Oktober 08, 2022

Pentingnya Orientasi Pasar Bagi Perusahaan

 


Abstrak

Adanya persaingan dalam dunia bisnis membuat para pelaku bisnis berbondong bondong untuk mempertahankan bisnisnya. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya orientasi pasar bagi bisnis. Selain mempertahankan bisnis, orientasi pasar juga dapat meningkatkan bisnis sesuai dengan zaman yang ada

Pendahuluan

Munculnya persaingan dalam dunia bisnis merupakan hal yang tidak dapat dihindari. Dengan adanya persaingan, maka perusahaan – perusahaan dihadapkan pada berbagai peluang dan ancaman baik yang berasal dari luar maupun dari dalam negeri. Setiap perusahaan memiliki tujuan untuk mewujudkan pertumbuhan dan kelangsungan hidupnya untuk jangka panjang. Situasi yang demikian, mendorong perusahaan-perusahaan yang ada untuk mencari solusiyang  kreatif  dan  inovatif  agar  dapat  bertahan  dan  memenangkan  persaingan. Untuk itu setiap perusahaan dituntut untuk selalu mengerti dan memahami apa yang terjadi di pasar dan apa yang menjadi keinginan konsumen, serta berbagai perubahan yang ada di lingkungan bisnisnya sehingga mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.

 

Pembahasan

Menurut Kohli dan Jaworski ( 1990,p.1-18 ), orientasi pasar merupakan budayaperusahaan yang bisa membawa pada meningkatnya kenerja pemasaran. Narver dan Slater( 1990,p.34 ) mendefinisikan orientasi pasar sebagai budaya organisasi yang paling efektifdan  efisien  untuk  menciptakan  perilaku–perilaku  yang  dibutuhkan  untuk  menciptakan superior  value  bagi  pembeli  dan  menghasilkan  superior  performance  bagi  perusahaan.Perusahaan yang telah menjadikan orientasi pasar sebagai budaya organisasi akan berdasarpada  kebutuhan  dasar  eksternal,  keinginan  dan  permintaan  pasar  sebagai  dasar  dalampenyusunan strategi bagi masing–masingunit bisnis dalam organisasi, dan menentukankeberhasilan perusahaan

Ruang Lingkup dan Tingkatan Orientasi Pasar

Menurut Hasan (2008), ruang lingkup orientasi pasar dapat dilihat melalui model determinan orientasi pasar terhadap sukses bisnis, seperti peningkatan pertumbuhan penjualan, kinerja finansial dan profitabilitas. Adapun ruang lingkup orientasi pasar dan determinasi sukses bisnis dapat dilihat pada gambar di bawah ini:



Keunggulan orientasi pasar

1.       Kepuasan pelanggan. Ketersediaan produk memungkinkan orang memiliki lebih banyak pilihan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan mereka. Itu mengarah kualitas hidup yang lebih baik.

2.       Tingkat penerimaan yang lebih tinggi. Perusahaan menjual apa yang diinginkan konsumen alih-alih menjual sebanyak mungkin produk yang mungkin sebenarnya tidak ingin konsumen beli. Mereka melakukan riset pasar dan mengembangkan bauran pemasaran yang efektif. Sehingga, kegagalan produk di pasar jauh berkurang karena perusahaan menyelaraskan produk mereka dengan harapan dan permintaan pelanggan.

3.       Loyalitas pelanggan. Dengan memuaskan pelanggan, perusahaan dapat menciptakan loyalitas. Itu penting untuk mengamankan penjualan dan keuntungan dalam jangka panjang. Sekali lagi, untuk menghasilkan loyalitas yang lebih tinggi, mereka harus melakukannya lebih baik daripada pesaing.

4.   Lebih banyak ide. Riset pasar memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan umpan balik dari konsumen. Itu berguna untuk meningkatkan kualitas produk yang ada saat ini atau dalam mengembangkan produk baru berikutnya

Kelemahan orientasi pasar

1.       Lebih kompleks. Perusahaan harus mempertimbangkan aspek yang lebih luas untuk menghasilkan keuntungan, mulai dari kebutuhan pasar, operasi bisnis hingga peta persaingan. Mereka harus memastikan produk memuaskan pelanggan dengan cara yang menguntungkan

2.       Harus fleksibel. Tidak hanya lebih kompleks, orientasi pasar memaksa bisnis untuk lebih fleksibel. Perusahaan harus dapat beradaptasi dengan perubahan selera pelanggan dan dinamika persaingan. Jika gagal melakukannya, mereka kehilangan penjualan dan tidak dapat mengamankan keuntungan dalam jangka Panjang

Kesimpulan

Orientasi Pasar (Market Orientation)Orientasi pasar merupakan sesuatu yang penting bagi perusahaan sejalan denganmeningkatnya persaingan global dan perubahan dalam kebutuhan pelanggan dimanaperusahaan menyadari bahwa mereka harus selalu dekat dengan pasarnya. Orientasipasar merupakan budaya bisnis dimana organisasi mempunyai komitmen untuk terusberkreasi dalam menciptakan nilai unggul bagipelanggan. Perusahaan yang berorientasi pada pasar (market oriented) adalah perusahaan yang menjadikan pelanggan sebagai kiblat bagi perusahaan untuk menjalankan bisnisnya (customer orientation), agar perusahaan dapat secara terus menerus berorientasi pada pelanggan, secara bersamaan perusahaan juga harus berorientasi pada pesaing (competitor orientation)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar