STRATEGI
BISNIS PADA ERA DIGITAL DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR
Oleh : Meli Restiana (@V33 – Meli)
ABSTRAK
Dalam perkembangan
ekonomi digital di Indonesia secara tidak langsung membuat semua pelaku bisnis
harus mengikuti dan menggunakan media digital dalam proses bisnisnya. Untuk
dapat bertahan dan berkembang dalam dunia digital perlu adanya suatu strategi
bisnis, misalnya yaitu memaksimalkan bisnis dengan menggunakan teknologi yang
ada, lakukan proses promosi dengan menggunakan media sosial, selalu melakukan
inovasi, serta selalu memberikan pelayanan yang baik.
Kata kunci : Ekonomi
Digital, Strategi Bisnis, Inovasi.
PENDAHULUAN
Perkembangan dunia
yang saat ini sudah memasuki era baru, yaitu era digital membuat semua aspek
dalam kehidupan juga mau tidak mau harus mengikuti perkembangannya. Dalam aspek
ekonomi terutama perdagangan , era digit membuat peluang pasar yang ada semakin
lebar dan tidak mengenal batas negara. Namun selain membuka peluang pasar, era
digital membuat persaingan pasar menjadi lebih luas dan ketat. Semua produk
yang sama dari berbagai daerah ma0un negara akan bersaing untuk mendapatkan
pelanggan. Dengan adanya hal tersebut perlu adanya suatu cara atau strategi
untuk menghadapi persaingan pasar di era digital.
RUMUSAN MASALAH
Dalam menghadapi persaingan
pasar di era digital ini, perlu adanya strategi bisnis yang disiapkan. Dalam upaya
menyiapkan strategi tersebut ada beberapa permasalahan yang ada yaitu :
1.
Bagaimana perkembangan
ekonomi digital di Indonesia saat ini?
2. Apa
saja strategi yang bisa dilakukan dalam menghadapi persaingan pasar di era
digital?
PEMBAHASAN
1. KEADAAN
EKONOMI DIGITAL DI INDONESIA SAAT INI
Indonesia merupakan salah
satu negara yang memiliki potensi besar untuk perkembangan ekonomi
digital. Google dan TEMASEK (2018) dalam hasil penelitiannya, menyebutkan
bahwa salah satu hal yang mendukung perkembangan internet ekonomi di Indonesia
adalah banyaknya jumlah pengguna internet di Indonesia. Beberapa fakta lain
yang mendukung perkembangan ekonomi digital di Indonesia antara lain sebagai
berikut (McKinsey&Company, 2018):
1. Indonesia diperkirakan
memiliki pasar perdagangan online sebesar 5 Miliar untuk perdagangan online
formal, dan lebih dari 3 Miliar untuk perdagangan online informal.
2. Indonesia diperkirakan
memiliki 30 juta pembeli online pada tahun 2017 dengan total populasi sekitar
260 juta.
3. Pada tahun 2025,
ekonomi digital di Indonesia diperkirakan akan menciptakan 3.7 juta pekerjaan
tambahan.
4. Menghasilkan
pertumbuhan pendapatan hingga 80% lebih tinggi untuk usaha kecil dan menengah
(UKM).
5. Memberikan tambahan 2%
per tahun dalam pertumbuhan PDB dengan meningkatkan tingkat penetrasi broadband
dan penggunaan teknologi digital oleh UKM.
Munculnya beragam
aplikasi digital sebagai alat pembayaran merupakan salah satu bukti yang menunjukkan
perkembangan sektor nansial di era ekonomi digital ini. Tidak hanya sistem pembayaran.
Aplikasi-aplikasi digital yang berkaitan dengan system pembiayaan pun mulai
banyak dikembangkan dan digunakan oleh masyarakat. Tidak heran, saat ini, topik
terkait nancial technology atau sering disebut sebagai Fintech menjadi salah
satu topik yang sering dibahas oleh para pelaku ekonomi digital.
Melalui platform
e-commerce banyak produk-produk hasil budaya dan kreatitas masyarakat lokal
Indonesia yang diperjual-belikan. Tidak hanya itu, teknologi digital pun
dimanfaatkan untuk membangun digital platform yang dapat dipakai untuk
mempromosikan pariwisata Indonesia. Aplikasi-aplikasi seperti Traveloka,
Pegi-Pegi, dan Tiket.com merupakan salah satu contoh dari bentuk inovasi dan
perkembangan sektor kebudayaan, pariwisata, dan ekonomi kreatif di era ekonomi
digital saat ini.
2. STRATEGI
BISNIS DALAM ERA DIGITAL
Era yang sudah modern dan serba digital saat
ini semua hal semua peluang pasar akan terbuka semakin lebar tanpa mengenal
batas negara. Untuk menghadapi hal tersebut perlu ada strategi bisnis agar
usaha yang kita punya dapat bertahan serta berkembang. Strategi tersebut antara
lain :
a. Memaksimalkan
Penggunaan Teknologi
Pra
pelaku bisnis harus memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnisnyam
Memaksimalkan teknologi tidak hanya pada aspek promosi barang atau jasa saja
tapi juga dalam seluruh aspek bisnis. Orang yang tidak mau belajar teknologi
perlahan akan terbunuh karena sekarang ini semua hal menggunakan teknologi.
Jadi agar bisnis bisa bersaing di era
digital sekarang ini salah satu kuncinya yaitu arus melek teknologi.
b. Fokuskan Promosi
Melalui Sosial Media
Penggunaan sosial
media dalam bisnis bisa Anda manfaatkan sebagai media untuk promosi. Di
Indonesia hampir semua orang menggunakan media sosial, hal ini membuat sosial
media menjadi salah satu media efektif untuk promosi bisnis. Agar bisnis bisa
berkembang cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menggunakan semua sosial media untuk promosi.
Namun tentu saja setiap sosial media mempunyai karakteristik yang berbeda-beda.
Jadi harus menyesuaikan cara promosi di setiap sosial media.
c. Gunakan Strategi
Digital Marketing
Digital marketing
ini merupakan cara paling efektif dalam bisnis untuk bisa bersaing di era
digital. Secara umum digital marketing ini adalah pemasaran melalui media
digital. Tidak hanya sekedar memanfaatkan sosial media saja, digital marketing
menggunakan semua aspek digital dalam pemasarannya.
Cara digital
marketing yang mudah adalah dengan bergabung dalam e-commerce atau membuat
e-commerce sendiri. Melakukan digital marketing memang tidaklah mudah, dibutuhkan
seorang ahli agar bisa memaksimalkannya. Namun sekarang sudah banyak agency
digital marketing yang bisa digunakan.
d. Manfaatkan Aplikasi
Untuk Menjalankan Bisnis
Menggunakan
aplikasi dalam bisnis tidak hanya memudahkan, kita juga akan terhindar dari kesalahan
penghitungan. Selain itu, kita jjuga bisa menghemat biaya gaji karyawan. Dengan
aplikasi hal sederhana bisa dilakukan sendiri dengan bantuan aplikasi. Apalagi sekarang ini sudah tersedia banyak aplikasi bisnis
secara gratis. Kita bisa menggunakan aplikasi-aplikasi ini untuk membantu
menjalankan bisnis kita. Aplikasi membuat kita lebih hemat biaya dan tenaga.
e. Lakukan Inovasi
Dalam Berbisnis
Inovasi bisa kita
lakukan dalam berbagai aspek bisnis, misalnya saja inovasi dalam hal pemasaran.
Tidak hanya itu, inovasi juga bisa kita lakukan dalam semua aspek bisnis. Melakukan inovasi dalam bisnis sebenarnya tidak hanya perlu
ketika di era digital sekarang ini. Inovasi harus Anda lakukan agar bisnis Anda
berkembang dan semakin maju
f.
Selalu Berikan Layanan yang Terbaik Pada
Pelanggan
Strategi bisnis
yang terakhir agar bisnis kita bisa bersaing di era digital adalah memberikan
pelayanan yang terbaik. Pelayanan adalah salah satu kunci sukses dalam bisnis.
Tidak hanya di era digital saja, sebagai pelaku bisnis kita harus memberikan
pelayanan terbaiknya untuk pelanggan.Apalagi di era digital saat ini, pelanggan
yang tidak puas dengan pelayanan kita, bisa langsung mempublikasikannya melalui
media sosial. Efek publikasi buruk di media sosial atas bisnis kita sangat
berpengaruh pada perkembangannya. Oleh karena itu, pastikan pelayanan yang kita
berikan adalah yang terbaik.
KESIMPULAN
Pada keadaan ekonomi Indonesia yang mulai
memasuki era digitalisasi yang membuat semua orang di seluruh dunia dapat
terhubung secara mudah secara tidak langsung memunculkan persaingan yang ketat untuk
semua bisnis yang ada. Persaingan bisnis ini akan dimenangkan oleh mereka yang
dapat mengikuti perkembangan teknologi.
DAFTAR PUSTAKA
https://tirto.id/di-era-sekarang-digitalisasi-pasar-adalah-keharusan-gi9e
https://www.jurnal.id/id/blog/tips-hadapi-persaingan-bisnis-
online/https://www.ekon.go.id/publikasi/detail/4263/tingkatkan-ekonomi-digital-simak-potensi-dan-bahasan-menko-airlangga-dengan-ibm#:~:text=Nilai%20ekonomi%20digital%2Finternet%20Indonesia,Asia%20Tenggara%20berada%20di%20Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar