Muhammad Fikri Aditya (@V03-FIKRI)
Brand identify
adalah bagaimana sebuah merek menggambarkan dirinya kepada pelanggan. Ini
adalah himpunan dari semua kegiatan branding yang dimanjakan perusahaan agar
dapat dirasakan dengan cara tertentu kepada audiens target. Brand identify
adalah agregasi dari apa yang Anda (yaitu organisasi) lakukan. Ini adalah misi
organisasi, kepribadian, janji kepada konsumen dan keunggulan kompetitif. Ini
termasuk pemikiran, perasaan dan harapan dari target pasar (konsumen). Brand identify merupakan sarana
untuk mengidentifikasi dan membedakan suatu organisasi dari yang lain. Brand
identify mengarah pada loyalitas merek, preferensi merek, kredibilitas tinggi,
harga bagus, dan pengembalian finansial yang baik. Ini membantu organisasi
untuk mengekspresikan kepada pelanggan dan target pasar jenis organisasi itu.
Ini meyakinkan pelanggan lagi bahwa Anda adalah siapa yang Anda katakan. Ini
membangun hubungan langsung antara organisasi dan konsumen. Brand identify
harus berkelanjutan. Hal ini sangat penting agar konsumen langsung berkorelasi
dengan produk/jasa Anda.
Elemen Brand Identify
Elemen brand identify dijabarkan menjadi 2 komponen yaitu
elemen visual dan elemen non-visual:
1.
Elemen Visual
·
Nama Merek: Nama merek adalah nama yang diputuskan oleh ahli strategi
merek untuk mengidentifikasi penawaran dan membedakannya dari yang lain.
·
Logo & Tagline Merek: Logo adalah simbol tekstual dan/atau bergambar yang
mewakili penawaran atau organisasi, dan tagline adalah deskripsi singkat yang
mudah diingat yang secara ringkas dan jelas mengkomunikasikan pesan merek.
·
Gaya Tipografi Merek: Tipografi adalah seni dan
gaya mengatur huruf dan teks yang unik untuk merek.
·
Palet Warna: Palet warna adalah serangkaian
warna yang digunakan oleh merek dalam materi pemasarannya.
·
Citra: Ini adalah kumpulan gambar dan visual
berbeda yang digunakan oleh merek untuk mengkomunikasikan pesan mereknya.
2.
Elemen Non-Visual
·
Kepribadian Merek: Kepribadian merek mengacu
pada seperangkat sifat/karakteristik manusia yang ditugaskan pada merek.
Kepribadian ini berasal dari elemen Brand identify visual dan interaksi
pelanggan.
·
Asosiasi Merek: Ini adalah elemen selain merek
yang menurut pelanggan terkait dengan merek. Ini termasuk kepribadian terkenal,
merek mitra, dll.
·
Suara Merek: Suara merek adalah keseragaman dalam pemilihan kata,
sikap, dan nilai-nilai merek sambil menyapa audiens target atau orang lain.
Pentingnya Brand Identify
1.
Membantu mengembangkan citra merek yang sesuai
Sementara Brand identify adalah ekspresi
lahiriah dari merek, citra merek adalah bagaimana pelanggan memandangnya.
Memiliki identitas sangat penting bagi bisnis karena memunculkan citra merek.
Namun, adalah tugas bagi pemasar untuk membuat pelanggan membentuk citra merek
yang mirip dengan identitasnya.
2.
Membedakan Produk Dari Pesaing
Brand identify membantu merek mengembangkan
sikap uniknya sendiri dan membedakan dirinya dari orang lain di pasar.
Diferensiasi ini juga membantu dalam mengembangkan strategi penentuan posisi
dan mendapatkan basis pelanggan setia di pasar.
3.
Menciptakan Konsistensi
Konsistensi adalah aspek terpenting dari
branding dan Brand identify adalah apa yang menimbulkan konsistensi.
Mengembangkan ekspresi lahiriah yang konsisten penting untuk dirasakan dengan
cara yang diinginkan merek.
4.
Membantu mengembangkan kepribadian
Brand identify adalah identitas visual dan
alat representasi untuk mengekspresikan kepribadian merek.
Cara Membuat Brand Identify
1.
Analisis pelanggan ideal Anda, proposisi nilai
unik, dan pesaing
2.
Munculkan elemen visual unik untuk merek Anda
yang mencerminkan ide-ide Anda
3.
Pikirkan bahasa yang Anda gunakan untuk
berkomunikasi dengan pelanggan
4.
Hindari beberapa praktik negatif
5.
Pantau kemajuan Anda
Contoh Perusahaan Yang Memiliki Brand Identify
“Apple”
Apple memiliki
salah satu identitas yang paling membedakan dibandingkan dengan merek lain.
Penggunaan huruf 'i' sebelum setiap produk, harga premium, tampilan, logo, dan
suara membuatnya menonjol.
References
Anon. Brand Identify. Management Study Guide
Pahwa, Aashish. 2022. Brand Identify. Feedough
Anon. 2022. Brand Identify. Sendpulse
Tidak ada komentar:
Posting Komentar