Penyusunan
Strategi Dan Sistem Penjualan Dalam Meningkatkan Penjualan
Putri
Virginia Valensi (@V26 – Virginia)
Abstrak
Persaingan dalam dunia bisnis dewasa ini sangatlah
ketat seiring dengan semakin meningkat dan berkembangnya dunia bisnis modern.
Dengan bertambahnya jumlah pelaku bisnis yang bertujuan untuk memenuhi
kebutuhan konsumen baik berupa barang atau jasa, para pelaku bisnis memiliki
tantangan untuk mendapatkan pangsa pasar yang ada. Pada artikel ini tentang
pengaruh variabel bauran pemasaran terhadap peningkatan penjualan. Adapun yang
menjadi masalah dalam artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh bauran pemasaran dalam meningkatkan penjualan.
Kata kunci : Penjualan, peningkatan penjualan,
potensi pasar, bauran pemasaran.
Abstract
Competition in
today's business world is very tight along with the increasing and developing
modern business world. With the increasing number of business actors aiming to
meet consumer needs in the form of goods or services, business people have a
challenge to gain market share. In this article about the effect of marketing
mix variables on increasing sales. The problem in this article is to find out
how much influence the marketing mix has in increasing sales.
Keywords: Sales, increase in sales, market potential, marketing
mix.
Pendahuluan
Pada zaman moderen seperti saat ini, perkembangan di
berbagai bidang usaha sangat cepat terjadi. Bukan hanya di bidang teknologi
informasi yang akhir-akhir ini mengalami perkembangan sangat pesat tapi juga
bidang-bidang lainnya yang bertujuan untuk pemuasan dan pemenuhan kebutuhan dan
gaya hidup konsumen. Salah satu bisnis yang saat ini berkembang pesat yaitu
bisnis properti, kebutuhan masyarakat akan tempat tinggal menjadikan peluang
usaha ini dicari masyarakat.
Permasalahan
Bagaimana cara meningkatkan penjualan dengan menggunakan
potensi pasar yang tersedia yang didukung dengan sistem dan strategi penjualan
yang baik?
Pembahasan
A.
Pengertian Penjualan
“Bagaimana menciptakan hubungan jangka panjang dengan
pelanggan melalui produk atau jasa perusahaan. Dalam hal ini, selling berarti
sebuah taktik yang dapat mengintegrasikan perusahaan, pelanggan, dan relasi
antara keduanya” (Kertajaya, 2006, p.15).
Dalam prakteknya, kegiatan penjualan dipengaruhi oleh
: (Swastha, 2002, p.129-131)
1. Kondisi
dan kemampuan menjual
2. Kondisi
pasar Pasar
3. Modal
4. Kondisi
organisasi perusahaan Pada perusahaan kecil,
5. Faktor
lain Faktor-faktor lain umumnya seperti periklanan, peragaan, kampanye,
pemberian hadiah sering mempengaruhi penjualan.
B.
Pertumbuhan Penjualan
Menurut Brigham dan
Houston (2001, p.39) yang dikutip oleh Saidi (2004), perusahaan dengan
penjualan yang relatif stabil dapat lebih aman memperoleh lebih banyak pinjaman
dan menanggung beban tetap yang lebih tinggi dibandingkan dengan perusahaan
yang penjualannya tidak stabil. Dari definisi diatas dapat dijelaskan bahwa
pertumbuhan penjualan merupakan tingkat stabilitas pertumbuhan penjualan yang
dilakukan oleh perusahaan untuk setiap periode tahun buku.
C.
Sistem Penjualan
Analisis Sistem Penjualan Barang
meliputi :
1. Analisis
Informasi (Information Analysis) Dalam melakukan penyajian informasi, sistem
mampu memberikan informasi secara real time.
2. Analisis
Ekonomi (Economy Analysis) Secara ekonomi sistem penjualan yang lama
membutuhkan lebih banyak biaya karena karyawan yang dibutuhkan lebih banyak.
3. Analisis
Pengendalian (Control Analysis) Dalam sistem lama lebih sulit melakukan control,
karena pemrosesan data dilakukan oleh manusia sehingga kemungkinan terjadi
kesalahan lebih besar.
4. Analisis
Efisiensi (Efficiency Analysis) Penjualan secara manual kurang efisien, karena
semua transaksi dan atau administrasi dilakukan secara manual.
5. Analisis
Pelayanan (Service Analysis) Dengan sistem lama maka dalam hal pelayanan
terhadap pelanggan memiliki keterbatasan waktu dan jangkauan pelayanan.
D.
Strategi penjualan
adalah rencana yang dibuat oleh
perusahaan untuk menentukan bagaimana dapat meningkatkan volume penjualan
produknya dan dapat memenuhi serta memberikan kepuasan akan permintaan konsumen
Berikut adalah pertimbangan yang
harus dilakukan dalam menentukan atau memperbaharui strategi penjualan yang
tepat:
· Apakah
penekanan diutamakan pada mempertahankan pelanggan saat ini atau menambah
pelanggan yang ada.
· Keputusan
tersebut ditentukan oleh lamanya wiraniaga berurusan dengan pelanggan,
pertumbuhan status industri, kekuatan dan kelemahan perusahaan, kekuatan
pesaing, dan tujuan pemasaran (khususnya dalam menambah pelanggan).
· Meningkatkan
produktivitas wiraniaga. Pemanfaatan biaya tinggi (untuk meningkatkan
motivasi), kemajuan teknologi (telemarketing, teleconferencing, cybermarketing,
dan penjualan terkomputerisasi), dan teknik penjualan inovatif (seperti
prensentasi dengan video) banyak menguntungkan pemasar dalam hal
memproduktifkan sumber-sumber armada penjualnya.
· Siapa
yang harus dihubungi bila berurusan dengan pelanggan organisasi.
E.
Identifikasi Potensi Pasar
cara melakukan analisis potensi pasar
untuk bisnis baru :
1. Identifikasi
Ukuran dan Permintaan Pasar
2. Pantau
Kompetitor
3. Evaluasi
Tingkat Pertumbuhan Pasar
4. Hitung
Profitabilitas
5. Pertimbangkan
Pengaruh Eksternal
F.
Promosi penjualan
Promosi penjualan adalah usaha
penjualan yang meliputi aktivitas komunikasi pemasaran selain periklanan,
public relation, dan personal selling yang dapat merangsang pembelian dari
konsumen dan efektifitas dealer. Tujuan-tujuan lain yang dapat diraih melalui
aktivitas-aktivitas promosi penjualan (Jobber dan Lancaster, 2003) antara lain
:
· Dorongan pembelian ulang
· Membangun loyalitas pelanggan dalam
jangka panjang
· Dorongan konsumen untuk mengunjungi
outlet penjualan secara khusus
· Meningkatkan tingkat persediaan eceran
· Memperluas dan meningkatkan distribusi
produk maupun merek
Kesimpulan
Sistem dan strategi penjualan terdapat beberapa
kelemahan dan memerlukan perbaikan. Biasanya tidak fokus pada satu produk yang
akan dijadikan produk paretto, melainkan keseluruhan produk sehingga perolehan
omzet penjualan kurang maksimal. Dan juga harus melihat potensi pasar untuk
dimanfaatkan dan dijadikan peluang bisnis
Daftar Pustaka
Kotler, Philip. (1987). Dasar-dasar pemasaran (3 rd
ed). Jakarta : CV Intermedia
David, Fred R., 2006. Manajemen Strategis. Edisi
Sepuluh, Penerbit Salemba Empat, Jakarta
Jurnal Manajemen Pemasaran Petra Vol. 2, No. 1, (2013)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar