ABSTRAK
Teknologi saat ini terus berkembang
dan manfaat penggunaan internet terasa bagi para pemakainya. Beberapa orang
merasa ketergantungan dengan adanya internet, termasuk aktivitas berwirausaha dalam
memanfaatkan teknologi informasi untuk menjalankan usahanya. Artikel ini
membahas pemanfaatan digital marketing dalam pengembangan usaha. Di zaman
kemajuan teknologi seperti ini, digital marketing sangat bermanfaat dalam
kemajuan usaha karena hampir semua masyrakat menggunakan smartphone. Dalam
smartphone tersebut, sudah banyak aplikasi-aplikasi yang berfungsi sebagai
wadah untuk para wirausaha memperkenalkan produk atau jasanya. Oleh sebab itu,
dalam artikel ini dibahas lebih lanjut mengenai pemanfaat digital marketing,
dari segi kelebihan, kekurangan, dan karakteristik dari digital marketing yang
berpengaruh dalam pemanfaataannya.
Kata kunci: Digital Marketing, Pemanfaatan, Usaha
PENDAHULUAN
Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang
tidak bisa dihindari dalam kehidupan saat ini,
karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu
pengetahuan. Setiap inovasi
diciptakan untuk memberikan manfaat positif, memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan
aktifitas bagi kehidupan manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa
oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir
ini.
Manfaat internet semakin sangat terasa
bagi para pemakainya yang tidak bisa lepas dari dunia internet ini. Seperti misalnya para internet marketer, narablog, blogger, dan juga
sekarang toko online semakin
mempunyai tempat di mata para konsumen yang sedang mencari barang tertentu.
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan, pengguna internet di Indonesia hingga saat ini
telah mencapai 82 juta orang. Dengan capaian tersebut, Indonesia berada pada peringkat ke-8 di dunia (Kominfo, 2013).
Perkembangan teknologi sekarang ini
telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Banyak hal dari sektor kehidupan
yang telah menggunakan keberadaan dari teknologi
itu sendiri. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar
terhadap kehidupan umat manusia dalam
berbagai aspek dan dimensi. Demikian halnya dengan teknologi komunikasi yang merupakan peralatan perangkat keras
dalam struktur organisasi yang mengandung nilai sosial yang memungkinkan individu
untuk mengumpulkan, memproses dan saling tukar informasi.
Salah satu kekuatan
ekonomi yang selama ini menjadi
penunjang ekonomi negara Indonesia dan kekuatan ekonomi
daerah adalah kehadiran
para wirausaha. Pada saat ekonomi dunia dan perekonomian Indonesia
mengalami resesi, justru para
wirausaha tidak sedikitpun tidak terkena dampak negatif resesi ekonomi
tersebut, bahkan sebagian besar para
wirausaha tetap dapat mengembangkan usahanya dalam menunjang perekonomian negara. Wirausahawan dapat mempertahankan dan meningkatkan kontribusi pertumbuhan ekonomi daerah serta peningkatan penerimaan pada
sektor pajak negara, selain ditunjang
oleh industri skala besar, juga ditunjang secara signifikan oleh kelompok-kelompok industri
skala kecil.
Digital
marketing menjadi salah satu media yang sering
digunakan oleh pelaku usaha karena kemampuan
baru konsumen dalam mengikuti arus digitalisasi, beberapa
perusahaan sedikit demi sedikit
mulai meninggalkan model pemasaran konvesional/dan beralih ke pemasaran moderen. Dengan digital marketing komunikasi dan
transaksi dapat dilakukan setiap waktu/real time dan bisa di akses ke seluruh
dunia, seseorang juga dapat melihat berbagai barang melalui internet, sebagian besar informasi mengenai berbagai
produk sudah tersedia di internet, kemudahan
dalam pemesanan dan kemampuan konsumen dalam membandingkan satu produk dengan
produk lainnya (Kotler &
Keller, 2008).
PERMASALAHAN
Berdasarkan latar
belakang yang sudah dipaparkan maka rumusan masalah dalam artikel ini yang akan
di bahas adalah bagaimana bentuk pemanfaatan digital marketing dalam
mengembangkan usaha?
PEMBAHASAN
Digital Marketing dapat didefinisikan sebagai kegiatan marketing termasuk branding yang menggunakan berbagai media berbasis web (Sanjaya & Tarigan, 2009). Digital marketing merupakan pemasaran dengan menggunakan penerapan teknologi secara digital. Peran strategi digital marketing dapat menjadi hal yang penting dalam mengikuti perkembangan teknologi digital dan mengembangkan rencana untuk menarik konsumen dan mengarahkannya pada perpaduan antara komunikasi elektornik dan komunikasi tradisional (Chaffey, Chadwick, Mayer, & Johnston, 2009). Menjadikan perusahaannya ‘mudah’ dijangkau oleh pelanggan dengan hadir di media- media dengan akses langsung ke pelanggan merupakan inti dari digital marketing. Inilah sesungguhnya pendekatan horizontal. Ketika pemasar dan pelanggan berada di garis yang sama, keduanya dapat saling menjangkau, kepuasan pelanggan akan pelayanan dapat terpenuhi, karena customer memang harus dilayani secara horizontal (Kartajaya, 2009). Ali Hasan (2013) mendeskripsikan bahwa pemasaran digital mempunyai sejumlah karakteristik sebagai berikut:
- Upaya meningkatkan interaktivitas bisnis dengan pelanggan yang bergantung pada teknologi.
- Sebuah dialog elektronik (teknologi interaktif) untuk memberikan akses informasi kepada pelanggan (komunitas, individu), dan sebaliknya.
- Upaya melakukan semua kegiatan bisnis melalui internet untuk tujuan penelitian, analisis dan perencanaan untuk menemukan, menarik, dan mempertahankan pelanggan.
- Upaya meningkatkan akselarasi jual beli barang dan jasa (tertentu), informasi dan ide melalui internet.
Teknologi digital telah mengubah
cara manusia dalam ”berbicara”, berkomunikasi, bertindak, dan mengambil
keputusan. Setiap hari kita selalu berhubungan dengan berbagai macam teknologi mulai dari internet hingga telepon genggam. Hal ini membuktikan bahwa dunia digital
telah menjadi dunia kita. Berikut adalah konsep, prinsip, atau hukum yang perlu
menjadi perhatian khusus para
marketer dalam melakukan aktivitas marketing, branding, dan selling di dunia digital (Sanjaya
& Tarigan, 2009). Konsumen saat ini memperhatikan konten yang dipaparkan oleh pemasar sehingga
membebtuk pemikiran irasional
yang bertujuan untuk mempengaruhi keputusan pembelian para konsumen
(Febriyantoro, M.T, 2016).
Wardhana (2015) menemukan bahwa
strategi digital marketing berpengaruh
hingga 78% terhadap keunggulan bersaing para wirausaha dalam
memasarkan produknya.
Pemanfaatan digital marketing memiliki beberapa keunggulan, antara lain:
- Target bisa diatur sesuai demografi, domisili, gaya hidup, dan bahkan kebiasaan;
- Hasil cepat terlihat sehingga pemasar dapat melakukan tindakan koreksi atau perubahan apabila dirasa ada yang tidak sesuai;
- Biaya jauh lebih murah daripada pemasaran konvensional;
- Jangkauan lebih luas karena tidak terbatas geografis;
- Dapat diakses kapanpun tidak terbatas waktu. Hasil dapat diukur, misalnya jumlah pengunjung situs, jumlah konsumen yang melakukan pembelian online;
- Kampanya bisa dipersonalisasi;
- Bisa melakukan engagement atau meraih konsumen karena komunikasi terjadi secara langsung dan dua arah sehingga pelaku usaha membina relasi dan menumbuhkan kepercayaan konsumen.
Di sisi lain, digital marketing pun memiliki kelemahan, di antaranya:
- Mudah ditiru oleh pesaing;
- Dapat disalahgunakan oleh pihak-pihak tidak bertanggung jawab;
- Reputasi menjadi tidak baik ketika ada respon negatif;
- Belum semua orang menggunakan teknologi internet/digital.
Strategi digital marketing dengan menggunakan media sosial sangatlah penting
karena dapat memberi pengetahuan
kepada para wirausaha mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen
melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya
sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi
usahawan itu sendiri.
Penggunaan internet telah mengubah
sebagian besar konsep dari pemasaran
yang sebelumnya hanya bertumpu
pada marketing mix yang terdiri dari product, proce, place dan promotion, namun perkembangan saat ini
adanya penambahan pada dasar pemasaraan yaitu
pendekatan 4C yang terdiri dari customer, cost, convenience dan
communication (Smith, 2003). Bisnis
harus mempertimbangkan biaya untuuuk memaksimalkan profir dan penggunaan
internet juga membuat nyaman
konsumen, karena konsumen dapat membeli produk hanya dari rumah saja, dan perusahaan perlu mengembangkan
komunikasi dua arah agar terbentuk hubungan yang baik dengan pelanggan
(Smith, 2003).
KESIMPULAN
Seluruh wirausaha menyatakan bahwa
penggunaan digital marketing membantu mereka dalam menginformasikan dan berinteraksi secara langsung dengan konsumen. Para wirausaha mengatakan bahwa penggunaan digital marketing memperluas pangsa pasar mereka, meningkatkan awareness
bagi konsumen karena para wirausaha rutin memperbarui informasi mengenai produk setiap hari sekali serta meningkatkan
penjualan karena beberapa usaha juga
berkolaborasi dengan beberapa marketplace seperti Shopee dan Tokopedia kemudian bagi para wirausaha yang kategorinya
makanan dan minuman berkolaborasi dengan aplikasi Go- Food sehingga memudahkan konsumen untuk membeli produk
mereka.
Secara keseluruhan digital marketing
adalah pendekatan baru dalam dunia marketing
yang dapat menghemat
biaya, meningkatkan customer
loyalty dan membuat
order secara sistematis (Mokhtar, 2015). Internet
marketing secara signifikan mengelola informasi dan customer relationship (Canavan, Henchion, & O’Reilly,
2007).
DAFTAR PUSTAKA
Aditya wardhana. (2015). Strategi
Digital Marketing dan Implikasinya Pada Keunggulan Bersaing UMKdi Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan dan Bisnis IV (pp.
327–337). Universitas Pendidikan Indonesia.
Ali, H. (2013).
Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian : Suatu Pendekatan
Praktik. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Canavan, O., Henchion, M., & O’Reilly,
S. (2007). The use of the internet
as a marketing channel for Irish speciality food. International Journal of Retail and Distribution Management. https://doi.org/10.1108/09590550710728110
Chaffey, D., Chadwick, F. E., Mayer, R., &
Johnston, K. (2009). Internet Marketing:
Strategy, Implementation, and Practice. United States: Prentice Hall.
Video Pembelajaran Kewirausahaan III.
Kang Atep Afia Channel. Peranan Digital Marketing Dalam Kewirausahaan
(#KEWIRAUSAHAANTIGA006
Tidak ada komentar:
Posting Komentar