November 20, 2022

Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan

 

Penyusunan Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan



Putri Virginia Valensi (@V26 – Virginia)

Abstrak

Persaingan dalam dunia bisnis dewasa ini sangatlah ketat seiring dengan semakin meningkat dan berkembangnya dunia bisnis modern. Dengan bertambahnya jumlah pelaku bisnis yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen baik berupa barang atau jasa, para pelaku bisnis memiliki tantangan untuk mendapatkan pangsa pasar yang ada. Pada artikel ini tentang pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap peningkatan penjualan. Adapun yang menjadi masalah dalam artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan.

Kata kunci : Penjualan, peningkatan penjualan, potensi pasar, bauran pemasaran.

Abstract

Competition in today's business world is very tight along with the increasing and developing modern business world. With the increasing number of business actors aiming to meet consumer needs in the form of goods or services, business people have a challenge to gain market share. In this article about the effect of marketing mix variables on increasing sales. The problem in this article is to find out how much influence the marketing mix has in increasing sales.

Keywords: Sales, increase in sales, market potential, marketing mix.

Pendahuluan

Pada zaman moderen seperti saat ini, perkembangan di berbagai bidang usaha sangat cepat terjadi. Bukan hanya di bidang teknologi informasi yang akhir-akhir ini mengalami perkembangan sangat pesat tapi juga bidang-bidang lainnya yang bertujuan untuk pemuasan dan pemenuhan kebutuhan dan gaya hidup konsumen. Salah satu bisnis yang saat ini berkembang pesat yaitu bisnis properti, kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal menjadikan peluang usaha ini dicari masyarakat.

Permasalahan

Bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan menggunakan potensi pasar yang tersedia yang didukung dengan sistem dan strategi penjualan yang baik?

Pembahasan

    A.         Pengertian Penjualan

“Bagaimana menciptakan hubungan jangka panjang dengan pelanggan melalui produk atau jasa perusahaan. Dalam hal ini, selling berarti sebuah taktik yang dapat mengintegrasikan perusahaan, pelanggan, dan relasi antara keduanya” (Kertajaya, 2006, p.15).

Dalam prakteknya, kegiatan penjualan dipengaruhi oleh : (Swastha, 2002, p.129-131)

1.     Kondisi dan kemampuan menjual

2.     Kondisi pasar Pasar

3.     Modal

4.     Kondisi organisasi perusahaan Pada perusahaan kecil,

5.     Faktor lain Faktor-faktor lain umumnya seperti periklanan, peragaan, kampanye, pemberian hadiah sering mempengaruhi penjualan.

 

    B.         Pertumbuhan Penjualan

Menurut Brigham dan Houston (2001, p.39) yang dikutip oleh Saidi (2004), perusahaan dengan penjualan yang relatif stabil dapat lebih aman memperoleh lebih banyak pinjaman dan menanggung beban tetap yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan yang penjualannya tidak stabil. Dari definisi diatas dapat dijelaskan bahwa pertumbuhan penjualan merupakan tingkat stabilitas pertumbuhan penjualan yang dilakukan oleh perusahaan untuk setiap periode tahun buku.

   C.         Sistem Penjualan

Analisis Sistem Penjualan Barang meliputi :

1.       Analisis Informasi (Information Analysis) Dalam melakukan penyajian informasi, sistem mampu memberikan informasi secara real time.

2.       Analisis Ekonomi (Economy Analysis) Secara ekonomi sistem penjualan yang lama membutuhkan lebih banyak biaya karena karyawan yang dibutuhkan lebih banyak.

3.       Analisis Pengendalian (Control Analysis) Dalam sistem lama lebih sulit melakukan control, karena pemrosesan data dilakukan oleh manusia sehingga kemungkinan terjadi kesalahan lebih besar.

4.       Analisis Efisiensi (Efficiency Analysis) Penjualan secara manual kurang efisien, karena semua transaksi dan atau administrasi dilakukan secara manual.

5.       Analisis Pelayanan (Service Analysis) Dengan sistem lama maka dalam hal pelayanan terhadap pelanggan memiliki keterbatasan waktu dan jangkauan pelayanan.

    D.         Strategi penjualan

adalah rencana yang dibuat oleh perusahaan untuk menentukan bagaimana dapat meningkatkan volume penjualan produknya dan dapat memenuhi serta memberikan kepuasan akan permintaan konsumen

Berikut adalah pertimbangan yang harus dilakukan dalam menentukan atau memperbaharui strategi penjualan yang tepat:

·       Apakah penekanan diutamakan pada mempertahankan pelanggan saat ini atau menambah pelanggan yang ada.

·       Keputusan tersebut ditentukan oleh lamanya wiraniaga berurusan dengan pelanggan, pertumbuhan status industri, kekuatan dan kelemahan perusahaan, kekuatan pesaing, dan tujuan pemasaran (khususnya dalam menambah pelanggan).

·       Meningkatkan produktivitas wiraniaga. Pemanfaatan biaya tinggi (untuk meningkatkan motivasi), kemajuan teknologi (telemarketing, teleconferencing, cybermarketing, dan penjualan terkomputerisasi), dan teknik penjualan inovatif (seperti prensentasi dengan video) banyak menguntungkan pemasar dalam hal memproduktifkan sumber-sumber armada penjualnya.

·       Siapa yang harus dihubungi bila berurusan dengan pelanggan organisasi.

    E.         Identifikasi Potensi Pasar

cara melakukan analisis potensi pasar untuk bisnis baru :

1.       Identifikasi Ukuran dan Permintaan Pasar

2.       Pantau Kompetitor

3.       Evaluasi Tingkat Pertumbuhan Pasar

4.       Hitung Profitabilitas

5.       Pertimbangkan Pengaruh Eksternal

 

    F.         Promosi penjualan

Promosi penjualan adalah usaha penjualan yang meliputi aktivitas komunikasi pemasaran selain periklanan, public relation, dan personal selling yang dapat merangsang pembelian dari konsumen dan efektifitas dealer. Tujuan-tujuan lain yang dapat diraih melalui aktivitas-aktivitas promosi penjualan (Jobber dan Lancaster, 2003) antara lain :

· Dorongan pembelian ulang

· Membangun loyalitas pelanggan dalam jangka panjang

· Dorongan konsumen untuk mengunjungi outlet penjualan secara khusus

· Meningkatkan tingkat persediaan eceran

· Memperluas dan meningkatkan distribusi produk maupun merek

Kesimpulan

Sistem dan strategi penjualan terdapat beberapa kelemahan dan memerlukan perbaikan. Biasanya tidak fokus pada satu produk yang akan dijadikan produk paretto, melainkan keseluruhan produk sehingga perolehan omzet penjualan kurang maksimal. Dan juga harus melihat potensi pasar untuk dimanfaatkan dan dijadikan peluang bisnis

Daftar Pustaka

Kotler, Philip. (1987). Dasar-dasar pemasaran (3 rd ed). Jakarta : CV Intermedia

David, Fred R., 2006. Manajemen Strategis. Edisi Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2013)

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar