Indah
Permata Widayanti (@V11-WIDAYANTI)
Abstrak
Artikel ini dibuat untuk mengetahui strategi bisnis
yang diterapkan oleh pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam
menghadapi pandemi covid-19. objek penelitian adalah industri makanan ringan yang
diperoleh data bahwa strategi bisnis dalam memasarkan hasil produksinya adalah
melalui media sosial. Dari hasil penelitiannya maka dapat diuraikan bahwa
strategi ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan dengan memperhatikan
daya beli konsumen di masa pandemi covid-19 ini. Namun demikian, dengan
menggunakan sarana media sosial, maka dana yang dibutuhkan oleh pelaku usaha
kecil berdampak pada berkurangnya modal usaha. Dapat disimpulkan, bahwa peran
pemerintah dan perbankan sangat penting terutama berkaitan dengan pelatihan
dalam penggunaan teknologi informasi agar produk usaha kecil tetap dapat
bertahan di tengah pandemi covid-19.
Kata
kunci : Strategi Bisnis, Media sosial, Daya beli konsumen.
Pendahuluan
Persaingan usaha yang semakin ketat di era
globalisasi harus disikapi oleh para pelaku bisnis/usaha dengan menerapkan
langkah-langkah strategis bagi kelangsungan usahanya. Munculnya pandemi
covid-19 yang melanda hampir di seluruh dunia mengakibatkan sendi-sendi
kehidupan seperti pendidikan dan perekonomian mengalami kelumpuhan yang
berakibat sekolah-sekolah ditutup serta perusahaan-perusahaan banyak yang
mengurangi aktivitas produksi dan bahkan tidak sedikit yang melakukan pemutusan
hubungan kerja (PHK). Perekonomian menjadi shock baik secara perorangan, rumah
tangga, perusahaan makro dan mikro bahkan perekonomian negara di dunia.
Pemerintah Indonesia berupaya untuk mengatasi
permasalahan tersebut dengan mengeluarkan beberapa kebijakan khususnya di
bidang perekonomian agar permasalahan pandemi covid-19 ini tidak mengakibatkan
resesi ekonomi yang berkepanjangan. Perusahaan besar, menengah, dan kecil yang
masih mampu bertahan melakukan beberapa langkah konkrit agar hasil produksinya
tetap dapat dipasarkan. Pemasaran secara online melalui media merupakan langkah
tepat yang harus dilakukan oleh para pelaku usaha. Namun demikian, meskipun
dalam masa pandemi covid-19 para pelaku usaha sudah menerapkan strategi
pemasaran melalui media sosial, tetapi perlu juga dicermati kemampuan daya beli
masyarakat.
Pembahasan
Strategi Bisnis
Organisasi bisnis (perusahaan) dapat tumbuh dan
berkembangan apabila dalam menjalankan aktivitas usahanya berpegang pada konsep
efektivitas dan produktivitas. Tidak dapat dipungkiri berdirinya organisasi
bisnis adalah pencapaian keuntungan laba secara optimal.
Strategi bisnis yang tepat untuk memasarkan produk
di masa pandemi covid-19 ini adalah melalui media elektronik dimana antara
produsen dan konsumen tidak bertemu langsung pada satu tempat tetapi memiliki
jangkauan pemasaran yang sangat luas.
Media Sosial
Dunia bisnis di era globalisasi, pemasaran produk
baik barang maupun jasa dapat memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Media
sosial merupakan produk dari teknologi informasi memberikan manfaat optimal
bagi pelaku usaha. Dengan media sosial pelaku usaha dapat memaparkan
spesifikasi produk, kualitas, dan harga sehingga konsumen dapat lebih leluasa
memilih barang yang dibutuhkan sesuai dengan kemampuannya.
Daya Beli Konsumen
Ketertarikan konsumen untuk memiliki suatu produk
ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya, kualitas, produk, spesifikasi,
dan harga. Seiring dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi
informasi, maka konsumen sangat dimudahkan adanya internet yang mampu
menyediakan segala kebutuhan manusia terkait dengan produk yang mereka
inginkan.
Kesimpulan
Dari hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat
disimpulkan bahwa untuk mempertahankan kelangsungan usaha kecil (UMKM)
pemanfaatan internet dan media sosial merupakan strategi yang sangat tepat di
tengah pandemi covid-19 ini. Namun demikian penggunaan teknologi juga
membutuhkan biaya yang tidak sedikit serta sumber daya manusia yang memiliki
kemampuan di bidang teknologi informasi. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya
menggunakan metode penelitian lain agar hasil yang diperoleh lebih signifikan.
Daftar
Pustaka
Grandon, E., & Pearson, J. (2004). Electronic
commerce adoption: an empirical study of small and medium US businesses.
Information & Management, 42(1), 197-216.
Bastian, A. (2015). Analisis Strategi Bisnis dan
Perancangan Strategis Sistem Informasi pada Perguruan Tinggi Swasta (Studi
Kasus : Universitas Majalengka). Infotech Journal, 1(1), 55-61.
Kurniawan, P. (2017). Pemanfaatan Media Sosial
Instagram Sebagai Komunikasi Pemasaran Modern Pada Batik Burneh. Jurnal
Kompetensi, 11(2), 217-225.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar