(@V13-Zahra)
PENDAHULUAN
Di
era globalisasi saat ini, pemenuhan kebutuhan seseorang pada produk yang
semakin besar dalam kehidupan masyarakat. Sehingga banyak orang mecari dan membeli
produk yang diinginkan. Dengan adanya perunahan gaya hidup yang konsumtif juga
mempengaruhi pergerakan industri dalam sebuah produk yang ingin dibuat oleh
para pembisnis yang ingin membangun sebuah usaha yang diinginkan oleh masyarakat.
Hal ini menyebabkan berbagai merek bermunculan dalam industri yang dikeluarkan
oleh para pembisnis lainnya.
Merek
(brand) adala aset paling bernilai bagi semua perusahaan di belahan dunia
manapun karena brand merupakan salah satu pertimbangan bagi konsumen dalam melakukan
pemilihan produk (Sasmita dan Suki, 2015). Maka dari itu merek sudah menjadi
faktor penentu unggulnya produk dibidang industri bisnis. Konsumen dapat
mengambil keputusan produk mana yang akan dibeli dengan melihat merek apa yang
dipakai serta manfaat apa yang didapatkan oleh produk tersebut.
Brand
Identity merupakan asosiasi merek yang unik untuk menunjukkan janji kepada
konsumen. Menurut Aeker dan Joachimsthalar dalam Ghodeswar (2008) menyatakan
bahwa identitas merek merepressentasikan bagaimana sebuah organisasi (perusahaan)
ingin menunjukkan merek mereka pada konsumen. Melalui brand identity brand yang
melekat baik, diharapkan akan muncul brand trust dari para konsumen. Kepercayaan
pelanggan pada merek dapar didenfinisikan sebagai keinginan pelanggan untuk
bersandar pada sebuah merek dengan resiko-resiko yang dihadapi karena
ekspektasi terhadap merek itu akan menyebablan hasil yang positif (Lau &
Lee, 1999: 344) dalam (Rizan, 2012)
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Brand Identity
Brand
Identity adalah kumpulan semua elemen yang diciptakan perusahaan untuk
menggambarkan citra yang tepat bagi konsumennya. Jika sebuah bisnis yang sudah
memiliki identitas brand yang kuat, maka orang-orang pun akan mudah untuk mengenali
brand tersebut. Selain itu, identitas brand juga bisa menjadi pembeda dari
kompetitor, menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk
meningkatkan customer loyalty.
B.
Manfaat Brand Identity
Perbedaan
antara memiliki identitas brand dengan tidak memilikinya seperti saat pertama
anda menjalankan bisnis. Adanya brand identity memiliki manfaat yang bisa
membantu anda untuk mencapai proses penjualan yang lebih optimal. Berikut adalah
manfaat dari brand identity:
·
Kesadaran pelanggan meningkat = manfaat
pertama dari identitas brand yaitu bisa membuat bisnis anda lebih dikenali
dengan mudah oleh pelanggan.
·
Meningkatkan daya saing = dengan adanya
identitas brand, membuat bisnis keunikan tersendiri yang tentunya membuat palangga
lebih cepat mengenali dan mendukung brand tersebut.
·
Loyalitas customer = dengan membangun
brand identitas yang kuat sangat memungkinkan untuk memiliki pelanggan yang
loyal. Tidak lupa, penting untuk anda ingat bahwa dalam membangun identitas
brand harus menggunkan strategi yang mampu mempererat hubungan emosional dengan
pelanggan.
C.
Kunci Brand Identitas yang kuat
Meskipun
demikian, hanya karena anda mendesain elemen tersebut, bukan berarti elemen
tersebut efektif. Saat ini melalui proses desain, pastikan identitas mereka anda
adalah:
·
Berbeda = ini menonjol diantara pesain dan
menarik perhatian orang
·
Mudah diingat = ini membuat dampak visual.
(pertimbangan Apple: logonya sangat mudah diingat sehingga hanya menyertakan
logo – bukan nama mereka – pada produk mereka)
·
Skalabel dan fleksibel = dapat tumbuh dan
berkembang besama merek.
·
Kohesif = setiap bagian melengkapi identitas
merek
·
Mudah diterapkan = sangat intuitif dan
jelas untuk digunakan oleh desainer.
D.
Tips Mengembangkan Brand Identitas yang Efektif
untuk Bisnis
·
Anda menjual merek anda, bukan produk
·
Merek anda harus mencerminkan siapa anda
sebenarnya
·
Adanya hanya sebaik seni dan salinan anda
·
Tidak masalah untuk mengubah merek atau
rebranding
·
Jangan menipu konsumen
KESIMPULAN
Merancang
brand identitas yang sukses membantukan banyak kerja keras dan kolaborasi. Untuk
menjaga bisnis anda tetap pada rencan yang sama dan memberdayakan tim anda
untuk melakukan pekerjaan terbaik, pastukan mereka terdidik, terinspirasi dan
memiliki alat yang mereka dibutuhkan.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.hashmicro.com/id/blog/pentingnya-brand-identity/
https://accurate.id/marketing-manajemen/pengertian-lengkap-brand-identity/
https://qontak.com/blog/brand-identity/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar