Abstrak
Adanya persaingan dalam dunia bisnis
membuat para pelaku bisnis berbondong bondong untuk mempertahankan bisnisnya.
Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya orientasi pasar bagi bisnis.
Selain mempertahankan bisnis, orientasi pasar juga dapat meningkatkan bisnis
sesuai dengan zaman yang ada
Pendahuluan
Munculnya
persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Dengan
adanya persaingan, maka perusahaan – perusahaan dihadapkan pada berbagai
peluang dan ancaman baik yang berasal dari luar maupun dari dalam negeri. Setiap
perusahaan memiliki tujuan untuk mewujudkan pertumbuhan dan kelangsungan
hidupnya untuk jangka panjang. Situasi yang demikian, mendorong
perusahaan-perusahaan yang ada untuk mencari solusiyang kreatif
dan inovatif agar
dapat bertahan dan
memenangkan persaingan. Untuk itu
setiap perusahaan dituntut untuk selalu mengerti dan memahami apa yang terjadi
di pasar dan apa yang menjadi keinginan konsumen, serta berbagai perubahan yang
ada di lingkungan bisnisnya sehingga mampu bersaing dengan
perusahaan-perusahaan lainnya.
Pembahasan
Menurut Kohli dan
Jaworski ( 1990,p.1-18 ), orientasi pasar merupakan budayaperusahaan yang bisa
membawa pada meningkatnya kenerja pemasaran. Narver dan Slater( 1990,p.34 )
mendefinisikan orientasi pasar sebagai budaya organisasi yang paling
efektifdan efisien untuk
menciptakan
perilaku–perilaku yang dibutuhkan
untuk menciptakan superior value
bagi pembeli dan
menghasilkan superior performance
bagi perusahaan.Perusahaan yang
telah menjadikan orientasi pasar sebagai budaya organisasi akan
berdasarpada kebutuhan dasar
eksternal, keinginan dan
permintaan pasar sebagai
dasar dalampenyusunan strategi
bagi masing–masingunit bisnis dalam organisasi, dan menentukankeberhasilan
perusahaan
Ruang Lingkup dan
Tingkatan Orientasi Pasar
Menurut Hasan
(2008), ruang lingkup orientasi pasar dapat dilihat melalui model determinan
orientasi pasar terhadap sukses bisnis, seperti peningkatan pertumbuhan
penjualan, kinerja finansial dan profitabilitas. Adapun ruang lingkup orientasi
pasar dan determinasi sukses bisnis dapat dilihat pada gambar di bawah ini:
Keunggulan
orientasi pasar
1.
Kepuasan pelanggan.
Ketersediaan produk memungkinkan orang memiliki lebih banyak pilihan untuk
memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Itu mengarah kualitas hidup yang
lebih baik.
2.
Tingkat penerimaan yang lebih
tinggi. Perusahaan menjual apa yang diinginkan konsumen alih-alih menjual
sebanyak mungkin produk yang mungkin sebenarnya tidak ingin konsumen beli.
Mereka melakukan riset pasar dan mengembangkan bauran pemasaran yang efektif.
Sehingga, kegagalan produk di pasar jauh berkurang karena perusahaan
menyelaraskan produk mereka dengan harapan dan permintaan pelanggan.
3.
Loyalitas pelanggan. Dengan
memuaskan pelanggan, perusahaan dapat menciptakan loyalitas. Itu penting untuk
mengamankan penjualan dan keuntungan dalam jangka panjang. Sekali lagi, untuk
menghasilkan loyalitas yang lebih tinggi, mereka harus melakukannya lebih baik
daripada pesaing.
4. Lebih banyak ide. Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan umpan balik dari konsumen. Itu berguna untuk meningkatkan kualitas produk yang ada saat ini atau dalam mengembangkan produk baru berikutnya
Kelemahan orientasi pasar
1.
Lebih kompleks. Perusahaan
harus mempertimbangkan aspek yang lebih luas untuk menghasilkan keuntungan,
mulai dari kebutuhan pasar, operasi bisnis hingga peta persaingan. Mereka harus
memastikan produk memuaskan pelanggan dengan cara yang menguntungkan
2.
Harus fleksibel. Tidak hanya
lebih kompleks, orientasi pasar memaksa bisnis untuk lebih fleksibel.
Perusahaan harus dapat beradaptasi dengan perubahan selera pelanggan dan
dinamika persaingan. Jika gagal melakukannya, mereka kehilangan penjualan dan
tidak dapat mengamankan keuntungan dalam jangka Panjang
Kesimpulan
Orientasi Pasar (Market Orientation)Orientasi pasar merupakan
sesuatu yang penting bagi perusahaan sejalan denganmeningkatnya persaingan
global dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan dimanaperusahaan menyadari bahwa
mereka harus selalu dekat dengan pasarnya. Orientasipasar merupakan budaya
bisnis dimana organisasi mempunyai komitmen untuk terusberkreasi dalam
menciptakan nilai unggul bagipelanggan. Perusahaan yang berorientasi pada pasar
(market oriented) adalah perusahaan yang menjadikan pelanggan sebagai kiblat bagi
perusahaan untuk menjalankan bisnisnya (customer orientation), agar perusahaan
dapat secara terus menerus berorientasi pada pelanggan, secara bersamaan
perusahaan juga harus berorientasi pada pesaing (competitor orientation)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar