Abstrak
Pemasaran digital merupakan alternatif bagi usaha kecil dan menengah (UKM) dengan anggaran promosi yang terbatas. Penggunaan media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan website merupakan alternatif yang dapat digunakan untuk menciptakan brand awareness, engagement, sales bahkan loyalty. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh digital marketing terhadap umkm. Dari hasil yang diperoleh, disarankan sebaiknya penggunaan strategi digital marketing dapat ditindaklanjuti dengan pembimbingan secara berkala sehingga bisa efektif dan optimal dalam menunjang kegiatan pemasaran dan meningkatkan penjualan usaha UMKM.
Kata Kunci: digital marketing, UMKM
Pendahuluan
Era
revolusi industri 4.0 dan sedang berjalan ke arah 5.0, membuat semua pihak
untuk dapat berbenah mengikuti laju perkembangan industri. Tidak terkecuali
dengan sistem pemasaran dan penjualan yang semakin berkembang dan konsumen yang
semakin kompleks. Sehingga konsep pemasaran baru yang berbasis digital ini
dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh para pelaku bisnis rumahan atau UKM/UMKM
yang mendominasi pelaku perekonomian di Indonesia. Usaha kecil dan menengah
merupakan salah satu pendorong untuk meningkatan perekonomian nasional dan
sumber pencipataan lapangan kerja. Dengan dikembangnya Teknologi Informasi (TI)
seperti Internet, maka informasi dari satu negara ke lain akan mudah berpindah dengan
cepat. Dampak dari percepatan informasi ini, dapat dirasakan dalam bidang
ekonomi, keuangan, dan jasa telekomunikasi.
Melalui perkembangan TI suatu bisnis mudah berkembang tentunya
persainganpun semakin ketat. Semakin ketatnya persaingan pasar domestik. Produk
UMKM akan bersaing dengan produk luar negeri yang unggul dalam manajemen,
penguasaan teknologi, sumber daya manusia, akses pasar dan lainnya.
Pembahasan
Pengertian
Digital Marketing
Digital
Marketing adalah istilah umum untuk pemasaran barang atau jasa yang
ditargetkan, terukur, dan interaktif dengan menggunakan teknologi digital.
Tujuan utama dari digital marketing adalah untuk mempromosikan merek, membentuk
preferensi dan meningkatkan traffic penjualan melalui beberapa tenik pemasaran
digital.
Jenis
– Jenis Digital Marketing
a. Website
Salah satu
jenis dari digital marketing yaitu website. Selain sebagai sarana promosi dan
memasarkan produk, melalui website pun konsumen dapat mencari dan melihat
review tentang produk yang ingin dibeli. Berikut keuntungan menggunakan website:
1. Menjadi
media promosi yang mudah untuk diakses setiap saat, jadi dapat merespon
permintaan kepada pencari (pengakses) salama 24 jam.
2.
Menyediakan informasi yang valid kepada pelanggan yang ingin mengetahui tentang
produk atau jasa
3.
Efisiensi yaitu menghemat biaya dan waktu pemasaran
b. Sosial
Media Marketing
Sosial
media marketing adalah pemasaran menggunakan situs media sosial untuk
meningkatkan visibilitas di internet dan untuk mempromosikan produk dan
layanan.
c. Seacrh
Engine atau Mesin Pencarian
Search
Engine atau Mesin Pencari adalah jenis website yang khusus untuk mengumpulkan
daftar website yang bisa ditemukan di internet dalam data base yang kemudian
menampilkan daftar indeks ini berdasarkan kata kunci atau keyword yang dicari
oleh user
d. Email
Marketing
Email
marketing adalah sebuah tindakan atau aktivitas mengirimkan pesan komersil
seperti promo, penawaran produk, diskon, penawaran membership dan lain
sebagainya kepada sekelompok orang dengan menggunakan media email.
e. Iklan secara
online
Jenis
digital marketing yang satu ini hampir sama denga jenis iklan yang lainnya.
Yaitu memanfaatkan platform youtube ataupun
media lainnya.
Kelebihan
menggunakan Digital Marketing
Berikut
beberapa keuntungan menggunakan digital marketing yaitu:
a.
Kesempatan untuk penetrasi dan jangkauan pasar lebih luas. Jadi sangat
berpeluang untuk UMKM.
b. Konten
menarik: pemasaran digital menawarkan bnayak konten menarik, praktis dan tidak
terbatas.
c. Mudah
diukur: teknologi digital memungkinkan pengukuran. Jadi, pemilik usaha dapat
mengetahui seberapa jauh konten yang dibuat dapat berdampak pada penjualan.
Kekurangan
menggunakan Digital Marketing
a. Koneksi
internet: mungkin beberapa kasus muncul ketika melakukan promosi online
misalnya koneksi internet.
b. Masalah
pembayaran: banyak orang yang masih belum mengerti tentang metode pembayaran
secara online.
c.
Kurangnya kepercayaan pengguna karena banyaknya penipuan, kualitas barang yang
dijual tidak sesuai dengan ekspetasi dan lain-lain
Kesimpulan
Di era
sekarang ini, para pelaku UMKM hendaknya bisa memanfaatkan media digital
sebagai salah satu upaya pemasaran produknya sehingga konsumen lebih mengenal
produk yang dihasilkan oleh UMKM tersebut. Strategi Digital Marketing merupakan
strategi pemasaran yang memanfaatkan teknologi informasi yang semakin
berkembang. Penerapan strategi tersebut dalam sebuah bisnis harus dengan
memperhatikan berbagai factor internal dan eksternal untuk mengetahui kesesuaian
dan untuk menentukan strategi Digital Marketing yang paling tepat. Tujuan utama
dari penerapan strategi Digital Marketing adalah untuk membangun komunikasi
antara produsen dengan pelanggan, lebih tepatnya untuk mengomunikasikan merek
dalam membangun kepercayaan dan loyalitas merek pada pelanggan.
Daftar Pustaka
Wardhana,
A. (2015, April). Strategi digital marketing dan Implikasinya pada Keunggulan
Bersaing UKM di Indonesia. In Seminar Nasional Keuangan Dan Bisnis IV (pp.
327-337).
Rapitasari,
D. (2016). Digital marketing berbasis aplikasi sebagai strategi meningkatkan
kepuasan pelanggan. CAKRAWALA, 10(2), 107-112.
Naimah, R.
J., Wardhana, M. W., Haryanto, R., & Pebrianto, A. (2020). Penerapan
Digital marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM. Jurnal IMPACT:
Implementation and Action, 2(2), 119-130.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar