PEOPLE MANAGEMENT DALAM KEBERLANGSUNGAN SUATU KEWIRAUSAHAAN
Oleh : Meli Restiana (@V33 – Meli)
ABSTRAK
People
manajement ialah suatu proses pelatihan untuk membentuk , mengarahkan, dan memotivasi
karyawan untuk mempersiapkan karyawan menjadi seorang yang lebih baik. People
management ini juga sangat berhubungan dengan keberlangsungan usaha, karena
suatu usaha akan maju dan berkembang jika diisi orang orang yang mumpuni.
Kata
Kunci : People manajemen, pelatihan, berkembang.
PENDAHULUAN
Saat
ini bagi seorang pemimpin atau calon pemimpin, kualitas yang diperlukan adalah
people management efektif yang bertujuan untuk meningkatkan komunikasi di
tempat kerja dan mempersiapkan kesuksesan karyawan. Meneliti keterampilan yang
membentuk people management dalam sebuah usaha akan dapat membantu dalam
menemukan kekuatan dan mengidentifikasi bagian yang perlu ditingkatkan.
People
management didefinisikan sebagai serangkaian praktik yang mencakup proses pelatihan,
memotivasi dan mengarahkan karyawan untuk mengoptimalkan produktivitas tempat
kerja dan mendorong pertumbuhan profesional. Pimpinan tempat kerja seperti
pimpinan tim, manajer dan kepala departemen menggunakan people management untuk
mengawasi alur kerja dan meningkatkan kinerja karyawan setiap hari.
PERMASALAHAN
Dengan
pentingnya people management itu, maka
1.
Apakah kegunaan people
manajemen dalam keberlangsungan suatu usaha?
2.
Aspek apa saja yang harus
ada dalam people manajemen?
PEMBAHASAN
KEGUNAAN PEOPLE MANAJEMEN DALAM KEBERLANGSUNGAN SUATU
USAHA
·
Menangani Konflik antar
Pribadi
Manajer dan karyawan dalam
posisi kepemimpinan memiliki peran penting dalam penyelesaian konflik.
People management yang efektif dapat membantu untuk menengahi konflik antar
karyawan dengan cara mendorong kolaborasi dan rasa hormat.
·
Membimbing Pelatihan Karyawan
Sebagai pemimpin tempat kerja,
Anda bertanggung jawab untuk memasukkan karyawan baru dan melatih karyawan saat
ini mengenai proses yang diperbarui. Kita dapat menggunakan elemen dari
people management untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan membimbing
karyawan sehingga mereka dapat berhasil di posisi mereka.
· Mengelola Deadlines
Mengarahkan karyawan termasuk
memberikan assignment dan menetapkan goals. People management yang efektif
dapat membantu Anda mengevaluasi sumber daya tim dan menetapkan deadlines
realistis yang mendorong kemajuan progres.
·
Membangun Budaya Perusahaan
Posisi kepemimpinan
memungkinkan Anda untuk secara positif memengaruhi lingkungan kerja. Anda dapat
menggunakan people management untuk membangun hubungan baik dengan karyawan. Anda
juga dapat meminta feedback dari tim tentang perspektif mereka tentang
perusahaan dan kemudian mengubah umpan balik itu menjadi actionable change
menjadi budaya perusahaan yang dapat dikembangkan oleh setiap karyawan.
ASPEK DALAM PEOPLE MANAJEMENT
Aspek yang harus ada dalam
people manajemen yaitu :
·
Komunikasi
Dilansir dari HR Technologist,
keterampilan komunikasi sangat penting untuk dikuasai dan diterapkan dalam
people management.Sebab, setiap hari kamu akan berkomunikasi secara langsung dengan
karyawan. Tanpa skill komunikasi yang memadai, sulit bagi kamu untuk
menyampaikan informasi dengan jelas dan detail kepada seluruh karyawan.
·
Active listening
Tak hanya keterampilan
komunikasi, active listening juga penting untuk diterapkan dalam dunia
kerja.Pasalnya, dalam pekerjaan sudah pasti akan ada banyak sekali karyawan
yang bertanya ataupun bercerita mengenai pekerjaannya kepadamu di setiap hari.
Dengan keadaan seperti ini, kamu harus dituntut untuk mendengarkan secara baik.
Ketika seseorang meminta saran, berikan saran yang terbaik agar dapat
menyelesaikan masalahnya.
·
Manajemen konflik
Tidak bisa dimungkiri, dalam
setiap tim pasti ada konflik yang akan terjadi, entah itu perbedaan pendapat
atau masalah lainnya. Dalam hal ini, kamu sebagai manajer harus menjadi
penengah jika sewaktu-waktu terjadi konflik. Pasalnya, apabila tidak
diselesaikan dengan cepat, ini akan berdampak buruk terhadap kinerja tim ke
depannya. Keterampilan people management yang satu ini sangat penting untuk
diperhatikan agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan di dalam tim.
·
Kolaborasi
Dalam tim, kemampuan
kolaborasi adalah hal yang harus dimaksimalkan dengan baik, begitu juga saat
kamu menjadi manajer. Selain kolaborasi dengan manajer lainnya, kamu juga
dituntut untuk berkolaborasi dengan karyawanmu.
·
Fleksibel
Sebagai seorang manajer, kamu
juga harus dituntut untuk menjadi orang yang fleksibel. Jika tiba-tiba ada
karyawan yang meminta bantuan terhadap terkait masalah satu proyek, kamu harus
membantunya. Intinya, dalam keadaan apapun, fleksibilitas penting untuk
dimiliki oleh seorang manajer.
KESIMPULAN
Dalam suatu usaha, membentuk people
management sangat penting untuk keberlangsungan usaha tersebut. People
management membantu dalam menemukan kekuatan dan
mengidentifikasi bagian yang perlu ditingkatkan. Dengan hal ini maka suatu
usaha tersebut akan berkembang dan semakin maju.
DAFTAR PUSTAKA
https://glints.com/id/lowongan/people-management/#.Y2dx9hQxdPy
https://www.kitalulus.com/bisnis/people-management-adalah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar