(@V13-Zahra)
PENDAHULUAN
Keberhasilan sebuah perusahaan dalam meningkatkan penjualan
tergantung pada bagaimana perusahaan tersebut mengelola, terutama pada bagian
pemasaran yang berpotensi besar pengaruhnya dalam mengambil keputusan strategi
penjualan agar produk benar-benar laku dipasaran. Dengan melakukan sebuah
penerapan strategi dari pemasaran yang akurat dan melalui pemanfaatan peluang
akan meningkatkan volume penjualan, keberhasilan suatu perusahaan dapat dilihat
dari besar kecilnya laba yang diperoleh, sedangkan manajemen dapat dikatakan
berhasil ketika pemasaran melaksanakan fungsinya dengan maksimal, karena
terjualnya produk sehingga memungkinkan perusahaan tersebut untuk terus
beroperasi dan menghasilkan laba perusahaan.
Perusahaan produk/jasa harus dapat merancang strategi
promosi yang tepat dalam mencapai tujuan perusahaan, salah satu tujuan
perusahaan adalah dapat menarik minat konsumen untuk menggunakann dan membeli
produk barang/jasa yang ditawarkan. Oleh karena itu untuk menarik minat
konsumen untuk melakukan pembelian maka perusahaan harus bisa menerapkan
strategi pemasaran yang tepat sesuai dengan kondisi pasar yang dihadapi.
Keberhasilan strategi pemasaran dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya
yaitu dengan memilih promosi yang tepat dalam memasarkan produk barang atau
jasa.
PEMBAHASAN
A.
Pengertian promosi penjualan
Adalah sebuah aktivitas yang diterapkan
untuk tujuan meningkatkan penjualan dan meningkatkan permintaan konsumen
terhadap sebuah produk. Biasanya promosi diterapkan dalam jangka waktu yang
terbatas dan telah ditentukan sebelumnya. Tentu hal ini dilakukan dengan
berdasarkan riset terkait pelanggan atau konsumen itu sendiri, seperti
demografi konsumen, usia dan gender konsumen, hingga ketertarikan konsumen itu
sendiri. Namun secara spesifik, beberapa ahli menyatakan beberapa pendapatnya
dan mendefinsikannya, menurut Fandy Tjiptono yaitu dalam penjelasan promosi
penjualan PDF, Fadny menyatakan bahwa promosi merupakan komunikasi pemasaran
yang dilakukan untuk menyebarkan informasi, mempengaruhi dan membujuk konsumen.
B.
Tujuan promosi penjualan
Terdapat beberapa hal yang menjadi tujuan
dari dilakukannya sebuah promosi yaitu
-
Meningkatkan penjualan
-
Stabilisasi penjual
-
Meningkatkan nilai produk
-
Meningkatkan konsumen
-
Membedakan suatu produk dengan produk lainnya
(kompetitor)
-
Memberi informasi kepada konsumen
-
Membujuk konsumen untuk membeli
Garis besar dari tujuan promosi
tersebut yaitu untuk meningkatkan penjualan itu sendiri. Serangkaian kegiatan
yang dilakukan seperti membuat iklan produk misalnya, untuk memberi informasi,
mengingatkan konsumen hingga membujuk konsumen untuk membeli produk.
C.
Manfaat promosi secara umum
Promosi yang dilakukan bukan tanpa manfaat,
terdapat beberapa manfaat promosi yang sekaligus juga menjadi tujuan dari
promosi itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa manfaat dilakukannya promosi
itu sendiri:
1.
Menciptakan branding dari suatu produk
Tujuaanya adalah agar mudah diingat oleh masyarakat sebagai konsumen.
Promosi yang dilakukan untuk menciptakan branding dan membangun branding agar
mudah diingat oleh konsumen. Branding yang baik akan berdampak pada kegiatan
promosi yang mudah dilakukan.
2.
Memperkenalkan produk baru
Manfaat dari promosi selanjutnya yaitu dapat dimanfaatkan untuk
mengenalkan produk baru. Jika ada produk baru yang masih berkaitan dan perlu
diperkenalkan, maka cara yang paling ampuh adalah dengan melakukan promosi
3.
Meningkatkan loyalitas pelanggan
Terdapat dua jenis pelanggan, pertama pelanggan loyal yang bertahan lama,
kedua adalah pelanggan baru. Untuk pelanggan lama yang telah loyal, tidak perlu
melakukan banyak hal karena mereka telah menjadi pelanggan loyal. Sementara
pelanggan baru, butuh treatment khsus. Pada titik ini promosi hadir untuk
meningkatkan loyalitas pelamgan baru.
4.
Sebagai media komunikasi dengan palanggan
Promosi juga merupakan salah satu media untuk berkomunikasi dengan
pelanggan. Ketiak promosi ditayangkan, para pelanggan tentunya akan menanyakan
beberapa pertanyaan. Hal ini menciptakan sebuah komunikasi antara konsumen
sebagai pelanggan dan produsen sebagai pemilik produk.
5.
Meningakatkan persaingan yang sehat
Hal ini yang dapat menciptakan sebuah ekosistem dalam penjualan produk
meningkatkan dan membuat setiap produsen dapat meningkatkan penjualannya.
D.
Strategi terbaik untuk melakukan promosi
penjualan
Promosi penjualan adalah serangkaian
aktivitas untuk meningkatkan penjualan dengan beberapa indikator capaian. Untuk
bisa melakukan hal tersebut, diperlukan beberapa strategi terbaik untuk
melakukan promosi. Berikut ini adalah beberapa strategi terbaik yang bisa jadi
rekomendasi dan inspirasi.
a.
Pilih audiens yang tepat
b.
Tetapkan tujuan yang dapat diukur
c.
Batasi ketersediaan
d.
Promosikann secara luas tetapu dengan bijak
e.
Menawarkan nilai riil
f.
Tinjau hasil
KESIMPULAN
Dari pembahasan yang telah dijabarkan diatas dapat
disimpulkan bahwa promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran yang dimana
komunikasi pemasaran itu adalah aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan
informasi, mempengaruhi atau membujuk, dan atau mengingatkan pasar sasaran atas
perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk
yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Promosi tidak hanya dilakuakn
untuk memperkenalkan produk kepada konsumen, tetapi juga harus melakukan upaya
untuk mempengaruhinya agar konsumen menjadi senang dan membeli produk yang
ditawarkan.
DAFTAR PUSTAKA
https://www.qoalaplus.com/media/bisnis-dan-strategi/pemasaran/promosi-penjualan/
https://www.sodexo.co.id/manfaat-media-promosi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar