Indah Permata Widayanti (@V11-WIDAYANTI)
Abstrak
Brand
identity adalah salah satu faktor
terpenting untuk membentuk persepsi orang-orang terhadap bisnis yang kita
jalankan. Membentuk persepsi sangatlah penting karena setiap perusahaan
tentunya memiliki value yang ingin disampaikan kepada para
penggunanya. Selain itu, brand identity juga akan
membuat brand kita lebih unik sehingga dapat digunakan sebagai
pembeda dari brand perusahaan lainnya.
Kata kunci : Brand
identity, bisnis, value
Pendahuluan
Brand
identity adalah kumpulan semua elemen
yang diciptakan perusahaan untuk menggambarkan citra yang tepat bagi
konsumennya. Saat sebuah brand sudah
memiliki brand identity yang
kuat pasti akan mudah dikenali oleh banyak orang. Bahkan, mereka bisa menjadi
sangat loyal karena telah memiliki persepsi yang baik terhadap brand tersebut. Jadi, selain
menjadi pembeda dari kompetitor, brand
identity juga dapat menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan
oleh perusahaan untuk meningkatkan customer loyalty.
Sayangnya sampai saat ini masih cukup banyak orang yang kurang paham
perbedaan brand identity dengan branding. Istilah branding saat ini memang sudah
cukup umum. Namun, branding adalah
istilah yang mengacu pada praktik pemasaran secara aktif untuk membentuk brand. Sementara itu, brand identity adalah
elemen-elemen yang diciptakan perusahaan agar bisa terlihat berbeda dari
kompetitor sehingga bisa menimbulkan persepsi khusus bagi penggunanya.
Pembahasan
Membentuk Brand Identity
yang Kuat
1.
Lakukan riset pasar
Melakukan riset pasar adalah suatu keharusan sebelum perusahaan mulai merencanakan strategi untuk membentuk brand identity.
2. Tetapkan nilai khas dari brand
Salah satu hal terpenting dari brand identity adalah nilai brand untuk memengaruhi persepsi dari konsumen.
3. Buat Strategi yang Tepat
Brand identity tidak bisa dikembangkan dalam waktu yang singkat. Untuk membangunnya harus selalu konsisten dan memerlukan waktu yang panjang.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar