Rajib Fahmi(@V27-Rajib)
Abstrack
Brand Identity merupakan citra yang
ingin ditampilkan oleh sebuah merek. Iklan merupakan salah satu media
penyampaian brand identity, yang terdapat empat elemen di dalamnya yaitu nama
merek, logo, slogan, dan kisah merek. Maksud dari penyampaian brand identity
adalah membentuk pikiran dan mempertahankan kesadaran audience terhadap kesan
suatu merek. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui isi brand identity bagi
bisnis.
Kata kunci: Brand Identity, Iklan logo, dan slogan
Pendahuluan
Brand identity merupakan salah satu faktor yang
membentuk pandangan audiens terhadap bisnis yang dijalankan. Membentuk
pandangan audiens terhadap bisnis Anda merupakan hal yang penting karena setiap
bisnis pasti mempunyai value yang ingin mereka sampaikan kepada audiens. Brand identity sangatlah penting karena dapat membantu
konsumen untuk mengenali merek dan membedakannya dengan merek lainnya.
Pembahasan
Brand identity adalah sekumpulan elemen yang terlihat
dari suatu merek mulai dari desain, logo dan warna yang mengidentifikasikan dan
membedakan merek di benak konsumen.
Singkatnya brand identity adalah apa yang membuat konsumen langsung
mengenali brand kamu. Umumnya konsumen akan menghubungkan brand identity dengan
produk atau layanan.
Nah, dari identitas itulah mulai terjadi hubungan
antara brand dengan konsumen, membangun loyalitas mereka hingga menentukan
bagaimana pelanggan memandang suatu merek. Perlu diingat juga bahwa brand
identity atau brand identitas ini berbeda dengan brand dan branding. Apa saja
perbedaanya?
·
Brand lebih condong kepada bagaimana konsumen
memandang perusahaan kamu.
·
Branding menjelaskan tentang bagaimana tindakan yang
dilakukan untuk membangun citra tertentu perusahaanmu.
·
Brand identity adalah kumpulan suatu elemen yang ada
untuk menciptakan suatu citra merek.
Adapun elemen umum yang dipakai untuk membangun brand
identity meliputi logo, warna merek utama dan palet warna, variasi logo,
tipografi, gaya yang konsisten untuk gambar dan konten, identitas visual di
media sosial hingga perpustakaan elemen grafis.
Salah satu contoh dari brand identity adalah ketika
mendengar nama Coca Cola, mungkin yang kamu ingat bisa berupa pita yang ada di
kalengnya atau warna merah yang selalu identik dengan produk minuman soda
tersebut.
Alasan pentingnya brand identity
Selain sebagai ciri khas dan pembeda dari merek yang
lain, ada beberapa alasan lain kenapa brand identity sangat penting bagi sebuah
merek, yaitu:
1. Membangun loyalitas
Brand identity yang efektif akan dapat membangun
loyalitas pelanggan dan kepercayaan kepada merek, sebab ini akan memungkinkan
pelanggan membuat hubungan antara produk dan perusahaan.
2. Konsistensi
Dengan adanya brand identity, kamu harus membuat pesan
yang konsisten pada semua materi pemasaran, di mana semua bagian memiliki
elemen desain dan gaya dasar yang sama untuk menciptakan merek yang kohesif.
3. Kepribadian
Alasan lain pentingnya brand identity adalah sebagai
representasi visual dari nilai-nilai dan kepribadian merek. Umumnya desain
identitas digunakan untuk membangun nada merek dan dipakai untuk membangun
perasaan tertentu terhadap audiens, termasuk di dalamnya mempromosikan tujuan
perusahaan.
4. Mudah bersaing dengan kompetitor
Brand identity adalah salah satu hal yang dapat
menjadi pembeda ketika produkmu diluncurkan di pasaran. Brand identity juga
membantu pelanggan mengenali dan mendukung bisnismu, bahkan membantu memberikan
keunggulan kompetitif bagi perusahaan. Dengan memperkuat brand identity, akan
semakin banyak pengakuan yang diterima dari konsumen. Hal tersebut membuat
bisnismu semakin meningkat dan mudah bersaing dengan merek terkenal lainnya
5. Lebih mudah dikenali pelanggan
Memiliki brand identity yang kuat berfungsi untuk
membangun pengakuan pelanggan. Hal ini berarti ketika pelanggan berbelanja
untuk produk tertentu atau mempertimbangkan perusahaan untuk melakukan sebuah
layanan, mereka mengenali perusahaanmu yang menjalankannya. Konsumen memiliki
kecenderungan untuk memilih merek yang mereka kenal daripada merek serupa yang
kurang familiar, bahkan jika mereka tidak tahu banyak tentang perusahaan kamu
pada saat itu.
6. Meningkatkan profit perusahaan
Memiliki brand identity yang kuat dan terkenal akan meningkatkan kredibilitas bisnismu di hadapan pelanggan dan pasar secara keseluruhan. Saat kamu membangun kredibilitas, kamu juga turut membangun pengakuan, loyalitas, dan daya saing. Semuanya berjalan beriringan, dan kamu akan menemukan bahwa kredibilitas akan membawa kemudahan pembelian yang berpengaruh pada peningkatan profit perusahaan. Jika brand kamu terpercaya, bisnismu akan jauh lebih mudah memaksimalkan penjualan.
Cara membuat brand identity
Dengan adanya
brand identity, audiens pada akhirnya akan lebih mudah mengingat merek
secara jelas, unik dan konsisten. Oleh
karena itu, penting agar kamu dapat membuat brand identity dengan tepat.
Berikut ini akan dipaparkan beberapa cara membuat brand identity yang benar.
1. Melakukan riset pasar
Melakukan riset pasar sangat penting untuk mengetahui
siapa sebenarnya target pasar kamu. Dalam melakukan riset pasar ini, setidaknya
ada empat hal yang harus diklarifikasi yakni:
·
Audiens. Pelajari apa yang diinginkan audiens dalam
industri bisnis kamu untuk menciptakan merek yang disukai oleh mereka.
·
Misi perusahaan. Kamu tidak dapat menciptakan
kepribadian bisnis dengan baik tanpa tahu apa visi dan misi perusahaan
menciptakan produk.
·
Proposisi nilai dan persaingan untuk mengetahui apa
keunikan dari produk kamu dibanding dengan produk orang lain.
·
Analisis SWOT perlu dilakukan untuk membantu memahami
merek kamu lebih dalam. Dengan begitu kamu bisa memahami karakteristik yang
ingin digambarkan lewat merek tersebut
2. Perhatikan desain logo dan template
Setelah melakukan hal di atas, maka kini yang perlu
kamu lakukan adalah menentukan logo, warna palet, jenis dan template. Dalam
membuat beberapa hal ini, kamu harus memastikan konsistensi yang sama di
seluruh area bisnis untuk menciptakan merek yang harmonis. Kamu pun bisa
memastikan semua tim berpegang pada aturan merek yang sama lewat buku panduan
merek yang akan mendokumentasikan semua hal yang boleh dan tidak boleh
dilakukan dalam pembuatan merek.
3. Mengintegrasikan merek lewat bahasa yang terhubung
di media sosial
Konten dalam media sosial kamu juga mencerminkan brand
itu sendiri. Oleh karena itu dalam membuat konten, gunakan bahasa yang sesuai
dengan kepribadian merek. Jika identitas brand kamu diperuntukkan bagi high end
maka pakai bahasa yang profesional. Namun jika identitas brand kamu bersifat
lebih santai, maka kamu bisa menggunakan bahasa yang komunikatif. Bahasa yang dipilih juga harus terintegrasi
dengan seluruh bisnis untuk menciptakan nada merek yang sama baik itu dalam
iklan atau konten media sosial.
4. Memantau merek untuk mempertahankan brand identity
Langkah selanjutnya yang perlu diperhatikan dalam
membuat brand identity adalah melakukan pemantauan secara rutin baik
menggunakan Google Analytic, survei, melihat komentar di media sosial dan
sebagainya. Pemantauan ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana audiens bisa
berinteraksi dengan merek kamu. Dengan melakukan pemantauan yang rutin juga
akan memberikan gambaran berupa strategi yang bisa diperbaiki untuk
meningkatkan brand identity.
Manfaat Brand Identity bagi Brand
Beberapa manfaat brand identity antara lain:
1. Mudah dikenali audiens
Brand menjadi lebih mudah dikenali oleh audiens. Jika
audiens sudah mengenali brand Anda dengan baik, pastinya mereka akan lebih
memilih untuk memakai produk atau jasa yang brand Anda tawarkan.
2. Gampang bersaing dengan kompetitor
Jika suatu bisnis telah mempunyai ciri khas atau
keunikan tersendiri, audiens akan lebih mudah dan lebih cepat mengenalinya.
Bisnis dengan identitas brand yang kuat memungkinkan bisnis tersebut untuk
bersaing dengan kompetitor lainnya.Keunikan yang dimiliki oleh bisnis Anda akan
menjadi kelebihan tersendiri karena terlihat lebih dominan dibandingkan
kompetitor lainnya.
3. Mudah memiliki pelanggan yang loyal
Semua bisnis pasti ingin mempunyai pelanggan yang
loyal. Namun, untuk memperoleh hal ini dibutuhkan upaya yang tidak mudah dan
waktu yang tidak singkat. Maka, diperlukan identitas brand yang kuat untuk
mendapatkan pelanggan yang loyal.
Contoh Brand Identity
·
Coca-cola
·
McDonald’s
Kesimpulan
Brand identity adalah sekumpulan elemen yang terlihat
dari suatu merek mulai dari desain, logo dan warna yang mengidentifikasikan dan
membedakan merek di benak konsumen.
brand identitas ini berbeda dengan brand dan branding.
Apa saja perbedaanya?
· Brand lebih condong kepada bagaimana konsumen
memandang perusahaan kamu.
· Branding menjelaskan tentang bagaimana tindakan yang
dilakukan untuk membangun citra tertentu perusahaanmu.
· Brand identity adalah kumpulan suatu elemen yang ada
untuk menciptakan suatu citra merek.
Dengan adanya
brand identity, audiens pada akhirnya akan lebih mudah mengingat merek
secara jelas, unik dan konsisten.
Refrensi
https://www.ekrut.com/media/brand-identity-adalah
https://glints.com/id/lowongan/brand-identity-adalah/#.Y4RngHZBzIU
https://eprints.upnyk.ac.id/21238/3/ABSTRAK.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar