brand awareness. Semakin
sering brand Anda ditampilkan, maka semakin banyak interaksi yang dilakukan
dengan konsumen, sehingga brand Anda akan lebih berkesan bagi mereka.
– Loyalitas
Identitas brand memungkinkan perusahaan menjalin
hubungan yang dekat dengan konsumen. Selain itu, identitas ini juga membantu
untuk membangun loyalitas dan kepercayaan pelanggan terhadap brand Anda.
III.
Manfaat Brand Identity bagi Brand
Beberapa manfaat brand identity antara lain:
1. Mudah dikenali audiens
Brand menjadi lebih mudah dikenali oleh audiens. Jika
audiens sudah mengenali brand Anda dengan baik, pastinya mereka akan lebih
memilih untuk memakai produk atau jasa yang brand Anda tawarkan.
2. Gampang bersaing dengan kompetitor
Jika suatu bisnis telah mempunyai ciri khas atau
keunikan tersendiri, audiens akan lebih mudah dan lebih cepat mengenalinya.
Bisnis dengan identitas brand yang kuat memungkinkan bisnis tersebut untuk
bersaing dengan kompetitor lainnya.
3. Mudah memiliki pelanggan yang loyal
Semua bisnis pasti ingin mempunyai pelanggan yang
loyal. Namun, untuk memperoleh hal ini dibutuhkan upaya yang tidak mudah dan
waktu yang tidak singkat. Maka, diperlukan identitas brand yang kuat untuk mendapatkan
pelanggan yang loyal.
4. Menaikkan jumlah profit
Manfaat identitas brand adalah meningkatkan jumlah
profit. Ketika perusahaan memiliki brand identity yang kuat, biasanya pelanggan
akan loyal dan muncul pelanggan yang baru.
IV.
Elemen Brand Identity
Adanya identitas brand membantu sebuah brand untuk
menjadi berbeda dengan brand lain. Brand identity memiliki dua elemen, yaitu:
– Elemen Visual
Elemen visual adalah gambaran visual dari identitas
brand yang mencakup logo, warna, tipografi, dan sebagainya. Biasaya perusahaan
menggunakan elemen ini untuk menyampaikan pesannya kepada audiens.
– Elemen Nonvisual
Elemen non visual merupakan gambaran verbal dari
identitas brand yang digunakan bisnis untuk menyampaikan pesannya kepada
audiens. Gambaran ini mencakup perpaduan antara nama brand, brand voice, brand
tone, slogan, dan gaya berkomunikasi yang digunakan.
V.
Membangun Brand Identity
Untuk membangun Brand identity yang kuat diperlukan
kerjasama semua orang, baik tim internal (misalnya, duta merek, pembuat konten)
dan orang-orang yang akan berinteraksi dengannya (misalnya, pelanggan). Untuk
benar-benar berhasil, perlu membangun identitas merek seperti berikut:
·
Berbeda:
hal ini akan membuat brand Anda menonjol di antara pesaing dan menarik
perhatian orang.
·
Mengesankan:
ini membuat dampak visual. (Misalnya Apple: Logonya sangat mudah diingat
sehingga mereka hanya menyertakan logo bukan nama mereka pada produk mereka.)
·
Scalable:
dapat tumbuh dan berkembang dengan merek.
·
Fleksibel:
dapat digunakan di berbagai aplikasi (web, cetak, dll.).
·
Kohesif:
setiap bagian saling melengkapi.
·
Mudah
diterapkan: intuitif dan jelas untuk digunakan oleh desainer.
VI.
Cara Membuat Brand Identity
Perusahaan perlu melakukan beberapa cara untuk membuat
identitas brand yang kuat dan konsisten. Berikut ini adalah beberapa cara
membuat brand identity yang perlu dilakukan oleh para pelaku bisnis adalah
1.
Melakukan
analisis terhadap perusahaan dan pasar
Cara membuat identitas brand yang pertama adalah melakukan analisis.
Analisis SWOT lengkap yang dilakukan untuk melihat kelebihan, kelemahan,
peluang, dan ancaman perusahaan merupakan cara untuk membantu bisnis memahami
situasi untuk menentukan tujuan dan langkah-langkah yang perlu mereka ambil.
2. Mengidentifikasi pelanggan
Mengadakan survei dan melakukan wawancara dapat membantu perusahaan
dalam mengidentifikasi pelanggannya.
3.
Analisis
kompetitor
Membangun identitas brand adalah tentang diferensiasi atau membuat merek
terlihat, relevan, dan unik. Oleh karena itu, penting untuk memahami bukan
hanya siapa pesaing, tetapi juga bagaimana merek dibandingkan dalam hal
presentasi visual.
4. Membuat desain yang menarik
Salah satu elemen brand identity yang perlu diperhatikan yaitu desain.
Buatlah desain logo, kemasan, website yang menarik dan mudah diingat. Beberapa
hal dalam desain seperti tipografi, warna, dan bentuk juga perlu diperhatikan.
5. Merencanakan strategi yang tepat
Membangun
identitas brand memerlukan proses yang panjang dan diperlukan konsistensi yang
tinggi. Maka dari itu, diperlukan strategi yang tepat supaya identitas brand
berhasil menjangkau audiens. Ada berbagai cara yang dapat perusahaan lakukan.
Kesimpulan
Branding identity adalah wajah dari brand itu sendiri.
Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membentuk identitas brand. Sebaiknya,
jangan meniru identitas brand yang dibentuk oleh kompetitor. Jika Anda tidak meniru
dan muncul dengan ciri khas yang berbeda, brand Anda menjadi lebih mudah
dikenali. Selain itu, buatlah konten secara online dan offline secara konsisten
untuk menarik perhatian audiens. Apabila Anda memperhatikan hal-hal ini, Anda
bisa membentuk brand identity yang kuat secara bertahap.
Referensi
Adihulung
Victor, 2018. Visual Identity vs Brand Identity. Binus University
Ismi Trias,
2021. Memahami apa itu brand identity dan manfat bagi perusahaan. Glints.com
Azhfar Afkar,
2022. Memahami brand identity dan manfaat untuk bisnis anda. Hashmicro.com
Modul
Pertemuan 14 Mata Kuliah Kewirausahaan III. 2022. Universitas Mercu Buana.
Jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar