Oleh: Vanie Cahyani rachmanindya (@V29-VANIE)
ABSTRAK
Konsep orientasi
pelanggan dapat diartikan sebagai pemahaman mendalam tentang target beli
pelanggan yang mempunyai tujuan untuk menciptakan nilai unggul pada pelanggan
secara terus menerus. Orientasi pelanggan oleh para peneliti ditempatkan
sebagai prioritas tertinggi dalam hal memberikan nilai–nilai superior pada
pelanggan. Dengan adanya informasi tersebut maka perusahaan dapat memahami
siapa saja yang menjadi pelanggan potensialnya, baik untuk saat ini maupun pada
masa yang akan datang dan apa yang mereka inginkan untuk saat ini maupun saat
yang akan datang.
PENDAHULUAN
Orientasi Pelanggan
adalah bagaimana perusahaan memandang pemahaman kebutuhan dari sasaran konsumen
dan menyesuaikan respon dari organisasi penjualan yang bertujuan untuk
memuaskan pelanggan (Agustina, 2016). Tonggak utama dalam memenangkan pasar
adalah karena loyalitas pelanggan, jika pelanggan puas dan loyal maka secara
langsung akan mempengaruhi keberhasilan pasar dan citra perusahaan. Orientasi pelanggan
sangat berpengaruh terhadap keunggulan bersaing. Menciptakan kepuasan pelanggan
melalui orientasi pelanggan dapat meningkatkan kinerja pemasaran. Implementasi
yang berfokus pada orientasi pelanggan dapat membentuk nilai keunggulan
bersaing sebagai kekuatan perusahaan dalam meningkatkan kinerja pemasaran.
Seiring
dengan perkembangan teknologi dan perubahan zaman yang semakin maju membuat
strategi pemasaran tradisional tidak lagi efektif dalam menjangkau pasar yang
modern saat ini (Marta & William, 2017). Hal ini juga dipicu karena
persaingan pasar yang semakin ketat dan selera pelanggan yang cepat
berubah-ubah. Untuk itu, orientasi kewirausahaan sangat perlu diterapkan karena
orientasi kewirausahaan merupakan strategi yang bersifat fleksibel. Fleksibel
yang dimaksud karena praktek kewirausahaan adalah salah satu praktek yang bisa
menciptakan sesuatu menyesuaikan perkembangan zaman serta menyesuaikan
keinginan dan kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu.
PEMBAHASAN
Orientasi pelanggan
dan pesaing adalah salah satu metode yang dapat digunakan apabila perusahaan
ingin unggul dalam persaingan (Cravens, 2003). Kinerja perusahaan dapat
dikatakan berhasil apabila perusahaan bukan hanya mengenalkan produk, namun
juga berfokus kepada pelanggan yang mampu menarik pelanggan dan mengungguli
pesaing dengan memenuhi dan memuaskan kebutuhan pelanggan secara baik, hal ini
merupakan salah satu efektifitas pemasaran yang bertujuan mempertahankan
pelanggan (Kotler, 2000).
Agustina (2016) mendefinisikan orientasi pelanggan
adalah bagaimana perusahaan memandang pemahaman kebutuhan dari sasaran konsumen
dan menyesuaikan respon dari organisasi penjualan yang bertujuan untuk
memuaskan pelanggan. Berdasarkan pemaparan diatas dapat disimpulkan bahwa
orientasi pelanggan adalah suatu komitmen perusahaan dalam memprioritaskan
pelanggan melalui proses memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan untuk
menciptakan kepuasan pelanggan. Orientasi pelanggan merupakan upaya perusahaan
untuk menerapkan strategi yang berfokus kepada pelanggan.
Hubungan Orientasi
Pelanggan pada Kinerja Pemasaran
Tonggak utama dalam memenangkan pasar adalah karena loyalitas dan kepuasan
pelanggan. Loyalitas dan kepuasan pelanggan merupakan hasil dari upaya dalam
memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan melalui orientasi pelanggan yang
secara langsung dapat mempengaruhi kinerja pemasaran. Orientasi pelanggan yang
tepat akan mampu membantu perusahaan mengetahui keputusan yang akan dilakukan.
Dengan melakukan orientasi pelanggan, perusahaan akan mudah mengetahui tentang
selera pelanggan dan berusaha memberikan yang terbaik buat pelanggan (Rauch et
al., 2009).
KESIMPULAN
Orientasi pelanggan,
berpengaruh positif dan signifikan pada kinerja perusahaan. Hal ini berarti
semakin tinggi tingkat orientasi pelanggan maka tingkat kinejaperusahaan akan
semakin baik dan sebaliknya semakin rendah orientasi pelanggan maka tingkat kinerja
perusahaan akan semakin jelek atau
buruk.
DAFTAR PUSTAKA
Agustina, L. 2016. Pengaruh Penjualan Adaptif, Kemampuan Mendengar dan
Orientasi Pelanggan Terhadap Kinerja Tenaga Penjual Jasa Hotel Bintang 4 &
5 di Yogyakarta. Jurnal Manajemen, 6(1), 6(1).
Marta,
R. F., & William, D. M. W. M. 2017. Studi Terpaan Media Pemasaran Melalui
Posting Instagram Terhadap Ekuitas Merek Pelanggan Sumoboo! Jurnal Komunikasi,
8(1), 68-82.
Cravens,
D. W. 2003. Strategic Marketing: Trivus Mirris Higher Education Group Inc
Company
Kotler.
2000. Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta: PT. Ikrar Mandiri Abadi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar