ABSTRAK
Dalam perkembangan bisnis saat ini, persaingan antara perusahaan semakin meningkat. Salah satu upaya agar perusahaan tetap dapat bertahan yaitu dengan meningkatkan kepuasan pelanggannya. Kepuasan pelanggan ini dapat dicapai dengan cara memberikan pelayanan yang terbaik ketika pelanggan mengunjungi, membeli, ataupun saat menyampaikan keluhannya terhadap produk/jasa yang ditawarkan. Pelayanan terbaik untuk pelanggan dapat diterapkan melalui cara berpakaian, cara berbicara, sikap atau etika, ekspresi wajah, ketepatan waktu, maupun kemudahan pelanggan dalam mendapatkan pelayanan tersebut.
Kata Kunci : Pelayanan, Kepuasan,
Pelanggan
PENDAHULUAN
Sebuah perusahaan atau bisnis
pasti mempunyai suatu tujuan tertentu yang harus dicapai supaya dapat bertahan
dalam jangka panjang. Salah satu tujuan sebuah perusahaan, baik barang atau
jasa adalah mewujudkan kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan merupakan aset
perusahaan yang paling penting, karena memiliki dampak yang besar terhadap
perkembangan perusahaan. Kualitas pelayanan merupakan salah satu faktor penting
dalam menentukan kepuasan pelanggan.
Dalam persaingan yang semakin
meningkat saat ini, dimana semakin banyak produsen yang terlibat untuk memenuhi
kebutuhan dan keinginan pelanggannya, setiap perusahaan harus fokus pada
pemenuhan kepuasan pelanggan sebagai tugas utama. Strategi yang dapat dilakukan
untuk meningkatkan kepuasan pelanggan yaitu dengan cara memberikan pelayanan
yang terbaik.
PEMBAHASAN
Pelayanan (customer service)
secara umum adalah setiap kegiatan yang diperuntukkan atau ditujukan untuk
memberikan kepuasan kepada pelanggan, melalui pelayanan ini keinginan dan
kebutuhan pelanggan dapat terpenuhi. Menurut Kotler dalam Hendro dan Syamswana
(2017) definisi pelayanan adalah setiap tindakan atau kegiatan yang dapat
ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain, yang pada dasarnya tidak
berwujud dan tidak mengakibatkan kepemilikan apapun.
Dalam mencapai kepuasan pelanggan, terdapat dasar-dasar pelayanan yang harus dilakukan oleh seorang customers service officer, yaitu:
- Pakaian dan penampilan rapi dan bersih
- Percaya diri, bersikap akrab, ramah dan penuh senyum (smilling face)
- Berbicara jelas dengan bahasa yang baik dan benar
- Tenang, sopan, sabar dan hormat dalam mendengarkan setiap pembicaraan
- Mendengarkan setiap pembicaraan dan menerima keluhan dengan baik
- Antusias dalam melayani dan tunjukkan kemampuan
- Tidak menyela atau memotong pembicaraan
Dalam upaya perbaikan kualitas pelayanan
demi pencapaian yang maksimal, terdapat beberapa dimensi yang perlu
diperhatikan oleh perusahaan, antara lain:
- Ketepatan waktu pelayanan, hal yang perlu diperhatikan disini adalah berkaitan dengan waktu tunggu dan waktu proses.
- Akurasi pelayanan, yang berkaitan dengan reliabilitas pelayanan dan bebas dari kesalahan-kesalahan.
- Kesopanan dan keramahan dalam memberikan pelayanan, terutamamereka yang berinteraksi langsung dengan pelanggan eksternal. Citra pelayanan dan perusahaan yang berada di garis depan pelayanan langsung kepada pelanggan eksternal.
- Tanggung jawab, yang berkaitan dengan penerimaan pesanan, maupun penanganan keluhan dari pelanggan eksternal.
- Kelengkapan, menyangkut lingkup pelayanan dan ketersediaan sarana pendukung serta pelayanan komplementer lainnya.
- Kemudahan dalam mendapatkan pelayanan, berkaitan dengan banyaknya petugas yang melayani.
- Variasi model pelayanan, berkaitan dengan inovasi untuk memberikan pola-pola baru pelayanan.
- Pelayanan pribadi, berkaitan dengan fleksibilitas, penanganan permintaan khusus dan lain-lain.
- Kenyamanan dalam memperoleh pelayanan, berkaitan dengan lokasi, ketersediaan informasi, petunjuk-petunjuk dan bentuk-bentuk lainnya
Dengan memperhatikan sekaligus
menerapkan hal-hal yang telah disebutkan diatas, dapat dikatakan bahwa perusahaan
tersebut telah memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya sehingga
kepuasan yang dirasakan oleh pelanggan dapat meningkat.
Terciptanya kepuasan konsumen
akan memberikan manfaat bagi perusahaan, antara lain hubungan antar perusahaan
dan konsumennya menjadi harmonis, terciptanya dorongan pembelian ulang oleh
konsumen, dan memberikan pengalaman positif bagi konsumen yang selanjutnya
berdampak pada kesedian konsumen tersebut untuk merekomendasikan kepada calon
konsumen
KESIMPULAN
Pelayanan pelanggan merupakan hal
yang paling diingat oleh seorang pelanggan ketika mengunjungi, membeli, ataupun
saat menyampaikan keluhan terkait produk atau jasa yang ditawarkan. Pelayanan
kepada pelanggan bertujuan memelihara dan meningkatkan hubungan psikologis
antara produsen dan pelanggan serta memantau berbagai keluhan pelanggan. Dengan
memperhatikan hal-hal penting dan melakukan upaya yang strategis terkait pelayanan
pelanggan, dapat menciptakan kepuasan pelanggan yang akan mewujudkan loyalitas dan
pembelian ulang terkait produk/jasa yang ditawarkan oleh perusahaan terkait. Dengan
demikian, perusahaan tersebut mempunyai peluang yang besar untuk mempertahankan
kelangsungan hidupnya dalam jangka waktu yang panjang.
DAFTAR PUSTAKA
Adhari, I. Z. (2020). KEPUASAN PELANGGAN &
PENCAPAIAN BRAND TRUST. Pasuruan: CV. Penerbit Qiara Media.
HL, S., Islami, V., & anti, F. N. (2019). Service Excellence. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar