Abstrak
Pengembangan Usaha
Mikro Kecil Menengah
(UMKM) belakangan ini
semakin menarik perhatian pemerintah. Beberapa
hasil penelitian juga
mengindikasikan peran penting
UMKM dalam kaitannya dengan pertumbuhan
ekonomi di negara
berkembang. Oleh sebab
itu, pemberdayaan UMKM
menjadi sangat strategis karena potensinya yang besar dalam menggerakkan
kegiatan ekonomi sekaligus menjadi tumpuan sumber pendapatan dalam meningkatkan
kesejahteraan sebagian besar masyarakat. Usaha mikro kecil dan menengah
merupakan salah satu contoh usaha yang mungkin sekarang ini banyak kita
temukan. Merekamenjalankanusahanya
dengan modal yang
seminimal mungkin dan
dapat hasil yang
lumayan. Mereka juga menganggap
bahwa usaha yang
dibangun dari hal
terkecil maka akan
membuahkan hasil yang lebih baik
lagi.
Pendahuluan
Pengembangan Usaha
Mikro Kecil Menengah
(UMKM) belakangan ini
semakin menarik perhatian pemerintah. Beberapa
hasil penelitian juga
mengindikasikan peran penting
UMKM dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi
di negara berkembang.
Oleh sebab itu,
pemberdayaan UMKM menjadi sangat strategis karena potensinya
yang besar dalam menggerakkan kegiatan ekonomi sekaligus menjadi tumpuan sumber
pendapatan dalam meningkatkan kesejahteraan sebagian besar masyarakat. Usaha
mikro kecil dan menengah merupakan salah satu contoh usaha yang mungkin
sekarang ini banyak kita temukan. Merekamenjalankan usahanya
dengan modal yang
seminimal mungkin dan
dapat hasil yang
lumayan. Mereka juga menganggap
bahwa usaha yang dibangun
dari hal terkecil
maka akan membuahkan
hasil yang lebih baik lagi. Seni atau teknik dalam menyampaikan pesan menggunakan
tulisan biasa dikenal dengan namacopywriting. Sebagai salah satu elemen penting
dari promosi, tulisan dari copywriting yang disebut copy dapat digunakan di
berbagai macam media seperti iklan, artikel, blog, tagline maupun untuk penamaan
sebuah brand (merek) atau produk. Dalam kaitan ini, copy yang digunakan dalam media
promosi memiliki tujuan agar konsumen melakukan pembelian, melakukan panggilan telpon
untuk mencari informasi, hingga berlangganan (subscribe) layanan streaming atau
follow akun sosial media milik brand ternama.
Pembahasan
Branding
pro Marty Neumeier mendefinisikan identitas merek sebagai “ekspresi luar merek,
termasuk merek dagang, nama, komunikasi, dan tampilan visualnya”. identitas
merek adalah jumlah total dari bagaimana merek terlihat, terasa, dan berbicara
kepada orang-orang. (Kadang-kadang bahkan termasuk bagaimana bunyinya, rasa, rasa,
dan bahkan baunya.)
Pada
akhirnya, identitas merek adalah cara untuk berkomunikasi dengan dunia,
membedakan diri dari pesaing, dan menciptakan pengalaman merek yang mendorong
orang untuk terlibat.
Mengapa
Brand Identity itu Sangat Penting?
1.
Kepribadian
Identitas
merek adalah representasi visual dari nilai-nilai dan “kepribadian” merek.
Desain identitas pada dasarnya menentukan nada merek, dan dapat digunakan untuk
membangkitkan perasaan tertentu pada audiens. Identitas merek harus dirancang
untuk mengomunikasikan pesan perusahaan secara keseluruhan dan mempromosikan
tujuan bisnis
2. Konsistensi
Mengembangkan
identitas merek memungkinkan membuat pesan yang konsisten di semua materi
pemasaran. Setiap bagian harus memiliki gaya dasar dan elemen desain yang sama,
menciptakan paket merek yang kohesif.
3.
Diferensiasi
Identitas
merek membantu membedakan bisnis dari pesaing dan memposisikan merek dengan
tepat. Mengembangkan desain identitas kreatif dan profesional dapat membantu menonjol
di hadapan pelanggan potensial di pasar.
4.
Kesadaran
Membuat
identitas merek memastikan bahwa merek berada di garis depan semua materi
pemasaran, yang membantu meningkatkan kesadaran merek. Semakin banyak tempat
merek ditampilkan, semakin banyak kontak yang akan dibuatnya dengan konsumen,
dan akan semakin berkesan.
5.
Loyalitas
Identitas
merek yang efektif dapat membantu membangun loyalitas pelanggan dan kepercayaan
pada merek, karena memungkinkan pelanggan untuk membuat hubungan antara produk
dan perusahaan.
Kesimpulan
Merancang
brand identity yang sukses membutuhkan banyak kerja keras dan kolaborasi. Untuk
menjaga bisnis tetap pada rencana yang sama dan memberdayakan tim untuk
melakukan pekerjaan terbaik, pastikan mereka terdidik, terinspirasi dan
memiliki alat yang mereka dibutuhkan.
Dan jika merasa
kewalahan atau tidak memiliki sumber daya untuk mengerjakan sendiri proyek
tersebut, pertimbangkan untuk membawa bantuan ahli.
Pastikan
juga dalam memiliki pengelolaan yang matang terutama dalam proses pembukuan dan
pengelolaan keuangan usaha
Daftar Pustaka
Waqfin, M.
S. I., Komari, M., Andriani, R., & Muhibuddin, A. (2021). Strategi Branding
untuk Membangun Identitas Brand dalam Meningkatkan Pemasaran di Desa
Bandarkedungmulyo Jombang. Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1),
1-5.
Halim, B.
C. (2014). Pengaruh brand identity terhadap timbulnya brand preference dan
repurchase intention pada merek Toyota. Jurnal Strategi Pemasaran, 2(1), 1-11.
Pramezwary,
A., Juliana, J., Eagan, B., Putri, F. J., & Setiadi, S. (2021). Pengaruh
Identitas Brand Dan Strategi Penjualan Burger King Terhadap Keputusan Pembelian
Konsumen. Cakrawala-Jurnal Humaniora. Universitas Bina Sarana Informatika,
21(1), 10-18.
Yogantari,
M. V., & Ariesta, I. G. B. B. B. (2021). Kajian Pengaruh Copywriting
Kreatif Terhadap Identitas Brand Kedai Kopi Takeaway Di Denpasar. Jurnal Nawala
Visual, 3(1), 8-16.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar